data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 38 Minggu

Usia perkembangan janin anda kini sudah memasuki usia ke 38 pekan dihitung dari perkiraan hari pertama haid terakhir anda pada waktu yang lalu.

Seiring dengan perkembangan usia kehamilan ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan bayi dan juga diri anda sendiri. Usia kehamilan pekan ke 38 atau yang bila dihitung berdasarkan hitungan bulan kini usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 9 atau trimester akhir dari periode kehamilan.

Usia kehamilan ini tentu menjadi masa yang mendebarkan untuk sebagian besar wanita. Betapa tidak tak selang beberapa saat lagi mereka akan dihadapkan dengan momen besar yakni melahirkan. Untuk wanita yang mendapatkan kehamilan pertama hal ini tentu akan menjadi momen yang membuat mereka panik dan bahkan dicampuri dengan perasaan takut akan masa kelahiran yang sebentar lagi. Minimnya pengalaman dan perasaan ingin tahu yang besar mungkin membuat banyak perasaan berkecamuk dalam benak mereka.

Untuk itulah dalam hal ini dukungan dan perhatian dari orang-orang terdekat si ibu hamil amatlah diperlukan guna meringankan beban ketakutan dan kepanikan yang dialami oleh ibu hamil. Akan tetapi pada kenyataannya usia kehamilan bulan ini seharusnya menjadi hal yang menyenangkan untuk anda para ibu hamil. Pasalnya beberapa saat lagi momen penting yang sudah anda nanti-nanti selama ini tak lama lagi akan segera terwujud.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Impian dan angan memeluk dan menggenggam si buah hati dalam tangan anda akan segera terwujud sebentar lagi. Untuk itulah persiapkan segala halnya dengan matang dan baik. Agar nantinya momen menyambut si buah hati ke dunia akan menjadi hal yang mengesankan dan membuat momen tersebut dapat terkenang selamanya dalam hidup anda.

Pada usia kehamilan ini bayi anda akan siap dan matang dilahirkan ke dunia. Sebenarnya pada pekan dan bulan-bulan sebelumnya anda sudah harus mempersiapkan diri dan bersiaga agar dapat segera mengunjungi rumah sakit bilamana anda mengalami kontraksi yang semakin terasa intens dan teratur.

Hanya sekitar 5% bayi yag lahir tepat pada tanggal perkiraan kelahirannya. Maka anda sebaiknya tetap tenang bila bayi anda tak kunjung lahir ke dunia atau mungkin lahir dengan waktu lebih cepat dari tanggal perkiraannya. Sebab pada masa ini si bayi sudah terhitung matang dan siap untuk dilahirkan kapan saja.

Pada usia kehamilan pekan ini atau pada masa akhir trimester kehamilan bayi anda usudah seharusnya berada pada posisi siap lahir, yakni dengan posisi kepala berada dibawah. Bukan hanya itu perkembangan pada organ tubuh dan organ dalam pada si bayi sebenarnya sudah mulai terbentuk dengan keseluruhan.

perkembangan janin minggu 38

Pada masa ini perkembangan yang banyak terjadi dengan tubuhnya hanyalah berupa perkembangan tahap penyelesaian sebelum akhirnya nanti si bayi akan siap lahir ke dunia. Organ dalam seperti otak dan paru-paru pada si bayi sudah hampir berkembang dengan sepenuhnya dan kini paru-parunya sudah siap untuk bekerja dengan bernapas dan merasakan momen-momen yang terjadi di dunia nanti.

Pada usia kehamilan ini kemampuan besar yang dimiliki oleh si buah hati adalah ia akan dapat merespon cahaya dan sentuhan. Bahkan kemampuan inilah yang akan menjadi kemampuan pertamanya pada saat ia dilahirkan.

Pada masa ini bayi anda sudah merasa nyaman dengan posisinya sendiri, ia kini menggantung pada bawah rahim dan akan siap untuk dilahirkan ke dunia.

Kabar baiknya pada usia kehamilan ini anda dapat mengetahui jenis kelamin bayi yang anda kandung dengan melakukan analisis yang unik. Salah satu petunjuk yang bisa dijadikan alat pendukung analisis tersebut yakni dilihat dari ukuran berat tubuh bayi anda.

Bayi laki-laki umumnya akan lebih berat ukurannya dibandingkan dengan bayi perempuan. Pada usia kehamilan 39 minggu berat tubuh bati anda akan berkisar antara 3-3,2 kg dan ia akan terus mengalami peningkatan berat tubuh karena simpanan lemaknya yang akan membantunya untuk mengatur suhu badannya selepas ia dilahirkan ke dunia.

Selain itu, sistem-sitem organ pada si buah hati kini sudah mulai terbentuk dengan sempurna dan keseluruhan. Akan tetapi nantinya paru-paru akan menjadi organ yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk mencapai tingkat perkembangan yang matang. Biasanya pada saat bayi dilahirkan masih dibutuhkan beberapa jam sebelum pernapasanya matang dan dapat bekerja dengan baik dan normal.

Pernahkan anda bertanya-tanya apakah warna mata bayi anda? Kebanyakan bayi Asia dan Afrika memiliki warna mata hitam atau coklat pada saat mereka dilahirkan. Akan tetapi warna mata tersebut akan menjadi lebih jelas dan benar-benar hitam atau coklat setelah si bayi berusia 6 bula atau satu tahun.

Bukan hanya perkembangan mata saja, pada pekan ini perkembangan otak bayi anda sudah semakin bayi setiap harinya sehigga mampu melakukan pekerjaan kompleks untuk memfungsikan organ-organ dalam tubuhnya dna memberikan respon, jika si bayi dilahirkan pada minggu ini maka ia akan dapat dikategorikan lahir dengan normal dan siap untuk dilahirkan kapan saja pada masa ini.

Perkembangan dan Gejala yang Dirasakan Ibu Hamil Usia 38 Minggu

Perjalanan kehamilan anda kini berada pada tahapan akhir sebelum nantinya anda akan dihadapkan pada momen kelahiran sang bayi. Gejala-gejala hamil tua pada saat ini sudah mulai anda rasakan. Selain itu gejala-gejala kehamilan pada bulan-bulan sebelumnya pun akan mungkin kembali anda rasakan. Dengan seiring membesarnya ukuran si bayi dalam rahim anda mungkin anda akan merasakan mudah lelah, kaki bengkak dan perasaan ingin buah air kecil lebih sering daripada waktu biasanya.

Menjelang momen kelahiran tiba mungkin ini adalah masa-masa anda dibuat panik menghadapi momen besar dalam kehidupan anda. Bukan hanya itu orangtua anda pun mungkin sudah tak lagi sabar menunggu kehadiran sang cucu tercinta yang telah mereka nantinya. Untuk itu selain mempersiapkan keperluan dan kebutuhan bayi anda, persiapan mental akan menjadi bekal yang penting yang harus anda miliki.

Selain perubahan diatas ada pula perubahan yang terjadi dengan tubuh anda. Pada trimester terakhir ini berat badan anda mungkin hanya mengalami kenaikan yang sedikit. Cairan ketuban dalam rahim anda pun mungkin akan semakin berkurang menginjak pekan ini. (Baca juga: Keputihan Pada Wanita)

Selain itu anda mungkin akan mulai merasakan kontraksi palsu yang akan sering terasa. Tubuh anda akan mempersiapkan persalinan dengan timbulnya tanda peregangan pada bagian leher rahim dan bagian ini yang mulai melepaskan lendir.

Selama masa kehamilan, lendir ini menghalangi jalan lahir guna menghindari bakteri masuk kedalam tubuh terutama kebagian rahim. Dengan demikianlan keluarnya lenidr dari bagian rahim seringkali menjadi tanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Demikianlah beberapa penjelasan terperinci mengenai perkembangan janin pada usia kehamilan pekan ke 38. Sebenarnya perkembangan janin yang ada dalam rahim tidaklah sama. Nah, perkembangan jani diatas hanya menggambarkan perkembangan bayi secara umum yang terjadi dalam rahim ibunya. Semoga ulasan kali ini bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan. 

Loading...

Follow us