data-ad-format="auto"

Agar Bayi Tak Menangis Histeris Pada Saat Dimandikan

Memiliki bayi baru lahir dirumah memang gampang-gampang susah ya bun?

Di satu sisi bunda akan merasa senang dengan kehadirannya, bukan hanya itu hadirnya si buah hati tentu membuat hari-hari bunda menjadi lebih ceria dan berwarna. Akan tetapi di samping lain, tidak sedikit ibu yang kurang memiliki pengalaman dalam hal mengurus anak, akan mungkin dibuat kesulitan dalam meng-handle kegiatan yang satu ini.

Bukan ketidak mampuan yang seringkali membuat bunda merasa kerepotan, akan tetapi kekhawatiran bunda melakukan kesalahan pada si kecillah yang seringkali membuat bunda merasa sungkan dalam mengurus si buah hati. Pada akhirnya, hal ini membuat bunda memilih meminta bantuan orang lain untuk mengatasi masalah ini bersama-sama.

Memang tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk melakukan pekerjaan mengurus si bayi. Apalagi, bila anda adalah seorang ibu baru atau wanita karir yang tidak memiliki cukup waktu untuk bisa mengurusi si buah hati sepenuhnya. Bantuan dari orang lain akan sangat meringankan pekerjaan anda sehingga diwaktu yang bersamaan anda akan dapat menyelesaikan kewajiban dan tuntutan anda sebagai seorang ibu.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Akan tetapi sebaiknya dalam hal meminta bantuan orang lain untuk mengurusi si buah hati, baik itu baby sitter ataupun orangtua anda sendiri sebaiknya hindari melimpahkan semua tangguang jawab ini pada mereka. Yang namanya belajar, bantuan akan dibutuhkan pada saat anda belum memahami betul bagaimana melakukan sesuatu.

Dengan demikian, minta bantuan mereka untuk benar-benar membantu dan meringankan pekerjaan anda, namun bukan sepenuhnya memberikan tanggung jawab tersebut padanya. Bila ada waktu senggang dan kondisi memungkinkan anda untuk bisa mengurusi si buah hati, maka sebaiknya segera manfaatkan waktu tersebut untuk melakukannya sendiri.

Karena sejatinya tidak selamanya anda akan menyerahkan tanggung mengurus anak bayi terhadap orang lain. Akan ada masanya dimana kegiatan mendidik dan membesarkan anak haruslah menjadi tanggung jawab orangtuanya sendiri.

Nah, seperti masalah dalam hal memandikan si buah hati. Untuk sebagian ibu, kegiatan yang satu ini seringkali menjadi hal yang cukup membingungkan sekaligus mendebarkan, terutama untuk ibu baru yang tidak cukup memiliki pengalaman memandikan bayi yang masih begitu muda. Ketakutan tergelincir dan tangisan bayi seringkali membuat mereka dibuat panik terlebih dahulu sebelum selesai memandikan buah hatinya.

Ya, tidak semua ibu dapat dengan mudah mengerjakan kewajiban yang satu ini, yakni memandikan buah hatinya. Banyak diantara mereka yang merasakan suatu pengalaman dimana bayi mereka yang masih berusia beberapa bulan selalu menangis dan berteriak histeris pada saat hendak dimandikan.

Nah, diantara deretan bunda tersebut, mungkin ada yang sampai saat ini menyimpan tanya yang belum terpecahkan, apakah hal tersebut bagian dari perkembangan si buah hati atau bukan? Apakah kondisi ini normal terjadi, atau mungkin ada kesalahan yang dilakukan oleh si ibu yang menyakiti si buah hati sehingga membuatnya menangis pada saat mandi?

Hal ini tentunya akan membuat anda merasa stres bila setiap kali waktu mandi datang, mereka akan mulai rewel dan menolak untuk dimandikan sama sekali. Baru saja dipindahkan dari tempat tidurnya dan dilucuti dengan perlahan bajunya, ia sudah mulai terlihat rewel dan saat kaki mungilnya dicelupkan kedalam air hangat, tiba-tiba si kecil bisa berubah menjadi rewel dan menangis sekencang-kencangnya. Padahal tujuan bunda memandikan mereka tentunya baik yakni untuk merelaksasi tubuh mereka di penghujung hari dan membuatnya menjadi lebih segar.


Beberapa Hal yang Membuat Bayi Kerap Menangis Saat Dimandikan

Memang memusingkan dan membuat kita terus dihantui dengan banyak pertanyaan pada saat setiap kali anda hendak memandikan si kecil, ia berubah menjadi rewel dan histeris. Selain itu, kecemasan bila bunda melakukan kesalahan pada saat memandikan, seringkali menjadi hal yang dapat mempengaruhi bunda untuk mengurungkan niatan memandikan si kecil.

Padahal tujuan dari memandikan bayi sebenarnya baik dan kegiatan ini akan diperlukan. Bagaimanapun, tubuh bayi perlu dibersihkan dari debu dan keringat yang menempel pada tubuhnya. Untuk itulah, daripada merasa takut dan mengurungkan niatan untuk memandikan bayi hanya karena mereka histeris, akan lebih bijak bila kita mengenali dan memahami lebih dalam apa hal yang membuat mereka bisa demikian.

Sebagaimana dikutip dari babycentre.co.uk mengungkapkan bahwa ada cukup banyak alasan mengapa bayi bisa menjadi begitu rewel dan susah pada saat hendak dimandikan. Alasan ini umumnya mengacu pada kondisi si bayi itu sendiri diantaranya adalah:

Bayi Sudah Mengantuk

Masalah yang satu ini memang seringkali tidak disadari oleh orangtua, apalagi orangtua yang melihat bila bayi mereka cenderung kurang aktif dan justru lebih senang tertidur. Sehingga pada saat hendak dimandikan anda mungkin merasa si bayi sudah cukup mendapatkan waktu tidur yang lama.

Akan tetapi tanpa disadari bahwa bayi memerlukan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga pada saat waktu mandinya berbarengan dengan datangnya rasa kantuk, maka bisa jadi hal ini mengakibatkan bayi menjadi rewel karena keinginannya tidak sejalan dengan kenyataan yang ia dapatkan, dalam hal ini maksudnya adalah keinginannya tidur harus terganggu dengan jadwal mandinya.

Nah, dalam hal ini ketika segala persiapan mandi telah tersedia dan bayi anda mulai merajuk serta mungkin ia ingin langsung tidur maka anda akan mungkin dihadapkan pada dilema. Untuk mengatasinya, anda bisa menidurkan bayi anda terlebih dahulu dan memandikannya setelah ia bangun nanti.

Bayi Anda Mungkin Lapar

Alasan selanjutnya yang dapat mempengaruhi kondisi ini adalah kemungkinan bahwa bayi anda lapar. Bayi belum memiliki kemampuan untuk mengungkapkan apa keinginannya, sehingga pada saat terjadi sesuatu dengannya maka ekpresi yang ditunjukannya tak jauh dari menangis dan tertawa. Termasuk pada saat ia lapar, bila ibu tidak sigap dalam memberikan ASI, maka si bayi akan memintanya dengan bentuk rengekan.

Nah, untuk mengatasi bayi yang rewel pada saat dimandikan karena rasa lapar, bunda bisa melakukannya dengan memberikan ASI terlebih dahulu sebelum si kecil dimandikan. Paling tidak, tunggulah selama 30 detik setelah makan jika anda ingin memandikan si buah hati.

Suhu Air yang Tidak Sesuai Untuk Si Buah Hati

Alasan lain yang mungkin melatar belakangi keengganan si buah hati untuk mandi dan menunjukan hal ini tangisan adalah mungkin suhu air mandi tidak sesuai untuknya. Seperti misalkan, bayi anda menganggap bahwa air mandi terlalu panas atau terlalu dingin yang membuatnya enggan untuk mandi untuk kesekian kalinya.

Nah, untuk mengatasi hal ini anda bisa melaukannya dengan mengecek suhu air mandi untuk si buah hati dengan mencelupkan siku untuk mengecek temperatu air. Upayakan agar air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain itu, pertimbangkan sensitivitas bayi anda, air yang menurut anda tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, belum tentu pas untuk bayi anda. Untuk itu, gunakan siku karena bagian ini lebih sensitive.


