Tips Mainan Bayi Usia 7-9 Bulan

4.45/5 (74)

Sebelum memberikan tips mainan untuk anak usia 7-9 bulan. Tim bidanku akan memberikan gambaran mengenai perkembangan anak pada rentan usia 7-9 bulan. Kami akan membaginya menjadi perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Berikut adalah penjelasan perkembangan motorik pada bayi usia 7-9 bulan.

Perkembangan Motorik Kasar Usia 7-9 Bulan

Diawali pada usia 7 bulan kemampuan anak yanng semakin berkembang. Kemampuan merangkak dan bergerak semakin aktif. Meskipun demikian orang tua tidak perlu khawatir karena sebagian bayi melewati merangkak. Bahkan kemampuan bayi dapat langsung meningkat pada tahapan berdiri dan juga berjalan.

Masih di usia 7 bulan bayi sudah mulai senang mengangkat dan menurunkan punggungnya. Anda dapat memberikan rangsangan untuk dapat merangkak apabila diperlukan sehingga dapat melalui proses merangkak seperti kemampuan diusianya.

Sedangkan pada usia 8-9 bulan bayi sudah dapat berpindah tempat. Merangkak atau sedikit berjalan dalam menyeimbangkan badannya. Sehingga yang dilakukan inilah yang dapat menambah kemampuan bayi anda semakin bertambah. ( Artikel lainnya: Perlengkapan Bayi )

Perkembangan Motorik Halus Usia 7-9 Bulan

Perkembangan motorik halus pada awal usia 7 bulan adalah bayi anda senang memasukan benda ke mulutnya. Rangsangan yang diberikan adalah anak anda diberikan kesempatan untuk duduk sehingga dapat memperkuat punggung dan bahu. Selain itu dapat melatih keterampilan menggenggam dan menjemput. Sediakan finger food yang dapat seukuran genggaman bayi.

Perkembangan motorik halus bayi pada usia 7-9 ditandai dengan menguatnya otot dan jemari sehingga diperlukan kemampuan untuk berlatih dan membiarkannya bertepuk tangan sebagai salah satu cara yang mengasyikan.

Kemudian hal yang harus diperhatikan adalah perkembangan motorik kasar dan motorik halus harus sesuai dengan usianya. Apabila anak anda mengalami keterlambatan pada usia yang seharusnya. Anda dapat berkonsultasi ke dokter anak meskipun pada umumnya tidak semua anak memiliki kesamaan pada umur tertentu dapat memiliki kemampuan tersebut.

Hal penting yang harus anda amati pada rentan waktu usia 7-9 bulan diantaranya adalah anak telah memiliki kemampuan sebagai berikut :

  1. Sudah dapat mengontrol kepala yang tegak dan dapat duduk sendiri tanpa menggunakan bantuan.
  2. Bayi sudah dapat merangkak dan mengambil benda di sekitarnya. Bahkan dapat menyangga bagian berat badannnya.
  3. Bayi memiliki kemampuan memegang dua benda yang berbeda pada waktu bersamaan. Bahkan sudah dapat menjatuhkan mainan berulang-ulang.
  4. Benda dapat mengambil benda dengan cara meraup.
  5. Beberapa bayi sudah pandai bersuara termasuk mengucapkan beberapa kata.
  6. Sudah dapat makan sendiri dengan biskuit sendiri.
  7. Bayi dapat menepuk tangan dan cilukba dengan sendirinya.
  8. Bahkan pada rentan usia 7-9 bulan bayi sudah mengerti dan memahami orang di sekitarnya. Bahkan bayi seringkali mengalami perasaan cemas ketika dipisahkan dengan orang tuanya.

Permainan Untuk Usia 7-9 Bulan

Setelah mengetahui perkembangan bayi seperti demikian maka sebaiknya anda dapat memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya, stimulasi yang diberikan dapat berupa mainan yang beraneka ragam. Berikut ini adalah permainan yang dapat mendukug usia 7-9 bulan :

Mengenal Nama

Memasuki usia bayi anda 7 bulan anda dapat mengajak anak anda untuk bermain. Permainan yang dapat dilakukan adalah mengenal nama. Anak anda diajarkan untuk mengenali namanya caranya memang mudah anda dapat memanggilnya berkali kali. Bahkan sambil melakukan permainan kecil seperti cilukba.

Ketika anda menutup muka anda kemudian ketika membuka membuka anda dapat memanggil namanya sehingga bayi anda mampu mengenali namanya ketika dipanggil oleh orang lain. Permainan yang cukup sederhana akan tetapi membutuhkan cara yang sabar dalam memberikan pelajaran pada anak.

Bermain salaman dan tepuk tangan

Anak memang sangat senang untuk bermain salah satunya dengan bermainan yang menggunakan anggota tubuhnya. Anda dapat mengajarkan anak anda untuk bersalaman dan bertepuk tangan sehingga dapat melatih kekuatan tangganya. Ini merupakan salah satu merangsang kemampuan motorik halusnya. Anda dapat menyanyikan lagu favorit anak anak sehingga lebih mengasyikan dan membuat anak anda mengikuti dan menyukainya.

Permainan yang memang sangat sederhana akan tetapi beberapa anak cenderung bosan, jangan paksakan kemampuan anak anda. Anda dapat mengganti dengan permainan lain yang mengasyikan dan memiliki manfaat yang sama untuk merangsang kemampuan motorik anak anda, misalnya dengan membiarkan anak anda memukul anda dengan tanggannya kemudian buat seakan akan sedang menabuh drum.

Bermain Menjadi Pohon Tumbuh

Sesekali anda ceritakan dogeng pada anak anda kemudian di dalam dogeng tersebut menceritakan tentang pohon yang tumbuh. Ketika anda menceritakan pohon tumbuh ajaklah anak anda untuk berdiri dengan bantuan tangan anda. Ini dapat merangsang kemampuan berdiri anak anda. Anak anda dapat belajar untuk berdiri berpengangan. Bahkan anak anda dapat membuat suasana yang menyenangkan ketika belajar untuk berdiri. anda juga dapat merubah ceritanya sehingga anak anda tidak bosan. Disinilah anda dituntut memiliki kemampuan yang menyenangkan ketika mengajak anak anda bermain.

Membaca Dogeng

Ketika usia anak anda memasuki 7 bulan keingintahuannya terhadap warna warni memang sangat membuatnya penasaran. Bahkan anak lebih tertarik dengan warna dan bentuk yang baru. Tidak ada salahnya jika anda memperkenalkan anak anda pada buku bacaan seperti dogeng. Sesekali ajak anda untuk berdua dengan anda memilih dogeng yang disuka. Kemudian setelah itu perlihatkan gambar yang sedang dilakukan/ kegiatan yang menceritakan dogeng tersebut. Anak anda akan tertarik meskipun sudah beberapa kali anda ajak untuk membacakan dogeng.

Mengenal Warna dan Bentuk

Anda dapat membeli mainan dengan bentuk dan warna yang berbeda.Pilihlah bentuk dan warna yang menarik bagi bayi anda. Mengenalkan warna dapat melalui crayon meski hanya menggambar corat coret tapi kemampuan menggenggam benda sudah dimiliki oleh anak anda. Selain itu anda dapat memilihkan bentuk yang berbeda beda.

Pilihkan bentuk yang beranekaragam sebari bermain anda dapat mengenalkan bentuk bentuk tersebut kepada anak anda. Anak anda akan merasa tertarik apalagi sambil dinyanyikan lagu kesukaannya. Anda dapat memilih balok balok dengan bentuk yang berbeda dan warna yang mencolok untuk mengenalkan warna dan bentuk pada anak anda. Dengan demikian selain dapat menggenggam benda kemampuan untuk mengenali warna dan bentuk semakin dikuasai oleh anak anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel