12 Buah Untuk Ibu Menyusui yang Baik Dikonsumsi

4.75/5 (48)

Buah Untuk Ibu Menyusui – Setelah melahirkan, tugas seorang ibu selain merawat bayinya juga menyusui bayinya. ASI merupakan sumber makanan utama bayi, khususnya selama 6 bulan pertama kehidupannya sebelum akhirnya bayi diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Guna menjaga agar kualitas dan kuantitas ASI tetap terjaga, penting bagi seorang ibu untuk mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Sebenarnya selain menguntungkan bayi, menyusui juga memiliki manfaat untuk ibu. Dengan menyusui maka ibu akan terjauh dari berbagai penyakit yang membahayakan seperti kanker payudara, diabetes tipe-2, depresi pasca melahirkan dan kanker rahim.

Supaya proses menyusui lancar dan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan si kecil, maka penting bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi, termasuk buah-buahan. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak vitamin juga mineral guna proses menyusui berjalan lancar. Cari tahu apa saja buah untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi di bawah ini.

Buah Untuk Ibu Menyusui

Buah Untuk Ibu Menyusui

Selalu menyediakan ASI yang berkualitas untuk bayi merupakan kewajiban seorang ibu. Agar ASI berkualitas dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satu sumber makanan yang mengandung gizi tinggi adalah buah-buahan. Nah, berikut ini buah untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi. ( Baca juga : Menu Diet Ibu Menyusui )

Jeruk

Jeruk tinggi akan kandungan vitamin C yang baik untuk ibu menyusui. Pasalnya ibu menyusui membutuhkan banyak vitamin C dibandingkan ibu hamil. Jeruk adalah buah yang baik untuk menambah tenaga ibu menyusui. Vitamin C memiliki manfaat yang baik untuk pembentukan tulang, gigi dan otot pada anak, tidak terkecuali pada bayi yang baru lahir. Tidak hanya itu, vitamin ini juga dapat membantu perbaikan maupun pertumbuhan pada ibu menyusui.

Blueberry

Ibu yang sedang menyusui disarankan untuk mengkonsumsi buah blueberry dua porsi atau lebih, buah yang satu ini bisa juga dijadikan jus. Buah blueberry menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk ibu menyusui. Kandungan nutrisi yang banyak dalam buah blueberry dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang terkandung dalam buah ini diantaranya yaitu vitamin K, vitamin A dan mineral seperti kalium dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung karbohidrat baik yang dapat membantu menjaga energi. Dengan mengkonsumsi buah ini anda akan terhindar dari infeksi, sebab buah blueberry memiliki sifat antioksidan.

Alpukat

Buah dengan daging berwarna hijau dan tekstur lembut ini disukai oleh banyak orang. Namun tahukah anda? Buah alpukat mengandung banyak gizi yang baik untuk ibu yang sedang menyusui. Ibu menyusui seringkali mengeluhkan mudah lapar karena kebutuhan untuk menyusui menjadi meningkat. Dengan mengkonsumsi buah alpukat anda akan merasa kenyang lebih lama karena buah ini kaya akan kandungan asam lemak esensial diantaranya asam lemak omega-3, omega-6 dan omega-9. Selain itu, kandungan tersebut juga penting untuk fungsi tubuh lainnya dan dapat membantu produksi ASI lebih banyak.

Mengkonsumsi buah alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan kolesterol, juga dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin B, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium dan folat harian anda.

Blewah

Dalam buah blewah terkandung vitamin C sebanyak 50 gram, yang dapat memenuhi hampir setengah dari jumlah kebutuhan harian yang ibu menyusui butuhkan. Kadar air yang tinggi terkandung dalam buah blewah. Mengkonsumsi buah blewah dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh ibu menyusui.

Pisang

Saat menyusui bayi, kalori akan hilang. Mengkonsumsi buah pisang akan menggantikan kalori yang hilang tersebut. Kandungan vitamin B6 dan asam folat dalam buah pisang juga tinggi. Vitamin B6 berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah pada bayi, memecah protein, lemak, serta karbohidrat. Selain itu, dibutuhkan juga agar perkembangan dan fungsi otak bayi normal. Sedangkan asam folat berfungsi untuk perkembangan otak bayi agar sehat, serta sumsum tulang belakang.

Stroberi

Buah berwarna merah cantik ini termasuk buah untuk ibu menyusui yang baik. Dalam buah stroberi terkandung zar besi yang tinggi serta berbagai vitamin lainnya seperti kalsium, vitamin C, kalium dan magnesium. Hanya saja, penting untuk diperhatikan jika anda memiliki alergi terhadap buah yang satu ini atau anggota keluarga anda memiliki riwayat alergi terhadap buah ini. Pasalnya, alergen dapat mempengaruhi bayi anda melalui ASI.

Pepaya Hijau

Pepaya hijau dapat membantu anda melancarkan ASI, sebab buah pepaya hijau mengandung galactagogue terbaik. Enzim yang terkandung dalam pepaya hijau dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Buah ini juga akan memberikan asupan vitamin penting seperti vitamin A, C, B dan E.

Sawo

Menyusui membutuhkan energi dan akan membuat anda lelah. Oleh karena itu, anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan energi agar tidak terjadi mual atau muntah. Buah sawo merupakan buah untuk ibu menyusui yang baik. Dengan konsumsi buah sawo akan memberikan energi dan kekuatan yang tentunya anda butuhkan tidak hanya untuk menyusui, namun untuk merawat bayi juga.

Aprikot

Buah aprikot kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalium dan kalsium yang penting untuk kesehatan ibu menyusui dan bayinya. Dalam buah aprikot terkandung fitoestrogen, yakni agen yang meniru estrogen. Fitoestrogen ini akan membantu dalam produksi hormon susu dalam tubuh, serta mampu membantu melancarkan ASI.

Melon Jingga

Melon jingga atau disebut dengan istilah cantaloupe baik sebagai buah untuk ibu menyusui sebab terkandung vitamin C sebanyak 50 gram. Buah ini juga mengandung air yang tinggi sehingga mampu membantu ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi.

Kelapa

Kelapa baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Air dan daging kelapa bermanfaat untuk membantu menjaga produksi ASI. Seperti yang kita ketahui, air kelapa mengandung elektrolit dan mineral yang dapat membantu ibu terhindar dari dehidrasi. Buah kelapa juga mengandung zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu bayi terhindar dari anemia.

Kurma

Kurma kaya akan kandungan kalsium yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Serat yang terkandung dalam kurma juga baik untuk ibu menyusui. Selain baik dikonsumsi selama masa menyusui, kurma juga baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

Tips Memiliki ASI yang Berkualitas Untuk Bayi

Selain mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi, anda juga harus memperhatikan beberapa hal agar ASI untuk bayi anda berkualitas. Nah, berikut ini beberapa tips agar ASI banyak dan berkualitas. ( Lihat juga : Tips Menjaga Kualitas ASI Selama Berpuasa )

Percaya Diri

Memiliki kepercayaan diri penting bagi ibu menyusui. Anda harus yakin dapat memberikan ASI dengan baik pada si kecil. Rasa percaya diri akan membantu meningkatkan hormon oksitosin yang memiliki peran untuk produksi ASI.

Hindari Menggunakan Dot atau Empeng

Sebaiknya jangan berikan empeng maupun dot pada si kecil. Karena apabila dibiasakan maka bayi bisa saja menolak ASI. Dot tidak akan dapat menyamai payudara ibu.

Menyusui dengan Benar

Produksi ASI akan menjadi lebih maksimal jika anda menyusui si kecil dengan teknik  yang benar. Ketika anda memberikan ASI pada si kecil, tidak perlu menekan puting susu. Sebaiknya usahakan agar kalang payudara sebagian besar masuk ke dalam mulut bayi sehingga puting susu anda berada di atas langit-langit si kecil dan lidahnya akan menekan agar ASI keluar. Setelah diberikan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, umumnya ASI akan habis. Payudara anda akan kembali terisi penuh setelah 2 jam. Sebaiknya anda menyusui dengan bergantian dari payudara kiri dan kanan.

Hindari Memberikan Susu Formula

Agar ASI eksklusif sukses selama 6 bulan, maka sebaiknya anda jangan berikan susu formula pada si kecil. Susu formula dan makanan lainnya pada bayi akan membuatnya kenyang, sehingga si kecil akan kurang mengkonsumsi ASI. Sebaiknya berikan makanan pada si kecil saat usianya genap 6 bulan.

Hindari Stres

Stres bisa dialami oleh siapa saja, termasuk ibu menyusui. Namun untuk kelancaran menyusui sangat penting bagi ibu menyusui untuk menghindari stres. Pikiran anda harus rileks agar hormon oksitosin dapat keluar sehingga mampu merangsang produksi ASI. Untuk mengelola stres anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Dalam usaha menghindari stres anda juga membutuhkan peran suami.

Pijat Punggung

Pijatan yang dilakukan pada punggung ternyata mampu membantu merangsang keluarnya hormon oksitosin. Apabila hormon oksitosin meningkat maka ASI pun akan keluar dengan lancar. Pijatan pada punggung dapat dilakukan dengan lembut dan perlahan dengan menggunakan ibu jari. Suksesnya ASI eksklusif tidak bisa terlepas dari peran suami dan keluarga. Suami memiliki peran penting dalam menjaga agar pikiran ibu tetap rileks sehingga terhindar dari stres.

Makanan yang Mempengaruhi Kualitas ASI

Saat menyusui ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, sebab beberapa makanan bisa saja mempengaruhi ASI. Diketahui ada beberapa makanan yang dapat mempengaruhi ASI seperti berikut ini.

Makanan Pedas

Tidak bisa diragukan lagi, makanan bercita rasa pedas menjadi primadona banyak orang, apalagi kalangan wanita. Hanya saja, makanan bercita rasa pedas saat anda sedang menyusui sebaiknya harus dihindari. Makanan bercita rasa pedas dapat mempengaruhi ASI yang anda produksi. Selain mempengaruhi kualitas ASI, makanan pedas juga dapat menghambat kuantitas ASI. Selain itu, mengkonsumsi makanan pedas selama menyusui juga dapat menyebabkan diare.

Makanan atau Minuman Mengandung Kafein

Selama anda sedang menyusui, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Minuman yang mengandung kafein di antaranya yaitu teh dan kopi.  Anda juga harus menghindari minuman bersoda.

Minuman Dingin

Selama menyusui, ibu sebaiknya mengurangi minuman dingin. Pasalnya, minuman dingin akan berdampak pada kualitas maupun kuantitas ASI. Minuman dingin memiliki resiko menyebabkan penyakit asma pada ibu dan bayi.

Makanan Mengandung Pemanis Buatan

Selama anda menyusui sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan mengandung pemanis buatan pengaruhnya memang tidak terlalu signifikan, namun tetap saja makanan ini tidak baik untuk kesehatan ibu menyusui dan bayi. Daripada mengkonsumsi makanan mengandung pemanis buatan, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dengan pemanis alami seperti buah-buahan.

Makanan Mengandung Merkuri

Salah satu zat yang berbahaya untuk kesehatan yaitu merkuri. Makanan yang biasanya rentan tercemar oleh merkuri yaitu ikan. Mengetahui seperti itu, penting bagi ibu menyusui untuk lebih hati-hati dalam memilih ikan yang hendak dikonsumsi. Ada baiknya jika anda memilih ikan salmon atau tuna.

Demikian beberapa buah untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi agar proses menyusui lancar, serta beberapa tips agar ASI berkualitas. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel