Tips Mencegah Diabetes dengan Ampuh

5/5 (1)

Tips Mencegah Diabetes – Jangan abaikan penyakit diabetes, sebab penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Beberapa penyakit akibat komplikasi diabetes di antaranya yaitu gagal ginjal, penyakit jantung, amputasi, kebutaan bahkan hingga bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui tips mencegah penyakit diabetes. Mencegah diabetes dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Nah, berikut ini beberapa tips mencegah diabetes yang dapat anda lakukan.

Tips Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Ampuh

Tips mencegah diabetes

Mencegah penyakit diabetes, terlebih lagi diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan beberapa tips seperti berikut ini.

Menjaga Agar Berat Badan Tetap Sehat dan Normal

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko lebih tinggi mengalami diabetes. Oleh karena itu, sebagai tips mencegah diabetes anda harus dapat menjaga agar berat badan tetap normal.

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan akan dapat membuat kerja metabolisme terganggu, yang akan menyebabkan sel-sel tubuh tidak mampu dengan baik merespon insulin. Efeknya tubuh menjadi kurang atau bahkan tidak sensitif pada insulin, akibatnya terjadilah resistensi insulin. Dimana resistensi insulin itu sendiri dapat menyebabkan masalah diabetes tipe 2.

Anda harus dapat menjaga berat badan, atau jika anda memiliki berat badan yang berlebih anda dapat berusaha menurunkan berat badan sebagai langkah untuk mencegah masalah diabetes.

Memperhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi setiap harinya penting untuk dilakukan sebagai langkah mencegah diabetes. Usahakan anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan dengan kandungan lemak tinggi, makanan dengan kandungan gula tinggi, makanan siap saji dan makanan yang dikemas dalam kaleng. Anda dapat menggantinya dengan makanan sehat dan bergizi.

Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan sebagai sumber vitamin, serat dan mineral yang sehat untuk tubuh. Sedangkan untuk protein anda bisa mendapatkannya dari beberapa sumber makanan seperti tahu, telur, tempe, ikan dan daging tanpa lemak. Untuk karbohidrat anda tidak harus selalu mendapatkannya dari nasi putih. Anda bisa mencoba menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya seperti jagung, nasi merah ataupun ubi jalar.

Dalam mengolah masakan, anda tentunya akan menambahkan berbagai bumbu agar masakan yang anda buat menjadi lebih sedap. Namun, dalam penambahan bumbu seperti garam dan gula, serta minyak porsinya harus diperhatikan. Agar terhindar dari masalah diabetes anda harus lebih bijak dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Memperhatikan Jumlah Makanan yang Dikonsumsi

Tidak hanya jenis makanan saja yang harus diperhatikan, namun anda juga harus memperhatikan jumlah atau porsi makanan yang anda konsumsi. Jika anda belum bisa mengganti nasi putih ke sumber karbohidrat yang lebih sehat, maka dengan sedikit demi sedikit anda bisa mengurangi porsi nasi putih anda. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan piring kecil ketika anda makan. Jika anda makan dengan menggunakan piring kecil, maka kemungkinan porsi makanan yang anda ambil lebih sedikit.

Lebih baik makan sering namun dengan porsi sedikit dari pada makan dalam jumlah banyak secara sekaligus. Makan dalam jumlah yang banyak akan mengganggu sistem pencernaan, seperti menyebabkan perut terasa begah. Selain itu, makan banyak juga akan membuat berat badan dan kadar gula darah naik yang akan memicu penyakit diabetes.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Tips mencegah diabetes

Tips mencegah diabetes lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan melakukan olahraga secara rutin maka kadar gula darah, tekanan darah dan berat badan dapat dikontrol. Selain itu, dengan melakukan olahraga juga akan membantu meningkatkan kolesterol baik, serta menurunkan kolesterol jahat, juga dapat membantu mencegah masalah jantung, pembuluh darah, saraf rusak yang biasanya sering dialami oleh penderita diabetes.

Anda dapat melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang lainnya setidaknya selama 30 menit dalam setiap hari. Tidak perlu melakukan olahraga berat, anda cukup melakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai, bersepeda, berenang, menari, senam aerobik dan lain sebagainya.

Tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, melakukan aktivitas fisik juga akan membuat sensitivitas sel tubuh terhadap insulin menjadi meningkat sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

Mengurangi Asupan Gula

Siapa yang tidak suka makanan manis? Rasanya yang enak akan membuat banyak orang ketagihan. Sehingga tak heran jika banyak orang menyukai makanan yang satu ini, meskipun ada beberapa yang tidak terlalu menyukainya.

Berdasarkan berbagai penelitian menunjukan bahwa konsumsi gula, serta karbohidrat olahan dengan berlebihan justru akan membuat risiko diabetes semakin meningkat. Gula tidak akan langsung membuat seseorang yang mengonsumsinya mengalami diabetes. Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi makanan manis justru akan membuat berat badan mengalami kenaikan, pasalnya gula akan membuat kita ketagihan atau terus ingin mengonsumsinya. Biasanya keinginan mengonsumsi makanan manis akan muncul ketika sedang mengalami stres.

Seperti yang kita ketahui, obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, sebagai langkah untuk mencegah masalah diabetes yaitu dengan mengurangi makanan maupun minuman bercita rasa manis. Apabila anda ingin mengonsumsi makanan manis, anda bisa mengalihkan perhatian dengan mengonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat. Sebaiknya ganti cemilan manis anda dengan cemilan yang lebih sehat, misalkan buah-buahan.

Memperbanyak Asupan Air Putih

Minuman bercita rasa manis, serta minuman energi, soda dan jus buah dalam kemasan dapat membuat risiko terkena diabetes lebih tinggi. Dibandingkan minum minuman manis, alangkah lebih baik jika anda menggantinya dengan minum air putih saja. Menurut para ahli, air putih menjadi minuman terbaik untuk mencegah gula darah mengalami kenaikan. Pasalnya, pada air putih tidak terkandung gula sehingga tidak akan menaikan kadar gula darah. Justru dengan minum air putih sel tubuh akan dapat dengan baik merespon insulin. Oleh karena itu, untuk mencegah diabetes mulai saat ini anda bisa memperbanyak minum air putih.

Hentikan Kebiasaan Anda Merokok

Menghentikan kebiasaan buruk, seperti merokok harus anda lakukan sebagai cara mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes tipe 2 biasanya banyak dialami oleh perokok. Tidak hanya perokok aktif saja, perokok pasif juga memiliki risiko mengalami diabetes.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa merokok akan dapat menyebabkan lemak perut tebal, tidak terkecuali mereka yang tidak mengalami obesitas. Lemak perut yang mengalami penumpukan juga menjadi faktor yang menyebabkan penyakit diabetes.

Nah, untuk mencegah penyakit diabetes, tentunya anda harus menghentikan kebiasaan merokok. Karena selain dapat menyebabkan diabetes, merokok juga dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Itulah beberapa tips mencegah penyakit diabetes yang dapat anda lakukan. Intinya anda harus melakukan perubahan gaya hidup untuk mencegah diabetes. Selain diabetes yang dapat dicegah, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa mencegah berbagai penyakit serius yang lainnya.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply