Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

4.83/5 (40)

Usia perkembangan janin dalam perut anda, kini sudah memasuki usia pekan ke 30.

Nah, dari usia ini, perkembangan yang pesat akan terus terjadi dengan tubuhnya sampai akhirnya nanti si bayi akan siap dilahirkan ke dunia.

Serangkaian perkembangan yang panjang dan cukup melelahkan ini, tentu tidak terjadi dengan mudah dan bisa dilalui dengan cepat. Besar pengorbanan anda sebagai seorang calon ibu, membuat si bayi dalam kandungan anda bisa terjaga setiap perkembangannya dengan begitu baik.

Meski ada begitu banyak rintangan dan halangan, dari mulai munculnya gejala awal kehamilan yang cukup menyiksa seperti halnya, mual, muntah, lemas dan lain sebagainya. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa bunda lewati dengan baik.

Kami menyadari bahwa hal tersebut semata-mata mampu dan berhasil bunda lewati karena besarnya cinta bunda untuk si calon buah hati. Untuk itulah, kami ucapkan selamat yang sebesar-besarnya ya bund. Tetap jaga asupan nutrisi dan gizi ibu hamil yang diperlukan oleh si bayi dalam kandungan. Selain itu, tetap jalankan pola hidup yang sehat sebagai kunci keberhasilan bunda dalam melewati segala macam tahap kehamilan ini.

Nah, melihat antusiasme bunda yang begitu besar terhadap perkembangan si bayi dalam kandungan, kami menyadari betul bahwa tidak ada satu detik pun momen dimana bunda mau melewatkan perkembangan si malaikat kecilnya. Untuk itulah, tak heran jika pada saat ini mungkin bunda tengah asik mencari-cari informasi perkembangan si buah hati dari waktu ke waktu.

Begitu juga pada artikel kali ini, pada pembahasan kali ini anda akan menyimak bagaimana perkembangan si buah hati dalam kandungan di usia pekan ke 30.

perkembangan janin minggu 30

Perkembangan Janin Usia 30 Minggu

Mulai dari pekan ini, bayi anda akan mulai mengalami perkembangan bobot dan panjang tubuh yang pesat dan cepat. Usia pekan ini perkembangan yang mulai terjadi dengan jelas adalah perkembangan dibagian organ internalnya yakni paru-paru dan saluran pencernaan si bayi yang sudah mulai terbentuk dengan matang.

Selain itu, perkembangan lain yang tak kalah menakjubkan diantaranya terjadi pada kelopak matanya yang begitu kecil yang sudah mulai dapat membuka dan menutup untuk sementara waktu, jadi mungkin saat ini si bayi akan bisa melihat bagian dalam diri anda saat ini. Sungguh sebuah perkembangan yang menakjubkan, yang mana setiap perkembangan ini akan terus berlanjut dan berlangsung sampai akhirnya nanti si buah hati akan siap dilahirkan ke dunia.

Bila anda mengukur ukuran berat si bayi saat ini sudah mencapai 1.3 kg dan panjang tubuhnya dari bagian kepala sampai kebagian kaki, ukurannya suah mencapai 39 cm. Ukuran panjang tubuh ini mungkin akan lebih lambat bertumbuh dibandingkan dengan berat tubuhnya yang terus mengalami perkembangan yang lebih pesat.

Selain itu, usia kehamilan pekan ini membuat responnya terhadap rangsangan semakin dikembangkan dengan baik. Jadi demikian, bila anda menyorotkan senter pada perut anda atau memberikan stimulasi lainnya, bayi anda akan langsung memberikan respon, baik itu berupa pergerakan, tendangan, dorongan atau bahkan pukulan.

Beberapa ahli menyatakan bahwa dengan memberikan si bayi dalam kandungan stimulasi berupa sebuah cahaya akan dapat meningkatkan perkembangan penglihatannya dengan lebih baik. Untuk itulah, jangan pernah sungkan untuk mulai rajin memberikan bayi anda beberapa stimulasi yang akan mengasah kemampuan responnya agar menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, perkembangan lainnya pun mulai terjadi dengan matanya, kini bayi anda dalam rahim sudah mulai memiliki alis dengan bulu-bulu halus yang mulai tumbuh dibagian tersebut.

Selain itu, pada usia kehamilan pekan ini, bayi anda akan mulai mengembangkan lemak pada tubuhnya lebih banyak dibandingkan dengan usia pekan-pekan sebelumnya. Kondisi ini tentu saja akan membuat kulit si bayi terasa semakin lembut, dan lemak berwarna putih dalam tubuhnya akan digunakannya nanti sebagai persiapannya setelah dilahirkan untuk membantu si bayi menyesuaikan diri dalam mempertahankan suhu panas pada tuubhnya.

Banyaknya lemak dalam tubuh si bayi akan juga berpengaruh terhadap pergerakannya dalam kandungan. Dengan kondisi ini, pergerakan si bayi dalam kandungan akan mungkin sedikit berkurang, namun jika tidak ada gerakan sama sekali yang anda rasakan, maka kondisi ini harus segera diperiksakan ke dokter. Dengan memeriksakan atau berkonsultasi ke dokter, maka akan diketahui penyebab pergerakan si buah hati dalam kandungan anda.

Perubahan yang Terjadi dengan Tubuh Ibu Hamil

Sama halnya dengan yang terjadi dengan buah hati anda dalam kandungan, perkembangan dan perubahan lain pun akan juga anda rasakan. Pada usia kehamilan ini, anda mungkin akan merasa sering lelah. Akibatnya jam tidur anda terutama jam tidur dimalam hari akan terganggu. Akan tetapi, bila anda mengalami insomnia, sebaiknya konsultasikan kondisi ini ke dokter agar kondisi ini bisa segera diatasi.

Selain itu, kolostrum atau cairan yang mengawali keluarnya ASI bisa mungkin sudah keluar di payudara anda pada masa kehamilan usia pekan ini, meski demikian hanya sebagian wanita yang mengalaminya. Bila anda mengalami kondisi ini, anda dapat menggunakan bra yang memiliki bantalan untuk menyerapnya.

Perubahan dan Gejala Emosional

Selain beberapa perubahan fisik diatas, usia kehamilan ini akan membuat anda mengalami perubahan emosional. Beberapa perubahan tersebut diantaranya adalah:

Anda akan mulai mempelajari semua hal tentang kehamilan dan perawatan bayi. Perubahan ini pada umumnya lebih sering merujuk pada hal yang lebih menyenangkan dibandingkan pada hal yang menyiksa. Pada usia kehamilan ini, hal-hal tentang persiapan dan perawatan bayi setelah kelahirannya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dibicarakan bersama dengan pasangan atau teman-teman anda.

Selain itu, anda mungkin akan semakin penasaran dengan proses kelahirannya dan mulai bertanya-tanya pada teman atau kerabat atau mungkin dokter mengenai proses kelahiran nanti. Akan tetapi sebaiknya, hindari menanyakan kondisi seputar proses kehamilan yang menakutkan atau menegangkan, karena percaya atau tidak alam bawah sadar anda akan tersugesti menjadi negatif yang nantinya dikhawatirkan, kondisi ini malah akan semakin membebani pikiran anda karena timbulnya ketakutan yang besar.

Dibandingkan dengan membebani pikiran, sebaiknya fokuslah pada bagaimana, mempersiapkan diri dan kesehatan anda menjelang hari kelahiran tiba nantinya.

Demikianlah penjelasan gamblang mengenai perkembangan janin dan perubahan yang terjadi pada ibu hamil usia kehamilan pekan ke 30. Para ahli mengemukakan, bahwa perkembangan janin antara satu dan lainnnya berbeda. Untuk itulah, perkembangan diatas hanya menggambarkan secara umum mengenai perkembangan rata-rata seorang janin daam kandungan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel