Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih dan Bersih

4.68/5 (62)

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih – Setiap orangtua tentu ingin buah hatinya lahir dalam keadaan sehat dan sempurna. Terlebih lagi jika bayi yang dilahirkan memiliki kulit putih dan bersih, itu pastinya idaman semua orangtua. Hanya saja, yang harus anda ketahui bahwa faktor terbesar yang mempengaruhi warna kulit bayi yaitu genetik.

Namun meskipun begitu anda dapat berusaha agar kulit buah hati anda tetap bersih dan sehat. Beberapa makanan yang dikonsumsi selama kehamilan diketahui akan menjadikan kulit anak anda bersih. Jika anda ingin berusaha berikut ini ada beberapa makanan yang dipercaya mampu mempercantik kulit bayi.

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih

Makanan ini dipercaya oleh para ibu dapat menjadikan kulit bayi putih dan bersih saat dilahirkan. Tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba. Di samping itu makanan ini juga termasuk makanan sehat untuk kehamilan. Yuk simak makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih dan bersih pada pembahasan di bawah ini. ( Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester ke 3 )

Makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sayuran hijau baik untuk melindungi rahim, serta plasenta agar tetap bersih. Sayuran hijau mengandung serat alami yang bermanfaat untuk membantu pencernaan ibu hamil agar tetap lancar dan sehat. Sehingga dengan begitu ketuban akan tetap bersih dan kulit bayi pun akan bersih dan putih.

Sayuran hijau menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Tidak hanya membuat kulit bayi putih dan bersih, sayuran hijau juga akan memberikan nutrisi sehat seperti mineral dan vitamin.

Kacang Hijau

Tahukah anda? Air rebusan dari kacang hijau ternyata diketahui menjadi salah satu nutrisi yang dapat menjadikan bayi cerdas sejak di dalam kandungan. Selain mencerdaskan bayi, air rebusan dari kacang hijau ini akan membuat bayi memiliki kulit putih dan bersih. Kacang hijau mengandung protein nabati dan tinggi akan asam folat. Bukan hanya mampu membantu menjernihkan air ketuban saja, nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau juga akan mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan.

Air Kelapa

Air kelapa tinggi akan kandungan elektrolit, berperan sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Minum air kelapa selama kehamilan disarankan. Namun hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan minum air kelapa saat kehamilan masih muda. Berdasarkan ahli minum air kelapa selama kehamilan dapat membantu menjernihkan air ketuban, membantu membersihkan rahim. Selain itu, air kelapa juga termasuk minuman sehat yang akan membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi.

Air Putih

Air putih memiliki manfaat baik untuk kesehatan, meskipun banyak orang yang menyepelekan khasiatnya. Untuk wanita hamil, air putih berperan penting dalam pencucian serta penjernihan air ketuban. Jika anda ingin kulit buah hati bersih, maka anda dapat minum air putih sesuai yang disarankan. Jika kebutuhan cairan selama kehamilan terpenuhi, maka bayi yang anda kandung berpotensi cerdas, sehat dan bersih. ( Lihat juga : Manfaat Air Putih Bagi Kehamilan )

Susu Kedelai

Dalam susu kedelai terkandung protein tinggi dan vitamin E. Selain bagus untuk pertumbuhan tulang, juga dapat menjadikan kulit bayi dalam kandungan lebih cerah dan bersih. Anda dapat rutin mengkonsumsi susu kedelai selama kehamilan. Efeknya pori-pori kulit si kecil akan menjadi kecil dan terlihat halus, juga bersih. Anda harus memperhatikan porsi minum susu kedelai setiap harinya, karena minum  susu kedelai terlalu banyak justru tidak baik untuk kesehatan kehamilan anda.

Buah Bengkoang

Buah bengkoang memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan. Bahkan buah ini sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan karena diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Di samping itu, buah bengkoang kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Buah bengkoang diketahui mampu membantu mendinginkan perut ibu hamil dan mengurangi perasaan mual. Selain itu, mengkonsumsi buah bengkoang selama kehamilan akan menjadikan kulit bayi yang anda kandung lebih bersih. Ini disebabkan karena kandungan antioksidan, vitamin C dan mineral yang terkandung di dalam buah yang satu ini.

Putih Telur

Telur menjadi makanan favorit banyak orang. Selain simple, murah meriah dan rasanya enak, telur juga kaya akan kandungan nutrisi. Bagian putih telur diketahui baik untuk kehamilan. Putih telur baik dikonsumsi selama kehamilan, apalagi saat trimester kedua kehamilan. Putih telur mengandung kolin yang memiliki peran dalam menjaga dan mempertahankan perkembangan saraf otak bayi dalam kandungan. Selain itu, putih telur termasuk salah satu makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih. Sering mengkonsumsi putih telur saat kehamilan terimester kedua diketahui akan menjadikan kulit bayi yang anda kandung putih mulus.

Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang harus anda konsumsi selama kehamilan. Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat. Selain mampu meningkatkan warna kulit, kandungan asam folat yang terdapat pada buah jeruk penting untuk pertumbuhan janin agar sehat.

Jus Anggur

Selain manis dan menyegarkan, kandungan dalam anggur baik untuk kesehatan. Anggur mengandung alpha hydroxy acids (AHA). Dimana kandungannya tersebut diketahui memiliki pengaruh untuk menghasilkan kulit bayi yang sehat dan bersih. ( Baca juga : Makanan Untuk Ibu Hamil 5 Bulan )

Hindari Konsumsi Makanan Berlemak Saat Hamil

Selama kehamilan anda sebaiknya membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak seperti misalkan daging berlemak, kulit, santan dan lain sebagainya. Kolesterol terkandung dalam makanan berlemak yang akan berpotensi mengendap pada bagian tubuh janin, kemudian akan menjadi tanda lahir yang akan memperburuk kulit bayi. Tidak hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak selama kehamilan juga akan membuat kulit bayi yang dilahirkan terlihat kotor apalagi pada bagian kepala dan dahi.

Faktor yang Mempengaruhi Warna Kulit Bayi Dalam Kandungan

Warna kulit manusia bisa bervariasi, dari pucat hingga gelap. Warna kulit bayi dipengaruhi oleh faktor keturunan. Hanya saja anda bisa tetap menjaga kesehatan dan kebersihan kulit bayi dengan asupan makanan yang tepat.

Gen atau Keturunan

Faktor yang paling berpengaruh pada warna kulit bayi yaitu gen atau keturunan. Apabila gen yang diturunkan oleh orangtua memang berwarna gelap, maka akan sulit untuk membuat kulit bayi agar putih. Namun meskipun begitu anda jangan khawatir, anda dapat tetap berusaha agar kulit bayi anda bersih dan sehat.

Makanan Ibu

Selain gen atau keturunan, faktor yang mempengaruhi keadaan kulit bayi yaitu makanan yang ibu hamil konsumsi dalam kandungan. Sebagai contoh, makanan berlemak diketahui dapat mempengaruhi pertumbuhan sel kulit bayi ketika dalam kandungan. Selain itu, pada kulit terdapat lemak jahat yang dapat menjadikan kulit bayi anda kotor.

Itulah beberapa makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih dan bersih. Penting juga untuk selalu melakukan konsultasi pada dokter, mengenai usia berapa baiknya anda mengkonsumsi makanan tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel