Apakah Anda Sudah Mengetahui Fungsi Ginjal Sebenarnya Untuk Tubuh?

Bagian tubuh yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar ini tentunya memiliki fungsi yang tidak boleh Anda abaikan. Ginjal yakni bagian tubuh yang berbentuk seperti kacang dan masing-masih ginjal memiliki ukuran kepalan tangan. Bagian tubuh ini tepatnya berada di bawah tulang rusuk, masing-masing satu di setiap sisi tulang belakang Anda. Secara umum, ginjal ini menyaring sekitar 120 hingga 150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urin yang tentunya terdiri dari limbah dan juga cairan yang berlebih.

Fungsi ginja memang sangat oenting yakni sebagai bagian tubuh yang menampung urin untuk selanjutnya disalurkan pada kandung kemih melalui dua otot tabung tipis yang disebut dengan ureter. Dalam hal ini kandung kemih menyimpan urin, namun otot-otot pada dinding kandung kemih akan tetap tenang meskipun kandung kemih terisi dengan urin. Saat kapasitas kandung kemih terisi dengan urin, maka sebuah sinyal memberi tahu ke otak bahwa seseorang tersebut harus segera ke toilet untuk membuang urin.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bagian tubuh yang penting ini belum banyak diketahui orang akan bagian-bagian serta fungsi yang lainnya dari organ tubuh ini. Sangat penting untuk Anda mengetahui bagian ginjal, hal ini untuk memudahkan Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Untuk itu, Anda diharuskan untuk mengetahui beberapa bagian dari ginjal karena memang sangat diperlukan oleh Anda.

Alasan Mengapa Ginjal Penting

Banyak sekali penjelasan dimana ginjal memang sangat penting untuk tubuh kita. Bagian tubuh yang satu ini memang tidak boleh Anda abaikan akan peran dan juga fungsinya untuk tubuh kita. Ginjal di sebut sebagai bagian yang penting dimana ginjal berfungsi dalam menstabilkan darah dan juga menjaga komposisi tubuh dengan baik. Pada ginjal tertentunya terdapat beberapa bagian yang memang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Meskipun memang ginjal sering kita abaikan, akan tetapi jika terjadi masalah pada ginjal, maka akan menyebabkan kesehatan tubuh kita menjadi sangat terganggu. Berikut ini beberapa fungsi ginjal yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

Mengeluarkan cairan dan racun

Fungsi pertama dari ginjal yakni memiliki fungsi untuk menyaring darah dan juga mengeluarkan cairan berlebih yang ada pada tubuh. Selain itu, ginjal juga dapat mengurangi jumlah garam dan juga mineral lainnya yang ada di dalam darah. Jika mineral tersebut kelebihan, maka akan disaring oleh ginjal dari darah dalam bentuk limbah yakni berupa urin.

Menjaga keseimbangan air di dalam tubuh

Setiap harinya ginjal mengeluarkan setidaknya dua liter dari dalam tubuh. Tentunya, sebagian air dikeluarkan oleh ginjal agar tidak terjadi kelebihan air di dalam darah. Jika darah kelebihan, maka darah akan mengencer dan juga cukup berbahaya bagi tubuh kita. Selain itu, tubuh dapat menjaga keseimbangan air dengan mempertahankan tekanan osmotik ekstraseluler (diluar sel). Jika tekanan tersebut cukup berlebihan, maka akan dikeluarkan oleh tubuh melalui organ tubuh yang penting ini yakni ginjal.

Menjaga pH darah

Fungsi selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan yakni ginjal dapat menjaga pH darah. Ginjal memang menjadi bagian tubuh sebagai penjaga kadar darah agar tidak terlalu asam. Dalam hal ini ginjal mempertahankan pH plasma darah kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan juga hidroksil. Akibat yang terjadi, maka urine dapat menghasilkan zat asam pada pH 5 ataupun alkalis pada pH 8.

Mengatur volume cairan di dalam darah

Selain itu, ginjal juga memiliki fungsi untuk mengontrol jumlah cairan darah di dalam tubuh serta mempertahankannya agar tetap seimbang. Tanpa adanya control dari ginjal tentunya tubuh akan menjadi lebih kering karena kekurangan cairan yang ada di dalam darah. Dengan begitu, tubuh akan tenggelam karena cairan yang ada di dalam tubuh menjadi menumpuk dan tidak terbuang.

Memproses ulang zat-zat

Seperti yang kita tahu bahwa zat-zat tertentu memang dihasilkan oleh tubuh. Namun ternyata zat-zat yang sudah diproses dalam sistem pencernaan akan diproses ulang oleh ginjal. Hal ini tentunya adanya kemungkinan bahwa zat yang sudah dikeluarkan memiliki fungsi yang masih baik. Dengan begitu zat tersebut akan dikembalikan pada darah untuk disalurkan ke beberapa bagian tubuh yang memerlukannya. Zat-zat yang umumnya diproses kembali oleh ginjal diantaranya zat garam, air, asam amino dan juga glukosa. Proses pengembalian zat ini memang masih berguna untuk darah yang disebut dengan reabsorpsi.

Mengendalikan kadar gula dalam darah

Ginjal memang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, ginjal tentunya berfungsi untuk mengatur kelebihan dan juga kekurangan pada gula dalam darah dengan menggunakan hormon insulin dan juga adrenalin. Hal ini memang sangat penting untuk menghindari terjadinya diabetes. Insulin di sini memang berfungsi sebagai hormon untuk menurunkan kadar gula dalam darah jika kadar gula dalam darah tersebut memang ada dalam kadar berlebih. Sedangkan adrenalin di sini berperan dalam menaikkan kadar gula dalam darah jika pada saatnya kadar gula dalam darah tersebut tidak mencukupi.

Membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh

Dalam fungsi lain yakni ginjal dapat mengeksresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh manusia seperti zat purin menyebab asam urat, urea, creatinin, bakteri, amoniak dan juga obat-obatan. Jika zat tersebut tidak dikeluarkan oleh tubuh, maka adanya kemungkinan zat tersebut akan menjadi racun sehingga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pengendali zat dan hormon

Fungsi lain dari ginjal yakni ginjal sebagai penghasil zat dan juga hormon seperti renin, kalsitriol dan juga eritropoietin. Hormon yang dihasilkan oleh ginjal ini yakni hormon eritropoietin yang disingkat dengan EPO. Hormon EPO ini berfungsi untuk merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsung tulang belakang. Sedangkan renin berfungsi untuk mengatur tekanan darah yang ada di dalam tubuh. Sedangkan kalsitriol berperan dalam membentuk vitamin D serta menjaga keseimbangan kimia yang ada di dalm tubuh serta dapat mempertahankan kalsium yang ada di dalam tulang belakang tubuh Anda.

Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan juga basa

Fungsi lain dari ginjal yang tidak banyak diketahui oleh sebagian besar orang yakni ginjal berfungsi dalam mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh. Kondisi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan kelebihan asam dan juga basa di dalam urin.

Mengatur volume cairan dalam darah

Ginjal tentunya dapat mengontrol jumlah cairan darah untuk mempertahankannya agar tetap memberikan keseimbangan pada tubuh. Tanpa adanya kontrol dari ginjal, maka tubuh akan kering karena kekurangan cairan darah ataupun sebaliknya. Tentunya, tubuh akan tenggelam karena adanya kebanjiran cairan di dalam tubuh yang menumpuk dan tidak terbuang.

Mengatur kadar kalium di dalam darah

Kalium (K) atau potasium ialah kandungan mineral yang berfungsi untuk membuat semua sel, jaringan dan juga organ di dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik. Kalium di sini memang sangat penting bagi tubuh. Namun, jika kadara kalium terlalu berlebihan, maka kemungkinan akan terjadinya hiperkalemia yang dapat menyebabkan otot-otot jantung berhenti berdetak ataupun berdetak tidak beraturan. Akan tetapi sebaliknya, jika tubuh kekurangan zat yang satu ini, maka jangan heran jika tubuh Anda terasa lelah dan terjadi kelemahan otot. Oleh karena itu, ginjal menjadi sangat penting karena dapat berfungsi untuk mengatur kadar kalium di dalam darah dengan cara menyerap atau membuang kalium yang masuk ke dalam nefron.

Bagaimanakah Ginjal Bekerja?

Setiap ginjal tentunya terdiri dari sekitar satu juta unit penyaringan yang dikenal dengan sebutan nefron. Tentunya, setiap nefron akan menyaring sejumlah kecil darah. Dalam hal ini nefron termasuk bagian penyaring yang disebut dengan glomerulus dan juga tubulus. Nefron sendiri bekerja dengan melalui beberapa proses yakni glomerulus memungkinkan jika cairan dan produk limbah melewatinya. Akan tetapi, mencegah sel-sel darah dan juga molekul besar dan zat seperti protein. Cairan yang berhasil di cegah tersebut tentunya disaring, kemudian melewati tubulus yang mengirimkan mineral yang memang dibutuhkan kembali oleh tubuh untuk proses metabolisme tubuh. Sedangkan jika tidak ada yang diperlukan, maka akan dibuang menjadi limbah dan berbentuk urin.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ingat Tentang Ginjal

Perlu Anda ketahui bahwa setiap harinya ginjal menyaring sekitar 120 hingga 150 liter untuk menghasilkan sekitar 1 sampai 2 liter urin yang terdiri dari limbah dan juga cairan ekstra. Ginjal memang sangat penting untuk menjaga komposisi dan juga menstabilkan darah yang memungkinkan tubuh berfungsi dengan baik. Tentunya, setiap ginjal terdiri dari lebih dari satu juta unit penyaringan yang disebut dengan nefron. Nefron di sini berfungsi untuk menyasing zat yang diperlukan oleh tubuh serta mengirimkan kembali zat yang diperlukan oleh tubuh ke dalam aliran darah atau membuangnya menjadi urin. Inilah beberapa hal yang perlu Anda ingat mengenai kinerja ginjal.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai tentang ginjal dan juga bagaimanakah ginjal tersebut bekerja untuk tubuh kita. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply