Bolehkah Minum Sambil Berdiri? | Ketahui Bahayanya Berikut Ini!

Kebiasaan yang sudah kita lakukan sejak dulu tentu menjadi hal yang lumrah dan terbilang biasa. Banyak sekali orang yang suka melakukan kebiasaan buruk, namun memandangnya sebagai suatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ternyata kebiasaan buruk yang sudah kita lakukan sehari-hari memiliki dampak buruk yang tidak segan-segan membahayakan kesehatan kita.

Seperti salah satu kebiasaan yang lumrah dilakukan oleh banyak orang yakni kebiasaan minum sambil berdiri. Sekilas kebiasaan ini memang tidak berarti apa-apa dan lumrah saja dilakukan. Ternyata kebiasaan minum sambil berdiri sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Kebiasaan ini tentunya menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang memang sangat suka melakukan kebiasaan ini. Terlebih lagi ada momen dan juga dorongan untuk melakukan kebiasaan tersebut. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka bukan tidak mungkin akan mengancam keselamatan tubuh kita. Lantas, apa saja bahaya minum sambil berdiri yang akan menyerang Anda jika terus melakukan kebiasaan ini? Yuk kita langsung simak saja penjelasan kai berikut ini!

Bahaya Minum Sambil Berdiri

Kenapa orang banyak melakukan kebiasaan ini? Tentu, banyak sekali argumen yang akan muncul jika kita bertanya akan hal ini. Minum sambil berdiri menjadi salah satu hal lumrah yang dilakukan bagi suatu kalangan. Hal ini dikarenakan posisi  inum sambil berdiri memang terbilang praktis saat kita sedang terburu-buru. Padahal posisi minim yang paling aman ialah ketika kita sedang duduk.

Ketika minum sambil berdiri sebenarnya sistem saraf tubuh kita ada dalam keadaan yang tenang. Kondisi ini justru sebaliknya ketika kita sambil berdiri. Posisi tubuh ketika minum memang sangat menentukan akan kinerja sistem saraf kita. Selain menjaga kesopanan dan etika, kebiasaan ini juga termasuk ke dalam Inilah alasan mengapa minum sambil berdiri justru menjadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Berikut ini beberapa bahaya minums ambil berdiri yang akan mengancam kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

 Perut kembung

Bahaya pertama yang bisa terjadi ketika minum sambil berdiri dikarenakan air yang masuk akan lebih cepat masuk ke dalam usus sehingga air mengalir lebih cepat. Jika kondisi ini terjadi, maka akan sangat mudah terserang perut kembung. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga akan muncul keinginan mual dan juga ingin muntah serta sensasi penuh pada perut.

Sakit perut

Bahaya yang kedua yakni seseorang akan mengalami yang namanya sakit perut. Kebiasaan minum sambil berdiri ini akan membuat kerongkongan menjadi cukup sempir dan berkerut. Hal ini tentunya menyebabkan sulitnya makanan diproses pada sistem pencernaan. Selain itu, kondisi ini akan menimbulkan sensasi nyeri pada bagian perut yang cukup hebat.

Keseimbangan tubuh terganggu

Selain dapat membuat perut menjadi kembung, minum sambil berdiri juga menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi sangat terganggu. Hal ini dikarenakan jaringan organ yang ada pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa terus menerus. Dengan begitu, kondisi ini akan menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi sangat terganggu. Bahaya yang lebih lanjutnya lagi dikarenakan saraf-saraf tubuh akan berada dalam kondisi stres sehingga akan memicu ketidaknormalan fungsi saraf.

Terganggunya sistem saraf kelana

Jika Anda tidak memiliki kemauan keras dalam mengubah kebiasaan minum sambil berdiri, maka dapat dipastikan kondisi jantung Anda juga akan terganggu. Hal ini dikarenakan saraf kelana atau vagal inhibition juga akan terganggu. Kondisi ini terjadi pada refleksi saraf yang disebabkan oleah adanya reaksi pada sistem saraf kelana yang terbesar pada hampir semua lapisan endotel yang mengelilingi jaringan pada jaringan usus kecil dan juga besar.

Berisiko terkena artritis

Bahaya yang selanjutnya tentunya akan membuat kita terkejut dan akan sontak mengubah kebiasaan yang satu ini. Kebiasaan minum sambil berdiri juga bisa mengakibatkan terganggunya keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air yang masuk ke dalam tubuh akan menyebar dan disalurkan secara tidak merata, terlebih pada bagian  persendian. Akibat yang akan terjadi yakni Anda akan mengalami yang namanya artritis dimana terjadinya peradangan yang ada pada sendi sehingga akan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada bagian sendi dan kaku. Kondisi ini akan disertao dengan rasa sakit yang sangat hebat sehingga akan mempersulit dan menghambat seseorang dalam bergerak.

Lambung akan terganggu

Kondisi ketika air yang diminum dalam posisi kita berdiri tentunya akan membuat GERD  atau yang kerap disebut dengan kenaikan asam lambung. Hal ini dikarenakan lambung menjadi bagian organtubuh yang terkena dampak pertama kali  ketika kita minum sambil berdiri. Asam lambung yang naik akan menyebabkan sensasi nyeri dan panas pada bagian perut. Lambung menjadi organ yang paling penting dalam sistem pencernaan sehingga jika lambung terganggu, maka akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu juga.

Haus tidak mudah hilang

Bahaya selanjutnya yang menjadi dampak dari minum sambil berdiri dikarenakan Anda akan terus mengalami rasa haus meskipun sudah banyak minum. Hal ini memang wajar karena air yang kita minum akan tersebar ke beberapa bagian sehingga sangat sulit untuk terserap oleh tubuh. Alangkah baiknya Anda minum sambil duduk sehingga air akan terserap sedikit demi sedikit.

Cara Meninggalkan Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Kebiasaan minum sambil berdiri memang terbilang sangat sulit untuk diatasi. Hal ini dikarenakan beberapa kondisi akan memicu kita untuk melakukan kebiasaan minum sambil berdiri. Gaya hidup yang buruk ini memang dapat dihindari sebisa mungkin kapanpun dan juga dimanapun. Berikut ini beberapa cara dan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan kebiasaan kita agar minum tidak lagi dalam posisi berdiri, diantaranya:

Kurangi konsumsi makanan manis

Ketika kita berada di dalam sebuah pesta yang berpotensi besar kita akan melakukan kebiasaan minum sambil berdiri. Untuk itu, ketika kita berada pada sebuah pesta, alangkah baiknya jika kita menghindari konsumsi makanan manis agar kita tidak cepat merasa haus.

Minum terlebih dahulu

Sebisa mungkin kita harus memaksakan diri untuk minum terlebih dahulu sebelum kita pergi untuk bergabung pada sebuah pesta. Jangan sampai kondisi ini membuat kita terjebak untuk terus melakukan kebiasaan buruk ini.

Mengingat bahwa minum sambil berdiri sangat berbahaya

Ketika kita berada pada suatu kondisi dimana mengharuskan kita untuk minum sambil berdiri. Maka, akan lebih baik bagi kita untuk terus mengingat bahwa minum sambil berdiri memiliki tingkat bahaya yang sangat besar. Dengan terus mengingat hal tersebut, maka sangat memungkinkan kita untuk menghindari kebiasaan minum sambil berdiri.

Situasi khusus

Jika kebiasaan minum sambil berdiri benar-benar tidak bisa Anda hindari. Maka, alangkah baik jika Anda mengambil air minum dalam porsi yang sedikit. Hal ini dikarenakan terlalu banyak minum sambil berdiri dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga akan membuat Anda ada dalam kondisi kesehatan yang terganggu.

Demikianlah beberapa fakta dan juga bahaya minum sambil berdiri yang tentu harus Anda waspadai. Selain memang tidak diperbolehkan dalam agama, minum sambil berdiri juga ternyata memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel