Kenalilah Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri Sebagai Indikasi Adanya Penyakit Serius

5/5 (2)

Sakit kepala kerap menyerang siapa saja yang tentunya tidka mengenal usia dan juga jenis kelamin. Tidak hanya orang dewasa, bahakn anak-anak juga sering mengalami yang namanya sakit kepala. Bagaimanapun juga, sakit kepala memang menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan juga menghambat aktivitas kita sehari-hari. Sakit kelapa bisa terjadi di kepala sebelah kiri dan juga sebelah kanan.

Untuk kesempatan ini, kami akan membahas mengenai sakit kepala yang terjadi di sebelah kiri dan memang umum terjadi. Sakit kepala sebelah kiri tentunya dapat disebabkan oleh faktor apa saja. Hal ini dapat dikatakan bahwa sakit kepala sebelah kiri wajib untuk Anda waspadai. Tidak menutup kemungkinan jika Anda sering mengalami sakit kepala sebelah kiri bisa mengindikasikan adanya suatu penyakit yang serius di dalam tubuh Anda.

Sakit kepala sebelah kiri mungkin dianggap sebagai migrain ataupun karena beban aktivitas sehari-hari. Namun, tidak setiap sakit kepala sebelah kiri dapat dikatakan sebagai migrain ataupun karena lelah. Untuk menyimpulkannya, tentu kita harus mengetahui apa penyebab dari sakit kepala sebelah kiri yang sangat penting untuk Anda kenali.

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sakit kepala sebelah kiri tentunya dapat membuat kesehatan tubuh seseorang menjadi terganggu. Bagaimanapun juga, ketika kesehatan tubuh kita terganggu, maka akan berdampak pada kondisi tubuh yang tidak stabil sehingga akan menghambat aktivitas Anda. Tidak sedikit orang yang mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri harus beristirahat dan juga tidur tanpa melakukan apapun, termasuk makan. Hal ini ketika seseorang mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri akan membuatnya sulit untuk berdiri sekalipun.

Jika Anda sering mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri, tentunya Anda jangan langsung menyimpulkan akan rasa sakit kepala yang Anda alami. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlbeih dahulu apa penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri yang saat ini kerap menyerang Anda. Berikut kami sajikan beberapa indikasi penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Yuk kita langsung simak saja berikut ini:

Migrain

Penyebab utama yang bisa menjadi salah satu indikasi dimana Anda mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri dapat disebabkan oleh migrain. Kondisi ini dapat pula menyerang di salah satu sisi kepala Anda, terutama bagian kiri. Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain tentunya dapat ditandai dengan rasa sakit yang berdenyut-denyut. Selain itu, rasa sakit tersebut akan disertai dengan mual dan juga muntah serta penglihatan yang kabur.

Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh migrain bisa berlangsung selama beberapa jam hingga 3 hari lamanya. Untuk penyebab migrain tentunya belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa indikasi yang mendekati bahwa migrain dapat disebabkan oleh konsumsi alkohol, stres, ketidakseimbangan hormon, pengaruh cahaya, suara yang terlalu kuat hingga paparan sinar matahari. rasa sakit kepala sebelah kiri yang paling banyak dialami oleh banyak orang tentunya disebabkh oleh migrain.

Sakit kepala tegang

Penyebab kedua yang menjadi indikasi rasa sakit kepala sebelah kiri ialah rasa sakit kepala yang tegang. Rasa tegang di bagian kepala sebelah kiri tentunya dapat disebabkan oleh kurang tidur, stres, ketegangan otot, telat makan serta postur tubuh yang kurang baik. Tekanan yang terjadi pada kepala sebelah kiri tentunya diiringi oleh rasa sakit yang terjadi pada bahu dan juga leher. Selain itu, penderita rasa sakit sebelah kiri juga dapat ditandai oleh gelaja nyeri tumpul pada leher dan juga bahu.

Sinusitis

Penyebab selanjutnya yang menjadi indikasi dari rasa sakit kepala sebelah kiri dapat juga disebabkan oleh sinusitis. Seperti yang kita tahu bahwa sinusitis disebabkan oleh peradangan dan juga inflamasi yang terjadi pada dinding sinus. Perlu Anda ketahui bahwa sinus ialah sebuah ringga kecil yang berisi udara yang berada di tulang belakang dahi dan juga pipi. Dalam hal ini sinusitis termasuk ke dalam sebuah penyakit yang dapat menjangkit banyak orang tanpa mengenal usia dan juga jenis kelamin.

Pada umumnya, sinusitis dapat ditandai dengan gejala lain seperti napas berbau, demam dengan suhu 38 derajat celcius, hidung tersumbat, nyeri apda bagian wajah ketika ditekan, flu yang terjadi berkelanjutan bahkan kehilangan indera penciuman. Sinusitis di sini juga dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya virus flu, infeksi gigi, infeksi jamur, merokok, alergi dan juga infeksi bakteri sekunder. Jika rasa sakit kepala sebelah kiri karena disebabkan oleh sinusitis, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk memeriksakan ke dokter THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan) agar dapat menangani penyakit tersebut lebih lanjut lagi.

Sakit Kepala Cluster

Penyebab selanjutnya yang menjadi tanda dari rasa sakit kepala sebelah kiri ialah karena sakit kepala cluster. Jenis sakit kepala ini ialah rasa nyeri pada kepala yang terjadi secara tiba-tiba dan juga berulang bahkan berada di dalam suatu siklus ataupun pola tertentu. Rasa sakit kepala cluster umumnya terjadi secara tiba-tiba. Rasa sakit kepala cluster dapat juga disebut sebagai sakit kepala musiman ataupun depresi akibat beban pekerjaan setiap harinya.

Sakit kepala cluster ini pada umumnya banyak terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan wanita. Ada beberapa faktor pemicu rasa sakit kepala sebelah kiri diantaranya cuaca yang cukup panas, rhinitis alergi, stres, relaksasi, penggunaan nitrogliserin, aktivitas seksual, kebiasaan merokok serta faktor genetik (keturunan). Rsa sakit kepala clsuter ini bisa berlangsung selama 1-2 jam setiap harinya dan biasanya dialami ketika bangun tidur.

Gejala umum yang terjadi jika seseorang mengalami sakit kepala cluster diantaranya sakit kepala yang sangat menyiksa muncul di bagian mata, leher, kepala dna wajah. Sakit kepala cluster juga dapat ditandai dengan nyeri pada sebelah bagian tubuh, tidak dapat tidur, air mata keluar berlebihan, mata menjadi merah dan bengkak, lubang hidung tersumbat, muncul keringat berlebih pada wajah dan juga dahi, kelopak mata mulai turun, pipul mengecil serta kulit wajah terlihat sangat pucat. Sakit kepala ini umumnya terjadi pada bagian tubuh sebelah kiri yang ditandai dengan kejang dan juga kaku pada beberapa anggota tubuh.

Pre-Menstruasi

Sakit kepala sebelah kiri juga tentunya bisa disebabkan oleh kondisi dimana seorang wanita mengalami yang namanya PMS. Rasa sakit kepala ini tentunya berhubungan dengan siklus menstruasi setiap wanita setiap bulannya. Sakit kepala jenis ini tentunya dapat terjadi karena perubhanan hormon yang terjadi menjelang siklus menstruasi. Sebenarnya, bukan saja kepala bagian kiri yang dapat mengalami rasa sakit ini, namun kepala sebalah kanan juga dapat mengalami hal serupa pada seorang wanita yang memasuki siklus menstruasi.

Gejala yang paling umum terjadi pada perempuan dengan siklus menstruasi ini ialah rasa sakit kepala dan juga leher yang berlebihan atau terasa seperti tertekan. Meskipun tidak terlalu menimbulkan kondisi yang terlalu signifikan, namun tetap saja rasa sakit kepala sebelah kiri ketika memasuki siklus menstruasi ini dapat ,menghambat aktivitas harian Anda. Untuk mengatasi gejala ini, tidak terlalu banyak obat untuk mengobati jenis sakit kepala ini. Dengan konsumsi parasetamol ataupun pereda nyeri pada sakit kepala sudahlah cukup.

Konsumsi makanan dan minuman tertentu

Selain dari beberapa penyebab yang terlalu berat, ternyata rasa sakit kepala sebelah kiri juga dpaat disebabkan oleh makanan dan juga minuman tertentu.  Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa makanan dan juga minuman dengan jenis tertentu dapat mengakibatkan rasa sakit kepala hebat. Banyak orang yang menganggap bahwa rasa sakit kepala sebelah kiri dapat terjadi secara tiba-tiba. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan dan juga minuman yang dapat menyebabkan rasa sakit pada kepala. Jenis makanan seperti durian, kopi, keju, coklat dan juga soda  akan membuat orang yang mengonsumsinya mengalami sakit kepala baik sebelah kiri maupun sebelah kanan.

Stres

Penyebab ini tentunya berhubungan dengan kebiasaan dan juga tekanan Anda dalam hidup. Stres di sini tentunya dapat disebabkan oleh beban pekerjaan, hubungan dengan keluarga dan juga kolega, lingkungan serta aktivitas berlebih yang membuat Anda secara tidak sadar mengakami stres. Rasa stres yang berlebihan tentunya dapat mengundang penyakit lain seperti sakit kepala dan juga kehilangan fokus.

Rasa sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh stres biasanya muncul secara perlahan sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia mengalami stres yang hebat. Bagaimanapun juga, stres dapat meningkat dari ringan ke berat yang tentunya berlangsung cukup lama sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Ada beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan seperti meminum parasetamol dan ibuprofen. Serta hindari stres sebaik mungkin dengan menganggap beban tersebut sebagai bagian dari kehidupan Anda dan akan terjadi pada orang lain, tidak hanya pada Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga dan juga berjalan-jalan diakhir pekan untuk menghibur diri (me time).

Stroke

Penyebab sakit kepala sebelah kiri ini mungkin dapat dikatakan sebagai tahap yang sudah serius. Bagaimanapun juga, stroke memang kerap menyerang tubuh manusia. Stroke di sini tentunya memiliki definisi yakni terhambatnya pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju otak. Pembuluh darah tersebut tentunya memiliki peran dalam menyalurkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh.

Selain dari rasa sakit kepala sebalah kiri, penyakit stroke juga dapat ditandai dengan gejala lainnya seperti beberapa bagian tubuh yang kaku, penglihatan yang kabur, mata yang berkunang-kunang. Selain itu, rasa kaku tersebut dapat disebabkan oleh adanya tekanan pada syaraf-syaraf otak sehingga dapat mengakibatkan kelumpuhan pada tubuh manusia. Penyakit stroke tentunya dapat juga disertai dengan penglihatan yang kabur dan juga kesulitan dalam berbicara.

Anuerisma

Istilah ini mungkin terdengar asing bagi Anda. Namun ternyata istilah ini termasuk ke dalam penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri. Anuerisma ialah sebuah kondisi dimana terjadinya suatu pembengkakan dan munculnya tonjulan yang seperti kantung pada pembuluh darah arteri pada kepala. Anuerisma bisa mencapai ukuran yang besar bahkan bisa pecah.

Jika Anuerisma terjadi pada bagian kepala sebelah kiri, makan akan mengakibatkan rasa sakit kepala pada sebelah kiri juga, bergitupun sebaliknya. Gejala lain yang dapat timbul jika seseorang mengalami Anuerisma yaitu seperti adanya tekanan yang dapat menimbulkan gangguan penglihatan, mati rasa dan juga sakit kepala yang tidak tertahankan.

Tumor Otak

Ini tentunya termasuk ke dalam penyebab rasa sakit kepala yang sangat serius. Hal ini dikarenakan rasa sakit kepala yang hebat pada bagian sebelah kiri dapat disebabkan oleh adanya tumor pada otak. Pertumbuhan tumor ini tentunya dapat memberikan tekanan di dalam rongga kepala sehingga terjadinya pembuluh darah dan juga syaraf yang terhimpit. Tekanan yang terjadi karena tumor ini tentunya dapat membuat rasa sakit kepala bagian kiri sangatlah hebat.

Rasa sakit pada bagian kepala yang disebabkan oleh tumor tentunya dapat berlangsung cukup lama. Gejala rasa sakit kepala pada bagian kiri tentunya datang secara periodik sehingga semakin lama akan semakin terjadi. Tumor yang terjado pada otak tentunya dapat merusak sistem koordinasi syaraf yang berpusat di dalam otak. Tumor ini juga tentunya dapat membuat orang kehilangan kesadaran, memori dan juga kewarasan, bahkan berisiko kematian.

Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri yang tentu bisa Anda waspadai dan Anda hindari sekarang juga.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri. Alangkah baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana  cara mengatasi rasa sakit sebelah kiri yang tentu sangat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Sebelum kita memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Tentu, ada baiknya jika kita juga mengetahui bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa sakit kepala tersebut.

Oleh karena itu, memang sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab dari rasa sakit kepala sebelah kiri sebelumnya. Setelah kita mengetahui penyebab dan mengatasi sendiri, namun tetap merasakan rasa sakit kepala bagian kiri. Tentu, ini menjadi langkah terakhir bagi Anda untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. berikut kami sajikan beberapa cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang bisa Anda lakukan sesuai dengan penyebabnya, diantaranya:

Pengobatan karena migrain

Sebenarnya obat yang digunakan untuk mengatasi sakit kepala karena migrain dapat ditangani dengan parasetamol ataupun ibuprofen, naproxen dan juga tylenol. Obat tersebut tentunya mengandung pereda nyeri yang memiliki kemampuan untuk meredakan sakit kepala. Pastikan pula Anda meminum obat pereda nyeri tersebut sesuai dengan resep dokter.

Obat-obatan tersebut memang seharusnya diminum setelah makan. Tidak heran jika setelah meminum obat pereda nyeri, Anda akan merasa mengantuk. Ini tentunya menjadi tanda bahwa obat tersebut bereaksi sehingga membuat Anda rileksasi dan juga istirahat agar kinerja obat ini lebih baik.