Bayi Anda Merasa Tidak Aman

Faktor lain yang mungkin mempengaruhi keengganan si bayi untuk mandi adalah perasan tidak aman si bayi pada saat ia mandi dan mungkin juga ia merasa takut dengan sabun yang dibalurkan pada tubuhnya. Untuk itu, sebaiknya lakukan dengan hati-hati dan perlakukan bayi anda dengan perlahan agar jangan sampai mengagetkannya.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi pemicu yang memungkinkan si bayi menjadi begitu rewel dan histeris pada saat ia dimandikan. Dari beberapa waktu mandi, umumnya sore hari menjadi waktu mandi yang membuat sebagian banyak bayi histeris menghadapi hal ini.

Nah, selain beberapa hal mengatasi bayi yang rewel pada saat dimandikan yang telah dibahas diatas. Kali ini kita bahas pula lebih banyak dan lebih dalam bagaimana tips lainnya dalam mengatasi bayi agar tidak rewel saat dimandikan. Ingin tahu seperti apa? Mari simak beberapa hal dibawah ini.


Tips Memandikan Bayi Agar Tidak Menangis

1. Jangan Lakukan Dengan Paksa

Ketika bunda melihat jam dan telah menunjukan waktu atau jadwal mandi si buah hati dan pada saat bunda hendak membuka bajunya atau mempersiapkan semua peralatan mandi si kecil sudah mulai terlihat rewel. Maka sebaiknya jangan paksakan hal ini. Bila pada saat bunda mencelupkan si kecil kedalam air dan ia berubah menjadi histeris, maka tidak ada salahnya membawa kembali si buah hati dan meletakkannya pada kasurnya.

Kegiatan memandikan bayi memang bertujuan untuk membersihkan si bayi sekaligus merelaksasi tubuhnya. Akan tetapi bukan berarti anda memaksanya dan mengabaikan rengekan si buah hati. Sebaliknya, mandikanlah si bayi dengan mengelapnya menggunakan washlap atau sponge yang basah.

Bunda perlu mempertimbangkan kembali beberapa hal diatas, bisa jadi si kecil tidak suka dengan air mandi yang membasahi kulitnya karena berbagai faktor. Untuk itulah, supaya mereka mulai terbiasa terkena air dibagian kulitnya, maka lakukan dengan perlahan dengan cara mengelap tubuhnya.

Nah, setelah beberapa kali mandi dengan cara ini, maka mulailah memandikan bayi dalam bak plastik yang khusus untuk bayi dengan sedikit air.

2. Ikut Mandi Bersamanya

Sebagaimana telah dijelaskan diatas, ada sebagian bayi yang menganggap bak mandi itu terlihat menyeramkan. Apalagi ditambah dengan gelembung dan busa sabun yang memenuhi bagain bak mandi. Belum lagi air yang mengisi didalamnya seolah menjadi hal yang akan sangat menakutkan untuk sebagian bayi.

Nah, untuk meyakinkan pada si buah hati bahwa kegiatan mandi dengan bermain busa adalah hal yang menyenangkan, maka tidak ada salahnya untuk ikut mandi bersama dengan mereka. Sama halnya dengan orang dewasa, anak bayi pun perlu diyakinkan betul bahwa apa yang akan dihadapinya adalah hal yang aman. Dengan demikian cobalah ikut bergabung bersama dengan buah hati anda pada saat mandi.

Selain itu, jangan lupa buat ritual permainan lucu dan bermain bersama dengan bayi anda. Ketika bayi mendapati ekspresi anda menyenangkan dan tenang, maka hal ini akan perlahan membuat bayi yakin bahwa kegiatan ini cukup menyenangkan untuk dilakukan.

3. Jangan Panik

Tidak sedikit ibu, terutama ibu baru yang akan merasa panik sehingga wajah tidak tenang dan tegang pun akan secara spontan tergambar pada wajahnya. Ketika ekspresi anda tidak meyakinkan bahwa apa yang akan dihadapi si buah hati adalah hal yang aman, maka jangankan bayi anda orang lain yang anda mandikan saja mungkin akan ikut cemas.

Nah, untuk itulah, lakukan dengan perlahan dan jangan tegang atau panik. Upayakan tetap tenang dan pasanglah wajah ceria sambil mengajak bayi anda bermain. Selain itu, kewaspadaan dan kehati-hatian akan menjadi faktor yang mendukung keselamatan si buah hati pada saat ia dimandikan.


4. Cobalah Berbagai Waktu

Tidak perlu seperti orang dewasa yang memiliki jadawal mandi teratur yakni pagi dan malam hari. Apalagi mengingat tubuh bayi tidak akan berkeringat terlalu berlebihan dan tidak banyak debu dan kotoran yang menempel padanya. Untuk itu, sebaiknya tidak menerapkan hal ini pada si kecil dengan menuntutnya harus mandi tepat pada waktunya.

Bila si kecil menangis pada saat ia dimandikan di pagi hari, namun tidak terlalu rewel saat mandi di sore hari. Nah, maka mungkin hal ini bisa diartikan bahwa si kecil tidka terlalu suka dengan kegaitan mandi di pagi hari.

Untuk itu, maka bunda bisa mengatasi hal ini dengan menghilangkan kegiatan mandi pagi dan hanya melakukannya pada sore hari. Saat pagi hari bunda cukup mengelap tubuhnya dan membalurkan minyak serta bedak untuk si kecil agar ia menjadi lebih segar. Lalu gantilah bajunya dengan baju yang baru.

Selain itu, bila bunda mau, maka bunda bisa memandikan mereka sesuai dengan moodnya. Saat mood si kecil terlihat baik di siang hari, maka mandikan mereka pada waktu itu agar mereka tidak terlalu histeris.

5. Periksa Kembali Suhu Air

Sebelum terburu memasukkan si kecil kedalam bak mandi yang berisi air, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu suhu air tersebut. Air yang digunakan untuk mandi bayi tidak boleh dibuat terlalu panas atau terlalu dingin.

Untuk mengatasi hal ini, bunda bisa mencelupkan sikut tangan bunda kedalam air. Mengapa bagian sikut? Hal ini dikarenakan sikut kita umumnya lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tangan kita. Selain itu, bila bunda ingin mencampurkan air dingin bersama dengan air panas, ada baiknya tuangkan terlebih dahulu air dingin baru tambahkan dengan air panas.

Urutan pemberian air ini sangat penting, karena ada beberapa kejadian dimana si kecil terseduh air panas karena disiram atau dicelupkan kedalam air panas yang lupa dicampur dengan menggunakan air dingin. Untuk itu, kehati-hatian dan kewaspadaan akan dituntut dalam hal ini guna menghindarkan kejadian tidak diinginkan terjadi pada buah hati anda tercinta. 

6. Jadilah Kreatif

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjadikan kegiatan mandi menjadi menyenangkan untuk bayi anda. Penuhi bak mandi si kecil dengan berbagai jenis mainan yang aman dan mengambang untuknya. Setelah itu, buatlah sebuah permainan dan perkenalkan jenis mainan tersebut padanya.

Upayakan segala hal agar si buah hati menikmati kegiatan mandinya sehingga perhatiannya teralihkan. Saat ia menikmati kegiatan mandinya, maka tidak ada alasan untuknya menjadi rewel atau menangis pada saat dimandikan.

Selain itu bunda juga bisa membelikan cairan sabun yang berwarna-warni namun aman untuk mereka. Warna-warna yang mencolok akan menarik perhatian si kecil untuk lebih bersemangat mandi. Atau bila bunda memiliki anak yang lebih tua, maka ajaklah si kakak untuk mandi bersama dengan si adik kecil. Saat ada teman seusianya berada di dekatnya, kecemasan dan perasaan tidak nyaman pada si bayi umumnya akan dapat menghilang seketika.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi bayi yang rewel dan menangis pada saat dimandikan. Semoga cara diatas bermanfaat dan bisa diterapkan dirumah dengan mudah.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us