Ciri-ciri Wanita Mandul yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri wanita mandul tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun beberapa kondisi bisa jadi petunjuk sulitnya kehamilan pada seorang wanita.

Banyak pasangan yang tak kunjung memiliki buah hati. Bisa jadi masalahnya karena salah satunya mandul. Masalah kemandulan tidak dimonopoli oleh pria atau wanita saja, tapi bisa terjadi pada keduanya.

Dokter memang tidak ada yang bisa mendeteksi kemandulan dari fisik seseorang, namun ada beberapa faktor yang bisa dilihat bila seseorang mandul. Terutama untuk seorang wanita.

Misal haid tidak teratur, atau gaya hidup juga menentukan kesehatan seseorang termasuk kemandulan. Konon konsumsi alkohol juga berpengaruh terhadap kesuburan seseorang.

Ciri Wanita Mandul

Untuk memastikan seorang wanita mandul atau tidak, maka dokter kandungan perlu memeriksa lebih lanjut. Namun seperti dikutip dari harapanrakyat.com, ada beberapa hal yang bisa jadi penanda seorang wanita subur atau tidak.

Menstruasi

Sering menstruari atau sebaliknya jarang menstruasi juga disinyal jadi pertanda seorang wanita mandul. Jika Anda terlalu sering menstruasi, bisa jadi ada gangguan pemicu kemandulan.

Penebalan dinding rahim yang menyebabkan menstruari lebih sering disinyalir karena adanya hormone yang tidak seimbang. Bahkan kondisi psikis seperti stress juga bisa menyebabkan menstruasi berlebihan.

Menstruasi yang berlebihan juga bisa karena ada progesterone yang membuat ovarium tidak mampu menghasilkan sel telur. Artinya saluran reproduksi tidak mengalami ovulasi normal.

Jika sudah begitu, tidak ada sel telur yang diproduksi dan bisa dibuahi sperma, hal inilah yang menyebabkan wanita sulit hamil bahkan mandul.

Frekuensi menstruasi yang jarang, bisa jadi ciri wanita mandul. Misalnya menstruasi datang 3 bulan sekali, atau malah dalam setahun hanya menstruasi dua kali. Ini juga pertanda tidak ada ovulasi. Tidak ada ovulasi berarti tidak ada sel telur yang diproduksi.

Ketika menstruasi tiba-tiba berhenti, bisa juga jadi indikasi kemandulan. Jika menstruasi tiba-tiba berhenti, dipastikan ada masalah hormon atau ada penyakit pada organ reproduksi.

Begitu pun jiga menstruasi tiba-tiba saja tidak datang, bisa jadi hal ini indikasi kemandulan. Jika hal ini terjadi maka, ada masalah hormon yang serius serta ada penyakit dalam organ reproduksi wanita.

Sakit ketika menstruasi juga bisa jadi ciri wanita mandul. Sakit luar biasa saat menstruasi bisa karena masalah indung telur.

Apabila sakitnya ditambah dengan gejala lain, misalnya terasa sakit saat buang air kecil, darah yang keluar menggumpal dan berlebihan, atau bahkan saat buang air kecil disertai dengan darah, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Berat Badan

Terlalu kurus atau gemuk bisa jadi tanda-tanda awal seorang wanita mandul. Misalnya Anda terlalu kurus lantaran sering olahraga yang ekstrim, atau karena diet tanpa lemak, sistem hormone bisa rusak dan penyerapan nutrisi pada tubuh juga akan bisa terganggu. Ini perlu diwaspadai lantaran sistem hormone yang rusak bisa membuat wanita tidak subur.

Begitupun jika berat badan Anda berlebih, bisa jadi Anda terkena sindrom ovarium polikistik atau PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). PCOS biasa terjadi pada wanita gemuk dimana hormon androgennya lebih dominan, padahal hormon ini dominan pada pria.

Jika seorang wanita memiliki hormon androgen berlebih, akan mempengaruhi kesuburannya. Selain itu PCOS juga disinyalir menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Ini juga bisa jadi ciri wanita mandul.

Hanya saja, Anda tak perlu khawatir, lantaran wanita dengan PCOS masih bisa hamil, syaratnya cuma satu, yakni menurunkan berat badan. Banyak wanita dengan PCOS yang bisa hamil setelah berat badannya turun.

Rambut

Saat rambut tumbuh lebih banyak pada tubuh, biasanya karena hormon androgen yang berlebih. Apalagi jika terlihat cukup jelas. Perlu diingat bahwa hormon androgen berpengaruh terhadap kesuburan pada wanita.

Selain tumbuh rambut pada tubuh, kerontokan pada rambut kepala bisa jadi ciri wanita mandul. Kerontokan rambut dipengaruhi oleh kelenjar tiroid, atau karena menderita penyakit autoimun, anemia, dan tentu saja karena hormon androgen berlebih yang berakibat mandulnya seorang wanita.

Jerawat

Jika jerawat tidak bisa dikendalikan, ini pertanda ada masalah serius pada hormon. Jerawat juga salah satu gejala PCOS yang menyebabkan seorang wanita susah hamil

Produksi androgen berlebih sebagai tanda PCOS menyebabkan ovulasi tidak teratur, jerawat parah, dan juga siklus menstruasi yang tidak teratur.

Itulah ciri wanita mandul yang perlu diwaspadai, jika Anda menunjukkan gejala tersebut, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.***

Leave a Reply