Saluran ASI Tersumbat, Ketahui Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya

Saluran ASI Tersumbat – Ibu akan memberikan ASI eksklusif selama enam bulan setelah si kecil dilahirkan. Dari ASI bayi baru lahir akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Setelah berusia 6 bulan si kecil akan mendapatkan tambahan nutrisi dari makanan pendamping ASI yang dikonsumsinya.

Menyusui memiliki banyak manfaat, baik untuk bayi ataupun ibu menyusui. Dalam proses menyusui bayi, ada ibu yang dapat memberikan ASI-nya dengan lancar tanpa kendala apapun, namun ada juga ibu yang mengalami masalah sehingga proses menyusui menjadi terhambat dan si kecil tidak mendapatkan ASI dengan maksimal.

Ibu menyusui dapat mengalami berbagai masalah saat menyusui, salah satunya saluran ASI yang tersumbat. Kenali ciri-ciri saluran ASI tersumbat dan cara mengatasinya seperti berikut ini.

Saluran ASI Tersumbat

Saluran ASI Tersumbat

Memberikan ASI pada si kecil tentu menjadi keharusan untuk seorang ibu. Si kecil akan mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkannya dari ASI sebelum ia mengenal MPASI. Hanya saja, terkadang dalam proses menyusui si kecil banyak kendala yang ibu alami. Dimana karena kendala tersebut proses menyusui menjadi terhambat dan si kecil tidak mendapatkan cukup ASI.

Salah satu masalah yang mungkin dapat dialami oleh ibu ketika sedang menyusui yaitu saluran ASI yang mengalami penyumbatan. Saluran ASI yang tersumbat bisa terjadi kapan pun, entah itu ketika anda mulai menyusui si kecil atau bahkan anda sudah berjalan menyusui si kecil.

Penyebab Saluran ASI Tersumbat

Masalah penyumbatan pada saluran ASI biasanya hanya terjadi pada salah satu payudara  saja. Namun, ada beberapa ibu yang mengalaminya pada kedua payudara.  Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu mengalami saluran ASI tersumbat. Berikut ini beberapa penyebab saluran ASI tersumbat pada ibu menyusui.

  • ASI produksinya lebih banyak dibandingkan jumlah ASI yang si kecil hisap
  • Ibu tidak memberikan ASI pada bayi dengan teratur dan rutin
  • Adanya tekanan yang berlebihan pada payudara, seperti misalnya menggunakan bra yang terlalu ketat, ketika memerah ASI, tidur dengan posisi yang tidak benar dan lain sebagainya
  • Ibu mengalami milk blister atau adanya bintik putih yang menyebabkan lubang puting tersumbat
  • Ibu mengalami beberapa  kondisi seperti kelelahan, stres, sistem imun yang sedang lemah dan anemia

Ciri-Ciri Saluran ASI Tersumbat

Ketika saluran ASI mengalami sumbatan anda akan merasakan beberapa gejala, salah satunya payudara yang membengkak serta sakit. Nah, berikut ini beberapa gejala atau ciri-ciri saluran ASI mengalami sumbatan yang penting anda ketahui.

  • Payudara terasa sakit
  • Ketika ditekan terasa ada bagian yang keras pada payudara
  • Pada area yang tersumbat beberapa ibu mengalami kulit yang memerah
  • Terasa panas pada payudara
  • Terdapat benjolan berukuran kecil di payudara
  • Pada salah satu atau bahkan pada kedua payudara saluran susu menjadi lebih lambat
  • Pada area payudara tertentu tekstur kulit menjadi lebih keras

Tersumbatnya aliran ASI biasanya tidak diiringi dengan demam. Hanya saja, jika diiringi oleh demam anda harus lebih waspada terhadap kondisi mastitis. Mastitis merupakan kondisi dimana jaringan payudara mengalami peradangan.

Ketika anda mengalami penyumbatan pada saluran ASI, si kecil mungkin akan menjadi lebih rewel ketika sedang menyusu. Hal itu disebabkan karena bayi ketika menghisap puting susu merasa kesulitan, berbeda seperti biasanya.

Bagaimana Cara Mengatasi Saluran ASI yang Tersumbat?

Saluran ASI Tersumbat

Salah satu cara yang dapat dilakukan agar sumbatan menjadi lancar yaitu dengan terus menyusui si kecil. Anda bisa menyusui si kecil dengan sering. Meskipun anda mungkin akan merasa kesakitan, namun anda tetap harus melakukannya. Jangan menunda menyusui si kecil karena akan menyebabkan payudara semakin sakit.

Mulut si kecil yang menghisap payudara anda akan membantu saluran yang tersumbat kembali lancar. Apabila setelah menyusui si kecil payudara masih terasa penuh, untuk mengatasinya anda bisa memompa ASI.

Tidak hanya menyusui atau memompa ASI, untuk mengatasi saluran ASI yang tersumbat anda bisa mencoba beberapa tips di bawah ini.

Kompres Menggunakan Air Hangat

Anda dapat mengompres payudara yang terasa sakit dengan menggunakan air hangat. Namun, pastikan air jangan terlalu panas karena akan menyebabkan iritasi. Selain mengompres payudara, mandi dengan menggunakan air hangat juga akan membantu.

Selain itu, anda bisa melakukan pijatan lembut pada payudara untuk mengatasi saluran yang tersumbat. Hindari tekanan pada payudara seperti menggunakan bra maupun baju yang ketat. Ketika sedang tidur anda bisa melepas bra.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat tentu sangat dianjurkan. Cukupi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat bagi ibu menyusui akan berpengaruh terhadap ASI. Dimana kualitas ASI akan menjadi meningkat, selain itu sistem kekebalan tubuh anda  juga akan menjadi meningkat sehingga tidak akan mudah terserang oleh penyakit.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam setiap harinya, begitu pun ibu menyusui. Bagi ibu menyusui, mencukupi kebutuhan cairan akan dapat membantu melancarkan produksi ASI. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan cairannya.

Cukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur sangat penting dilakukan . Anda bisa meminta dukungan keluarga agar bisa mengatur waktu tidur. Mintalah dukungan suami atau keluarga yang lainnya dalam menjaga si kecil ketika anda sedang beristirahat.

Hindari Stres

Seperti yang kita ketahui, stres memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Lakukan hal-hal yang menenangkan dan membuat anda merasa lebih rileks seperti membaca, olahraga atau melakukan meditasi. Beberapa kegiatan asik dan menyenangkan akan membantu anda mengatasi stres yang dialami.

Perhatikan Posisi Bayi Saat Menyusu

Anda harus memperhatikan posisi bayi ketika sedang menyusu. Anda dapat melakukan berbagai posisi ketika menyusui si kecil, namun pastikan anda dan si kecil tetap nyaman. Diketahui, posisi menyusui dengan dagu si kecil berada pada bagian payudara  yang terasa sakit dapat membantu membuat sumbatan menjadi lancar.

Pilih Bra yang Tepat

Sumbatan pada saluran ASI kondisinya dapat menjadi lebih buruk disebabkan karena tekanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bra yang tepat. Menggunakan bra yang sempit ataupun atasan yang ketat akan membuat sumbatan.

Oleh karena itu, pastikan bra yang anda gunakan sesuai dan cocok dengan ukuran anda. Anda juga sebaiknya menggunakan atasan longgar. Anda harus tetap memperhatikan kenyamanan dengan apa yang anda gunakan.

Jika rasa sakit yang anda alami tidak juga membaik, alangkah lebih baik jika anda periksakan kondisi anda pada dokter. Selain itu, anda harus segera pergi ke dokter jika mengalami sumbatan pada saluran ASI lebih dari 2 hari. Pasalnya saluran ASI yang mengalami sumbatan akan dapat menyebabkan infeksi pada payudara dan menyebabkan demam.

Itulah beberapa ciri-ciri dan cara mengatasi saluran ASI tersumbat yang penting diketahui. Semoga bermanfaat.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply