data-ad-format="auto"

18 Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan

Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan - Merawat payudara tentunya menjadi sebuah keharusan bagi Anda, terutama bagi wanita yang setelah melahirkan. Untuk itu, diperlukan alternatif dan juga cara merawat payudara setelah melahirkan yang wajib Anda lakukan.

Seorang wanita yang sudah pernah merasakan hamil dan juga melahirkan tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Bagaimanapun juga, mereka yang pernah hamil dan juga melahirkan disebut sebagai wanita sejati. Postur tubuh wanita yang sudah melahirkan tentunya mengalami perubahan.

Perubahan pada wanita sebelum dan juga setelah melahirkan tidaklah sama. Banyak sekali perubahan mendasar yang kerap dialami oleh banyak wanita baik dari fisik, postur tubuh, dan juga payudara. Wanita yang sudah melahirkan tentunya memiliki perubahan yang signifikan pada area payudara. Kekencangan dan kesehatan pada payudara rentan mengalami permasalahan terlebih bagi wanita yang sedang menyusui.

Meskipun Anda sudah melahirkan tentunya Anda ingin tetap memiliki tubuh dan juga payudara yang berisi, bukan? Untuk itu, diperlukan sebuah cara untuk merawat payudara setelah melahirkan agar tetap sehat dan juga terjaga kekencangannya. Pada poin selanjutnya kami akan sajikan beberapa cara merawat payudara setelah melahirkan yang dapat Anda lakukan di rumah. Baca juga: 16 Cara Membersihkan Usus Kotor Secara Alami & Bahaya Usus Kotor

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Melahirkan Normal Yang Nyaman & Lancar

Cara Merawat Payudara Setelah Melahirkan

Dengan melakukan suatu perawatan ekstra pada payudara tentunya Anda telah memilih jalan dan juga alternatif untuk mencegah beberapa masalah pada payudara Anda. Merawat payudara tentunya dapat dilakukan oleh tangan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan yang dilakukan pada wanita setelah melahirkan tentunya bertujuan untuk membuat fisik wanita kembali menjadi bugar dan juga sehat kembali.

Jika Anda menginginkan tubuh dan juga payudara kembali terjaga pasca melahirkan, tentunya Anda harus melakukan perawatan yang sangat aman, terlebih bagi wanita yang sedang menyusui. Untuk itu, Anda harus menghindari diri dari penggunaan obat pelangsing dan juga obat payudara karena dapat membuat keadaan menjadi lebih parah. LIhat juga:  14 Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Bayi Yang Wajib Anda Ketahui

Maka dari itu, Anda harus melakukan perawatan yang aman dan juga alami dengan tangan Anda sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut kami sajikan beberapa cara merawat payudara setelah melahirkan, di antaranya:

1. Jagalah kebersihan payudara

Cara merawat payudara yang pertama yaitu menjaga payudara tertap bersih. Untuk menjaga kebersihan tersebut, tentunya Anda dapat memulai kebersihan puting payudara. Anda dapat melakukan perawatan pada area payudara ini dengan teratur dan juga rutin.

Anda dapat melakukan perawatan dengan cara membasuh puting dengan menggunakan air hangat. Cara ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel di puting dan juga mencegah bakteri berada di puting payudara. Hal ini mengingat bahwa seorang wanita perlu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya.

2. Melakukan pijat payudara menggunakan teknik lipopase

Cara merawat payudara yang kedua ialah dengan melakukan pemijatan pada payudara menggunakan teknik lipopase. Teknik pijat ini bertujuan untuk menyehatkan dan juga mengencangkan payudara. Anda tentunya dapat melakukan teknik pijat ini secara rutin dan juga teratur pada kedua payudara Anda.

Pemijatan pada payudara dengan teknik tersebut tentunya dapat memperlancar peredaran darah pada payudara sehingga dapat membuat ASI menjadi lebih lancar. Pemijatan juga memiliki efek yang baik bagi payudara Anda agar tetap sehat dan juga kencang selama proses pemberian ASI pada si kecil.

3. Menggunakan bra yang nyaman

Cara merawat payudara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bra yang nyaman setelah melahirkan. Jangan sampai Anda memaksakan penggunaan bra yang memiliki model bagus, akan tetapi tidak membuat Anda nyaman. Ukuran bra yang harus Anda gunakan tentunya jangan terlalu kekecilan dan juga kebesaran.

Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika Anda sedang melakukan berbagai aktifitas.

Anda sebaiknya memakai bra yang yang kuat untuk menyangga payudara Anda. Jika memang diperlukan, Anda dapat memakai bra khusus untuk ibu menyusui. Bra khusus untuk ibu menyusui tentunya dapat menyangga payudara agar tetap terjaga dengan bentuk yang sempurna.

4. Menggunakan masker payudara dari bahan alami

Masker dari bahan yang alami tentunya sangat aman digunakan untuk puting payudara Anda. Masker yang biasanya digunakan untuk payudara yakni kuning telur dan juga mentimun. Tujuan dari dibuatnya bahan ini ialah untuk menyehatkan dan juga mengencangkan payudara Anda.

Anda dapat menggunakan masker ini dengan cara menghaluskan mentimun, lalu dicampurkan dengan kuning telur secara merata. Kemudian, Anda dapat menggunakan masker ramuan tersebut dengan dibalurkannya kepada payudara Anda secara merata. Diamkan masker tersebut selama 30 menit atau sampai kering agar manfaatnya dapat meresap. Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

5. Mengonsumsi ramuan buah pepaya

Buah pepaya sangat dipercaya sebagai salah satu ramuan yang dapat meningkatkan produksi ASI. Anda dapat merawat kesehatan payudara setelah melahirkan. Hal ini dimaksudkan untuk melancarkan produksi ASI sehingga Anda dapat memberikan ASI dengan lancar.

Cara untuk membuat ramuan pepaya tersebut terbilang sangat sederhana. Anda dapat membuatkan jus buah pepaya dengan perasan air jeruk atau juga susu kedelai. Anda juga dapat menambahkan madu setidaknya 1 sendok makan. Lalu, konsumsi ramuan ini sebanyak 2 kali secara rutin.

6. Menggunakan air hangat dan air dingin

Tentunya, setelah melahirkan bentuk dan juga otot-otot pada payudara mulai mengendur. Untuk itu, diperlukan sebuah treatment yang diakukan secara rutin agar payudara dapat terawat. Menggunakan air hangat dan juga air dingin untuk mengompres payudara memang sangat dianjurkan untuk Anda.

Anda dapat menyiram payudara Anda dengan menggunakan air dingin, kemudian ganti dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, diamkan beberapa saat kemudian ulangi langkah tersebut sampai beberapa kali. Anda tentu juga dapat mengulangi cara tersebut ketika Anda sedang mandi. Tujuannya cara tersebut dapat mencegah kendurnya payudara Anda tepat setelah melahirkan serta dapat memperlancar sirkulasi darah pada bagian payudara Anda.

7. Menggunakan masker rumput laut

Rumput laut tentunya memiliki manfaat yang cukup baik jika digunakan sebagai masker untuk payudara Anda. Selain rumput laut, alga juga dapat membantu mengencangkan payudara setelah melahirkan. Kedua bahan alami dari laut ini terbukti dapat membuat bentuk payudara tetap sempurna serta membuat payudara menjadi lebih sehat.

8. Menggunakan minyak bulus dan juga minyak sereh

Kedua minyak tersebut tentunya dapat membantu menjaga kesehatan payudara Anda. Dengan mengoleskan salah satu minyak tersebut pada payudara Anda, tentunya dapat meningkatkan kenyamanan selama melakukan proses pemijatan. Selain menggunakan salah satu dari minyak tersebut, tentunya Anda juga dapat mencampurkan kedua bahan tersebut agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, kedua bahan tersebut dapat meningkatkan kelembaban kulit di area sekitar payudara Anda.

9. Latihan push up

Jika Anda menginginkan bentuk payudara yang sempurna tentunya jangan melewatkan keuntungan yang Anda dapatkan dari melakukan olahraga. Push up termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga yang dipercaya dapat membuat bentuk payudara tetap sempurna. Dengan melakukan push up tentunya dapat mengencangkan otot-otot di sekitar payudara menjadi lebih kencang.

Manfaat yang didapat dari push up tentunya berdampak baik juga untuk otot punggung, dada dan juga tubuh bagian atas agar lebih tegak kembali seperti sebelum melahirkan. Tentunya, Anda dapat mengalirkan darah dari payudara menjadi lebih lancar sehingga dapat memperlancar produksi ASI.

10. Menggunakan masker tepung beras

Selain masker mentimun dan juga rumput lain. Bahan alami lain yang digunakan untuk merawat payudara ialah dengan menggunakan tepung beras. Tepung beras dipercaya mampu mengencangkan payudara setelah melahirkan.

Dengan cara yang cukup mudah, Anda dapat menyiapkan tepung beras yang siap pakai secukupnya. Lalu, campurkan dengan air bersih secukupnya hingga berbentuk pasta. Kemudian, balurkan pada bagian payudara Anda, tunggu sampai masker menjadi kering. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

11. Renang

Cara yang paling tepat sekaligus menjaga kesehatan ibu menyusui ialah dengan melakukan olahraga renang. Olahraga ini dipercaya dapat meningkatkan otot-otot tubuh bagian atas seperti area dada, lengan dan juga perut. Jika olahraga dilakukan secara rutin maka akan membuat payudara menjadi lebih kencang dan juga sehat. Anda tentunya dapat melakukan olahraga renang setelah Anda selesai nifas juga setelah pulih pasca melahirkan. Lakukan olahraga renang secara rutin, maka akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

12. Olahraga mengangkat beban

Selain melakukan latihan push up dan juga berenang, ada olahraga lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga payudara Anda tetap kencang. Melakukan olahraga angkat beban tentunya memiliki manfaat untuk payudara Anda. Anda tetapi, Anda harus mengangkat beban tersebut kurang lebih 1 kilo.

Latihan olahraga angkat beban tentunya dapat mengencangkan dan juga memperkuat otot-otot di sekitar dada dan juga lengan. Anda terlebih dahulu dapat berkonsultasi dengan tenaga medis dan juga dokter beban beban yang diperbolehkan untuk diangkat. Jaringan dan juga otot di sekitar payudara dapat bermanfaat baik untuk membuat payudara lebih sehat, kencang dan juga sempurna.

13. Menjaga asupan nutrisi dan juga gizi

Payudara yang terawat dan juga kencang menjadi idaman setiap wanita. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi dan juga bergizi untuk menjaga kesehatan payudara. Dengan asupan nutrisi yang lengkap tentunya dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan juga menjaga elastisitas kulit.

Nutrisi dan juga vitamin yang diperlukan oleh tubuh diantaranya vitamin A, C dan juga E. Anda juga jangan sampai kekurangan asupan air putih secukupnya setiap hari. Hal ini dikarenakan air putih yang masuk ke dalam tubuh memang sangat berpotensi untuk membuat kulit lebih lembut dan juga lembab.

14. Menggunakan masker putih telur

Putih telur memang terkenal akan kandungan protein dan juga vitamin. Putih telur bermanfaat untuk membuat payudara tampak kencang. Anda sebaiknya memilih ayam kampung untuk dijadikan masker.

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat mudah. Hanya dengan mengocok putih telur ayam kampung hingga kaku dan juga berbusa. Kemudian, aplikasikan ke area payudara, diamkan setidaknya 15 menit atau sampai kering dan bilas dengan menggunakan air bersih.

15. Posisi tidur yang tepat

Cara merawat payudara agar kencang dan juga sehat ditentukan pula oleh posisi tidur yang tepat. Posisi tidur yang kurang tepat tentunya mempengaruhi bentuk dan juga kesehatan payudara. Terdapat beberapa pakar  yang akan hal tersebut dan terbukti memang posisi tidur ke arah kanan dan juga ke kiri dapat menyebabkan payudara menjadi lebih kendur. Sedangkan posisi tidur terlentang dapat membuat payudara lebih padat dan juga kencang.

Jika seorang wanita tidur dalam dalam posisi terlentang, tentunya memiliki kelebihan dibandingkan dengan posisi tidur yang lainnya. Pada posisi terlentang, berat payudara akan tertahan oleh tubuh sehingga dapat menjaga kekencangan dan juga membuat payudara lebih sehat. Untuk itu, mulailah untuk memposisikan tidur secara terlentang untuk mendapatkan payudara yang padat dan juga kencang.

16. Latihan dumbel pullover

Latihan olahraga seperti dumbel pullover yang merupakan suatu kegiatan untuk menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh ibu menyusui. Latihan ini lebih menitikberatkan pada latihan otot agar tetap terawat dan juga sehat. Tentunya, payudara yang kendur dapat dikencangkan kembali dengan melakukan latihan ini.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat payudara Anda lebih kencang dengan melakukan latihan ini, diantaranya:

  1. Anda dapat menyiapkan satu buah papan, kemudian Anda dalam posisi berbaring dan juga kaki menapak pada lantai.
  2. Lalu, pegang 1 buah dumbel juga pegang kedua tangan, pastikan posisi tangan Anda dalam keadaan lurus tepat di depan paha.
  3. Kemudian, lakukan gerakan tangan dengan perlahan ke bawah dengan melewati kepala sampai posisi paling rendah.
  4. Lakukan posisi kembali ke awal. Setidaknya lakukan gerakan ini sampai 11 kali putaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  5. Lakukan gerakan press

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat payudara tampak kencang ialah dengan melakukan gerakan press. Gerakan ini tentunya dapat membuat payudara yang kendur.

Gerakan ini hampir mirip dengan Dumbbell Bench Press dimana kamu hanya butuh sandaran bangku panjang dengan memiliki sandaran sekitar 10-35 derajat. Pastikan kaki menapak pada lantai. Gerakan ini tentunya dapat menguatkan otot pada area dada Anda.

 17. Teknik Butterfly

Teknik ini tentunya dilakukan dengan cara membaringkan tubuh pada bangku panjang dan juga matras. Anda tentunya dapat menggerakkan kedua lengan pada arah samping, lalu menghadap ke dada. Pastikan untuk tidak menyentuk dada pada kursi dan juga matras. Usahakan untuk membayangkan kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya. Gerakan ini tidak lain adalah untuk menaikkan dan juga mengencangkan payudara Anda dengan sempurna.

18. Masker mentimun dan kuning telur

Selain putih telur, kuning telur juga dapat membuat payudara Anda tampak lebih kencang dan juga padat. Anda tentunya dapat mencampurkan mentimun dengan kuning telur untuk membuat masker ini. Cukup dengan haluskan mentimun dan campurkan dengan kuning telur. Kemudian, oleskan pada kedua payudara secara merata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan sedikit pijatan ketika mengoleskan masker tersebut pada payudara Anda. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

Demikianlah beberapa cara merawat payudara setelah melahirkan yang wajib Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda melakukan tips di atas dengan cara yang benar dan juga teknik yang dianjurkan bagi ibu menyusui. Setelah kita mengetahui cara tersebut, memang sangat penting bagi Anda untuk melakukannya. Bagaimanapun juga, teknik memijat payudara agar ASI keluar banyak memang perlu dilakukan oleh Anda. Semoga bermanfaat!

Loading...

Populer di Persalinan

Tanda-tanda melahirkan

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Selamat datang di akhir kehamilan. Barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa…

Tanda-tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada ibu hamil kebanyakan kelahiran dimulai antara usia kehamilan di minggu ke 39 dan…
Default Image

Mengenal Tahapan Proses Melahirkan

Persalinan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para ibu hamil, sebuah waktu…

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Jahitan pada proses melahirkan biasanya disebabkan oleh adanya robekan yang terjadi di…
proses melahirkan normal

Melahirkan Normal: Tips Menghilangkan Rasa Sakit

Melahirkan normal merupakan proses melahirkan yang diidamkan oleh para ibu yang sedang…

Follow us