Meski Terlihat Sama, Ini Gejala Hamil Anggur yang Penting Diketahui

4.6/5 (5)

Meski Terlihat Sama, Ini Gejala Hamil Anggur yang Penting DiketahuiTerjadinya kehamilan merupakan peristiwa berharga yang amat di nanti oleh hampir setiap pasangan yang sudah menikah. Akan tetapi sayangnya, tidak semua kehamilan selalu berjalan mulus pada setiap wanita. Beberapa orang harus menerima kenyataan pahit saat berita kehamilan mereka rupanya adalah kehamilan palsu seperti hamil anggur.

Tanda dan gejala yang dirasakan pada hamil anggur pada dasarnya sama dan hampir mirip seperti ciri-ciri hamil pada umumnya. Itulah mengapa banyak orang seringkali terlambat mendiagnosa kehamilan palsu ini sebagai kehamilan pada umumnya.

Meski Terlihat Sama, Ini Gejala Hamil Anggur yang Penting Diketahui

Nah, oleh karenanya penting sekali kita kenali seperti apa saja gejala hamil anggur yang penting untuk dipahami sekaligus melihat bagaimana cara membedakannya.

Meski Terlihat Sama, Ini Gejala Hamil Anggur yang Penting Diketahui

Sebelum mengetahui lebih jauh apa itu hamil anggur mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu hamil anggur. Simak di bawah ini penjelasannya.

Apa Itu Hamil Anggur?

Dalam bahasa medis kondisi kehamilan anggur di sebut pula sebagian mola hidatidosa. Yakni sebuah kondisi yang cukup jarang terjadi namun apabila seorang penderita mengalami kondisi ini maka pasien harus mendapatkan terapi secepat mungkin untuk mencegah terjadinya komplikasi.

Secara penjabaran, kehamilan anggur merupakan suatu tumor jinak yang tumbuh pada bagian rahim. Atau bisa pula tumbuhnya sel-sel di dalam rahim yang terjadi secara abnormal atau tidak terkontrol pada masa awal kehamilan.

Akibat kondisi ini sel-sel tersebut akan membentuk kista. Hamil anggur merupakan suatu tipe Gestational Trophoblastic Disease (GTD) atau sebuah kondisi tumor pada masa kehamilan. Bila tumor yang dialami adalah jenis tumor ganas maka kondisi ini disebut sebagai choriocarcinoma.

Gejala Hamil Anggur

Kondisi hamil anggur terjadi ketika fetus dan plasenta di dalam rahim tidak berkembang dengan baik. Namun hingga sampai saat ini belum ada penyebab jelas yang memicu kondisi dari kehamilan yang satu ini.

Akan tetapi, penelitian mengungkapkan bahwa kondisi kehamilan anggur salah satunya disebabkan oleh gangguan kromosom. Dimana kromosom sendiri amat penting yakni membawa pesan genetik.

Seringkali hamil anggur diketahui setelah usia kehamilan mulai berkembang lebih lanjut. Kondisi ini di karenakan gejala hamil anggur memang mirip dengan kehamilan pada umumnya.

Namun sebenarnya, terdapat beberapa kondisi yang patut di curigai dimana kondisi ini bisa mengarah pada kehamilan yang bermasalah seperti hamil anggur. Apa sajakah itu? Mari simak di bawah ini informasinya.

Adanya Pendarahan

Tanda lain yang dapat terjadi pada mereka yang mengalami hamil anggur adalah pendarahan vaginal yang terjadi pada trimester awal kehamilannya. Pendarahan ini tidak berbentuk seperti darah haid dan juga darah yang muncul sebagai tanda awal kehamilan.

Akan tetapi, hal inilah yang sangat di sayangkan dimana sebagian besar wanita mengabaikan pendarahan awal kehamilan dan mengasumsikannya sebagai tanda keguguran atau mungkin menstruasi.

Maka dari itu, guna mendapatkan diagnosis jelas pada kondisi yang terjadi. Maka sebaiknya segera hubungi dokter dan periksakan masalah ini. Terkadang, hamil anggur pun menunjukan tanda positif pada saat dilakukan test kehamilan melalui test pack.

Mual dan Muntah Berlebihan

Wanita yang hamil anggur pun sama seperti wanita yang hamil pada umumnya dimana mual dan muntah yang berat akan mereka rasakan. Hal inilah yang seringkali membuat sebagian orang mengsumsikannya sebagai morning sikness.

Bahkan pada beberapa kasus, mual muntah yang dialami oleh wanita dengan hamil anggur bisa sampai membuat mereka harus menjalani rawat inap sebab kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuhnya.

Akan tetapi sebenarnya, morning sickness yang dialami oleh seorang wanita hamil biasanya tidak seberat itu. Tahapannya masih wajar dan tidak terlalu buruk. Untuknyalah, pengecekan kehamilan kepada ahlinya menjadi hal yang lebih penting dilakukan.

Pembengkakan Perut

Pembengkakan pada perut yang terjadi pada wanita dengan hamil anggur bukan terjadi sebab perkembangan bayi di dalam rahim. Namun kondisi ini terjadi sebab adanya ascites yakni pembesaran perut karenanya adanya gangguan pada fungsi hati.

Akan tetapi, karena rahim membesar secara tidak normal atau lebih besar dibandingkan dengan usia kandungan yang anda alami saat ini maka kondisi ini patut dicurigai.

Bila anda merasa usia kehamilan anda masih mudah, namun perut anda sudah membengkak lebih besar. Maka sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter sebab bisa mungkin hal ini adalah tanda dari hamil anggur.

Diare

Pada umumnya, ibu hamil memang akan mudah terserang dengan diare ataupun buang air kecil dengan frekuensi yang meningkat selama kehamilan. Kondisi ini terjadi sebab pembesaran pada rahim yang menekan bagian saluran urine ataupun bagian pencernaan.

Akan tetapi, bila diare yang dialami ternyata kondisinya begitu hebat bahkan sampai dengan adanya perubahan pada feses maka kondisi ini adalah kondisi berbahaya. Segera konsultasikan masalah ini dengan dokter dan periksakan pula kehamilan yang anda alami saat ini.

Keluarnya Cairan dari Organ Kewanitaan

Keputihan memang sangat rentan dengan ibu hamil. Akan tetapi, jenis cairan keputihan yang keluar biasanya dalam jumlah yang wajar dan tidak disertai dengan bau ataupun warna yang terlalu mencolok.

Sebaliknya, bila anda mengalami keluarnya cairan dari bagian organ kewanitaan dan merasa kondisi ini tidak normal maka segera konsultasikan dengan dokter.

Hipertensi

Tekanan darah yang normal pada umumnya ada di ukuran 120/80. Sementara pada ibu hamil, tekanan darah biasanya akan cenderung meningkat. Hal ini bukanlah kondisi yang wajar dan akan justru berbahaya apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja.

Karena darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil akan dapat menyebabkan sebuah kondisi yang dinamakan dengan preeclampsia dan menjadi ecplampsia.

Diagnosis hipertensi pada ibu hamil dapat dinyatakan apabila tekanan systole pada tubuhnya berada pada angka 140 atau lebih dan tekanan diastolenya berada di angka 90 ataupun lebih.

Nah, pada kehamilan anggur kondisi hipertensi pun bisa menjadi tanda yang menyertai kehamilan yang anda alami saat ini. Maka dari itu, sebelum kondisi ini berubah menjadi lebih buruk maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana Mengetahui Kehamilan Anggur?

Setiap wanita yang sudah menikah tentu menanti-nanti berita kehamilan mereka. Betapa tidak, kehamilan menjadi anugerah yang dinanti-nanti setiap pasangan yang sudah menikah karena kehadiran buah hati akan dapat melengkapi kebahagiaan yang di rasakan bersama dengan pasangan.

Akan tetapi, jangan girang dulu ketika anda mengetahui hasil dari test kehamilan melalui test pack sebab kemungkinan hamil anggur pun menunjukan hasil yang sama ketika di test menggunakan test pack.

Ada baiknya, segera lakukan pengecekan kehamilan untuk mengetahui kehamilan anda adalah berita yang nyata bukanlah berita kehamilan anggur. Caranya adalah dengan melakukan beberapa test di bawah ini.

  • Lakukan pemeriksaan kehamilan dengan USG
  • Perhatikan pembengkakan perut, bila ukurannya lebih besar dari usia kehamilan anda maka patut diwaspadai.
  • Lakukan pengecekan dengan dopler untuk mengetahui detak jantung bayi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel