data-ad-format="auto"

Inilah Makanan Sehat Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Setelah menikah, pasangan suami istri tentunya mendambakan kehadiran seorang anak untuk menyempurnakan hidupnya.

Untuk itu, tidak heran apabila banyak pasangan yang baru menikah atau pasangan yang belum memiliki anak melakukan program hamilprogram hamil. Untuk mempersiapkan kehamilan tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dimana gaya hidup sehat sepatutnya menjadi kebiasaan pasangan suami istri yang sedang mempersiapkan kehamilan. Seperti misalkan merubah pola makan dengan mengkonsumi makanan sehat.

Nutrisi yang terkandung di dalam makanan tertentu yang dikonsumsi memang memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuburan pria atau wanita. Nah, bagi anda yang ingin segera memiliki anak atau momongan, mungkin anda membutuhkan asupan gizi agar bisa menyuburkan kandungan.

Ada beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa menyuburkan kandungan sehingga dapat membantu anda cepat hamil. Lantas makanan apa yang dimaksud? Untuk mengetahuinya anda bisa simak penjelasan di bawah ini. Klik di sini--->Tanda-Tanda Orang hamil

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

MAKANAN PENYUBUR KANDUNGAN

Makanan Sehat Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Daging

Daging merupakan menu makanan favorit banyak orang. Dibalik itu semua ternyata bahan makanan yang satu merupakan makanan penyubur kandungan sehingga dapat membantu seseorang untuk segera hamil. Daging yang dapat menyuburkan kandungan yaitu daging sapi dan daging ayam rendah lemak. Selain memiliki banyak kandungan protein, daging juga termasuk makanan yang kaya akan zat besi. Namun, ada batasan tertentu untuk mengkonsumsi daging. Dimana anda disarankan tidak mengkonsumsi lebih dari tiga porsi dalam setiap harinya. Karena menurut penelitian, mengkonsumsi daging atau protein hewani justru akan menurunkan kesuburan.

Ikan

Ada beberapa ikan yang mengandung asam lemak omega-3, dimana ikan yang dimaksud yaitu sarden, salmon dan ikan lele. Nah, asam lemak omega-3  ini merupakan zat yang bisa memaksimalkan kinerja organ reproduksi. Namun, meskipun begitu ada beberapa kekhawatiran, dimana saat ini banyak ikan yang sudah terkontaminasi oleh mekuri. Oleh sebab itu, anda harus memilih ikan yang benar-benar segar. Dan untuk amannya, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan yang dimaksud lebih dari 12 ons dalam seminggu. Tapi, jika anda masih khawatir atau tidak suka ikan, maka anda bisa mendapatkan zat asam lemak omega-3 tersebut dari makanan lainnya seperti kenari, almond, dan telur yang kaya akan omega-3 atau DHA.

Tumbuhan berprotein

Selain daging, ada beberapa tumbuhan yang juga banyak mengandung protein. Tumbuhan tertentu bisa menjadi alternatif makanan berprotein lainnya. Tumbuhan berprotein yang dimaksud yaitu kedelai yang diolah menjadi tempe atau tahu, kacang tanah atau kacang polong. Makanan tersebut lebih murah dibandingkan dengan daging, selain itu lemak dan kalori yang dikandung juga lebih rendah sehingga dengan begitu bobot tubuh anda masih bisa tetap terjaga. Menurut beberapa ahli, mengkonsumsi protein hewani dan nabati dapat menyuburkan kandungan, namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Karbohidrat kompleks

Selama ini mungkin karbohidrat yang kita konsumsi yaitu hanya padi-padian yang sudah disuling atau karbohidrat olahan seperti halnya nasi putih atau roti tawar putih. Untuk sekarang ini anda bisa mengganti konsumsi karbohidrat tersebut dengan produk biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti misalkan nasi merah, sereal biji-bijian utuh atau roti tawar gandum. Makanan yang berasal atau terbuat dari biji-bijian utuh diyakini memiliki nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil, seperti vitamin B, zat besi dan antioksidan.

Konsumsi karbohidrat olahan justru dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah di dalam tubuh. Dimana meningkatnya kadar insulin dan gula darah tersebut mampu mengganggu hormon dari sistem reproduksi serta akan mengacaukan siklus menstruasi. Sebenarnya, kedua hal tersebut harus berjalan normal apabila ingin segera hamil. Namun, hal itu tidak akan berlaku apabila anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

Produk Susu

Produk susu sangat baik untuk kesehatan tulang. Namun selain itu, produk olahan susu tersebut juga baik untuk meningkatkan kesuburan. Beberapa produk olahan susu yaitu susu, yoghurt dan keju. Anda bisa memilih produk olahan susu yang memiliki kandungan rendah lemak atau bebas lemak.

Ubi

Ubi merupakan makanan kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan kesuburan seseorang agar cepat hamil. Menurut beberapa penelitian, ubi memiliki zat yang dapat merangsang ovulasi.

Makanan Mengandung Zinc

Zat yang satu ini sangat penting untuk mempercepat proses kehamilan. Zinc mampu meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas serta memperlancar sirklus menstruasi. Tiram merupakan salah satu sumber terbaik zinc. Tapi jika anda kesulitan mencari tiram, maka anda bisa menggantinya dengan makanan lain seperti pada telur, biji-bijian utuh, produk susu, daging sapi dan daging ayam.

Buah-Buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu menyuburkan kandungan. Berikut buah-buahan yang dimaksud:

Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang kaya akan manfaat. Selain memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, buah alpukat juga bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Buah alpukat kaya akan kandungan tertentu seperti lemak nabati. Lemak nabati tersebut bermanfaat untuk memperlancar sirklus menstruasi serta meningkatkan kesuburan. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat secara langsung atau dijadikan jus.

Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk bermanfaat untuk menyuburkan kandungan terlebih lagi untuk para pria. Viitamin C yang terdapat pada jeruk dapat meningkatkan kualitas sperma serta menghindari terjadinya penggumpalan sperma. Buah yang tinggi akan kandungan vitamin C juga bisa anda dapatkan pada buah jeruk.

Kurma

Kurma muda kering sangat bermanfaat untuk menyuburkan kandungan serta sebagai penguat kandungan.

Ada banyak penyebab mengapa pasangan belum dikaruniai anak, dimana salah satunya yaitu karena tidak suburnya salah satu dari pasangan atau justru keduanya. Selain itu, masalah rahim seperti kista dan miomi pun menjadi salah satu penyebabnya. Nah, jika masalah atau penyebab belum dikaruniai anak terletak pada kesuburan, maka anda jangan merasa khawatir karena anda bisa mengkonsumsi makanan seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut secara teratur serta disertai doa merupakan usaha yang seharusnya anda lakukan.

Namun, untuk memperoleh kehamilan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan-makanan penyubur kandungan saja. Karena akan sangat percuma apabila pasangan mengkonsumsi makanan tersebut namun tanpa diiringi dengan hal-hal penunjang lainnya. Dimana salah satu penunjang yang harus dilakukan oleh pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki anak yaitu berhubungan ketika masa subur. Apabila pasangan mengkonsumsi makanan tersebut namun berhubungan di masa-masa tidak subur, maka itu akan menjadi hal yang percuma atau peluangnya sangat sedikit. Oleh sebab itu, diharapkan pasangan mengkonsumsi makanan yang dapat menyuburkan kandungan serta memperhatikan kapan masa subur.

Pasangan juga sebaiknya menghindari beberapa makanan tertentu, seperti ikan yang banyak mengandung merkuri, makanan yang mengandung lemak jenuhs, makanan mentah, minuman yang mengandung kafein, serta produk susu yang belum dipasteurisasi.

Itulah beberapa makanan yang dapat menyuburkan kandungan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Follow us