Agar Bayi Tak Menangis Histeris Pada Saat Dimandikan

Beberapa Hal yang Membuat Bayi Kerap Menangis Saat Dimandikan

Memang memusingkan dan membuat kita terus dihantui dengan banyak pertanyaan pada saat setiap kali anda hendak memandikan si kecil, ia berubah menjadi rewel dan histeris. Selain itu, kecemasan bila bunda melakukan kesalahan pada saat memandikan, seringkali menjadi hal yang dapat mempengaruhi bunda untuk mengurungkan niatan memandikan si kecil.

Padahal tujuan dari memandikan bayi sebenarnya baik dan kegiatan ini akan diperlukan. Bagaimanapun, tubuh bayi perlu dibersihkan dari debu dan keringat yang menempel pada tubuhnya. Untuk itulah, daripada merasa takut dan mengurungkan niatan untuk memandikan bayi hanya karena mereka histeris, akan lebih bijak bila kita mengenali dan memahami lebih dalam apa hal yang membuat mereka bisa demikian.

Sebagaimana dikutip dari babycentre.co.uk mengungkapkan bahwa ada cukup banyak alasan mengapa bayi bisa menjadi begitu rewel dan susah pada saat hendak dimandikan. Alasan ini umumnya mengacu pada kondisi si bayi itu sendiri diantaranya adalah:

Bayi Sudah Mengantuk

Masalah yang satu ini memang seringkali tidak disadari oleh orangtua, apalagi orangtua yang melihat bila bayi mereka cenderung kurang aktif dan justru lebih senang tertidur. Sehingga pada saat hendak dimandikan anda mungkin merasa si bayi sudah cukup mendapatkan waktu tidur yang lama.

Akan tetapi tanpa disadari bahwa bayi memerlukan waktu tidur yang lebih lama dibandingkan dengan orang dewasa, sehingga pada saat waktu mandinya berbarengan dengan datangnya rasa kantuk, maka bisa jadi hal ini mengakibatkan bayi menjadi rewel karena keinginannya tidak sejalan dengan kenyataan yang ia dapatkan, dalam hal ini maksudnya adalah keinginannya tidur harus terganggu dengan jadwal mandinya.

Nah, dalam hal ini ketika segala persiapan mandi telah tersedia dan bayi anda mulai merajuk serta mungkin ia ingin langsung tidur maka anda akan mungkin dihadapkan pada dilema. Untuk mengatasinya, anda bisa menidurkan bayi anda terlebih dahulu dan memandikannya setelah ia bangun nanti.

Bayi Anda Mungkin Lapar

Alasan selanjutnya yang dapat mempengaruhi kondisi ini adalah kemungkinan bahwa bayi anda lapar. Bayi belum memiliki kemampuan untuk mengungkapkan apa keinginannya, sehingga pada saat terjadi sesuatu dengannya maka ekpresi yang ditunjukannya tak jauh dari menangis dan tertawa. Termasuk pada saat ia lapar, bila ibu tidak sigap dalam memberikan ASI, maka si bayi akan memintanya dengan bentuk rengekan.

Nah, untuk mengatasi bayi yang rewel pada saat dimandikan karena rasa lapar, bunda bisa melakukannya dengan memberikan ASI terlebih dahulu sebelum si kecil dimandikan. Paling tidak, tunggulah selama 30 detik setelah makan jika anda ingin memandikan si buah hati.

Suhu Air yang Tidak Sesuai Untuk Si Buah Hati

Alasan lain yang mungkin melatar belakangi keengganan si buah hati untuk mandi dan menunjukan hal ini tangisan adalah mungkin suhu air mandi tidak sesuai untuknya. Seperti misalkan, bayi anda menganggap bahwa air mandi terlalu panas atau terlalu dingin yang membuatnya enggan untuk mandi untuk kesekian kalinya.

Nah, untuk mengatasi hal ini anda bisa melaukannya dengan mengecek suhu air mandi untuk si buah hati dengan mencelupkan siku untuk mengecek temperatu air. Upayakan agar air tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain itu, pertimbangkan sensitivitas bayi anda, air yang menurut anda tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin, belum tentu pas untuk bayi anda. Untuk itu, gunakan siku karena bagian ini lebih sensitive.

Leave a Reply