Perkembangan Janin Usia 28 Minggu

4.64/5 (81)

Selamat bunda, usia kehamilan anda kini sudah memasuki pekan ke 28 atau yang mana kini, usia kehamilan anda sudah memasuki bulan ke 7.

Tahukah anda? Usia kehamilan 7 bulan merupakan periode masa kehamilan yang sakral bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, terutama untuk orang-orang Jawa. Saking sakralnya, momen kehamilan usia 7 bulan seringkali membuat orang-orang Jawa mengadakan ritual syukuran dan doa yang dipanjatkan pada Tuhan dengan maksud meminta resthu atau ridho agar kehamilan yang dijalani oleh si ibu hamil dapat berjalan dengan baik tanpa adanya halangan dan rintangan.

Ritual ini seringkali disebut dengan ritual “mitoni”. Menurut kepercayaan orang Jawa jaman dahulu, periode masa kehamilan ini adalah masa dimana keluarga dan ibu hamil sudah mulai mempersiapkan perlengkapan untuk si calon bayi yang akan lahir. Seperti halnya mempersiapkan popok dan perlengkapan lainnya yang akan dibutuhkan oleh si bayi nantinya.

Dan memang, dalam kenyatannya pada usia kehamilan 7 bulan, bila ternyata si bayi lahir dalam keadaan yang prematur, mereka akan dapat bertahan hidup. Akan tetapi, kondisi ini tetap melihat kondisi si bayi apakan ia memelurkan perawatan yang intensif atau tidak.

Selain itu, usia kehamilan pada pekan ini, jenis kelamin si bayi dalam perut anda sudah dapat dipastikan dengan sempurna apakah perempuan atau laki-laki. Dan tentunya, kondisi ini akan dengan jelas bisa anda lihat dengan menggunakan mesin USG.

Nah, selain berbagai perkembangan diatas, ada pula perkembangan lain yang tak kalah menarik yang terjadi dengan si buah hati anda. Apakah saja, perkembangan itu? Mari kita simak dibawah ini.

Perkembangan Janin minggu 28

Dalam kandungan, bayi anda sudah dapat mendengar dengan baik. Kini, ia akan mulai sering merubah posisinya dan mulai merespon terhadap segala rangsangan yang diberikan, seperti halnya cahaya, suara dan rasa nyeri. Semua ini, akan mulai dirasakan oleh si buah hati. Dengan demikianlah, jangan heran bila pada saat pekan ini, bayi anda akan mulai dapat melakukan pergerakan.

Bukan hanya itu, usia perkembangan pekan ini membuat si buah hati sudah mulai dapat membuka kelopak mata dan mengubah kepalanya ke arah sumber cahaya terang yang diberikan dari luar perut si ibu. Tunas kukunya dan lapisan lemak sudah mulai terbentuk pada masa ini. Kondisi ini tentu saja merupakan persiapannya sebelum ia dilahirkan ke dunia.

perkembangan janin minggu 28

Bila anda mulai membayangkan untuk dapat berinteraksi dengan si buah hati dalam kandungan anda. Maka tidak ada salahnya, jika anda mulai memberikan mereka beberapa rangsangan seperti halnya, membaca atau menyanyi. Kedua rangsangan tersebut adalah stimulasi yang baik untuk bayi dalam rahim anda.

Dikarenakan kini, alur saraf dibagian telinga bayi anda sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Untuk itu, jangan merasa sungkan untuk melakukan interaksi dengan si bauh hati, meskipun anda tidak yakin apakah si bayi bisa mendengar atau tidak, akan tetapi respon pergerakannya adalah bukti nyata bahwa ia sudah mulai menangkap dan merasakan rangsangan yang anda berikan untuknya.

Selain itu, perkembangan yang tak kalah pesat pun terjadi dengan bobot tubuhnya. Kini, bayi anda sudah mulai bertambah beratnya menjadi 1 kg dan panjang ukuran tubuhnya bila diukur dari bagian kepala sampai ke kakinya, kini panjangnya sudah mencapai 38 cm.

Lapisan lemak pada tubuh si buah hati pun akan terus terbentuk dan tulangnya hampir terbentuk dengan sempurna, akan tetapi tulang-tulang tersebut masih begitu lembut dan lentur. Kondisi ini tentu tidak akan berubah atau mengeras dengan sepenuhnya sebelum si bayi lahir ke dunia. Selain itu, paru-paru pada si bayi sudah terbentuk dengan cukup baik untuk digunakan untuk bernapas menggunakan udara, sehingga meskipun ia lahir pada usia pekan ini, maka si bayi akan dapat bernapas dan bertahan hidup. Jaringan otak pada si bayi pun terus mengalami perkembangan yang begitu pesat.

Apa Saja yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Hamil?

Sama halnya dengan bayi anda, usia kehamilan pekan ini akan juga membawa perkembangan yang cukup pesat pada tubuh anda. Pada usia kehamilan ini, rahim anda kini akan kira-kira seukuran dengan sebuah bola. Usia kehamilan yang memasuki trimester ketiga ini, akan banyak perempuan yang mengalami kram dibagian kaki. Selain itu, beberapa perkembangan lain yang juga terjadi dengan ibu adalah adanya masalah pada jam tidur atau terjaga dimalam hari yakni insomnia, konstipasi dan hemoroid.

Selain itu, akibat posisi rahim yang berada dibagian bawah tulang rusuk, maka anda akan mungkin mengalami kesulitan bernapas. Akan tetapi, tak perlu khawatir dampak yang akan anda alami dari kondisi rahim yang membesar ini tidaklah terlalu besar. Selain itu, kondisi ini adalah hal yang wajar, yang mana sebagian besar wanita mengalami hal yang serupa.

Usia kehamilan ini, akan membuat anda mulai merasakan pergerakan si buah hati dalam rahim anda. Bahkan ketika anda menyorotkan cahaya senter pada perut anda, maka si kecil akan mulai bergerak-gerak mengikuti sumber cahaya tersebut. Terkadang bayi pun akan merespon ketika ibunya melakukan gerakan olahraga. Tahukah anda? Pergerakan inilah yang seringkali menjadi penguat hubungan ibu dan bayinya yang tengah dikandung.

Usia kehamilan 7 bulan bukan hanya sebagai momen yang sakral pada periode kehamilan. Pada usia ini, ibu sudah dapat menikmati kehamilannya tanpa adanya gangguan, seperti pada pekan kehamilan sebelumnya. Bulan ini adalah kesempatan untuk ibu dapat beristirahat dengan baik dan membuat diri anda lebih nyaman.

Hal-hal baru dan menyenangkan akan menghiasi hari-hari anda bersama dengan pasangan karena kini si janin akan lebih seirng bergerak dan membuat perhatian anda dan pasangan akan tentu saja teralihkan padanya. Hal ini tentu saja, akan membuat kesegaran dan refreshing tersendiri untuk anda dan pasangan. Yang mana tentunya, obrolan anda dimalam hari bersama dengan si pasangan akan semakin hidup dan semakin hangat mengenai hal-hal yang dibutuhkan oleh si bayi nanti dan kelak. Bahkan, impian tentang masa depan si calon buah hati akan menjadi obrolan yang menyenangkan dan membuat hubungan anda bersama dengan pasangan semakin hangat.

Nah, demikianlah beberapa perkembangan yang terjadi dengan si bayi pada usia kehamilan pekan ke 28 serta perubahan fisik apa saja yang akan dapat terjadi pada ibu hamil pada usia ini. Para ahli mengemukakan bahwa perkembangan bayi dalam rahim pada umumnya berbeda. Akan tetapi, perkembangan diatas, menunjukan perkembangan si bayi secara umum dan garis besar.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply