Perawatan Sehari-hari Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Ibu hamil tentunya sangat diharuskan untuk memperhatikan perawatan sehari-harinya. Hal ini dilakukan supaya ibu dapat memastikan kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, serta gizi untuk janin tetap terpenuhi. Karena kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandungnya. Ketika ibu hamil tidak sehat, maka kondisi janin pun dapat mengalami hal yang sama. Bahkan janin pun dapat tertular penyakit sang ibu. Oleh sebab itu, menjaga tubuh supaya tetap sehat selama masa hamil sangat penting untuk dilakukan. Melakukan perawatan sehari-hari dan menjaga pola hidup yang sehat dalam beberapa aspek merupakan jawaban yang tepat. Yaitu untuk  menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang di kandungnya. Dengan begitu ibu hamil dapat tetap sehat selama hamil dan melahirkan bayi yang sehat pula.

Perawatan Sehari-hari Ibu Hamil

Perawatan Sehari-hari Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

Dengan melakukan perawatan sehari-hari secara rutin dan merubah kebiasaan, tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuh ibu maupun janin. Nah, apa saja kira-kira perawatan yang harus dilakukan sebagai Ibu Hamil ? simak point-point berikut yuk!

( Baca Juga : 19 Perawatan Hamil Muda Agar Tetap Sehat )

Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi saat masa kehamilan. Ini merupakan salah satu cara yang mampu mendorong perkembangan otak janin, mengurangi resiko lahir cacat, serta berat bayi yang sehat. Dalam aspek kesehatan ibu hamil, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi mampu mengurangi resiko kehamilan. Salah satunya Anemia serta gejala-gejala kehamilan lain yang tidak di inginkan.  Jika ibu hamil merasa mual, muntah dan tidak nafsu makan sebaiknya memilih makanan yang tidak berlemak. Makan dalam porsi kecil tetapi sering karena ibu hamil dianjurkan untuk makan porsi lebih banyak daripada sebelum hamil. Makanan yang bergizi baik untuk dikonsumsi ibu hamil diantaranya :

  1. Makanan yang mengandung protein. Kandungan protein didapatkan dari daging tanpa lemak, telur ayam, kacang-kacangan, produk kedelai.
  2. Makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium dapat di temukan pada susu yang telah di pasterisasi/ susu hamil, susu kedelai.
  3. Makanan yang mengandung Zat Besi. Zat Besi, kandungan ini dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti kangkung, bayam ataupun dari ikan samon maupun kacang-kacangan.
  4. Makanan yang mengandung Asam Folat. Kandungan asam folat dapat ditemukan pada buah-buahan seperti pepaya dan pisang.
  5. Makanan yang mengandung Zinc. Kandungan Zinc dapat ditemukan pada makanan seafood seperti udang, kepiting, dan kerang laut.
  6. Buah dan Sayur yang mengandung Vitamin C. Kandungan Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan seperti tomat, jeruk strawberry dan lain-lain.
  7. Makanan yang mengandung Lemak Sehat. Kandungan lemak sehat dapat ditemukan pada buah alpukat dan biji-bijian.

Selain ada makanan yang harus dikonsumsi oleh Ibu hamil, ada pula makanan yang harus dihindari. Makanan yang harus dihindari ibu hamil yaitu makanan yang kurang sehat. Seperti junkfood, susu yang tidak dipasterisasi, dan ikan yang mengandung merkuri tinggi. Seperti ikan tuna, daging mentah serta olahan mentah lainnya. Jika ibu hamil mengkonsumsi makanan tersebut dikhawatirkan akan berdampak buruk. Kemungkinan memicu komplikasi selama kehamilan yang mampu membahayakan keadaan janin yang di kandung.

Istirahat yang Cukup

Saat hamil, ibu hamil harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan tubuh ibu  hamil akan mudah lelah dari keadaan sebelum hamil. Tidur malam untuk ibu hamil minimal 6-7 jam dan usahakan tidur siang selama 1-2 jam. Posisi tidur dengan berbaring miring ke kiri dengan menekuk lutut merupakan posisi yang nyaman selama kehamilan. Posisi tidur dengan miring ke kiri sangat dianjurkan dan bagus untuk memperlancar aliran darah ke pasenta. Sehingga jantung bekerja lebih mudah. Usahakan jika tidur kaki harus lebih tinggi daripada tubuh dan tidak boleh menggantung. Karena dikhawatirkan akan membuat kaki bengkak. Ketika tidur, lakukan rangsangan stimulasi pada janin dengan suami. Lakukan dengan sering mengelus-elus perut ibu dan mengajak janin bicara sejak usia kandungan 16 Minggu atau 4 bulan.

Menjaga Kebersihan Diri

Tidak sedikit ibu hamil yang melewatkan kebersihan diri. Membersihkan diri pada ibu hamil wajib dilakukan. Ibu hamil dapat membiasakan untuk menjaga kebersihan diri dengan melakukan hal sebagai berikut.

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir sebelum makan dan setelah buang air besar/ buang air kecil.
  2. Mandi dua kali sehari dengan memperhatikan kebersihan payudara dan daerah kemaluan.
  3. Cuci rambut minimal 2-3 kali dalam seminggu.
  4. Menyikat gigi secara benar dan teratur minimal setelah selesai sarapan dan sebelum tidur.
  5. Ganti pakaian dalam dan pakaian luar setiap hari dan jangan biarkan sampai lembab.
  6. Rutin periksakan keadaan gigi ke fasilitas kesehatan saat memeriksakan kehamilan. Hal ini karena jika pada ibu hamil terdapat gigi berlubang akan sangat besar kemungkinan buruk terjadi. Karena bakteri atau virus akan dengan mudah masuk dari lubang gigi ke pembuluh darah.

Membatasi Aktivitas Fisik

Ibu hamil yang sehat dapat melakukan aktivitas fisik sehari-hari seperti biasanya. Namun tentunya harus dengan memperhatikan kondisi kesehatan ibu terlebih dahulu serta memastikan janin yang dikandung tetap aman. Ibu hamil diharuskan untuk tidak melakukan kerja berat seperti sebelum hamil. Melibatkan suami dalam membantu istri untuk melakukan pekerjaan sehari-hari sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Ibu hamil harus mengikuti/melakukan senam hamil sesuai dengan anjuran dari petugas kesehatan yang ada di sekitarnya.

Mendapat Cairan yang Cukup

Ibu hamil sangat penting untuk mengkonsumsi banyak cairan, terutama air putih. Volume darah wanita saat hamil mampu meningkat drastis. Salah satu cara untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh yaitu dengan banyak mengkonsumsi air putih. Cukupi kebutuhan air minum pada saat hamil dengan meminum air putih minimal 10  gelas perhari. Asupan cairan yang cukup mampu membantu mencegah terjadinya dehidrasi, serta sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil. 

Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga ringan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Ibu hamil dapat melakukan olahraga ringan setiap harinya selama kurang lebih tiga puluh menit. Jenis  olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil diantaranya adalah jalan santai, berenang, yoga dan senam hamil. Sebelum melakukan olahraga ibu hamil di anjurkan untuk berkonsultasi terlebih daluhu ke dokter obgyn. Terutama bagi ibu hamil yang mempunyai resiko tinggi pada kehamilannya. Adapun manfaat yang dapat diperoleh untuk ibu hamil diantaranya

  1. Membuat otot dan daya tahan tubuh semakin kuat
  2. Mampu mengurangi stres berlebih
  3. Mampu meningkatkan energi
  4. Meringankan susah buang air besar/ sembelit.
  5. Meningkatkan kualitas tidur
  6. Meningkatkan sirkulasi darah dan pernafasan

Melakukan perawatan sehari-hari pada Ibu Hamil tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Perawatan yang dilakukan tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda dan mampu menunjang perkembangan janin yang dikandung. Kehamilan yang normal memang sangat di impikan bagi setiap wanita yang sudah berumah tangga. Namun bukan berarti hal yang tidak diinginkan tidak dapat muncul. Hal tersebut harus di cegah, yaitu dengan memperhatikan perawatan sehari-hari yang harus diperhatikan ibu hamil. Demikian beberapa hal perawatan sehari-hari yang harus ibu hamil perhatikan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply