Makanan Sehat Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

3.67/5 (3)

Hal yang paling menyenangkan bagi para pelaku diet adalah mendapatkan ukuran berat badan seperti yang telah diimpikan. Ya, setelah melewati perjalanan yang panjang sekaligus melelahkan dan penuh dengan tantangan. Akhirnya keberhasilan dari program tersebut dapat dirasakan dengan baik. Akan tetapi, setelah berhasil menurunkan berat badan bukan berarti perjuangan anda sudah berakhir sampai disini. Perjalanan yang sesungguhnya tengah menanti anda didepan sana karena yang terberat dari proses ini bukan hanya mencapainya namun juga bagaimana menjaga apa yang telah anda dapatkan.

Memang tidak mudah menjaga berat badan tetap ideal apabila setelah menjalankan diet anda kembali pada kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, kebiasaan menyantap segala macam makanan atau resep masakan setelahnya akan mungkin membuat kenaikan berat badan semakin mudah terjadi.

Selain itu, tantangan berat dari hal ini adalah menahan nafsu makan anda sebagaimana sebelumnya anda mungkin sudah merencanakan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dapat anda konsumsi selama menjalankan diet. Untuk itulah, hal semacam ini sebaiknya tidak terjadi bila anda ingin tetap mempertahankan ukuran tubuh anda. Nah, dibawah ini mari kita simak beberapa jenis makanan yang dapat bekrja menjaga ukuran tubuh anda tetap ideal.

Makanan Sehat Untuk Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Menjaga ukuran tubuh tetap ideal tentu menjadi tantangan untuk beberapa orang. Apalagi jika ukuran tubuh yang anda dapatkan saat ini tidak didapat dengan mudah. Akan tetapi, tak perlu khawatir untuk tetap merasa kelaparan selepas melakukan diet. Sebab anda akan tetap dapat mengkonsumsi makanan namun tidak menaikan berat badan anda dengan cepat. Beberapa makanan tersebut tentunya adalah makanan sehat yang tidak mengandung lemak atau kalori yang berlebihan.

Apel

Sebutir apel yang dikonsumsi sehari akan dapat menjauhkan dokter dari diri anda, termasuk untuk urusan berat badan. buah ini seringkali disebut sebagai buah “negatif kalori” karena pada dasarnya buah apel memiliki fungsi untuk dapat membakar kalori lebih banyak didalam tubuh untuk mencernaanya daripada kalori yang diberikan oleh buah sendiri. Untuk itulah, tidak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi jenis buah yang satu ini sebagai cemilan atau makanan anda. Buah apel tersedia dalam berbagai varian yang bisa anda pilih salah satunya, baik apel hijau, apel merah ataupun apel yang berwarna dua kombinasi dari hijau dan merah.

Asparagus

Sayuran yang satu ini dipercaya dapat menjadi siuretik alami guna membantu tubuh mengeluarkan air dari dalam tubuh, sekaligus menjadi pengusir lemak. Setengah mangkuk asparagus yang dikonsumsi setiap hari memiliki kandungan 20 kalori. Namun kandungan lain seperti vitamin K, A dan B yang cukup tinggi tentunya lebih bermanfaat dibandingkan jumlah kalori yang tidak seberapa. Selain itu, senyawa kimia golongan alkaloid yang terdapat dalam asparagus akan dapat bekerja untuk memecah sel lemaki dalam tubuh. Hal ini tentu akan dapat membantu tubuh menghilangkan tumbunan lemaknya secara alami dan keseluruhan.

Konsumsi asparagus bisa anda olah menjadi makanan yang sedap seperti direbus dan dipadu bersama dengan sedikit garam dan merica atau ditumis dengan bumbu yang lezat. Hanya saja, perhatikan pengolahannya agar jangan sampai anda melibatkan minyak atau lemak lain secara berlebihan.

Paprika

Siapa kira bahwa sayuran berwarna-warni pelengkap makanan yang hampir sebagian besar terdapat pada junk food ini rupanya menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi. Paprika memiliki kandungan B6, C dan asam folat yang baik untuk tubuh. Selain itu, bahan makanan yang satu ini pun memiliki kandungan senyawa fitokimia yang diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti, jantung, stroke, kanker dan bahkan katarak. Paprika merah mengandung sebanyak 250 persen kebutuhan vitamin C harian anda dan 75 persen vitamin A serta 10 persen serat. Yang mana bila dikonsumsi manfaat dan kebaikan dari bahan yang satu ini dapat dirasakan dengan baik oleh tubuh anda.

Timun

Makanan selanjutnya yang akan bermanfaat untuk menjaga berat badan dan kesehatan dalam tubuh anda adalah timun. Bahan makanan yang satu ini bermanfaat sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi timun merupakan salah satu cara yang sehat dan baik untuk dapat menambah air dalam pola makan. Hal ini terjadi karena timun merupakan sayuran dengan kandungan air yang begitu tinggi. Sehingga demikian, sayuran yang satu ini akan baik anda konsumsi selama melakukan diet.

Selain itu, konsumsi timun pun akan dapat mencegah anda dari mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi timun akan dapat membuat anda merasa lebih kenyang sebab kandungan air didalamnya akan dapat memenuhi lambung anda. Oleh karenanya bagi anda para pelaku diet atau yang sedang dalam program menjaga bentuk tubuh dan ukuran tubuh agar tetap ideal. Konsumsi timun menjadi salah satu asupan makanan yang baik untuk tubuh anda.

Sayuran Berdaun Hijau

Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi makanan sehat seperti sayuran akan tentu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu, makanan yang satu ini mengandung kalori yang rata-rata berjumlah kurang dari 100 kalori per takaran saji. Misalnya saja seperti brokoli, bayam, seledri dan kubis adalah beberapa jenis sayuran yang direkomendasikan untuk disantap. Untuk itu, mulai saat ini lengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda dengan cara yang lebih aman dan efektif yakni dengan memasukkan sayuran hijau sebagai menu makanan harian anda.

Konsumsi terhadap makanan ini dapat anda padu padankan sesuai dengan selera anda. Misalkan memadukan brokoli bersama dengan makanan sehat lainnya seperti jagung dan diolah dengan cara ditumis atau disayur. Hanya saja, sebagaimana telah diungkapkan diatas, penting sekali untuk anda memperhatikan proses pengolahan makanan ini. Jangan libatkan terlalu banyak lemak seperti minyak atau butter pada saat anda mengolahnya. Sebab hal ini akan mungkin tidak berguna untuk anda.

Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Selain sayur dan buah, kacang dan biji-bijian pun termasuk kedalam jenis makanan dengan kandungan kalori yang rendah. Contohnya saja segenggam kacang almond yang memiliki kandungan kalori hanya sbanyak 80 kalori. Selain itu, mengkonsumsi sebanyak 10 biji kacang pistachio hanya akan memberikan asupan kalori sebanyak 50 kalori untuk tubuh anda.

Nah, hal ini tentu akan bermanfaat untuk anda yang ingin ngemil makanan sehat. Bila anda merasa lapar diantara jam makan maka anda daat mengkonsumsi popcorn yang rendah kalori atau yang tidak sama sekali ditambahkan dengan mentega atau gula. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan tentu akan menjadi pilihan yang jaug lebih baik dibandingkan dengan ngemil keripik atau makanan lainnya yang kurang sehat.

Itulah dia beberapa jenis makanan sehat yang dapat menjaga tubuh tetap ideal. Sebab sejatinya apa yang anda konsumsi akan menentukan ukuran berat badan anda. Jadi demikian cobalah lebih bijak dengan mengatur dan memperhatikan apa yang anda masukkan kedalam tubuh anda lewat makanan yang anda konsumsi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel