8 Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi

Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi – ASI atau air susu ibu merupakan makanan pertama dan utama untuk bayi baru lahir. Saat usia si kecil 6 bulan, ia akan dikenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI).  Orangtua disarankan untuk mengenalkan aneka jenis makanan sehat, tidak terkecuali mengenalkan buah-buahan.

Buah-buahan termasuk makanan sehat yang memiliki beragam manfaat dan direkomendasikan untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis buah-buahan yang bisa dikenalkan pada tahap MPASI buah hati, salah satunya buah anggur. Anggur memiliki rasa yang khas, yang akan membuat si kecil memiliki pengalaman rasa baru.

Sebenarnya banyak orangtua yang enggan memberikan anggur untuk MPASI buah hati dengan alasan yang beragam, salah satunya yaitu karena bentuknya bulat kecil yang akan memungkinkan si kecil tersedak. Padahal sebenarnya, anggur memiliki banyak manfaat yang terpenting anda mengetahui aturan pemberian anggur yang aman. Anda juga harus memberikan anggur saat usia yang tepat.

Kapan Bayi Boleh Mengonsumsi Anggur ?

Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi

Pemberian makanan pada bayi tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan jenis makanan yang akan diberikan pada si kecil, termasuk buah anggur. Kemampuan makan si kecil belum berkembang dengan sempurna, sehingga pemberian anggur harus diperhatikan. Terlebih lagi anggur memiliki rasa yang terkadang sedikit asam, teksturnya kenyal dan bentuknya yang bulat kecil.

Pada umumnya orangtua akan mengenalkan buah-buahan, termasuk buah anggur ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat. Buah anggur itu sendiri dijadikan sebagai finger food. Yaitu saat usia si kecil memasuki 8 bulan atau lebih. Namun, pemberian anggur pada si kecil juga ada yang merekomendasikannya hingga usia 10 bulan. Untuk mengetahui dengan pasti, kapan si kecil boleh mengonsumsi anggur, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan.

Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi

Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi

Manfaat anggur untuk bayi dapat si kecil peroleh, sebab pada buah anggur terkandung aneka nutrisi penting mulai dari serat, protein, vitamin C, vitamin A, zat besi, vitamin K, kalsium, seng, fosfor dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah anggur untuk bayi.

Baik Untuk Sistem Pencernaan Bayi

Manfaat buah anggur yang pertama untuk bayi yaitu bagus untuk sistem pencernaannya. Jika anak bunda sering sembelit, anda bisa memberikan anggur pada si kecil. Sembelit itu sendiri merupakan masalah sistem pencernaan yang normal terjadi pada anak, terlebih lagi jika si kecil mulai mengonsumsi makanan padat.

Pada buah anggur terkandung serat yang dapat membantu membuat pergerakan usus lebih mudah. Dimana karena kandungan seratnya ini buah anggur dapat membantu melancarkan sistem pencernaannya dan menjadikannya lebih sehat.

Melindungi Anak Dari Infeksi Pernapasan

Manfaat buah anggur untuk bayi lainnya yaitu dapat melindungi si kecil dari infeksi pernapasan. Mengonsumsi buah anggur akan membuat organ pernapasan si kecil sehat. Diketahui, memberikan buah anggur pada bayi akan membuat kemungkinan asma, bronkitis dan masalah sistem pernapasan lainnya berkurang.

Buah Anggur Kaya Akan Kandungan Antioksidan

Pada buah anggur terkandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bermanfaat untuk kesehatan. Kondisi lingkungan yang penuh dengan polutan mengharuskan kita memperhatikan asupan makanan, terutama makanan yang kaya akan kandungan antioksidan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah anggur kaya akan kandungan antioksidan. Dimana antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel tubuh karena paparan radikal bebas.

Membuat Kualitas Darah Lebih Baik

Kondisi, serta kualitas darah pada tubuh anak tentu sangat penting untuk dijaga. Pasalnya mempunyai peranan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Dimana kandungan yang terdapat pada buah anggur akan dapat membantu menjaga kualitas darah menjadi lebih baik.

Melindungi Sistem Saraf

Si kecil berada pada periode emas di 3 tahun pertama kehidupannya. Dimana di masa ini sistem saraf si kecil berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, untuk mendukung proses ini aneka kandungan gizi diperlukan, terutama untuk perkembangan di bagian otak tengah si kecil.

Seiring dengan usia anak yang semakin bertambah, maka otak akan mengalami perkembangan dengan cepat. Dalam jaringannya akan membentuk koneksi baru, serta menciptakan neuron yang lebih banyak. Di masa ini, perlindungan dengan menyeluruh di butuhkan agar kerusakan dapat dicegah dan menjaga fungsi otak. Pada buah anggur terkandung unsur yang bisa melindungi otak dengan efektif.

Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Pada buah anggur terkandung vitamin C yang cukup tinggi, yang berperan penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Vitamin ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh si kecil di masa pertumbuhannya. Tidak hanya itu, buah anggur juga kaya akan kandungan kalsium sehingga memberikan anggur sebagai MPASI si kecil dapat anda coba saat usianya di atas 8 bulan.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain mendukung tumbuh kembang si kecil, vitamin C yang terkandung pada buah anggur juga memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas si kecil.  Produksi sel darah merah sehat akan didukung dengan kandungan vitamin C, serta mencegah si kecil infeksi. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah anggur akan melindungi sel tubuh si kecil rusak.

Bagus Untuk Kesehatan Jantung Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah anggur tinggi akan kandungan antioksidan. Selain dapat membantu menangkal radikal bebas, kandungan antioksidan juga bagus untuk kesehatan jantung si kecil. Memberikan anggur pada si kecil dipercaya dapat membuat risiko terkena kanker berkurang.

Bagaimana Cara Memberikan Buah Anggur  yang  Tepat Untuk Bayi?

Manfaat Buah Anggur Untuk Bayi

Ketika memberikan buah anggur pada bayi, ada beberapa  hal yang harus diperhatikan, di antaranya yaitu :

  • Saat memilih buah anggur untuk si kecil, pastikan anda memilih buah anggur yang kualitasnya bagus. Pilihlah buah anggur organik yang minim akan pestisida.
  • Jangan memberikan buah anggur dalam jumlah banyak sekaligus. Akan lebih baik jika anda memberikannya dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.
  • Pastikan kesegaran anggur yang diberikan untuk si kecil tetap terjaga. Anda harus memberikan buah anggur yang segar, bukan anggur yang telah lama disimpan.
  • Hindari memberikan buah anggur dalam bentuk utuh untuk si kecil. Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu sebelum memberikannya pada bayi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan bayi tersedak.
  • Buang biji buah anggur karena dapat membuat si kecil tersedak.
  • Sebelum anggur diolah atau disajikan untuk si kecil, anda harus mencucinya terlebih dahulu hingga bersih di bawah air yang mengalir.
  • Jika anda memiliki stok buah anggur untuk si kecil,  sebaiknya simpan di dalam kulkas agar kesegarannya tetap terjaga. Namun, hindari memberikan buah anggur secara langsung pada si kecil setelah keluar dari kulkas. Anda harus mendiamkannya beberapa saat agar anggur tidak terlalu dingin.

Baca juga : Manfaat Anggur Untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat buah anggur untuk bayi dan panduan memberikannya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply