data-ad-format="auto"

14 Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Bayi Yang Wajib Anda Ketahui

Kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Spa. Kini banyak klinik kecantikan ataupun salon yang menyediakan spa sebagai salah satu perawatan tubuh. Sebagian orang terutama wanita banyak yang melakukan perawatan tubuh dengan media spa untuk membuat tubuhnya rileks dan juga tenang.

Pada akhir-akhir ini marak dengan munculnya fenomena baby spa. Akan tetapi, sebagian besar orangtua belum mengetahui apa manfaat melakukan baby spa untuk buah hatinya bahkan mereka menganggap bahwa baby spa tidak perlu dilakukan, karena hanya akan menghabiskan uang dan juga tidak akan memberikan manfaat yang terlalu signifikan bagi bayinya.

Sebagian orangtua bahkan berpikir bahwa baby spa merupakan sekedar tren yang ada pada saat ini agar klinik atau salon kecantikan menjadi laris. Pemikiran tersebut sangat tidak benar, tentunya banyak manfaat yang diperoleh dari baby spa untuk si kecil. Untuk itu, kami sajikan manfaat-manfaat melakukan baby spa untuk si kecil pada poin di bawah ini.

Apa Itu Baby Spa?

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Tentunya, kita sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata baby spa/spa bayi. Terlebih bagi sebagian kaum wanita menganggap bahwa spa haruslah dimasukkan ke dalam jadwal perawatan tubuh. Lantas, bagaimana dengan baby spa?

Kata spa berasal dari salah satu nama kota di negara Belgia sejak abad ke-14 yang merupakan sumber air panas yang biasanya digunakan untuk pengobatan. Seperti yang kita tahu bahwa SPA merupakan sebuah akronim dari Sanitas Per Aqua yang berarti salah satu perawatan tubuh yang menggunakan air sebagai medianya atau air bagi kesehatan tubuh. Dapat  disimpulkan bahwa spa merupakan sebuah terapi yang dilakukan dengan cara mandi ataupun berendam.  

Saat ini spa tersedia di salon-salon dan juga klinik kecantikan, terlebih baby spa. Spa bayi merupakan suatu rangkaian khusus melakukan perawatan tubuh pada bayi dengan menggunakan air sebagai medianya dalam berenang dan juga mandi. Baby spa disini tidak hanya berendam atau mandi saja, akan tetapi mencakup perawatan tubuh lainnya seperti pijat bayi.

Baby spa sebenarnya sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu, akan tetapi mereka masih menggunakan cara yang tradisional. Mereka melakukan perawatan pada bayi dengan menggunakan air hangat, kemudian di pijat. Hal ini biasanya dilakukan oleh dukun bayi. Sedangkan pada zaman sekarang, bedanya bayi berenang di kolam yang sudah disediakan di pusat-pusat baby spa atau klinik.

Pada umumnya, baby spa memiliki rangkaian khusus meliputi baby swim selama 15 menit, baby massage selama 20 menit dan juga pemberian sinar infra red selama 10 menit. Baby spa ini biasanya dilakukan pada saat bayi mulai menginjak usia satu bulan. Seluruh rangkaian baby spa tersebut tentunya dilakukan pengawasan fisioterapis untuk menghindari terjadinya kesalahan yang fatal atau terjadinya cedera.

Rahasia Di Balik Terapi Air

Water therapy atau terapi air dikenal dengan berbagai istilah seperti aquatic physical therapy, water flotation dan juga hydrotherapy. Pada terapi ini bayi diajak untuk berenang di dalam sebuah bak kecil dengan menggunakan pelampung pada bagian leher. Dengan begitu bayi bebas melakukan gerakan tungkai dan juga lengannya. Gerakan ini tentunya menyerupai sebuah gerakan ketika bayi berada di dalam kandungan.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa ketika bayi menendang-nendang di dalam air, gelombang air akan menstimulasi bayi dalam melatih keseimbangan. Tentunya, stimulasi ini dikaitkan dengan perkembangan kemampuan bayi dengan cepat dalam merangkan dan juga berjalan nantinya. Bukti ilmiah lain telah melakukan percobaan pada bayi sekitar 12 bayi yang lahir prematur untuk melakukan terapi air selama 10 menit. Hal ini menunjukkan bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik terutama pada malam hari dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan terapai air. Bayi yang berenang cenderung lebih tenang dan juga rileks serta dapat meminimalisir nyeri. Bayi akan terhindar dari rewel seperti pada kebanyakan bayi.

Penelitian lain dilakukan di Brazil pada tahun 2013 pada bayi usia 7-9 bulan dengan jumlah subjek sebanyak 12, intervensi 6 dan juga kontrol 6. Para bayi dilatih berenang selama 40 menit setiap satu minggu sekali selama 4 bulan. Hal ini lebih baik dalam hal perkembangan motorik pada bayi jika dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan stimulasi sama sekali. Bayi yang melakukan baby swim lebih cepat tanggap terhadap stimulasi yang ada disekitarnya.

Perbedaan antara terapi dan berenang tentunya ditandai dengan perbedaan suhu. Pada terapi air yang meliputi gerakan dan juga latihan yang berada dalam suhu lebih hangat jika dibandingkan dengan suhu pada kolam renang biasa antara 35-36 derajat Celcius.

Manfaat Baby Spa Untuk Perkembangan Bayi

Setelah kita mengetahui apa itu baby spa dan rahasia dibalik terapi air. Nah, pada poin ini kita akan membahas apa saja manfaat baby spa untuk perkembangan bayi Anda seperti pada beberapa poin berikut ini:

1. Melancarkan peredaran darah pada bayi

Tentunya, dengan melakukan berbagai gerakan dan juga latihan pada renang ataupun spa, maka gerakan alami yang dilakukan oleh bayi Anda akan menjadi rangsangan alami untuk melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan kesehatan pada jantung bayi. gerakan tanpa tekanan ini tentu dapat menghindarkan bayi dari stres dan akan membuat anak lebih ceria dan juga lincah dalam melakukan berbagai aksi uniknya.

2. Meningkatkan kualitas tidur pada bayi

Tidak dapat dipungkiri bahwa bayi sering mengalami rewel dan juga susah tidur terutama pada saat malam hari. Hal ini memang terbukti dan juga terjadi pada sebagian besar bayi. Hal ini tentunya dikarenakan bayi tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan juga sering bangun dan menangis.

Pada saat baby spa, otot-otot bayi akan menjadi lebih lentur, sehat dan juga kuat. Bayi akan terhindar dari kejang dan juga nyeri pada daerah persendiannya. Kondisi ini tentunya membuat bayi akan lebih cepat dan juga mudah tidur pulas.

Dengan melakukan baby spa, manfaat yang akan Anda ambil tentunya memperbaiki kualitas tidur pada bayi sehingga si kecil tidak akan atau jarang bangun pada malam hari. Kondisi ini akan membuat bayi memiliki pola tidur yang cukup baik. Tentunya, ini menjadi suatu keuntungan buat Anda, bukan?

3. Memperbaiki sistem pernafasan pada bayi

Melakukan baby spa tentu akan berpengaruh baik pada sistem pernafasan bayi. Ketika si kecil berusaha bergerak di dalam air, tentunya ia akan merasa takut dan juga khawatir akan sesuatu yang baru. Dengan gerakan seperti ini, maka denyut jantung dan juga sistem pernafasan bayi menjadi lebih cepat dan lambat laun akan teratur dengan sendirinya ketika ia melakukan baby spa berikutnya. Rasa takut terhadap air pastinya akan membuat si kecil lebih berani dan juga percaya diri ketika melakukan suatu gerakan di dalam air.

4. Bayi akan lebih aktif bergerak

Hal ini tentu saja akan terjadi pada bayi yang melakukan baby spa dibandingkan dengan bayi yang tidak sama sekali. Efek positif dari melakukan gerakan di dalam air akan membuat bayi lebih aktif karena si kecil akan lebih berani dan juga percaya diri. Ia tidak akan merasa takut dalam melakukan gerakan seperti merangkak dan juga berjalan. Hal ini tentunya menjadi suatu keuntungan buat kita sebagai orangtua karena akan lebih mudah mengajari dan juga melatih anak untuk belajar berjalan.

5. Menambah nafsu makan bayi

Dengan melakukan baby spa, tentunya bayi akan lebih aktif bergerak dan juga merasa sedikit kelelahan. Ketika si kecil rutin melakukan aktifitas tersebut, tentunya ia akan merasa lapar. Kondisi ini menyebabkan si kecil memiliki nafsu makan yang cukup tinggi. Bayi juga akan mendapatkan pencernaan yang yang lebih baik serta akan lancar buang air besar.

6. Menurunkan kadar hormogen adrenalin

Bayi yang melakukan baby spa tentunya akan mengaktifkan kinerja neurotransmitter serotin yang dapat meningkatkan sel reseptor agar sistem imun menjadi lebih tinggi dan juga mempertebal adrenalin. Manfaatnya tentu sebagai respon untuk menurunkan rasa stres berlebih atau kadar hormogen adrenali pada bayi.

7. Pijatan lembut membuat bayi rileks

Manfaat yang di dapat dari baby spa dengan pijatan tentunya dapat membuat tubuh bayi melepaskan hormon Oksitosin dan juga Endorfin. Pelepasan hormon ini tentunya dapat bermanfaat untuk membuat tubuh bayi lebih rileks, nyaman dan juga lebih ringan.

8. Meningkatkan cepat tanggap pada bayi

Gerakan-gerakan alami yang dilakukan oleh bayi tentunya akan membuat bayi lebih cepat tanggap dan juga dapat menerima respon positif dari lingkungan sekitarnya. Bayi akan lebih cepat tanggap dan berkembang terhadap respon di sekitarnya. Tentunya, kondisi ini membuat bayi lebih mandiri, ceria, cerdas dan juga tidak mudah menangis.

9. Mempercepat pertumbuhan tulang bayi

Tentunya, tulang bayi terbilang masih sangat rapuh sehingga diperlukan suatu stimulasi untuk membuat pertumbuhan tulang bayi lebih cepat. Pijatan yang diiringi dengan belajar terapung di dalam air tentunya dapat mempercepat bayi tumbuh tinggi serta dapat meningkatkan kepadatan pada tulang.

Program baby spa ini memang lebih pada melatih otot dan juga tulang agar lebih kuat dan juga sehat. Pijatan pada tubuh bayi juga dapat membuat keadaan organ dalam bayi menjadi lebih normal dan juga sehat. Pastinya, hal ini akan membuat bayi lebih cepat tumbuh tinggi.

10. Meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi

Melakukan perawatan baby spa tentunya akan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan juga bayi. Ibu akan bisa lebih jelas melihat perkembangan pada bayinya pada saat melakukan gerakan-gerakan kecil. Seorang ibu akan menangkap gerakan yang dilakukan oleh bayi tersebut sebagai rasa kasih dan juga bahagia memiliki anak yang sudah berkembang sesuai dengan usianya. Hal ini tentunya akan memperlancar komunikasi antara seorang ibu dan juga anaknya.

11. Meningkatkan berat badan pada bayi

Tentunya, perawatan baby spa dimulai dengan melakukan pijatan pada tubuh bayi. Penelitian mengatakan bahwa stimulasi dari pemijatan sangat erat kaitannya dengan berat badan bayi. Penelitian yang dilakukan oleh Field menunjukkan bahwa kenaikan berat pada bayi yang melakukan baby spa meningkat sekitar 47% per harinya dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan stimulasi. Tentunya, pijatan ini mempengaruhi pergerakan lambung dan juga sistem saraf vagal menjadi lebih baik dan juga efisien.

Pijat yang dilakukan pada bayi ternyata memiliki efek yang lebih bila menggunakan minyak bunga matahari dan juga minyak kelapa (coconut oil). Hal ini tentunya diduga oleh para ahli bahwa minyak tersebut dapat menyerap ke dalam permukaan kulit dengan cepat.

12. Meningkatkan kesehatan pada kulit

Pijat bayi tentunya sangat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan kulit pada bayi terutama menggunakan minyak. Penggunaan minyak dapat membuat kulit bayi lebih lembab serta menstabilkan suhu panas pada kulit.

Pijatan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi bayi yang lahir prematur karena sering mengalami hipotermia (suhu tubuh di bawah normal). Hal ini juga dapat membuat kulit bayi terhindar dari kering dan juga pecah-pecah.

13. Perkembangan pada bayi

Bayi yang melakukan baby spa tentunya akan lebih berkembang dibandingkan dengan bayi yang tidak melakukan baby spa. Manfaat yang didapatkan dari baby spa tentunya perkembangan bayi lebih cepat dan juga lebih matang baik dari segi kognitif, motorik dan juga prilaku pada bayi. Bayi yang lahir prematur jika dilakukan pijatan, maka akan jarang stres, rewel ataupun menangis. Perawatan baby spa tentunya akan lebih mematangkan perkembangan bayi dan akan lebih pesat serta cepat tanggap dalam mengenali lingkungan sekitarnya.

14. Memberikan stimulasi pada bayi

Melakukan baby spa tentunya dapat mendorong perkembangan bayi Anda melalui stimulasi sensorik. Hal ini tentunya otak si kecil akan mendapatkan sel-sel baru yang ia dapat dari berendam di dalam kolam. Hal ini akan membentuk koneksi saraf-saraf otak si kecil menjadi lebih baik melalui berbagai stimulasi dan rangsangan berupa pijat bayi, air hangat dan juga aroma dari minyak pijat bayi.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Baby Spa

Setelah kita mengetahui bahwa baby spa memiliki segudang manfaat untuk bayi Anda, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum baby spa. Ada beberapa efek yang ditimbulkan jika kita tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini:

  1. Keadaan bayi harus kenyang dan juga tidak sedang mengantuk ketika akan melakukan baby spa. Jika lapar dan mengantuk, bayi Anda tidak akan menikmati spa dan menganggap sesuatu yang tidak menyenangkan baginya. Bayi akan menangis dan juga rewel jika dipaksa melakukan baby spa.
  2. Memilih pusat baby spa yang terbaik mulai dari penyaringan air kolam, bahan kimia apa yang digunakan di dalam kolam serta metode lainnya dalam melakukan spa pada bayi Anda. Hal ini dikarenakan tubuh bayi masih belum kebal terhadap virus, bakteri, kuman serta zat kimia lainnya.
  3. Lebih baik Anda melakukan baby spa dengan bayi yang orangtuanya dekat dengan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui riwayat pada bayi tersebut. Hal ini untuk menghindari kemungkinan penyakit menular saat berendam di dalam kolam.
  4. Perhatikan apakah bayi Anda siap untuk melakukan baby spa. Hal ini dikarenakan setiap bayi memiliki perkembangan dan sistem imun yang berbeda-beda. Apakah memang bayi Anda sudah siap secara fisik ataupun mental saat akan melakukan baby spa.

Selain manfaat yang bisa kita ambil dari baby spa, tentunya perawatan baby spa juga terbilang aman untuk dilakukan karena pada umumnya menggunakan bahan alami dari produk-produk yang terpercaya. Seperti yang ditemukan di beberapa klinik baby spa dimana selalu menggunakan bahan alami dalam  memberikan perawatan baby spa  pada pijatan, berenang dan juga mandi. Bahan alami yang kerap digunakan yakni aloe vera, minyak zaitun, allantoin, minyak kelapa dan minyak biji matahari. 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Seperti yang kita tahu bahwa aloe vera menjadi bahan pelembab alami yang berbentuk gel dimana dapat membantu memberikan stimulasi pijatan pada bayi serta dapat merangsang terjadinya regenerasi kulit. Selain itu, aloe vera yang sering diberikan pada tubuh bayi dapat menjaga stimulasi tubuh bayi menjadi kuat sehingga tidak mudah sakit. Manfaat minyak zaitun untuk bayi yakni dapat membantu mengatasi kulit bayi yang kering serta mengurangi ruam popok ataupun iritasi pada kulit. Allantoin memang kerap digunakan untuk perawatan kulit karena memiliki khasiat sebagai anti-iritasi serta dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Sedangkan untuk minyak kelapa dan juga minyak biji matahari yang kerap digunakan untuk proses pemijatan tentu memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bahan alami lainnya. Manfaat dari minyak kelapa dan juga minyak biji matahari yakni untuk membersihkan kulit bayi, melembapkan kulit bayi serta dapat merangsang tumbuhnya rambut pada bayi. 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

Kini, semua bahan alami yang kerap digunakan untuk perawatan baby spa sudah bisa Anda dapatkan dari produk terpercaya yakni varian produk Little Bee dari Tupperware yang diformulasikan khusus untuk bayi. Semua produk dari Little Bee Tupperware ini sudah kami aplikasikan di klinik kami. Dari semua produk yang dicoba tersebut memang memiliki efek yang signifikan pada kulit bayi dimana membuat kulit bayi menjadi lebih lembut. Dengan wangi yang khas dan menyegarkan tentu dapat menciptakan sensasi baby spa di rumah semakin seru. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan baby spa di rumah dengan menggunakan varian produk dari Little Bee Tupperware.

Berbagai varian produk dari Little Bee ini terbilang sangat lengkap sebagai skincare khusus bayi yang bisa Anda gunakan saat melakukan baby spa di rumah Anda.

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi
 

 

 Little Bee Baby Oil dengan kandungan Formula + Aloe Vera di dalamnya dapat membantu memberikan stimulasi pijatan terutama pada saat baby massage dan dapat merangsang regenerasi kulit bayi. Little Bee Baby Oil ini memiliki tekstur yang ringan serta mudah menyerap pada kulit bayi serta tidak meninggalkan kesan berminyak pada kulit bayi. 

 

 

 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

 

 Little Bee  Baby Wash dan Baby Soap dengan kandungan Formula+ Minyak Zaitun & Limesoft dipercaya dapat membersihkan sekaligus melindungi kulit bayi dari iritasi. Jika Anda menginginkan aroma Powdery Musk yang segar untuk tubuh bayi, maka Little Bee Baby Wash and Baby Soap sangat cocok untuk bayi Anda. Produk ini sudah teruji secara klinis sehingga tidak menimbulkan iritasi dan juga reaksi alergi (Hypoallergenic).

 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

 

 Little Bee Baby Shampoo dengan Formula+ Centiol Conditioner berfungsi untuk melapisi dan juga menjaga kelembutan alami setiap helai rambut bayi. Jika bayi Anda mengalami pertumbuhan rambut yang terhambat tentunya Little Bee Baby Shampoo, sehat serta membuat rambut bayi menjadi lebih ber-volume. Selain itu, produk ini dirancang dengan mild on eyes sehingga tidak menyebabkan pedih pada mata bayi. 

 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

 

Little Bee  Baby Lotion dengan kandungan Formula+ Oleate & Vitamin E dapat menjaga kelembapan alami kulit si kecil sepanjang hari. Dengan aroma Powdery Musk tentunya dapat membuat kulit bayi harum serta dapat menenangkan bayi. Selain itu, Little Bee Body Lotion dapat melindungi kelembutan kulit bayi dan menjaga kesehatan kulit bayi.

 

 

 

 

 

Manfaat Baby Spa Bagi Tumbuh Kembang Bayi

 

Little Bee  Baby Powder dengan Formula + Allantoin dengan butiran bedak yang tidak berhamburan (less powdery) yang mudah menyerap ini diperaya dapat mencegah iritasi dan menjaga kesegaran kulit si kecil sepanjang hari. Bayi dengan berat badan berlebih atau cenderung gemuk biasanya memiliki lipatan pada kulit sehingga menimbulkan iritasi dan alergi. Dengan menggunakan Little Bee Baby Powder, maka lipatan pada kulit bayi, alergi serta iritasi dapat diatasi dengan baik. 

 

Menjaga kulit bayi tetap bersih dan juga sehat dengan menggunakan bahan alami tentu menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Itulah beberapa manfaat baby spa, bahan alami yang digunakan untuk perawatan baby spa serta rekomendasi produk skincare untuk bayi dari Little Bee Tupperware yang aman dan juga terpercaya. Semoga bermanfaat.