Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik dan Benar

4.94/5 (16)

Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk merawat buah hati dengan baik. Segala hal yang bersangkutan dengan bayi harus anda perhatikan, termasuk pakaiannya. Karena kulit bayi masih sensitif, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan pakaian bayi.

Banyak orangtua yang menganggap bahwa cara mencuci baju bayi sama dengan cara mencuci baju orang dewasa. Namun, sebenarnya anda tidak boleh sembarangan saat mencuci baju si kecil. Nah, agar lebih jelas simak cara mencuci baju bayi yang benar berikut ini.


Cara Mencuci Baju Bayi yang Baik dan Benar

Mencuci baju bayi yang baik dan benar penting dilakukan agar si kecil merasa aman dan terhindar dari masalah kulit. Berikut ini cara mencuci baju bayi :

Cuci Baju Sebelum Dipakai

Bayi umumnya memiliki kondisi kulit yang sensitif. Sehingga agar terhindar dari masalah kulit, penting untuk melindungi kulitnya. Apalagi jika anda baru saja membelikan baju baru untuk si kecil.

Meskipun baru tapi tidak menjamin baju bebas dari debu, kuman atau bahan kimia yang berbahaya lainnya. Anda tidak tahu bahan apa saja yang telah menempel pada baju saat proses produksi. Oleh karena itu, setelah membeli baju baru dan sebelum memakaikannya pada si kecil sebaiknya cuci terlebih dahulu baju tersebut.

Gunakan Deterjen Khusus

Apabila kulit bayi anda termasuk tipe kulit sensitif, anda bisa menggunakan deterjen yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang sensitif. Sebaiknya pilihlah deterjen yang tidak mengandung pemutih, pelembut dan pewangi. Pasalnya, deterjen yang mengandung bahan kimia rentan mengiritasi kulit bayi dan menyebabkan alergi.

Anda dapat memilih deterjen yang aman untuk pakaian bayi. Deterjen yang aman tidak terkandung paraben sehingga tidak akan membuat kulit bayi teriritasi. Ada baiknya jika anda mencari deterjen yang mengandung bahan alami yang aman digunakan untuk bayi.

Cuci Baju Bayi Segera Apabila Kotor

Jika bayi anda gumoh dan mengenai baju, atau pada baju terdapat bekas ASI, susu formula, makanan atau kotoran yang lainnya, sebaiknya jangan membiarkan bayi menggunakan pakaian tersebut dalam waktu lama. Segera ganti baju bayi dan cuci. Jika tidak dicuci segera, noda pada baju akan sulit hilang.

Mencuci Baju Sesuai Bahannya

Baju bayi tidak semuanya dapat dicuci dengan cara yang sama. Hanya saja, tidak sedikit orangtua yang mengetahuinya. Mencuci baju harusnya disesuikan dengan bahan bajunya. Dengan cara ini, kualitas pakaian si kecil akan tetap terjaga.

Bilas Baju Hingga Bersih

Mencuci baju bayi baik dengan menggunakan tangan atau mesin cuci harus dibilas hingga benar-benar bersih. Akan lebih baik jika anda membilasnya beberapa kali. Ini dilakukan untuk memastikan tidak ada sisa kotoran atau sabun yang menempel pada pakaian si kecil. ( Baca juga : Cara Merawat Gusi Bayi )

Jika anda sudah memastikan bahwa baju bayi anda bersih dari segala kotoran, baik noda atau sabun, keringkan baju menggunakan mesin pengering. Kemudian jemur pakaian si kecil di bawah sinar matahari langsung. Selain membuat pakaian mudah kering, sinar matahari akan membantu membunuh kuman. Bukan hanya pakaian saja, semua perlengkapan bayi sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan seperti seprai dan selimut.

Bayi memiliki jenis kulit yang berbeda dari orang dewasa. Bayi lebih rentan terkena masalah kulit karena kulitnya sensitif. Oleh karena itu, penting untuk selalu melindungi bayi anda dengan memperhatikan kebersihan perlengkapannya.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel