Ketahui Masalah Kulit Yang Rentan Terjadi Pada Saat Hamil

Hamil memang menjadi suatu masa dimana akan dialami oleh wanita. Masa inilah dimana terjadinya suatu perubahan baik secara fisik maupun secara mental. Perubahan yang kerap dialami oleh wanita memang tidak dapat ditolak dan juga dihindari. Hal ini tentunya membuat para wanita harus menerima dengan segala perubahan yang mungkin terjadi pada dirinya.

Tidak jarang wanita hamil yang mengalami berbagai perubahan pada fisik yang tentunya dimulai dari keadaan perut yang mulai membesar. Selain itu, ketika sedang hamil akan terjadi perubahan dan juga ketidakseimbangan hormon. Perubahan hormon inilah yang memicu timbulnya berbagai masalah pada ibu hamil. Seperti misalnya gangguan kulit yang kerap menyerang ibu hamil. Masalah kulit ini tentunya muncul dengan sangat bervariasi mulai dari kulit yang menghitam sampai jerawat yang muncul di wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Bagaimanapun juga, gangguan kulit memang menjadi masalah yang cukup besar bagi setiap ibu hamil. Hal ini tentu akan membuat para ibu hamil menjadi tidak merasa percaya diri dengan penampilannya. Akan tetapi, dengan hamil dan juga melahirkan akan menjadi momen yang tentu tidak akan tergantikan dengan sesuatu apapun. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi akan masalah kulit yang rentan terjadi pada ibu hamil. Alangkah baiknya, jika kita mengenal terlebih dahulu masalah kulit yang rentan terjadi pada saat hamil. Yuk kita simak berikut ini!

Macam-Macam Masalah Kulit Yang Rentan Terjadi Pada Saat Hamil

Gangguan kulit yang dialami oleh ibu hamil tentunya akan hilang dengan sendirinya ketika wanita tersebut sudah melewat masa kehamilannya. Dr. Amaranila Lalita Drijono, Sp. Kk menyatakan bahwa alangkah baiknya jika gangguan kulit saat hamil dikonsultasikan pada dokter kandungan agar dapat dengan mudah ditangani dengan cepat dan juga tepat.

Selain dari melakukan konsultasi kepada tenaga kesehatan, tentunya ada baiknya jika kita juga merawat kulit kita dengan cara yang paling tepat. Dengan mengetahui masalah kulit yang terjadi pada ibu hamil, tentu sedikitnya Anda dapat mencegah dan juga mengatasi masalah kulit tersebut dengan sebaik-baiknya. Lantas, apa saja masalah kulit yang rentan terjadi pada saat hamil? Simak penjelasannya pada poin di bawah ini!

Urtikaria

Masalah kulit yang pertama dapat timbul dengan sendirinya ketika sedang hamil. Dalam hal ini Urtikaria dapat diartikan sebagai suatu jenis penyakit yang sifatnya hilang dan juga timbul dengan sendirinya. Wujud dari gangguan kulit ini dapat ditandai dengan bentol-bentol seperti biduran dan juga kaligata. Jika memang Anda mengalami gangguan kulit jenis ini, alangkah baiknya jika Anda mengoleskan krim antialergi yang tentunya aman digunakan oleh ibu hamil. Beberapa obat antialergi yang direkomendasikan bagi ibu hamil diantaranya klemastin, difenhidramin, klorfeniramin maleat dan juga doksilamin. Jika gangguan kulit tersebut tidak hilang juga, alangkah baiknya jika Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan agar mendapatkan penanganan yang lebih lenjut.

Herpes gestasional

Masalah kulit yang kedua memang belum diketahui akan penyebabnya, namun gangguan kulit ini kerap dialami oleh beberapa wanita hamil. Herpes gestasional ialah masalah kulit yang berbentuk seperti cacar air yang ditandai dengan rasa gatal dan juga perih pada kulit. Pada umumnya, herpes gestasional akan hilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit pada ibu hamil ini dapat diredakan pula dengan obat yang memang aman bagi ibu hamil.

Polymorphous eruption

Gangguan kulit yang terjadi pada ibu hamil ini memang ditandai dengan rasa gatal yang sanngat menyiksa. Bentuk dari gangguan kulit ini seperti ruam dan juga eksim yang tentunya akan muncul terus menerus jika tidak mendapatkan penanganan dari dokter ahlinya.

Kloasma gravidarium

Gangguan kulit ini tentunya dapat terjadi di sekitar leher, ketiak, pusar, dan wajah. Gangguan kulit ini tentunya dapat memicu terjadinya melasma jika terjadi secara terus menerus. Gangguan kulit ini memang akan hilang dengan sendirinya sekitar enam bulan pasca melahirkan. Untuk mengatasi agar gangguan kulit pada ibu hamil tidak bertambah parah tentunya Anda dapat menghindari sinar matahari langsung atau segeralah periksakan ke dokter penanganan yang lebih tepat dan juga cepat.

Iritasi dan gatal-gatal

Masalah kulit yang selanjutnya yakni iritasi dan juga gatal-gatal. Gangguan kulit ini tentunya memang banyak dialami oleh sebagian besar wanita hamil. Gatal-gatal dan juga iritasi biasanya dapat terjadi di area selangkangan, ketiak, perut dan juga payudara. Masalah kulit ini biasanya disebabkan oleh adanya pergesekan pada kulit dikarenakan adanya penambahan berat bdaan pada ibu hamil. Gatal yang terjadi pada ibu hamil dapat timbul beberapa macam seperti paula urtikaria yakni gatal yang terjadi pada bagian perut atas dan juga paha yang disertai dengan bentol-bentol kecil. Kolestatik Obsterik ialah gatal yang disebabkan oleh adanya ganggian hati ketika sedang hamil dan biasanya ditandai dengan munculnya ruam kecil di beberapa bagian tubuh. Sedangkan Prugiro gestationis ialah gatal yang tentunya ditandai dengan ruam-ruam yang biasanya terjadi pada bagian kaki, lengan dan juga tubuh ibu hamil bagian atas. Biasanya untuk mengatasi gatal-gatal dan juga iritasi tersebut, Anda dapat mengoleskan body butter dan juga body lotion. Akan tetapi, jika iritasi tersebut belum sembuh juga, Anda tentunya dapat memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Jerawat

Masalah wajah ini memang tidak dapat diragukan lagi akan kemunculannya saat hamil. Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami wajah berjerawat ketika sedang hamil. Jerawat tentunya dapat tumbuh baik di wajah dan juga bagian tubuh lainnya. Jerawat memang menjadi salah satu penyakit kulit yang sering dialami oelh ibu hamil. Jerawat tentunya dapat muncul dikarenakan adanya produksi hormon estrogen yang dapat meningkat drastis sehingga memicu timbulnya jerawat.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons