Jenis Olahraga Tepat Ketika Sedang Menstruasi

Sebagian dari anda malas untuk berolahraga ketika sedang menstruasi. Kondisi tubuh yang lemas dan tidak nyaman  menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga.  Penelitian menyatakan bahwa adanya pengaruh dari hormon progesteron yang menurun dan adanya peningkatan hormon estrogen menyebabkan pengaruh terhadap mood dan juga energi yang dikeluarkan oleh tubuh anda. Ada pula  menurut Donnica Moore yang dikutip dari situs female menyatakan bahwa peningkatan transfer oksigen yang ditujukan kepada jaringan otot akan membuat anda mengurangi kram perut dan juga kembung pada perut. Apa sajakah olahraga yang bisa anda lakukan ketika anda sedang menstruasi dan manfaat yang anda dapatkan ?

Berikut ada lima olahraga yang menjadi alternatif anda ketika sedang menstruasi :

1.  Berjalan kaki

Terdengar simple tetapi banyak manfaat, itulah jalan kaki. Riset menemukan bahwa dengan jalan kaki sekitar 30 menit dalam 3 sampai 5 kali dalam sehari akan membuat anda terhindar dari depresi. Selain itu juga dapat membuat anda lebih bugar. Ketika anda sedang menstruasi, lakukanlah jalan kaki selama 10 menit per hari untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.  Lari jarak pendek

Dengan anda melakukan lari jarak pendek membuat keseimbanngan hormon yang berpengaruh pada kesehatan anda ketika sedang menstruasi. Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan lari jarak pendek karena ketika anda sedang menstruasi maka kadar ekstrogen di dalam tubuh anda akan menurun sehingga akan meningkatkan penghancuran glikogen sebagai sumber utama energi. Olahraga dengan intensitas sedang ini tidak  akan membuat anda berusaha lebih keras untuk membakar lemak sehingga anda tidak akan terlalu lelah.

3.  Aerobik

Melakukan olahraga dengan musik bisa jadi alternatif anda untuk melakukan senam aerobik ketika sedang menstruasi . Banyak manfaat yang anda dapatkan diantaranya untuk memperbaiki mood anda yang terkadang naik turun karena gejala PMS , untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda dan juga membuat anda tetap bersemagat dan segar ketika menstruasi. Dengan aerobik selama 20 menit anda akan meningkatkan energi sebesar 20 % sehingga adanya suplai oksigen tubuh dan energipun akan meningkat.

4.  Yoga

Olahraga untuk mengusir 'bad day' , lakukanlah yoga. Apalagi untuk anda yang sering mengalami nyeri saat menstruasi, maka teknik-teknik dalam yoga bisa ampuh untuk mengusirnya.Teknik yoga yang bisa anda lakukan untuk mengusir nyeri haid seperti bhastrika pranayama,kapalbhahti pranayama dll. Akan tetapi tidak disarankan untuk anda membalikan badan (kepala di bawah dan kaki di atas) ketika sedang periode menstruasi. Selain itu untuk yoga juga memberikan manfaat tambahan karena anda akan merasa rileks dan menghilangkan stress.

5.  Pilates

Latihan yang memberikan manfaat sehingga membuat tubuh kencang dan ideal. Taukah anda, bahwa ternyata pilates juga memberikan manfaat untuk anda yang ingin berolahraga ketika sedang menstruasi? Latihan pilates yang mudah dilakukan oleh siapa saja sehingga disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anda bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kekuatan otot perut dan juga meningkatkan energi sehingga supali oksigen meningkat dan memberikan pengaruh kepada energi tubuh.

Itulah jenis olahraga yang bisa jadi alternatif anda ketika sedang menstruasi . Penelitian yang dilakukan pada 16 perempuan yang melakukan olahraga ketika sedang menstruasi akan meningkatkan produksi asam laknat yang dibutuhkan tubuh dalam proses membakar lemak. Sehingga anda bisa mempertahankan kebugaran juga dapat membakar lemak lebig banyak. Disarankan untuk anda menyeimbangkan olahraga dengan fluktuasi hormon anda ketika sedang menstruasi.