Agar Bayi Tak Menangis Histeris Pada Saat Dimandikan

3.37/5 (51)

Memiliki bayi baru lahir dirumah memang gampang-gampang susah ya bun?

Di satu sisi bunda akan merasa senang dengan kehadirannya, bukan hanya itu hadirnya si buah hati tentu membuat hari-hari bunda menjadi lebih ceria dan berwarna. Akan tetapi di samping lain, tidak sedikit ibu yang kurang memiliki pengalaman dalam hal mengurus anak, akan mungkin dibuat kesulitan dalam meng-handle kegiatan yang satu ini.

Bukan ketidak mampuan yang seringkali membuat bunda merasa kerepotan, akan tetapi kekhawatiran bunda melakukan kesalahan pada si kecillah yang seringkali membuat bunda merasa sungkan dalam mengurus si buah hati. Pada akhirnya, hal ini membuat bunda memilih meminta bantuan orang lain untuk mengatasi masalah ini bersama-sama.

Memang tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk melakukan pekerjaan mengurus si bayi. Apalagi, bila anda adalah seorang ibu baru atau wanita karir yang tidak memiliki cukup waktu untuk bisa mengurusi si buah hati sepenuhnya. Bantuan dari orang lain akan sangat meringankan pekerjaan anda sehingga diwaktu yang bersamaan anda akan dapat menyelesaikan kewajiban dan tuntutan anda sebagai seorang ibu.

Akan tetapi sebaiknya dalam hal meminta bantuan orang lain untuk mengurusi si buah hati, baik itu baby sitter ataupun orangtua anda sendiri sebaiknya hindari melimpahkan semua tangguang jawab ini pada mereka. Yang namanya belajar, bantuan akan dibutuhkan pada saat anda belum memahami betul bagaimana melakukan sesuatu.

Dengan demikian, minta bantuan mereka untuk benar-benar membantu dan meringankan pekerjaan anda, namun bukan sepenuhnya memberikan tanggung jawab tersebut padanya. Bila ada waktu senggang dan kondisi memungkinkan anda untuk bisa mengurusi si buah hati, maka sebaiknya segera manfaatkan waktu tersebut untuk melakukannya sendiri.

Karena sejatinya tidak selamanya anda akan menyerahkan tanggung mengurus anak bayi terhadap orang lain. Akan ada masanya dimana kegiatan mendidik dan membesarkan anak haruslah menjadi tanggung jawab orangtuanya sendiri.

Nah, seperti masalah dalam hal memandikan si buah hati. Untuk sebagian ibu, kegiatan yang satu ini seringkali menjadi hal yang cukup membingungkan sekaligus mendebarkan, terutama untuk ibu baru yang tidak cukup memiliki pengalaman memandikan bayi yang masih begitu muda. Ketakutan tergelincir dan tangisan bayi seringkali membuat mereka dibuat panik terlebih dahulu sebelum selesai memandikan buah hatinya.

Ya, tidak semua ibu dapat dengan mudah mengerjakan kewajiban yang satu ini, yakni memandikan buah hatinya. Banyak diantara mereka yang merasakan suatu pengalaman dimana bayi mereka yang masih berusia beberapa bulan selalu menangis dan berteriak histeris pada saat hendak dimandikan.

Nah, diantara deretan bunda tersebut, mungkin ada yang sampai saat ini menyimpan tanya yang belum terpecahkan, apakah hal tersebut bagian dari perkembangan si buah hati atau bukan? Apakah kondisi ini normal terjadi, atau mungkin ada kesalahan yang dilakukan oleh si ibu yang menyakiti si buah hati sehingga membuatnya menangis pada saat mandi?

Hal ini tentunya akan membuat anda merasa stres bila setiap kali waktu mandi datang, mereka akan mulai rewel dan menolak untuk dimandikan sama sekali. Baru saja dipindahkan dari tempat tidurnya dan dilucuti dengan perlahan bajunya, ia sudah mulai terlihat rewel dan saat kaki mungilnya dicelupkan kedalam air hangat, tiba-tiba si kecil bisa berubah menjadi rewel dan menangis sekencang-kencangnya. Padahal tujuan bunda memandikan mereka tentunya baik yakni untuk merelaksasi tubuh mereka di penghujung hari dan membuatnya menjadi lebih segar.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply