Perkembangan Janin Usia 26 Minggu

4.76/5 (85)

Perkembangan dari pekan ke pekan kini telah anda lewati.

Tak terasa ya, kini kehamilan bunda sudah menginjak pekan ke 26. Rasanya, seperti baru kemarin bunda mengalami banyak keluhan dari gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa. Jika kita tarik kembali kebelakang, rasanya begitu banyak perjuangan da rintangan yang telah bunda lewati dengan sepenuh hati. Dari mulai momen mengetahui kehamilan, merasakan gejala-gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya mual dan muntah, pusing, lemas dan lain sebagainya dan sampai kini bunda sudah mulai dibuat “lebih tenang” dengan kondisi kehamilan pada pekan ini.

Ya, berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya, pada usia kehamilan pekan ke 26 minggu atau yang masih berada pada tahapan 6 bulan, perasaan bunda akan lebih nyaman dan lebih tenang menjalani masa kehamilan saat ini. Hal ini, dikarenakan berbagai gejala dan tanda awal kehamilan sudah tak lagi bunda rasakan.

Sehingga demikian, saat ini bunda akan lebih cenderung menikmati perkembangan si buah hati dalam kandungan. Bukan hanya itu, perasaan tenang pada umumnya lebih bisa bunda nikmati pada saat ini. Bahkan kini, yang ada adalah bunda mampu menikmati pergerakan si buah hati dalam kandungan.

Untuk itulah, tidak ada salahnya jika bunda mulai memberikan stimulasi terhadap si janin dalam kandungan dengan melakukan sentuhan, berbicara dengannya atau bahkan memperdengarkannya musik. Meskipun tidak bisa kita dengar, namun didalam perut ia bisa mendengarnya dengan jelas. Jangan heran jika pada saat bunda memberikan stimulasi, si kecil akan juga memberikan respon seperti pergerakan atau menendang.

Perkembangan Janin Usia 26 Minggu

Nah, berbicara mengenai pergerakan si janin dalam rahim. Sebenarnya pada pekan ini, ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si buah hati dalam rahim anda. Perkembangan menakjubkan ini tentu akan terus bertumbuh dan berjalan jika bunda mendukungnya dengan asupan nutiri dan gizi yang dibutuhkan oleh si buah hati. Untuk itu, pastikan bila bunda tidak melewatkan sedikitpun asupan makanan begizi untuk si jabang bayi dalam rahim ya bund.

Bila diukur, kini ukuran bayi anda beratnya sudah mencapai 760 gram. Ukuran berat ini, tentunya mengalami perkembangan dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Sementara untuk panjang tubuhnya, bila diukur dari bagian kepala sampai kebagian tumit, kini panjangnya telah mencapai 36 cm.

perkembangan janin minggu 26

Seiring dengan perkembangan berat dan panjang tubuhnya, kini mata si bayi pun sudah mulai dapat membuka pada kisaran pekan ini. Responnya terhadap suara pun semakin membaik dan lebih konsisten menjelang akhir bulan ke 7 ketika jaringan saraf ditelinganya akan mulai selesai dan sempurna.

Saat ini bayi anda mungkin sudah mulai bisa mendengar anda dan pasangan sedang mengobrol, atau mungkin suara TV yang anda tonton akan pula ia dengar bahkan suara kendaraan dan klakson motor diluar pun akan dapat didengar oleh si buah hati dalam kandungan.

Untuk itulah, sebaiknya tidak membuat suara-suara gaduh yang ribut dan mencekam seperti halnya suara pertengkaran, suara tangisan suara teriakan dan suara lainnya. Sebab disadari atau tidak, kondisi ini akan membuat si bayi dalam kandungan dibuat ketakutan.

Selain perkembangan diatas, bayi anda sata ini pun mungkin sudah dapat melakukan latihan untuk menghirup dan menghembuskan napas, meski didalam kandungan tidak ada udara. Akan tetapi, hal ini adalah latihan dasar yang akan dilakukannya untuk mempersiapkan saat ia lahir nanti.

Sejak perkembangan yang terjadi pada si bayi begitu cepat dan pesat, serta perkembangan pada otaknya yang mulai intens, maka asupan gizi yang dibutuhkan oleh si buah hati akan sangat penting.

Untuk itulah, pastikan bila anda mengkonsumsi asupan makanan yang mencakup kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh si janin dalam rahim anda. Seperti halnya, sayur, buah dan konsumsi biji-bijian.

Selain beberapa perkembangan menakjubkan ditas, pada pekan ini bayi anda pun sudah memiliki pola tidur sendiri, jika si bayi bangun anda mungkin akan mendapati bahkan bayi anda melakukan pergerakan seperti menendang, meninju dan terus bergerak. Sementara itu, bila ia terdiam maka kemungkinan ia sedang tidur.

Namun bila anda beruntung, terkadang bayi anda akan pula meniru pola tidur anda. Pada pekan ini, bayi pun sudah memproduksi sistem kekebalan tubuh yang ia serap dari antibodi anda, hal ini lah yang akan mempersiapkannya sebelum hari kelahiran tiba.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperiksakan?

Setiap berkonsultasi ke dokter kandungan tiap bulanya, dokter atau suster akan memeriksa tekanan darah anda. Pemeriksaan sampel urine pun akan juga dibutuhkan gua mendeteksi bila terdapat kondisi tertentu dalam tubuh anda, seperti halnya adanya diabetes atau preeklamsia.

Bila tes darah rupanya menunjukan bahwa adanya status resus negatif (RhD negatif) dalam tubuh anda, maka nantinya, anda akan disarankan untuk menjalani tes anti ketahanan tubuh (antibody). Terdapat kemungkinan bahwa antibodi ini terdapat dalam darah anda bila bayi anda berstatus RhD positif. Pada kondisi ini, anda perlu mendapatkan injeksi atau suntikan anti-D, guna mencegah reaksi ketidakcocokan antara anda bersama dengan si bayi dalam kandungan.

Pada usia kehamilan pekan ini, beberapa wanita hamil mungkin mengalami pegal-pegal dibagian jari dan juga tangan. Hal ini, pada umumnya dipicu karena saraf yang terdapat dibagian pergelangan tangan terjepit, sehingga menyebabkan adanya tekanan dan menimbulkan rasa nyeri. Bila kondisi ini dirasa mengganggu, maka sebaiknya segera konsultasikan kondisi ini kepada dokter guna mendapatkan penanganan yang lebih aman dan lebih baik.

Demikianlah, gambaran mengenai perkembangan bayi pada usia pekan ke 26. Berbeda dengan usia kehamilan pada pekan-pekan sebelumnya, dimana anda masih belum yakin apakah bayi anda bisa mendengar atau merasakan suara-suara dan stimulasi yang anda berikan untuknya.

Pada usia kehamilan 6 bulan atau pada pekan ke 26 ini, anda sudah bisa memastikan perkembangan si bayi dengan memperdengarkannya music atau berbicara dengannya. Dengan begini anda akan dapat menyaksikan sendiri pergerakan dan respon dari si buah hati.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini pada umumnya akan membuat anda lebih bahagia dibandingkan dengan usia sebelumnya. Hal ini dikarenakan segala tanda dan gejala awal kehamilan sudah menghilang pada minggu ini. Sebaliknya, usia kehamilan ini membuat anda bisa merasakan dengan lebih nyaman perkembangan si buah hati dalam rahim anda.

Untuk itulah, guna mendukung perkembangan yang pesat dalam perut anda agar tidak terkendala, maka jaga asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si janin dalam kandungan anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel