Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

4.62/5 (131)

Usia kehamilan anda, kini telah memasuki usia ke 21 minggu, yang mana ini artinya pertumbuhan si bayi dalam kandungan akan terus mengalami perkembangan hingga sampai akhirnya tiba hari kelahirannya.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan ini, tentu tidak akan semata-mata bisa ibu lalui tanpa besarnya kasih sayang dan rasa cinta ibu kepada si buah hati yang begitu tak terkira. Meski selama periode kehamilan ada begitu banyak pantangan, cobaan dan bahkan kondisi-kondisi yang cukup menguras tenaga harus ibu jalani, akan tetapi kondisi ini tetap bisa ibu jalani dengan sepenuh hati berkat besarnya cinta ibu kepada si kecil.

Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-sebesarnya ya bu, semoga perjuangan ibu saat ini bisa membuahkan hasil pada saat waktunya nanti dan semoga si janin dalam kandungan ibu beserta kesehatan ibu senantiasa terjaga.

Nah, pada usia kehamilan 21 minggu atau 5 bulan ini, kini perkembangan janin dalam rahim ibu telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Jika di minggu-minggu sebelumnya, si buah hati masih bergelar janin, kini ia telah tumbuh dan berkembang menjadi seorang bayi, semua organ pada tubuhnya pun sudah mulai terbentuk dengan perlahan mendekati sempurna seperti seorang manusia kecil.

Selain itu, usia kehamilan ini memungkinkan ibu untuk dapat melakukan tes scan atau USG guna mengetahui jenis kelamin si buah hati yang tengah ibu kandung. Untuk itulah, tidak ada salahnya bawa serta pasangan ketika ibu hendak melakukan test scan ini agar kebahagiaan serupa mengetahui jenis kelamin si buah hati bisa dirasakan oleh suami.

Perkembangan Janin Usia 21 Minggu

Nah, berbicara mengenai perkembangan si buah hati dalam rahim ibu pada usia ke 21 minggu ini, tentunya sudah banyak perkembangan dan pertumbuhan yang telah dialaminya didalam perut ibu. Si buah hati pun kini sudah mampu berinteraksi dan melakukan pergerakan dalam rahim ibu.

Sementara itu, untuk bobot si bayi pada usia kehamilan 21 minggu, kini beratnya sudah mencapai 0,34 kilogram dan ukuran panjang dari bagian kepala hingga kebagian bokong kini sudah mencapai 21,6 cm. Angka ukuran ini tentu akan berbeda-beda pada masing-masing janin karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

perkembangan janin minggu 21

Ketika anda mengunjungi dokter kandungan dan melakukan test guna mengetahui kondisi si janin dalam rahim, anda mungkin menemukan bahwa ukuran janin anda lebih panjang atau mungkin lebih berat, sementara itu sebagian mungkin mendapati bahwa bayi mereka lebih ringan atau lebih pendek ukurannya.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, para ahli mengemukakan bahwa setiap janin mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda-beda didalam rahimnya. Ukuran tersebut hanya menggambarkan ukuran normal atau rata-rata pada perkembangan janin.

Pada usia kehamilan minggu ini, kabar gembiranya adalah kini rupa si bayi dalam rahim ibu sudah menyerupai bayi yang siap untuk dilahirkan kedunia, akan tetapi masih dalam ukuran yang begitu kecil. Organ pankreasnya kini sudah berkembang dengan lebih matang. Mata dan bibirnya sudah semakin terbentuk dan terlihat dengan sempurna.

Bulu kening dan kelopak matanya kini sudah terbentuk dengan penuh dan kuku pada jari-jarinya sudah mulai menutupi bagian ujung jarinya. Rupanya kini, sudah bak seorang bayi mungil yang akan siap untuk dilahirkan kedunia. Hanya saja, iris atau bagian dalam bola mata si buah hati pada usia ini masih membutuhkan lebih banyak pigmen. Walau demikian, kelopak dan alis matanya sudah mulai terbentuk dengan perlahan. Kini, ia pun sudah mulai bisa mengedipkan mata-matanya yang kecil dan begitu mungil.

Bila anda memiliki seorang bayi laki-laki, maka pada minggu-minggu mendatang, testisnya akan mulai turun dari bagian panggul ke dalam skrotum. Sementara itu, bila rupanya anda memiliki seorang anak perempuan, maka kini bayi akan mulai memproduksi sel telur sebanyak 6 juta lebih untuk menjadikannya cadangan seumur hidupnya kelak.

Seiring dengan perkembangannya yang sudah mulai pesat, kini si bayi dalam rahim anda sudah mulai dapat mendengar suara-suara yang datang dari luar perut ibunya. Dengan demikian, ketika anda menyanyi, berbicara, berteriak atau bahkan sewaktu ibu tengah membaca, maka hal tersebut akan dapat didengar oleh si buah hati dalam rahim ibu.

Sebagian kajian mendapati bahwa bayi baru lahir akan cencerung menghisap jempol dengan lebih kuat pada saat mendengarkan ibu mereka membaca sewaktu mereka berada dalam kandungan. Untuk itulah, bila anda mau, maka tidak ada salahnya mulai sering membaca buku dan dibaca dengan suara yang cukup keras. Akan tetapi, tentunya pastikan bila anda tidak akan keberatan membaca buku yang sama secara berulang-ulang bila anda mulai kehabisan bahan bacaan seperti majalan atau novel favorit anda.

Pada usia kehamilan ini, si kecil dalam rahim mulai bergerak-gerak dan sementara itu organ dalam pencernaannya sudah semakin matang dan mulai bekerja sebagaimana mestinya. Organ vital pada bayi seperti testis dan vagina akan mulai terbentuk dan akan terus berkembang sampai hari kelahiran tiba.

Dalam mendukung perkembangan si bayi dalam rahim ini, maka sudah seharusnya ibu hamil dapat menjaga pola hidup yang sehat dan senantiasa memperhatikan asupan makanan dalam tubuhnya.

Bayi dalam rahim anda memperoleh oksigen dari anda melalui plasenta. Paru-parunya memang belum berfungsi dengan baik, akan tetapi ia kini mulai berlatih untuk bernafas guna mempersiapkan diri hidup diluar rahim.

Selain itu, kini si jabang bayi sudah mulai mendapatkan energi dan nutrisi lebih dengan cara menelan air ketuban, meskipun nutrisi masih disokong dari plasenta yang terhubung lewat tali pusar. Bayi masih memiliki banyak ruang untuk bergerak dalam rahim, ia masih dapat bergerak dan bahkan berjungkir balik sekalipun dalam rahim. Dengan demikianlah, meski diantara kita banyak yang bertanya-tanya apakah rahim kita tidak akan terlalu sempit untuk mereka, namun demikian mereka akan tetap bisa mendapatkan ruang yang cukup untuknya bisa bergerak.

Tanda Kehamilan Usia 21 Minggu

Seiring dengan perkembangan si janin dalam rahim, perkembangan ini pun akan pula membawa pengaruh terhadap fisik ibu. Akan ada beberapa tanda atau gejala yang mungkin dirasakan oleh ibu pada usia kehamilan minggu ini.

Pada usia kehamilan ini, anda mungkin tidak akan menyadari bahwa telah terjadi perubahan dengan tubuh anda. Dengan demikian, jangan terkejut bila anda melihat diri anda didepan cermin, kini mungkin ukuran perut anda ukurannya mulai membesar dari ukuran biasanya. Namun tak perlu khawatir, kenaikan berat tubuh yang terjadi pada diri anda ini dikarenakan anda mengandung si buah hati dalam rahim anda.

Selain itu, perubahan lain yang akan mungkin terlihat dengan fisik anda adalah dengan mulai membesar atau membengkaknya jari-jari pada kaki dan persendian lainnya yang mulai melonggar. Perubahan ini tentu terjadi karena pengaruh hormon kehamilan yang anda alami.

Sampai saat ini belum anda ukuran normal atas seberapa besar pembengkakan atau benjolan yang terjadi pada tubuh anda sebagai bagian dari tanda kehamilan. Untuk itulah, cobalah untuk tidak perlu merasa khawatir terlalu berlebihan jika anda merasakan adanya benjolan atau pembengakakn yang terjadi dengan tubuh anda.

Akan tetapi, bila efek benjolan atau gejala lain yang terjadi dengan tubuh anda rupanya disertai dengan gejala lainnya, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter atau bidan yang menangani anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel