data-ad-format="auto"

Mengetahui Penyebab Selangkangan Terasa Ngilu Saat Kehamilan 35 Minggu

Kehamilan memang menjadi anugerah yang besar yang terjadi pada setiap wanita yang sudah menikah. Banyak wanita mendambakan mendapatkan kehamilan dengan cepat usai dinyatakan sah sebagai seorang istri setelah pernikahannya. Ketika proses hamil terjadi dengan cepat tentu setiap calon ibu akan merasa senang dengan kabar gembira yang mereka dapatkan ini.

Akan tetapi, pada beberapa wanita yang mengalami kehamilan pertama minimnya pengalaman membuat keluhan kecil seringkali menjadi masalah yang berdampak kekhawatiran yang besar. Tak heran memang, apalagi mengingat bila setiap ibu akan secara naluriah melindungi dan mencintai calon buah hatinya. Bahkan saat mereka belum mampu mengenali wajah bayi dalam kandungannya.

Menjalani kehamilan memang menjadi proses panjang yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Menyenangkannya mengingat dalam waktu dekat untuk pertama kalinya anda akan bisa menyambut calon buah hati anda bersama dengan pasangan. Akan tetapi disaat bersamaan hati anda terus berdebar-debar terutama saat terjadi keluhan kehamilan yang cukup menyiksa.

Salah satunya seperti kondisi ngilu pada bagian selangkangan saat usia kehamilan sudah memasuki trimester ke 3. Tak sedikit ibu hamil dengan usia kehamilan antara 34 minggu ke atas akan mengalami kondisi ini. Namun demikian, tidak sedikit ibu hamil yang tidak merasakan kondisi ini. Baca Juga: Keluhan Kehamilan 7 Bulan

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Untuk mereka yang mengalami ngilu selangkangan pada usia kehamilan ini tentu saja mereka akan merasa panik. Banyak yang menganggap bila kondisi ini menjadi pertanda bayi akan segera lahir. Sementara itu, sebagian dibuat khawatir bahwa terjadi sesuatu dengan kandungannya. Namun benarkah demikian? Nah, untuk menyimak jawaban tepat dari masalah ini maka mari simak dibawah ini.

Mengetahui Penyebab Selangkangan Terasa Ngilu Saat Kehamilan 35 Minggu

Usia kehamilan pada trimester ke 3 membuat usia kehamilan ibu sudah semakin matang. Perkiraan kelahiran pun sudah bisa diambil pada waktu ini. Buah hati yang ibu kandung dalam rahim pun kini sudah bergelar bayi bukan lagi seorang janin. Berat tubuh dan panjang tubuhnya yang terus menaik dari hari ke hari membuat ukuran perut ibu semakin membesar. Hal ini pun akan beriringan dengan munculnya keluhan kehamilan yang ibu rasakan pada periode kehamilan di trimester pertama.

Pada usia kehamilan 35 minggu, ukuran bayi sudah semakin membesar dan mereka pun akan mulai mencari jalan dan posisi  yang tepat untuk dilahirkan. Hal ini akan dapat menyebabkan keluhan muncul, termasuk dengan nyeri pada bagian vagina serta rasa ngilu yang timbul pada bagian selangkangan. Sementara itu, nyeri pada bagian vagina dan perasaan ngilu pada bagian selangkangan ini dapat timbul karena dipengaruhi oleh beberapa faktor dibawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Nyeri dan Ngilu Selangkangan

Ada beberapa kondisi yang dapat memicu nyeri vagina dan perasaan ngilu pada bagian selangkangan yang penting untuk anda ketahui, diantaranya adalah beberapa kondisi dibawah ini.

  • Janin yang mulai masuk pada bagian pinggul sehingga kondisi ini membuat kepala janin menjadi turun dan menekan struktur pada bagian dalam panggul ibu.
  • Leher rahim ibu yang ukurannya mulai melebar dalam rangka mempersiapkan kelahiran si jabang bayi.
  • Ukuran rahim yang membesar dan menyebabkan penggantung pada rahim menjadi tertarik kebawah.
  • Gerakan bayi yang semakin aktif dan kuat pada masa inipun dapat menyebabkan rasa sakit dan ngilu muncul.
  • Faktor yang terakhir adalah kelelahan. Kondisi ini bisa saja terjadi saat aktivitas yang ibu lakukan terlalu berat atau terlalu banyak.

Itulah dia beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi  nyeri dan ngilu pada selangkangan dapat dirasakan. Pada umumnya, kondisi diatas adalah hal yang wajar dan normal terjadi. Hanya saja ketika ibu mengalami rasa sakit yang berlebihan berkonsultasilah dengan dokter.

Loading...

Follow us