data-ad-format="auto"

Ubah Kebiasaan Buruk Ini Saat Berpuasa Jika Tidak Ingin Menyesal

Ketika sedang berpuasa tentunya tubuh kita akan mulai beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Bagaimanapun juga, ketika bulan puasa tubuh mengalami perubahan baik dalam hal kebiasaan makan, tidur dan juga jadwal olahraga. Perubahan tubuh ketika sedang berpuasa tentunya memungkinkan tubuh kita untuk selalu beradaptasi dengan kebiasaan yang baru tersebut. Jika tidak, maka kemungkinan tubuh Anda akan mengalami masalah akan perubahan tersebut.

Jika pada bulan-bulan sebelumnya kita terbiasa untuk sarapan pagi, siang dan juga makan lama serta jadwal olahraga yang telah ditentukan. Hal tersebut berbeda ketika bulan puasa dimana waktu-waktu tersebut mengalami perubahan. Untuk itu, agar puasa kita lancar dan juga berhasil, maka alangkah baiknya jika kita menyiapkan diri kita untuk menghadapi perubahan selama melakukan puasa. Mulai dengan melakukan kebiasaan hidup yang lebih baik serta mengubah asupan makanan kita sehari-hari tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan.

Cara yang paling tepat untuk merubah kebiasaan tersebut yakni dengan mengurangi kebiasaan buruk dan juga konsumsi makanan yang tidak sehat. Jika pada awlanya Anda sering melakukan beberapa aktivitas yang mengganggu kesehatan, akan tetapi Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan kebiasaan tersebut ketika bulan puasa. Beberapa persiapan yang tentu dapat mengubah kebiasaan Anda memang diperlukan. Maka dari itu, kami akan menyajikan beberapa hal yang perlu Anda persiapkan ketika menghadapi bulan puasa.

Kebiasaan Yang Harus Diubah Saat Berpuasa

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Kebiasaan kurang baik yang biasa kita lakukan tentunya jangan dilakukan ketika bulan puasa. Hal ini dikarenakan bulan puasa mengharuskan kita untuk menahan makan dan juga minum serta menghindarkan diri dari beberapa hal yang bisa membuat kesehatan tubuh kita menjadi terganggu. Beberapa persiapan menghadapi bulan puasa memang harus Anda lakukan agar ibadah puasa Anda lancar dan juga berhasil.

Beberapa persiapan menghadapi bulan puasa yang bisa Anda lakukan yakni sebagai berikut:

Pola makan tidak teratur

Bagi Anda memiliki pola makan yang buruk dan juga tidak teratur, tentu saja kebiasaan ini jangan Anda lakukan ketika bulan puasa. Seringnya menunda waktu makan tentu sangat berpengaruh buruk terhadap sistem pencernaan tubuh kita. Maka, sebaliknya menambah dan juga melebihkan porsi makan tentu bukan hal yang bagus untuk Anda, terlebih Anda termasuk ke dalam salah satu orang yang sangat suka menunda waktu makan.

Terlepas dari hal tersebut, tentunya kebiasaan Anda menunda waktu makan dapat diubah dengan melakukan puasa. Ketika bulan puasa tentunya kita tidak disarankan untuk menunda waktu ketika saatnya makan. Ketika menjelang berbuka puasa dan juga menjelang sahur, maka kita harus segera makan dan juga minum. Namun tentu saja tubuh kita memerlukan penyesuaian sehingga Anda harus mengubah pola makan Anda agar puasa tetap lancar.

Ketika bulan puasa, Anda tidak diharuskan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama ketika sebelum puasa. Namun, Anda dapat mengurangi porsi makan Anda secara perlahan atau secukupnya baik berbuka ataupun sahur. Hal ini dikarenakan ketika bulan puasa, waktu makan dan juga minum sudah ditentukan sehingga tidak ada kesempatan bagi Anda untuk menunda waktu makan. Maka dari itu, jangan tidak perlu khawatir lagi merasakan kelaparan dan juga gangguan pencernaan lainnya selama bulan puasa. Dengan catatan, Anda harus memilih menu makanan dan juga minuman yang sehat dan juga baik untuk tubuh kita. Selain mengubah pola makan dari tidak teratur menjadi tidak teratur, Anda juga dapat mengendalikan berat badan agar tetap ideal ketika bulan puasa.

Merokok

Mungkin bagi sebagian besar orang yang sangat addict merokok, puasa menjadi waktu yang tepat untuk membatasi bahkan menghindari kebiasaan merokok. Sama halnya dnegan kopi, merokok juga menjadi aktivita yang sangat sulit untuk dilepaskan. Menghilangkan kebiasaan merokok secara mendadak tentunya akan sangat sulit untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan bagi sebagian orang yang mengonsumsi kopi dan juga rokok, kebiasaan tersebut dapat membuat mereka mudah untuk berkonsentrasi dan juga membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Saat berpuasa tentu saja Anda akan mengurangi konsumsi batang rokok perharinya. Jika sebelum berpuasa Anda kerap merokok sebanyak 6 batang bahkan lebih, maka ketika bulan puasa jumlah batang tersebut dapat berkurang secara perlahan. Untuk itu, mengurangi jumlah batang rokok menjelang ataupun saat berpuasa akan lebih baik agar efek yang dirasakan tidak akan timbul ketika sedang menjalankan puasa.

Puasa mungkin dapat dikatakan sebagai waktu yang sangat tepat bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok. Jika pada saat puasa sangat sulit untuk menghindarkan kebiasaan tersebut, namun seiring Anda menjalankan puasa, maka batasan untuk konsumsi rokok juga dapat dilakukan dengan mudah. Dengan harapan ketika bulan puasa sudah berakhir, maka Anda sudah tidak lagi merokok sehingga terbiasa untuk menerapkan kebiasaan tersebut setiap harinya.

Jangan bergadang

Kebiasaan tidur larut malam atau bergadang tentu menjadi kebiasaan yang harus dihapuskan ketika bulan puasa. Jika sebelum puasa Anda suka bergadang sehingga menyulitkan Anda untuk bangun pagi. Maka akibatnya, Anda sering melewatkan indahnya pagi dan juga berolahraga. Jika kebiasaan ini terus Anda lakukan ketika bulan puasa, maka Anda akan melewatkan waktu sahur yang sangat rugi jika tidak dilakukan. Pasalnya, sahur menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk mengonsumsi makanan sebagai penambah energi kita pada saat melakukan puasa di siang hari.

Jika Anda sering melakukan kebisaan bergadang ketika bulan puasa, maka Anda telah melewatkan waktu terpenting untuk mengisi makanan supaya dapat bertahan selama kurang lebih 13 jam lamanya. Alangkah baiknya jika Anda menghindari kebiasaan tidur larut malam ketika bulan puasa. Sebaiknya cukupi waktu tidur dan juga istirahat Anda agar dapat dengan mudah bangun ketika sahur. Mendapatkan asupan makanan dan juga minuman ketika sahur dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat dan akan tahan terhadap penyakit sehingga kemungkinan untuk sakit pada awal puasa dapat dihindari.

Bergadang

Hampir setiap orang tentunya tahu bahwa olahraga menjadi salah satu kebiasaan yang sangat penting. Dengan berolahraga tentunya tubuh kita akan lebih sehat dan juga bugar. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang sangat malas untuk melakukan olahraga, terlebih ketika sedang berpuasa. Sering tidur malam tentunya menjadi penghalang bagi Anda untuk melakukan olahraga. Tidak heran jika orang yang sering bergadang akan merasakan tubuh yang sangat lelah dan juga tidak bugar.

Meskipun kita sedang menjalankan puasa, namun tetap saja Anda harus melakukan olahraga dengan baik. Agar tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa, tentu saja Anda olahraga menjadi persiapan yang harus Anda lakukan saat menghadapi puasa. Selain itu, olahraga dapat membuat tubuh menjadi bugar, mengurangi stres dan juga dapat mengontrol berat badan dengan mudah. Agar aktivitas yang kita lakukan setiap hari berdampak buruk pada kesehatan tubuh, maka cobalah untuk menerapkan kebiasaan rutin berolahraga baik menjelang puasa ataupun saat berpuasa. Dengan catatan, Anda melakukan jenis olahraga yang ringan agar tidak menguras energi yang cukup banyak. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang berbuka puasa dengan work out ataupun berjalan kaki dan juga jogging.

Hindari minuman kafein

Seperti yang kita tahu bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi sangat sulit untuk dihindari. Sama seperti kebiasaan merokok dimana banyak orang yang tidak bisa lepas dari kebiasaan buruk ini. Namun dengan berpuasa tentunya Anda sedikit demi sedikit dapat terhindar dari kebiasaan buruk yang satu ini. Meskipun tidak langsung, namun setidaknya Anda dapat dengan perlahan membatasi asupan kafein pada tubuh Anda.

Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein diantaranya kopi, cokelat, teh serta minuman energi. Meskipun kafein dapat dijadikan sebagai asupan yang dapat meningkatkan konsentrasi dan juga fokus otak, namun jika dikonsumsi secara sering tentu akan menimbulkan efek samping bagi tubuh Anda. Jika kita terbiasa minum sebanyak lima gelas kopi perharinya, maka saat bulan puasa jumlah tersebut akan berkurang. Hal ini tentunya menjadi alternatif bagi Anda yang ingin membatasi atau bahkan berhenti mengonsumsi kafein.

Seperti yang kita tahu bahwa berhenti atau membatasi asupan kafein yang biasa kita konsumsi secara mendadak justru akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Tidak heran jika Anda akan merasakan rasa sakit kepala, mengantuk, marah dan juga hilangnya konsentrasi dan juga fokus otak. Inilah mengapa selama bulan puasa dapat menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menghindari kebiasaan mengonsumsi kopi.

Perlu kita tahu bahwa asupan kafein yang dianjurkan untuk orang dewasa yakni sekitar 40 mg perhari atau setara dengnan empat cangkir kopi atau dua kaleng minuman berenergi. Sedangkan untuk ibu hamil tidak boleh melebihi angka 200 mg perharinya atau setara dengan dua cangkir kopi. Namun, Anda juga perlu membatasi porsi asupan kafein menjelang puasa. Hal ini untuk menghindari dampak buruk yang kemungkinan akan Anda rasakan saat berpuasa.

Seperti yang disarankan oleh Cleveland Clinic di Abu Dhabi bahwa dalam mengonsumsi kopi hanya disarankan sekitar 4 gelas setiap harinya. Untuk itu, kurangi hingga satu atau dua gelas setiap harinya ketika sedang berpuasa dengan meminum satu gelas ketika berbuka atau satu gelas saat sahur. Disarankan Anda mengonsumsi kopi decaf yakni sejenis kopi dengan kadar kafein yang rendah hingga lecel terendah. Hal ini akan lebih aman bagi tubuh Anda selama menjalankan ibadah puasa.

Mulai konsumsi makanan sehat

Jika pada sebelum puasa Anda kerap mengonsumsi makanan yang tidak sehat, namun kebiasaan ini harus Anda hindari ketika bulan puasa. Mengonsumsi makanan yang tidak sehat tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Maka sebaiknya hindari kebiasaan mengonsumsi junk food dan juga fast food menjelang puasa agar dapat dengan mudah kita beradaptasi dengan makanan yang sehat. Meskipun makanan yang sehat tetap saja akan sangat sulit bagi Anda untuk mengubahnya sehingga alangkah lebih baik bagi Anda untuk mulai mengubah kebiasaan dalam mengonsumsi makanan yang sehat.

Mempersiapkan berbagai hal untuk menghadapi bulan puasa tentunya memang menjadi kebiasaan yang harus Anda lakukan. Demikianlah beberapa tips persiapan menghadapi bulan puasa yang bisa Anda lakukan agar puasa Anda berjalan lancar dan juga berhasil. Semoga bermanfaat!