data-ad-format="auto"

Tips Menyusui di Tempat Umum

Beberapa menyusun strategi yang cermat dapat membuat nyaman ketika menyusui di depan umum tampak seperti hal yang sederhana dan wajar untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tips apa saja yang harus dipakai, bagaimana bayi memulai menyusui, mengajarkan bayi untuk tetap nyaman keika menyusui dan bagaimana untuk membantu diri sendiri dan orang lain merasa lebih nyaman.

Untuk beberapa ibu, hambatan terbesar untuk menyusui di depan umum adalah pola pikir mereka sendiri. Anda mungkin tidak merasa nyaman langsung menyusui bayi Anda di mana saja dan di mana-mana, tapi mulai dari hal kecil dan mencobanya. Setelah Anda mengalami kebebasan untuk bisa ambil beberapa cemelek, baju atau kain yang dapat menutupi. Selain itu anda dapat menjaga kontak dengan sekitar, Anda dapat membantu mereka keluar dengan menjaga kontak mata dengan orang lain ini sementara bayi Anda minum ASI dengan. Itu akan membantu pengamat fokus pada wajah Anda dan menghindari melihat payudara Anda, yang mungkin akan membantu mereka merasa lebih nyaman.

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk menyusui di tempat umum :

1.    Pakaian yang nyaman untuk ibu menyusui

Cara yang dilakukan pertama cukup sederhana pakaian yang digunakan adalah kunci untuk menyusui di depan umum. Kenakan pakaian yang membuatnya lebih mudah ketika harus menyusui di tempat umum. Pakaian dengan kancing depan yang longgar adalah yang terbaik. Anda dapat mengangkat kemeja dari bawah atau membuka kancing agar bayi bisa mendapatkan langsung payudara. Sedangkan sisa kain dapat menutup payudara anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Kemeja lain dapat menyediakan cakupan ekstra dan dapat melindungi Anda. Caranya anda dapat memotong celah di t-shirt di pada bagian payudara. Ketika Anda mengangkat baju luar, t-shirt tetap di tempat. Sedangkan ketika anda sedang berlibur, anda dapat mengenakan t-shirt besar di atas baju renang Anda untuk menyusui bijaksana di pantai. Atau mencari pakaian renang dibuat khusus untuk wanita menyusui. Jika Anda mendambakan untuk memakai gaun, mencari gaya khusus untuk ibu menyusui, dengan bukaan tersembunyi di payudara.

2.    Buatlah posisi bayi nyaman dan tidak menghalangi udara masuk

Ketika memutuskan menggunakan penutup ASI maka ada baiknya anda memastikan bayi tidak kesulitan bernapas. Pikirkan keperawatan dalam hal menutupi bayi Anda di bawah pakaian Anda selain menutupi bagian dada anda, kenyamanan bayi juga harus diperhatikan. Untuk membuat bayi anda dan ibu nyaman ketika menyusui di tempat umum dapat menggunakan jaket cardigan ataupun sweater yang dapat menyediakan cakupan tambahan untuk udara. Selain itu dapat pula menggunakan selimut ringan atau selendang di bahu Anda dan atas bayi Anda perawat.

3.    Gunakan bra yang sesuai dengan ibu menyusui

Bra khusus ibu menyusui dengan cup yang mudah untuk membuka dengan satu tangan dapat membuatnya mudah untuk memulai menyusui bayi Anda, tapi refastening cup bra sering memerlukan dua tangan. Sehingga anda harus terbiasa menggunakannya ketika anda bepergian bersama dengan bayi anda, meskipun demikian banyak desain bra menyusui yang dapat anda pilih sesuai kenyamanan anda.

4.    Berikan ASI sebelum bepergian sehingga bayi kenyang

Salah satu cara terbaik untuk menghindari banyak menarik perhatian kepada diri sendiri dan bayi Anda saat menyusui di depan umum adalah untuk waspada terhadap isyarat lapar bayi dan memberinya makan sebelum ia melolong. Dia akan menempel lebih mudah, dan Anda tidak akan memiliki banyak orang cemberut pada Anda saat Anda mencoba untuk menghentikan kebisingan.

5.    Pilihlah tempat untuk menyusui yang tersedia di pusat perbelanjaan

Umumnya di pusat perbelanjaan disediakan tempat untuk menyusui bayi sehingga pilihlah tempat tersebut untuk lebih leluasa menyusui bayi. Hal ini akan membuat anda dan bayi lebih nyaman ketika proses laktasi. Ibu menyusui juga dapat mempersiapkan celemek yang akan membantu membersihkan muka bayi apabila air susu berceceran. Begitu pula pada ASI yang masih deras mengalir ketika bayi sudah menolak, maka persiapkan kain untuk membantu anda membersihkannya. Masukan dalam cacatan perlengkapan anda bepergian bersama bayi.

6.    Beda tempat beda cara yang dilakukan

Di restoran, anda dapat meminta untuk duduk di sebuah dinding di sisi ruangan, bukan di tengah-tengah kerumunan. Duduk dengan punggung Anda menghadap ke kamar memberi Anda peluang privasi. Sedangkan di mal, mencari tempat duduk dengan sudut dan celah atau tanaman jika Anda tidak ingin menyusui di depan semua orang yang mungkin lewat atau pilih tempat yang nyaman untuk duduk. Meskipun demikian banyak tempat umum yang menyediakan tempat khusus bagi ibu-ibu untuk menyusui bayi. Carilah untuk menggunakannya sehingga anda tetap merasa nyaman ketika membawa anak anda bepergian sekedar jalan-jalan dan belanja.

Dengan demikian bagi anda yang menyusui di tempat umum dapat melakukan tips di atas sehingga anda tidak kikuk dan ragu. Anda dapat memulai dengan mempersiapkan semua peralatan yang mendukung seperti apron menyusui, bra yang khusus untuk menyusui atau menggunakan selimut bayi yang cukup besar. Sedangkan untuk penggunaan pertama kali apron seringkali menolak ketika ibu menggunakannya. Anda dapat berlatih di rumah untuk menggunakannya sehingga anak terbiasa. Dengan suasana yang tenang akan membuatnya lebih nyaman dan perlahan akan terbiasa. Begitupula dengan pilihan baju yang digunakan untuk menyusui.

Sebaiknya ibu mengenali situasi dan lokasi tempat yang akan dituju. Beberapa lokasi menyediakan nursing room yang dapat membantu anda menyusui lebih leluasa. Sedangkan untuk ibu yang merasa kesulitan menemukan nursing room maka dapat menggunakan tempat yang dapat menghalangi dari pandangan publik akan tetapi hindari menyusui di toilet karena tidak higienis dan tidak nyaman untuk ibu dan juga bayi. Hal yang harus anda ingat bahwa menyusui di publik bukan sesuatu yang ilegal akan tetapi kondisi yang natural untuk mendukung tumbuh kembang bayi anda. Bahkan banyak yang menyarankan untuk memberikan ASI ekslusif hingga usia 6 bulan dan melanjutkan ASI berdampingan dengan MPASI.

Tentu saja untuk sebagian ibu yang belum terbiasa akan membuatnya tidak nyaman sehingga harus mendapat dorongan dan motivasi salah satunya dari suami tercinta. Sehingga proses menyusui bayi dapat dilakukan meskipun sedang berada di tempat umum. Apabila anda berjalan jalan dengan suami anda maka anda dapat meminta pertolongan suami anda, menyusui di punggung suami anda dan membuat anda lebih leluasa ketika memberikan bayi anda ASI. Sebagian bayi memang meminta waktu yang lama ketika menyusui sehingga ketika anda tidak sengaja berpapasan dengan orang yang melihat anda sedang menyusui maka anda dapat tersenyum ke arahnya. Hal ini menandakan bahwa anda sadar betul bahwa ini merupakan kegiatan alamiah yang mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us