Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan – Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Hanya saja, ketika musim mengalami peralihan ke musim hujan kekebalan tubuh dapat menjadi lemah, akibatnya tubuh bisa dengan mudah terserang oleh penyakit.

Ketika musim hujan beberapa penyakit lebih mudah muncul. Beberapa penyakit yang biasanya muncul saat musim hujan yaitu penyakit diare, flu hingga demam berdarah. Maka dari itu, ketika musim hujan anda harus dapat menjaga kesehatan supaya tidak mudah terserang penyakit. Nah, agar anda tidak mudah sakit ketika musim hujan, simak beberapa tips berikut ini.

Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Tips Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

Agar anda dapat melakukan aktivitas dengan nyaman dan tubuh tetap fit meskipun saat musim hujan, anda dapat melakukan beberapa tips agar tidak mudah sakit saat musim hujan di bawah ini.

Mengonsumsi Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips pertama yang dapat anda lakukan agar tidak mudah sakit ketika musim hujan yaitu mengonsumsi makanan sehat. Konsumsilah makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa jenis makanan mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa makanan tersebut di antaranya yaitu kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran seperti anggur, apel, mangga, jeruk, brokoli, kurma, jahe, bawang putih, ubi dan tomat. Antioksidan berperan untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Sebaiknya anda mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh akan membantu anda terhindar dari penyakit ketika musim hujan.

Menjaga Kebersihan

Selain memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi, anda juga harus menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan anda akan terhindari dari masalah kesehatan atau penyakit yang menular, seperti misalkan batuk, diare dan flu. Untuk menjaga kebersihan caranya yaitu dengan rutin mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun. Ketika anda batuk dan bersin sebaiknya tutup dengan menggunakan sapu tangan ataupun tisu. Selain itu, jangan biarkan sampah menumpuk di rumah anda. Buanglah sampah pada tempatnya.

Anda dapat menggunakan masker sebagai perlindungan tambahan supaya tidak tertular oleh kuman yang menjadi penyebab penyakit. Ketika udara sedang dingin anda harus melindungi tubuh dengan menggunakan baju yang hangat.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Ketika musim hujan melakukan aktivitas rasanya memang malas, begitupun dengan melakukan olahraga. Saat musim hujan banyak yang tidak berolahraga dan memilih diam di rumah. Padahal sebenarnya melakukan aktivitas fisik sangat bermanfaat untuk menjaga agar tubuh tetap bugar sehingga anda akan terhindar dari penyakit saat musim hujan.

Ketika musim hujan anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Melakukan olahraga yang ringan sudah cukup seperti melakukan senam, yoga, sit up dan push up. Anda dapat melakukan olahraga dengan rutin sebanyak 3 hingga 4 kali dalam seminggu dalam waktu 30 hingga 45 menit setiap anda melakukan olahraga. Sebelum memulainya sangat penting untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Mengelola Stres dengan Baik

Ketika musim hujan anda mungkin akan lebih mudah stres karena banyaknya jemuran yang tidak kering dan banyak aktivitas yang terhambat. Seperti yang kita ketahui semua, stres akan berdampak buruk untuk kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengendalikan stres dengan baik. Untuk membantu mengendalikan stres anda bisa melakukan yoga, mendengarkan musik dan melakukan aktivitas yang menyenangkan lainnya. Selain itu, sangat penting untuk memenuhi waktu tidur setiap harinya.

Membersihkan Rumah

Selain kebersihan diri sendiri yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan kebersihan di rumah anda. Pasalnya ketika musim hujan nyamuk akan lebih mudah berkembang biak. Ini akan membuat risiko demam berdarah semakin tinggi. Anda harus menjaga kebersihan rumah dengan rutin menguras baik air, tempat penampungan air ditutup, mengubur benda yang kemungkinan dapat menampung air seperti ember dan kaleng yang sudah tidak terpakai.

Saat berkativitas di luar rumah anda bisa melindungi diri agar terhindar dari gigitan nyamuk dengan  memakai losion antinyamuk. Anda sebaiknya jangan menggantungkan baju di kamar supaya tidak dijadikan sebagai tempat persembunyian nyamuk.

Segera Bersihkan Diri Anda Setelah Hujan-Hujanan

Supaya anda tetap sehat ketika musim hujan, setelah anda terkena hujan atau hujan-hujanan sebaiknya anda segera mandi. Hujan tidak akan langsung membuat anda sakit. Namun, pada air hujan mungkin saja sudah terkandung bakteri dan polusi yang terbawa angin. Genangan air kotor yang mengenai kulit anda bisa saja mengandung virus dan bakteri. Apalagi daya tahan tubuh ketika musim hujan lebih lemah dibandingkan biasanya sehingga dapat membuat anda lebih  mudah sakit.

Mengonsumsi Vitamin

Selain anda harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, agar terhindar dari penyakit ketika musim hujan anda bisa mengonsumsi vitamin sebagai pelengkap, terutama vitamin C dan vitamin D.

Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta membuat proses pemulihan menjadi cepat. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C dari sumber alami seperti pepaya, paprika dan nanas.

Selain vitamin C anda juga harus mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin D berperan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, misalkan penurunan daya tahan tubuh, penyakit jantung, gejala osteoporosis, asma  dan lain sebagainya. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi beberapa sumber makanan seperti telur, ikan, sereal, minyak ikan  dan suplemen vitamin D.

Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur dalam setiap harinya sangat penting untuk dilakukan. Ketika tidur tubuh akan melepaskan hormon sitokin yang akan membantu tubuh dalam melawan infeksi, caranya yaitu dengan mengatur sistem imun tubuh.

Memperbanyak Asupan Air Putih

Tips lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih. Mencukupi kebutuhan cairan ketika musim hujan penting dilakukan agar tubuh anda tetap terhidrasi dengan baik. Dengan banyak minum air putih juga akan membantu mengeluarkan racun pada tubuh anda.

Menyediakan Minuman Hangat

Jika tubuh sering kedinginan maka akan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, anda bisa minum minuman hangat ketika sedang kedinginan.

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan agar tidak mudah sakit ketika musim hujan. Saat musim hujan biasanya banyak serangan penyakit. Agar anda terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin terjadi ketika musim hujan anda harus menjaga kesehatan dengan baik dan benar. Nah, anda bisa melakukan beberapa tips di atas agar tetap sehat saat musim hujan.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply