data-ad-format="auto"

Tips Ngemil Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Siapa yang tidak suka dengan ngemil atau menikmati makanan ringan pada saat santai? Hampir setiap orang mungkin gemar melakukan kegiatan yang satu ini. Apalagi jika ngemil ditemani dengan makanan atau minuman yang anda sukai. Tentunya kegiatan yang satu ini akan semakin menyenangkan dan membuat anda tergoda untuk melakukannya. Meskipun kegiatan yang satu ini dianggap sebagai kebiasaan buruk terutama untuk anda yang tengah menjalankan program diet atau penurunan berat badan. Akan tetapi, rupanya tak sepenuhnya hal ini benar dan berdampak tidak baik untuk dilakukan.

Terkadang ngemil mugkin sulit untuk dihindarkan. Anda yang sedang santai dihadapan televisi dan menikmati acara kesukaan anda maka cemilan menjadi pelengkap yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Pada dasarnya kegiatan ngemil memang dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan dan akan mungkin menaikan berat badan anda dengan lebih cepat. Hanya saja, jika anda pandai memiliih cemilan dan bijak dalam mengkonsumsi cemilan maka kegiatan yang satu ini bisa berdampak baik untuk kesehatan. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips ngemil yang sehat yang dapat anda lakukan meski anda sedang dalam masa penurunan berat badan. Yuk, simak dibawah ini tipsnya.

Tips Ngemil Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

Pada umumnya kegiatan ngemil yang banyak menjadi penyumbang kegemukan adalah kegiatan ini dilakukan dengan sembarang. Tanpa memperhatikan jenis cemilan dan jumlah makanan yang dikonsumsi seseorang dapat menaikan berat badannya dengan mudah. Akan tetapi, bila anda dapat mengubah kegiatan ini dengan cemilan yang sehat dan alami. Maka meski anda sedang dalam proses penurunan berat badan kegiatan ngemil masih dapat dilakukan. Yuk, simak beberapa tips ngemil yang sehat dibawah ini.

1. Ganti Cemilan Anda dengan Makanan Sehat

Hal pertama yang penting untuk dilakukan dari tips kali ini adalah dengan memperhatikan jenis cemilan anda. Bila selama ini anda seringkali ngemil jenis makanan yang kurang sehat dan memiliki kandungan lemak yang tinggi maka segeralah benahi menu cemilan anda. Ketika lapar, segala jenis makanan yang kita lihat akan cenderung terlihat lezat dan mengoda. Utamanya adalah makanan yang mengandung kalori yang tinggi seperti halnya snack, gorengan, coklat, kue dan lain sebagainya.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Nah, untuk mencegah anda mengkonsumsi segala jenis makanan yang tidak sehat maka sebaiknya pilihlah jenis cemilan yang lebih sehat dan lebih alami. Upayakan untuk memenuhi lemari makanan anda dengan makanan sehat seperti sayur dan buah sehingga tidak ada alasan untuk anda menikmati jenis makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu, mengkonsumsi buah juga akan membuat anda merasa mudah kenyang dan perasaan kenyang ini akan dapat bertahan lama.

2. Konsumsi Jus Buah

Terkadang tubuh kita salah mengartikan antara perasaan lapar, haus dan bosan. Sehingga ketika tidak ada aktivitas maka anda akan cenderung mudah lapar. Terkadang otak salah mengartikan perasaan haus anda dengan rasa lapar. Untuk itulah, daripada mengkonsumsi makanan yang berat untuk membuat anda merasa lebih baik. Akan lebih bijak dengan coba terlebih dahulu mengkonsumsi minuman. Jika anda merasa bosan atau malas untuk mengkonsumsi air yang itu-itu saja maka cobalah untuk mengkombinasikan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi jus buah.

Akan tetapi, sebaiknya hindari mengkonsumsi jus buah yang dijual dipasaran atau jus buah kemasan. Sebab pada dasarnya kandungan gula dan buah yang kurang alami serta kandungan pengawet yang terdapat didalamnya akan kurang baik untuk kesehatan anda.

3. Buat Sendiri Bekal Makanan Anda

Terkadang meski anda sudah berniat besar untuk menjaga asupan makanan anda. Namun pada saat ditempat kerja atau dikantor anda akan terjebak dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan terbatasnya menu makanan atau rasa malas untuk menikmati makanan sehat membuat anda cenderung mengambil jalan pintas dengan menikmati makanan yang kurang baik.

Untuk itu, sebaiknya atur kembali asupan makanan dalam tubuh anda dan asupi dengan makanan yang sehat. Tidak ada salahnya membuat bekal makanan sendiri ke tempat kerja atau ke sekolah dengan komposisi makanan yang sehat. Misalkan untuk anda yang suka mengkonsumsi sandwich sebaiknya jangan asal menggunakan roti. Penggunaan roti yang lebih baik dan akan membuat anda kenyang lebih lama adalah roti yang dibuat dari gandum. Untuk itu, lebih selektiflah memilih jenis makanan ini dengan baik. Perbanyak pula konsumsi buah dan sayuran pada bekal makanan anda.

4. Sarapan dengan Gandum

Tentunya anda sudah tahu bahwa sarapan adalah salah satu jam makan yang paling penting. Hal ini dikarenakan sarapan akan dapat memberikan anda energi yang cukup untuk anda dapat menjalankan aktivitas yang banyak pada saat siang hari sampai dengan berakhirnya hari tersebut. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan menyantap sarapan dengan alasan tidak ada waktu atau bangun kesiangan. Padahal menyepelekan waktu makan yang satu ini akan memberikan kerugian yang cukup banyak untuk anda. Untuk itu, sebaiknya upayakan sisakan barang 5 sampai dengan 10 menit untuk anda dapat menyantap sarapan.

Sementara itu, bila anda tidak cukup memiliki banyak waktu untuk menyantap makanan besar maka ganti sarapan anda dengan mengkonsumsi gandum seperti sereal gandum. Jenis makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang praktis untuk dikonsumsi pada saat pagi hari. Selain itu, sereal gandum pun sehat dan baik untuk dikonsumsi karena kandungan vitamin dan seratnya yang banyak yang terdapat didalamnya.

5. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Fastfood

Pada saat perut lapar biasanya anda cenderung untuk memiliki makanan cepat saji yang lebih mudah dan cepat untuk didapat. Bahkan kemudahan untuk delivery atau mengantarnya langsung ke tempat anda, membuat anda cenderung memilih jenis makanan ini untuk dikonsumsi pada saat perut terasa begitu lapar. Akan tetapi, mengkonsumsi jenis makanan ini bukanlah solusi yang bijak dan memberikan manfaat untuk tubuh.

Sebaliknya mengkonsumsi terlalu sering makanan cepat saji atau fastfood malah berdampak masalah. Kandungan kalori yang terdapat dalam fastfood akan memberikan pengaruh kenaikan berat badan yang terjadi dengan cepat untuk tubuh anda. Jadi demikian, selama anda mendambakan untuk dapat menurunkan berat badan maka sebaiknya hindari mengkosumsi fastfood terlalu banyak.

6. Pilih Menu Pencuci Mulut yang Lebih Sehat

Terkadang setelah makan seseorang akan mendamba untuk dapat menikmati makanan penutup atau yang lebih umum disebut dengan pencuci mulut. Sayangnya, saat ini hidangan pencuci mulut sudah semakin bervariasi jenisnya, termasuk hidangan pencuci mulut yang kurang baik dan kurang sehat untuk dikonsumsi seperti ice cream, puding dengan kandungan banyak gula dan masih banyak lagi.

Konsumsi jenis makanan penutup seperti ini bukanlah pilihan yang bijak. Pilihlah jenis makanan penutup atau pencuci mulut yang lebih sehat seperti buah-buahan yang segar. Pilihan menu yang satu ini tentu akan lebih baik dan lebih sehat untuk anda konsumsi.

Demikianlah beberapa tips yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.

Loading...