Pengobatan karena makanan dan minuman tertentu

Jika rasa sakit kepala sebelah kiri terjadi karena konsumsi makanan dan juga minuman tertentu. Memang sangat penting bagi Anda untuk mulai menghindari makanan dan juga minuman tersebut. Jangan sampai Anda terus mengulangi untuk tetap mengonsumsi makanan tersebut bahkan Anda bisa langsung menghentikannya.

Pengobatan karena sinusitus

Rasa sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitus tentunya dapat ditangani oleh konsumsi obat anti biotik, anti alergi dan juga obat lainnya. Dengan catatan Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan resep yang dianjurkan. Selain itu, Anda juga bisa menangani sinusitis dengan mengonsumsi air putih dan juga kompres air hangat.

Pengobatan karena sakit kepala tegang

Sakit kepala pada bagian sebelah kiri tentunya dapat diatasi dengan mengompres bagian yang sakit dengan air hangat ataupun dengan air dingin untuk bisa mengurangi rasa sakit. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh dengan melakukan akupuntur dan akupresur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan tertentu sebagai pereda nyeri sakit kepala yang bebas dijual di pasaran ataupun meminta resep khusus dari dokter.

Pengobatan hubungan intim

Jika Anda kerap kali merasakan rasa sakit kepala setelah berhubungan inti,. Tentunya, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri setengah jam sebelum berhubungan intim untuk mencegah sakit kepala. Namun jika rasa sakit kepala tersebut terus Anda rasakan, maka lebih baik Anda menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi.

Pengobatan karena sakit kepala cluster

Penyebab sakit kepala sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh sakit kepala cluster dimana sakit kepala ini ialah sakit kepala musiman. Anda tentunya bisa mengurangi rasa sakit kepala tersebut dengan menjalani hidup sehat, tidur yang cukup dan juga menjauhi alkohol. Obat-obatan tersebut tentunya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan juga peradangan.

Pengobatan karena stroke

Jika  Anda mengalami rasa sakit kepala yang menjadi indikasi penyakit stroke. Tentunya, penanganan ini berkaitan dengan dokter ahli yang ada di rumah sakit. Stroke tentunya bisa diatasi dengan melakukan pencegahan seperti berhenti merokok, meminum alkohol, menjaga berat badan, gaya hidup yang seimbang, olahraga dan juga rutin melakukan gerakan tubuh seperti berjalan dan juag berlari.

Dengan pencegahan tersebut tentunya bisa semaksimal mungkin mencegah penyakit stroke  agar tidak dialami oleh Anda. Bagaimanapun juga, penyakit stroke memang diakibatkan oleh terhambatnya pembuluh darah yang akan menyalurkan nutrisi dan juga oksigen ke seluruh tubuh. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk mulai mengubah kebiasaan dan juga gaya hidup Anda menjadi lebih baik lagi. Dalam mengobati stroke tentunya Anda harus rutin berkonsultasi dan juga memeriksakan diri ke dokter untuk mengontrol penyakit Anda.

Penanganan karena tumor otak

Mungkin penanganan sakit kepala sebelah kiri yang disebabkan oleh tumor otak harus benar-benar diatasi dengan langkah yang tepat. Bagaimanapun juga, tumor berarti munculnya benjolan di dalam otak yang mengakibatkan penderitanya mengalami rasa sakit kepala sebelah kiri yang sangat hebat dan berlebihan. Pengobatan sakit kepala karena tumor tentunya tidak bisa disamakan dengan pengobatan yang ringan. Tentunya, setiap individu perlu mendapatkan pengobatan tumor otak ini lebih serius karena penanganan berbeda untuk setiap orangnya. Perbedaan dalam penanganan ini meliputi ukuran, jenis, lokasi dan juga tingkatan bahaya jinak ataukah beratnya.

Beberapa dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa cara dalam menangani tumor otak seperti terap radiasi, pembedahan, kemoterapi dan juga radiosurgery. Prosedur lain yang mungkin akan dilakukan ialah proses pengangkatan tumor ini. Namun sebelumnya dokter akan melakukan penanganan  sebelum memutuskan tidnakan operasi seperti CTScan dan juga rontgen.

Pada beberapa kasus tumor stadium 2, seringkali muncul setelah menjalani pengobatan. Selain itu, tumor jenis ini akan mulai berpotensi menjadi tumor ganas dan akan menyebar ke seluruh otak dengan perkembangan dan juga pertumbuhan yang lebih cepat. Dalam hal ini tentunya dokter akan menyarankan beberapa jenis terapi yang tentu sangat berguna untuk melihat perkembangan dan juga kondisi tumor tersebut.

Itulah beberapa penyebab rasa sakit kepala sebelah kiri dan juga beberapa cara mengatasinya yang tentu bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel