data-ad-format="auto"

4 Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin Malu Untuk Ditanyakan Pada Dokter

Keluhan yang terjadi selama kehamilan adalah hal yang wajar. Apalagi jika mengingat kondisi kehamilan yang dialami seorang wanita tentu berbeda-beda. Baik dari segi usia, hitungan kehamilan, faktor penyakit yang dialami selama kehamilan dan masih banyak lagi.

Sementara itu, untuk calon ibu baru wajar bila anda memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan. Apalagi ketika usia kehamilan anda sudah hampir mendekati persalinan. Maka mungkin ada banyak hal yang ingin anda tanyakan untuk menjaga bila kondisi tersebut membahayakan kesehatan anda dan bayi dalam kandungan.

Namun sayangnya, dari semua pertanyaan yang membendungi benak seorang ibu hami. Ada banyak pertanyaan yang seringkali enggan untuk ditanyakan setiap kali melakukan checkup kehamilan.

Alasannya karena sebagian ibu hamil merasa pertanyaan tersebut terlalu memalukan untuk ditanyakan ke dokter. Padahal sebenarnya hal ini adalah kondisi yang normal dan dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Baca juga: Tips Aman Mengatasi Melasma “Topeng Kehamilan”

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

4 Pertanyaan Saat Hamil yang Mungkin Malu Untuk Ditanyakan Pada Dokter

Nah, bila anda mengalami beberapa keluhan tersebut namun malu untuk ditanyakan ke dokter. Coba cari tahu apakah keluhan serupa anda alami, sementara itu jawabannya akan kami rangkumkan secara langsung hanya untuk anda.

Mengapa Saya Mengeluarkan Banyak Cairan dari Organ Kewanitaan?

Keluarnya cairan dari bagian organ kewanitaan selama masa kehamilan memang seringkali menjadi keluhan yang banyak dirasakan. Hanya saja, tabu rasanya untuk menanyakan kondisi ini ke dokter.

Namun hal ini bisa jadi disebabkan akibat pecah ketuban. Namun pada kondisi selain penyebab tersebut, dokter pun dapat mengatakan bahwa kondisi cairan yang lebih banyak yang keluar dari organ ini bisa dikatakan sebagai hal yang normal.

Kondisi ini terjadi sebab ibu hamil mengalami perubahan hormon yang cukup signifikan selama kehamilan. Belum lagi aliran darah kebagian panggul meningkat dan membuat kondisi ini dapat terjadi.

Hanya saja, bila kondisi ini disertai dengan rasa nyeri, gatal atau mungkin perih. Maka segera bicarakan dengan dokter. Atau pada saat cairan yang keluarga berbau busuk atau mungkin berair. Kondisi ini bisa menunjukan adanya infeksi pada organ kewanitaan.

Kenapa Saya Sering Kentut Berbau Tidak Sedap?

Masalah ibu hamil yang selanjutnya adalah seringnya kentut dengan disertai aroma bau yang tidak sedap. Kondisi ini adalah hal yang wajar dialami seorang ibu hamil. Dan lagi-lagi, masalah hormon menjadi pemicu utama kondisi yang satu ini.

Kenapa Saya Susah BAB?

Hampir sebagian besar ibu hamil mengeluhkan susahnya buang air besar selama periode kehamilannya. Kondisi ini terjadi akibat dari keluhan kehamilan berupa morning sickness atau mual dan muntah pada awal kehamilan. Bila kondisi ini tidak segera ditangani maka hal ini akan berubah menjadi munculnya asam lambung. Hal ini pulalah yang membuat ibu mengalami susah buang air besar.

Namun tak perlu khawatir untuk mengatasi kondisi ini anda dianjurkan untuk makan makanan kaya akan serat dan konsumsi banyak air putih secara teratur.

Apakah Melahirkan Akan Merusak Vagina?

Tentu saja tidak, karena pada dasarnya bagian organ kewanitaan memang didesain dengan daya lentur yang hebat. Jadi sewaktu masa persalinan, bagian organ kewanitaan akan melebar menyesuaikan ukuran dari bayi anda. Sementara setelahnya, ia akan kembali mengerut karena daya elastisitas yang dimilikinya. Jadi demikian, tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi yang satu ini.

Loading...

Follow us