Segera Batalkan Puasa Anda Jika Mengalami Tanda Bahaya Dehidrasi Berat Berikut Ini

4.75/5 (4)

Puasa memang menjadi waktu dimana kita harus menahan dari makan dan juga minum. Tidak heran jika hampir semua orang yang berpuasa sedikit mendapatkan asupan air mineral. Untuk itu, mungkin saja kita banyak menemukan berbagai hambatan dan juga halangan yang tidak terduga ketika sedang menjalankan puasa. Seperti misalnya Anda tiba-tiba mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Sudah tidak heran lagi jika setiap orang  akan mengalami dehidrasi ringan selama menjalankan ibadah puasa. Namun, Anda harus waspadai karena dehidrasi yang kronis atau serius bisa saja terjadi secara tiba-tiba saat seseorang itu menjalankan puasa. Bagaimanapun juga, dehidrasi yang kronis sangat berbahaya bagi tubuh kita bahkan dapat menyebabkan kematian.

Terlepas dari hal tersebut tentunya jangan sampai kita mengalami dehidrasi yang serius ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Hal ini dikarenakan ketika bulan puasa cukup sulit untuk membedakan dehidrasi ringan dengan dehidrasi yang serius.Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana tanda-tanda jika dehidrasi yang kita alami tersebut sangat serius dan juga kronis.

Penyebab Anda Mengalami Dehidrasi Serius Saat Puasa

Seperti yang kita tahu bahwa dehidrasi ialah suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan asupan cairan sehingga tubuh kita tidak dapat bekerja dengan baik. Dehidrasi banyak dialami oleh sebagian orang terutama ketika sedang berpuasa. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak melakukan ibadah puasa karena khawatir tubuh Anda akan mengalami dehidrasi.

Jika dilakukan dengan tepat, dehidrasi yang dialami saat berpuasa tentu dapat dengan mudah Anda hindari. Pada umumnya, puasa tidak menyebabkan Anda mengalami dehidrasi meskipun tubuh Anda tidak mendapatkan asupan cairan selama berjam-jam. Orang yang mengalami dehidrasi saat bulan puasa tentunya dapat dipicu oleh beberapa penyebab yang mungkin tidak Anda sadari. Berikut ini beberapa penyebab Anda mengalami dehidrasi yang serius, diantaranya:

– Diare yang hebat

– Muntaber

– Sering muntah-muntah baik akibat mabuk perjalanan ataupun penyakit maag

– Orang yang menghidap diabetes

– Orang yang sudah berusia lanjut (lansia)

– Melakukan aktivitas fisik yang berat ketika sedang berpuasa

– Sering berkeringat

– Bekerja di luar ruangan, di bawah terik matahari langsung  atau di ruangan yang panas

– Kurang minum saat berbuka dan sahur

– Mengonsumsi makanan yang menyebabkan haus lebih lama

– Tidak makan dan minum saat sahur

– Tidak minum saat tidur di malam hari

Dehidrasi serius tersebut tentunya bisa saja terjadi jika Anda tidak menghindari diri dari beberapa penyebab dehidrasi kronis tersebut.

Berbahayakah Dehidrasi Saat Berpuasa?

Mungkin jika dehidrasi yang kita alami terbilang cukup ringan, tentu tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Namun, ketika sedang berpuasa, kita harus menahan diri dari makan dan juga minum sehingga sangat memungkinkan tubuh kita mengalami dehidrasi baik ringan ataupun berat. Saat berpuasa tentunya kita sangat mudah mengalami dehidrasi. Yang jadi pertanyaan, apakah dehidrasi saat berpuasa itu berbahaya?

Jika dilihat dari kadar bahaya, tentu saja dehidrasi yang Anda alami tersebut berat, maka akan sangat berbahaya bahkan mengancam jiwa Anda. Saat Anda mengalami dehidrasi yang cukup parah ketika sedang berpuasa, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan atau carilah layanan kesehatan darurat. Jika dehidrasi berat yang Anda alami tidak segera ditangani oleh pihak medis, maka Anda akan berisiko mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Gangguan kesehatan yang mungkin saja terjadi diantaranya penyakit batu ginjal, fungi ginjal serta berbagai organ yang berhubungan dengan ginjal. Selain itu, dehidrasi juga akan menyebabkan kerusakan otot serta gangguan pencernaan yakni sembelit. Dalam kasus yang cukup berat, dehidrasi bisa saja menyebabkan seseorang hilang kesadaran (pingsan) bahkan kematian.

Tanda Dehidrasi Yang Serius

Baik dehidrasi ringan ataupun dehidrasi berat tentu saja menunjukkan berbagai tanda. Gejala dehidrasi ringan yang mungkin Anda rasakan diantaranya bibir yang kering, sering haus, lemas, sakit kepala, urin yang berwarna gelap serta tidak buang air kecil sama sekali. Jika kita mengalami dehidrasi berat saat berpuasa, tentunya kita diharuskan untuk membatalkan puasa karena jika tidak, maka akan mengancam nyawa Anda.

Sebelum memutuskan untuk membatalkan puasa, berikut kami sajikan beberapa tanda jika dehidrasi yang kita alami tersebut tergolong cukup berat, diantaranya:

  1. Nafas yang memburu
  2. Demam yang hebat
  3. Kondisi jantung yang berdebar
  4. Mengingau atau meracau
  5. Denyut nadi yang lemah
  6. Kejang-kejang
  7. Kulit kering dan tidak balik lagi seperti semula, terlebih ketika sudah dicubit
  8. Hilangnya kesadaran
  9. Tidak buang air besar selama lebih dari delapan jam
  10. Pusing ketika bangkit dari tempat duduk dan tidak kunjung hilang
  11. Linglung dan tidak bisa berpikir

Demikianlah beberapa tanda dehidrasi yang tergolong berat yang wajib untuk Anda ketahui.

Bahaya Jika Anda Mengalami Dehidrasi Berat

Dehidrasi berat yang Anda alami tentunya akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Jika Anda mengalami dehidrasi berat ketika berpuasa, alangkah baiknya jika Anda membatalkn puasa Anda secepatnya. Hal ini dikarenakan dehidrasi yang berat memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan tubuh, beberapa bahaya jika Anda mengalami dehidrasi berat yakni sebagai berikut:

Mudah lelah

Ketika Anda mengalami dehidrasi yang berat tentunya Anda akan sangat rentan Anda mengalami kelelahan yang hebat. Ini tentunya menjadi efek yang banyak dijumpai pada orang yang mengalami dehidrasi yang berat. Mudah lelah saat dehidrasi tentunya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan pada tubuh. Jika cairan di dalam tubuh berkurang, maka kinerja tubuh manusia akan terhambat sehingga otot tubuh tidak berfungsi dengan baik. Maka, tidak heran jika orang yang mengalami dehidrasi memiliki tubuh yang mudah lemas dan juga lelah.

Nyeri persendian

Tidak dapat dipungkiri jika Anda mengalami dehidrasi yang berat akan merasakan rasa nyeri pada daerah persendian. Rasa nyeri yang Anda alami tentunya akan menyebabkan sendi terasa kaku. Dehidrasi tentunya dapat disebabkan oleh kebutuhan otot terutama otot sendi sehingga menyebabkan tulang rawan menjadi lemah.  Inilah yang menyebabkan rasa nyeri sendi dan juga kaku pada persendian.

Terganggunya ginjal dan kandung kemih

Orang yang mengalami dehidrasi berat tentunya akan menyebabkan terganggunya organ ginjal dan juga kandung kemih. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka racuk akan terakumulasi serta limbah asam akan mampu memproduksi lingkungan sehingga bakteri dapat berkembang biak dengan sangat cepat di dalam ginjal. Maka dari itu, ginjal Anda akan terganggu sehingga bakteri akan terus muncul dan berkembang di dalam ginjal. Jika kondisi ini terus terjadi, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami infeksi saluran kemih dan juga organ ginjal yang terganggu. Untuk itu, jagalah asupan cairan tubuh Anda setiap harinya agar bakteri yang berkembang di dalam ginjal dapat berkurang karena larut dalam air yang kita konsumsi. Jika Anda mengalami infeksi saluran kencing ketika berpuasa, lebih baik Anda membatalkan puasa agar kondisi infeksi Anda tidak bertambah parah.

Kulit yang kering

Kulit kering pastinya akan Anda rasakan jika Anda mengalami dehidrasi yang ringan ataupun berat. Inilah salah satu manfaat dari air putih dimana dapat berfungsi untuk menyehatkan serta melembapkan kulit. Terlebih ketika kita sedang berpuasa, maka akan mengalami kekurangan cairan sehingga tidak heran jika Anda mengalami kulit yang kering dan bersisik. Jika jaringan kulit sudah berkurang, maka akan mempercepat terjadinya penuaan dini.

Asma

Bahaya selanjutnya yang bisa terjadi akibat dehidrasi berat yakni penyakit asma dan juga alergi. Hal ini dikarenakan ketika dehidrasi, maka saluran pernapasan kita akan menyempit. Penyempitan saluran pernapasan ini bertujuan untuk menghemat cairan yang ada di dalam tubuh. Orang yang mengalami dehidrasi berat akan sangat memungkinkan Anda terkena asma dikarenakan saluran pernapasan yang menyempit. Inilah bahaya yang perlu Anda ketahui jika Anda mengalami dehidrasi yang serius.

Hipertensi

Kurangnya aliran oksigen yang ada di dalam tubuh tentunya dapat mengakibatkan orang tersebut mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut dikarenakan di dalam darah terdapat cairan sebanyak 92% dan cairan yang ada di dalam darah dapat digunakan untuk pengencer darah. Jika darah kekurangan cairan, maka akan menyebabkan darah menjadi kental. Jika terjadi, maka sangat besar kemungkinan akan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga darah tidak mengalir lancar ke seluruh tubuh. Maka bagi Anda yang sering mengalami dehidrasi ringan dan juga berat akan berisiko terkena hipertensi.

Kolesterol tinggi

Orang yang mengalami dehidrasi tentunya sangat mudah baginya terkena kolesterol yang tinggi. Saat tubuh mengalami kekurangan cairan, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi kolesterol. Maka dari itu, jika tubuh kita kekurangan cairan, maka akan mengakibatkan kadar kolesteriol di dalam tubuh menjadi tinggi dikarenakan produksi kolesterol menjadi lebih banyak saat dehidrasi.

Pingsan

Bagi Anda yang mengalami dehidrasi berat tentunya ini menjadi tanda yang paling berbahaya. Jika kita sudah kehilangan kesadaran secara mendadak, maka dapat dipastikan tubuh sangat kekurangan pasokan air yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika kita dipaksakan untuk melakukan aktivitas yang berat, namun pasokan air di dalam tubuh berkurang, maka sangat berisiko tubuh Anda mengalami kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.

Dada sakit

Hilangnya banyak cairan di dalam tubuh tentu dapat membuat seseorang berada pada tingkat bahaya. Seseorang yang kehilangan banyak cairan tubuh tentunya akan sering mengalami sakit pada bagian dada. Rasa nyeri yang ditimbulkan pada bagian dada tentunya jangan dianggap sepele. Hal ini dikarenakan jaringan jantung Anda terganggu sehingga jantung tidak mampu memompa darah dengan lancar akibat kurangnya pasokan cairan di dalam tubuh.

Demam

Jika dehidrasi sudah sering Anda alami tentunya akan terjadi peningkatan suhu tubuh. Demam yang terjadi pada Anda tentunya diakibatkan oleh kurangnya cairan tubuh. Jika tidak segera diatasi dengan meminum air putih, maka sangat memungkinkan keluhan akan muncul seperti sulit tidur dan juga kehilangan kesadaran.

Mencegah agar tidak terjadi dehidrasi saat berpuasa tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, Anda menginginkan tubuh Anda sehat dibarengi dengan ibadah yang lancar pula. Maka, mulailah memenuhi asupan cairan tubuh agar terhindari dari dehidrasi. Itulah beberapa gejala, tanda dan juga bahaya dari dehidrasi berat yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply