Bahaya Sakit Kepala Bagian Belakang Yang Banyak Disepelekan Banyak Orang

4.51/5 (45)

Sakit kepala bagian belakang memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh hampir setiap orang. Sakit kepala bagian belakang memang banyak dikeluhkan oleh banyak orang karena sangat menghambat aktivitas kita sehari-hari. Bagaimanapun juga, sakit kepala termasuk ke dalam salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Hal ini dikarenakan sakit kepala bagian belakang dapat menjadi salah satu indikasi dimana adanya penyakit serius di dalam tubuh Anda.

Rasa sakit kepala di bagian belakang mungkin saja memiliki keluhan yang berbeda setiap orangnya. Seperti yang kita sering alami bahwa sakit kepala atau dalam istilah media cephalgia ialah rasa nyeri yang dapat dirasakan dan terjadi di atas mata, telinga, bagian atas kepala, kepala sebelah kiri atau kanan dan juga bagian belakang hingga leher dan pundak. Nah, bagian yang sering dialami oleh banyak orang ialah sakit kepala bagian belakang. Tentunya, Anda harus waspada karena jika rasa sakit kepala bagian belakang terus berlanjut, maka akan menimbulkan dampak yang lebih serius. Lantas, mengapa rasa sakit bagian belakang banyak dialami oleh sebagian besar orang? Apa penyebab dan akibat yang akan timbul jika sering mengalami sakit kepala bagian belakang? Yuk kita langsung simak saja penjelasan kami berikut ini!

Bahaya Sakit Kepala Bagian Belakang

Jika Anda mengalami sakit kepala bagian belakang cukup sering, tentunya jangan pernah menganggap sepele. Hal ini dikarenakan rasa sakit kepala bagian belakang dapat berbahaya dan menjadi indikasi adanya penyakit serius. Tidak dapat dipungkiri bahwa rasa sakit kepala bagian belakang dapat mengganggu aktivitas dan dapat menghentikan kegiatan Anda sehari-hari. Jika Anda terus memaksakan diri meskipun mengalami rasa sakit kepala, tentu ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Memang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bahaya yang mungkin timbul dari rasa sakit bagian kepala belakang. Selain menjadikan Anda lebih waspada, rasa sakit kepala bagian belakang juga dapat segera Anda atasi. Berikut ini beberapa bahaya sakit kepala bagian belakang yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

Berakibat kelainan pada tulang leher

Bahaya pertama yang ditimbulkan dari rasa sakit kepala bagian belakang yakni berisiko mengalami kelainan pada tulang belakang Anda. Bagaimanapun juga, leher menjadi titik yang paling dominan yang sering dialami akibat rasa sakit kepala bagian belakang. Jenis sakit kepala yang memiliki dampak yang buruk bagi tulang leher ialah sakit kepala servikogenik dimana rasa sakit yang dirasakan berada di tulang leher dan juga bagian kepala belakang.

Pada umumnya, gerakan ataupun posisi tertentu dapat berakibat rasa sakit pada tulang leher Anda. Rasa sakit kepala ini akan timbul jika Anda mengalami batuk, bersin dan juga mengedan. Sakit kepala bagian belakang ini tentunya akan memiliki dampak yang cukup buruk karena bisa mengakibatkan terbatasnya gerakan leher akibat kaku sehingga jika terus menerus terjadi, maka akan berdampak buruk bagi tulang leher Anda.

Terjadinya kram pada otot leher

Selain adanya gangguan pada tulang leher, sakit kepala bagian belakang juga dapat mengakibatkan terjadinya kram pada otot leher. Hal utama yang pasti Anda rasakan ketika sakit kepala bagian belakang ialah rasa kram yang terjadi pada leher. Sakit kepala bagian belakang dikenal dengan istilah Tension Type Headache. Rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan kram pada otot leher pada umumnya terjadi ketika Anda duduk dalam waktu yang cukup lama atau sering menatap layar komputer.

Selain itu, rasa cemas dan gelisah yang berlebih dapat berdampak pada rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan kram pada otot. Kram pada otot leher lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria. Jika pekerjaan Anda memang tidak bisa lepas dari layar komputer, maka alangkah baiknya jika Anda tidak terlalu lama menatap layar komputer agar tidak terjadi kram otot dan rasa sakit kepala bagian belakang.

Menyebabkan kanker otak

Rasa sakit kepala bagian belakang yang perlu Anda waspadai dapat memicu timbulnya kanker otak. Bagaimanapun juga, kanker otak sangat berbahaya karena termasuk ke dalam salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Siapa sangka ternyata rasa sakit kepala bagian belakang bisa memicu penyakit yang serius.

Kanker otak memang tidak memiliki gejala yang cukup signifikan karena pada gejala awal tidak menimbulkan efek yang besar. Meskipun memang kanker otak tidak hanya ditandai dengan rasa sakit kepala bagian belakang. Namun jika Anda sering mengalaminya, maka tetap saja Anda harus waspada. Hal ini dikarenakan munculnya intensitas sakit kepala dapat menjadi indikasi timbulnya penyakit lain yang lebih serius dan sangat berbahaya. Berikut ini beberapa rasa sakit kepala yang menjadi gejala adanya penyakit kanker otak, diantaranya”

– Sakit kepala bagian belakang yang hebat dan disertai dengan gejal lain seperti mual, muntah, sulit berbicara bahkan kejang-kejang. Kondisi ini tentunya dapat terjadi secara berulang-ulang dan sering.

– Sakit kepala bagian belakang terus terjadi secara berulang-ulang dan dalam intensitas yang sering. Namun, rasa sakit kepala bagian belakang tersebut dapat hilang dengan sendirinya dan akan terjadinya dengan tiba-tiba pula.

– Biasanya mengalami rasa sakit kepala setelah bangun tidur terutama di pagi hari. Saat bangun tidur mungkin Anda akan mengalami rasa sakit kepala bagian belakang yang disertai dengan rasa mual yang hebat dan akan berlangsung sampai siang hari. Kondisi ini akan terus terjadi secara berulang setiap harinya.

– Sakit kepala pada bagian kepala belakang semakin memburuk hingga Anda tidak bisa berjalan ataupun duduk. Gejala sakit kepala yang menjadi gejala kanker otak ini tentunya bisa terjadi bahkan sampai Anda tidak bisa tidur sakit hebatnya rasa sakit kepala tersebut.

Adanya gejala meningitis

Selain kanker otak, tentunya rasa sakit kepala bagian belakang dapat menjadi tanda adanya penyakit lain yang serius yaitu meningitis. Seperti yang kita tahu bahwa meningitis ialah salah satu penyakit yang banyak terjadi dan bahkan merenggut nyawa sebagian orang. Meningitis ialah sebuah peradangan selaput pelidung otak atau sumsum tulang belakang. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh bakteri, virus dan juga mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan infeksi pada selaput pelindung otak dan juga sumsum tulang belakang atau yang disebut dengan meningen.

Penyakit ini tentunya sudah banyak merenggut nyawa banyak orang dengan memiliki ciri-ciri rasa sakit pada kepala bagian belakang dan juga leher yang kaku. Rasa sakit yang hebat ini biasanya menjalar dari kepala hingga punggung. Anda juga tentunya bisa merasakan mual dan juga muntah yang disertai dengan demam. Jika Anda sering mengalami rasas sakit kepala bagian belakang disertai dengan leher yang kaku, maka dapat dipastikan bahwa Anda akan mengalami penyakit lain yang lebih serius yakni meningitis.

Jika gejala ini tidak ditangani secara serius, tentunya akan membuat penyakit ini menjadi lebih parah. Terlebih jika tidak mendapatkan penanganan yang lebih serius, rasa sakit kepala bagian belakang tentu akan terus berlangsung sehingga tidak heran jika penyakit serius lainnya bisa muncul dengan cepat.

Memicu timbulnya tumor otak

Selain kanker otak, rasa sakit kepala bagian belakang juga bisa mengindikasi adanya tumor otak. Tumor otak merupakan salah satu jenis penyakit serius yang diakibatkan oleh tumbuhnya jaringan sel-sel abnormal di sekitar otak. Sedangkan kanker otak ialah tumbuhnya sel-sel abnormal yang menyebar ke seluruh bagian kepala lainnya bahkan sampai tulang belakang.

Tumor dapat dibagi menjadi dua jenis yakni tumor jinak dan juga tumor ganas. Tumor jinak ini tidak bersifat kanker, sedangkan tumor ganas memiliki sifat seperti kanker. Gejala rasa sakit kepala bagian belakang yang menjadi tanda adanya tumor otak tidak berbeda dengan gejala lainnya seperti kanker otak. Rasa sakit kepala bagian belakang ini bisa terjadi ketika bangun tidur dalam waktu yang sering dan berulang disertai rasa mual dan juga muntah.

Temporal arteritis

Rasa sakit kepala bagian belakang yang dapat mengindikasi adanya penyakit serius ialah adanya temporal arteritis. Penyakit ini yakni adanya kondisi dimana arteri temporal yang berfungsi menyuplai darah ke kepala dan otak dapat mengalami peradangan. Kondisi ini tentunya kehilangan fungsinya karena melemahnya kekebalan tubuh akibat penggunaan antibiotik. Gejala yang ditimbulkan dari rasa sakit kepala akibat temporal arteritis ditandai dengan sakit kepala yang seperti tertusuk pada bagian kepala dan leher, kulit kepala berkeringat, nyeri otot, penurunan nafsu makan bahkan gangguan penglihatan.

Pada umumnya, rasa sakit bagian kepala belakang tidak terlalu berbahaya, namun jiak terjadi secara terus menerus dan juga berulang bahkan disertai dengan gejala lainnya. Alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut lagi. Untuk itu, memang sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan juga pola makan yang tepat.

Migrain

Kondisi rasa sakit kepala bagian belakang tentunya dapat menjadi tanda Anda mengalami migrain. Migrain memang pada umumya terjadi pada salah satu bagian kepala baik kiri, kanan dan juga belakang. Meskipun migrain termasuk ke dalam jenis sakit kepala yang tidak terlalu berbahaya dan sering dialami oleh banyak orang. Namun jiak disertai dengan mual dan muntah akan berdampak buruk pula bagi kesehatan tubuh Anda. Ada baiknya jika Anda menghindari jenis makanan tertentu seperti keju, cokelat, kafein, alkohol, dan juga penyedap rasa terutama bagi Anda yang sensitif terhadap jenis makanan tertentu.

Sakit Kepala Vaskular

Mungkin banyak orang yang dibuat bingung dengan istilah yang satu ini. Sakit kepala yang terjadi di bagian belakang kepala ini tentunya menjadi indikasi adanya penyakit lain yang lebih serius. Rasa sakit kepala ini tentunya dapat berulang dan hampir mirip dengan migrain. Namun, ada perbedaan dimana rasa sakit kepala viskular disertai dengan adanya peningkatan pada sensitivitas cahaya dan juga suara sehingga menyebabkan penderita lebih sakit ketika terkena cahaya dan suara yang terlalu bising.

Akibat sinusitis

Sinusitis ialah sebuah istilah untuk mendeskrispikan sebagai sebuah gangguan yang bisa muncul di daerah belakang yang disebabkan oleh adanya peradangan oleh sinus sphenoid. Sinus ialah sebuah bagian yang ada dari dalam tengkorak dari dalam tengkorak yang berupa 4 pasang ruangan berisikan udara. Lendir tersebut tentunya akan diproduksi oleh selapur lendir yang tentu menjadi lapisan rongga sehingga bagian hidung menjadi basah. Bagaimanapun juga, rasa sakit kepala akan muncul pada bagian belakang di bagian dalam tengkorak. Untuk itu, segeralah periksakan diri ke dokter agar tidak menyerah lebih jauh lagi.

Oksipital Neuralgia

Jenis sakit kepala ini tentunya termasuk ke dalam jenis sakit kepala yang berulang-ulang dan terjadi pada bagian kepala belakang. Hal ini tentunya dapat juga dipicu oleh kondisi kerusakan pada saraf oksipital yang tentu menyuplai bagian belakang maupun atas kepala. Rasa sakit yang diakibatkan oleh kerusakan saraf tentunya disebabkan oleh adanya tumor, infeksi, osteoarthritis dan juga cedera pada leher.

Sakit kepala kronis harian

Sakit ini tentunya memang terjadi pada bagian belakang dan terjadi setiap harinya. Rasa sakit kepala ini pada umumnya terjadi dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sakit kepala ini tentunya dipicu oleh kondisi tubuh yang terlalu lelah. Hal ini tentu cedera leher dianggap sebagai salah satu faktor yang berawal dari rasa sakit kepala ini. Rasa sakit kepala ini tentunya dapat diredakan dengan cara menempuh jalur fisioterapi. Pada pengobatan lain, tentunya dokter akan memberikan obat antidepresan yang merupakan kombinasi dari fisioterapi. Bagaimanapun juga, rasa sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi harian kronis tidak boleh menggunakan obat pereda rasa sakit yang justru akan membuat keadaan menjadi lebih buruk lagi.

Sakit kepala exertional

Jenis sakit kepala ini tentunya sering terjadi pada bagian belakang. Faktor utama yang bisa memicu terjadinya kondisi ini tentu dikarenakan kegiatan fisik yang beragam dan juga terlalu banyak. Beberapa aktivitas tertentu akan membuat kondisi semakin parah. Kegiatan yang begitu berat seperti buang air besar akibat sembelit, batuk yang dapat mengencangkan otot perut, berlari serta berhubungan intim dengan pasangan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sakit kepala bagian belakang akan membuat belakang mata ataupun seluruh area kepala menjadi sangat sakit. Penderita pada umumnya akan merasakan sakit selama 20 menit tanpa henti sehingga dapat membuat kondisi tubuh seseorang menjadi tidak nyaman. Jika Anda mengalami rasa sakit kepala yang sangat sering, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Bagaimanapun juga, sakit kepala memang sangat mengganggu dan juga membuat kita merasa tidak nyaman. Rasa sakit yang mencengkram pada bagian kepala belakang memang sangat menyiksa dan juga menjadi masalah utama pada ketegangan otot leher. Namun tentunya, ada beberapa tips dan juga cara untuk mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang. Alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu menggunakan obat-obatan alami dan juga tradisional untuk mendapatkan pengobatan. Hal ini dikarenakan obat-obatan tradisional lebih aman dibandingkan dengan obat racikan. Berikut kami sajikan beberapa cara mengurangi rasa sakit kepala bagian belakang yang bisa Anda lakukan sekarang juga.

Cara yang dapat Anda lakukan dengan sangat mudah ialah dengan mengonsumsi air putih secukupnya. Dengan meminum air putih tentunya dapat sedikitnya meringankan rasa sakit kepala bagian belakang. Air putih tentunya menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan dan terbilang sangat mudah dan juga murah. Cukupilah kebutuhan air putih Anda baik untuk mencegah terjadinya rasa sakit di kepala bagian belakang.

Sakit kepala bagian belakang memang menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh hampir setiap orang. Hal ini tentu dari masing-masing individu mengalami rasa sakit kepala yang disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Itulah beberapa bahaya sakit kepala bagian belakang yang tentu bisa menjadi salah satu indikasi dari adanya penyakit serius pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply