14 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

5/5 (1)

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan – Kunyit merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Penggunaan kunyit pada masakan akan menjadikan cita rasa masakan semakin lezat, serta tampilannya menarik karena warna kuning dari kunyit. Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya banyak menemukan masakan yang memanfaatkan kunyit sebagai rempahnya.

Selain dimanfaatkan untuk masakan, kunyit juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Kandungan kurkumin pada kunyit yang memberi warna kuning dan membentuk kunyit ini memberikan manfaat kunyit untuk menjaga kesehatan dan membantu mencegah atau menyembuhkan berbagai penyakit. Lantas apa saja manfaat kunyit untuk kesehatan? Untuk mengetahui apa saja manfaatnya anda bisa simak di bawah ini. ( Baca juga : Manfaat Bawang Putih )

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit itu sendiri memiliki beberapa jenis, ada yang warnanya kuning, putih, hitam dan merah. Hanya saja, kunyit yang biasanya sering digunakan untuk memasak yaitu kunyit kuning. Adapun manfaat kunyit kuning untuk kesehatan yaitu seperti berikut.

1. Mengobati Asam Lambung

Manfaat kunyit untuk kesehatan yang pertama yaitu dapat mengobati asam lambung. Berdasarkan studi, orang yang menambahkan 1 sendok kunyit pada masakannya terbukti mempunyai sistem pencernaan yang lebih sehat. Dimana pencernaan yang dimaksud yaitu usus besar dan esofagus.

Perlu anda ketahui, beberapa jenis makanan dapat memberikan efek negatif bagi lambung, juga dapat menyebabkan terkikisnya dinding usus, serta kerongkongan. Kunyit mengandung senyawa yang dapat melapisi, serta melindungi keduanya. Caranya dengan membuat produksi lendir meningkat. Senyawa yang terkandung pada kunyit ini juga akan dapat mengurangi bakteri jahat, meningkatkan bakteri baik, serta kinerja usus dalam mencerna, serta menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi menjadi lebih optimal.

2. Mengurangi Mual

Mual akan membuat tidak nyaman dan gelisah penderitanya yang diakibatkan karena adanya dorongan ingin muntah. Mual juga biasanya disertai dengan rasa tidak nyaman pada bagian atas perut, dada atau tenggorokan. Bahkan seseorang yang sedang mengalami mual bisa merasa pusing atau bahkan sakit kepala. Mual biasanya berujung pada muntah, namun ada juga yang tidak diikuti dengan mudah. Meskipun tidak menyakitkan, tapi kondisi ini akan membuat seseorang tidak nyaman dan lemas.

Rasa mual berpusat pada otak, kemudian tubuh akan meresponnya berupa muntah. Karena banyaknya rangsangan yang menyebabkan mual, kadang mengetahui penyebab mual itu sendiri tidak mudah, terutama mual yang terjadi dengan berkepanjangan. Sedangkan jika mual yang diikuti dengan muntah disebabkan karena hal yang bersifat fisik maupun psikis. Kondisi yang biasanya memiliki kaitan dengan gejala mual di antaranya yaitu asam lambung yang meningkat, diare, kembung, sakit kepala, vertigo, kehamilan, efek samping obat dan lain sebagainya.

Nah, apabila mual yang disebabkan karena masalah pencernaan, maka untuk mengatasinya kunyit dipercaya memiliki khasiatnya. Kunyit dapat membantu mengurangi mual pada pencernaan karena mengandung phytochemical. Dimana senyawa ini memiliki manfaat untuk menghadirkan antioksidan yang berperan untuk melawan racun sehingga rasa mual yang dialami bisa diredakan.

3. Meredakan Diare

Diare merupakan penyakit dimana penderitanya mengalami sering buang air besar dengan tinja yang encer. Diare disebabkan karena konsumsi makanan atau minuman yang telah terpapar oleh bakteri, virus atau parasit. Kondisi ini biasanya terjadi hanya beberapa hari saja, namun ada juga yang hingga berminggu-minggu. Diare yang tidak diiringi dehidrasi pada umumnya tidak berbahaya. Hanya saja, jika sudah disertai dengan dehidrasi akibat dari penyakit ini dapat fatal. Dimana penderitanya harus segera mendapatkan pertolongan medis.

Jika anda mengalami diare ringan, anda dapat mencoba melakukan perawatan sendiri di rumah dengan meminum ramuan herbal yang terbuat dari kunyit. Kunyit mengandung kalium dan magnesium yang akan membantu mencegah terjadinya dehidrasi, serta akan menyeimbangkan cairan tubuh yang hilang karena diare.

4. Mengurangi Gas Pada Sistem Pencernaan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Dengan buang angin atau buang gas kita bisa memastikan bahwa kondisi pencernaan kita baik-baik saja. Hanya saja, jika buang gas terjadi dengan berlebihan itu dapat menandakan adanya kesalahan pada perut anda.

Anda dapat mencoba mengurangi tekanan pada perut dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit mengandung senyawa yang berperan untuk mengurangi asam berlebih yang terdapat pada perut dan membuat perut kembung.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan yang satu ini, anda bisa menuangkan bubuk kunyit halus sebanyak satu sendok ke dalam air hangat sebanyak satu gelas sedang.

5. Antiperadangan

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang memiliki manfaat sebagai antiperadangan yang kuat berkat kandungan kurkumin pada kunyit. Peradangan yang kronis akan berkontribusi terhadap penyakit. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi untuk menekan molekul yang diketahui sebagai peran utama peradangan.

6. Meredakan Sakit Parut Karena IBS

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan masalah pada sistem pencernaan jangka panjang yang umum terjadi. Penyakit ini akan menyerang usus besar dalam waktu yang cukup lama, gejala akan kambuh dari waktu ke waktu. Wanita dewasa berusia kurang 50 tahun biasanya lebih sering mengalami penyakit yang satu ini. Saat kambuh, penyakit ini bisa terjadi selama beberapa hari atau bahkan hingga beberapa bulan. Kondisi ini dapat dipicu karena stres, perubahan hormon atau konsumsi makanan tertentu.

Beberapa gejala irritable bowel syndrome di antaranya yaitu diare atau konstipasi, perut sakit, perut kembung, mual, sakit kepala, punggung nyeri, penurunan terhadap nafsu makan, dada terasa panas, sering buang gas, tinja yang disertai dengan lendir dan mudah merasa kenyang.

Kunyit memiliki manfaat untuk masalah pencernaan yang satu ini. Kunyit berperan sebagai obat alami yang akan membantu mengurangi pergerakan otot abnormal. Dengan kandungan mineral, vitamin dan bahan kimia baik pada kunyit dapat membantu meredakan sakit yang akan mengakibatkan diare apabila kontraksi yang dialami berlebihan.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daya tahan tubuh tentu memiliki peranan yang penting, yakni untuk mencegah infeksi dan membuat kita tetap sehat. Jika daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh kita dalam kondisi yang baik, maka efeknya tubuh akan tetap sehat. Sebaliknya, jika terjadi penurunan terhadap daya tahan tubuh, kuman akan lebih mudah masuk sehingga kita akan mudah terserang oleh penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya sangat mudah. Salah satunya yaitu dengan banyak mengonsumsi makanan sehat. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya kesemua makanan tersebut adalah makanan sehat yang mungkin biasa anda konsumsi sehari-hari.

Nah, salah satu bahan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh yaitu kunyit. Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat mengganggu sistem DNA. Kuatnya sistem DNA berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kunyit bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kunyit berperan terhadap penyakit jantung karena memiliki efek terhadap inflamasi, serta radikal bebas. Selain itu, kurkumin pada kunyit juga memiliki peranan dalam meningkatkan kinerja endotelium pelapis pembuluh darah. Kerja endotelial yang mengalami disfungsi menjadi salah satu penyebab penyakit jantung karena dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan endotelium dalam meregulasi tekanan darah, mencegah darah menggumpal, serta fungsi lainnya untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian, kandungan kurkumin pada kunyit dapat bekerja dengan efektif sama dengan mengonsumsi obat atau melakukan olahraga.

9. Mencegah Kanker

Kandungan kurkumin pada kunyit merupakan bahan aktif yang bermanfaat untuk mencegah sel abnormal tumor, serta kanker tumbuh. Kurkumin dapat bekerja dengan baik dalam menghambat pertumbuhan kanker, serta menguatkan kerja obat kanker supaya sel kanker tidak menyebar. Kurkumin juga dapat menghentikan enzim yang dapat menyebabkan peradangan negatif pada tubuh yang mengakibatkan kanker.

Selain itu, kurkumin bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada hati yang disebabkan oleh bakteri sehingga akan menghasilkan sel darah merah yang banyak dan sehat untuk melawan kanker, juga menjaga kesehatan organ tubuh yang lainnya.

10. Mencegah Penyakit Asma

Kunyit merupakan sumber makanan yang dapat mencegah asma. Berdasarkan penelitian, kunyit mengandung unsur anti pembengkakan. Dimana dengan unsur ini kunyit dapat menurunkan risiko penyakit asma.

11. Mengurangi Sakit Akibat Osteoarthritis

Kunyit dipercaya bisa membantu mengurangi rasa sakit penderita osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan suatu kondisi yang menyebabkan sendi terasa kaku, nyeri dan fleksibilitasnya hilang. Sendi yang biasanya paling sering mengalami kondisi ini  yaitu lutut, tangan, pinggul dan tulang punggung. Namun, sendi-sendi yang lainnya tidak menutup kemungkinan mengalami kondisi ini. Gejala-gejala yang ditimbulkan karena kondisi ini dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa kerja kunyit sebanding dengan ibuprofen dalam mengobati osteoarthritis.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan – Selain mengenal manfaat kunyit kuning untuk kesehatan, anda juga dapat mengetahui manfaat kunyit putih. Kunyit putih memiliki kandungan yang berbeda, namun sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kunyit putih atau Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan tanaman asli dari India dan Indonesia, namun banyak dibudidayakan di negara lainnya. Kunyit putih dagingnya lunak dengan rasa yang hampir sama dengan jahe. Saat ini kunyit putih memang jarang digunakan untuk bumbu masakan karena sering digantikan oleh jahe. Namun kunyit putih itu sendiri kebanyakan dimanfaatkan untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan. ( Lihat juga : Khasiat Buah Naga )

1. Mengandung Antijamur dan Antimikroba

Kunyit putih mengandung antijamur dan antimikroba di dalamnya. Berdasarkan penelitian menyatakan, ekstrak kunyit putih bisa melawan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, contohnya E.coli yang menjadi penyebab masalan pencernaan, Staphylococcus aureus yang menyebabkan bisul, selulitis, sepsis, impetigo dan osteomielitis.

Tidak hanya itu, ekstrak kunyit putih dapat menangkal infeksi jamur Candida serta jamur Aspergillus. Bakteri jahat pada mulut dapat berkurang dengan kunyit putih, yang mana hasilnya setara dengan obat kumur.

2. Obat Alergi

Pada kunyit putih terkandung senyawa yang bernama curcuminoids. Senyawa tersebut bermanfaat sebagai anti-alergi dan dapat membantu mengobati gejala alergi.

3. Kesehatan Pencernaan

Sudah sejak dulu, kunyit putih dimanfaatkan untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan. Minyak esensial dari kunyit ini dipercaya dapat mengobati kejang otot, kolik, cacingan, nafsu makan yang menurun, perut kembung, buang air besar jarang dan lidah terasa pahit. Juga dapat mencegah terjadinya peradangan usus yang disebabkan karena stres.

4. Antiperadangan

Kunyit putih juga bermanfaat sebagai antiperadangan karena kandungan diuretiknya. Berkat manfaatnya sebagai antiperadangan, kunyit putih dipercaya dapat membantu mengatasi nyeri sendi yang disebabkan karena rematik, serta arthritis. Sifat diuretik zedoary akan menghapus zat beracun dalam tubuh, serta cairan yang berlebih, apalagi pada persendian. Jika tidak didetoksifikasi maka akan menyebabkan terjadinya peradangan, serta rasa nyeri pada rematik dan artritis. Kunyit putih juga dapat mengurangi suhu tubuh ketika demam.

5. Menghilangkan Rasa Sakit

Kunyit memiliki sifat analgesik yang baik dibandingkan dengan aspirin. Sebab kunyit mengandung senyawa yang dapat mengatasi rasa sakit. Sejak zaman nenek moyang kita, rempah ini sering digunakan untuk mengatasi penyakit radang usus. Selain itu, juga dapat melindungi paru-paru pada penderita asma dengan menekan terjadinya peradangan pada bronkus yang bisa membuat saluran udara menyempit selama terapi dalam jangka pendek.

9. Penawar Bisa Ular

Manfaat kunyit selanjutnya yaitu dapat dijadikan sebagai penawar racun gigitan ular. Aktivitas bisa ular dapat dihambat dengan ekstrak kunyit.

10. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Beberapa wanita biasanya mengalami masalah pada kewanitaannya. Adapun masalah kewanitaan yang biasanya sering dialami yaitu keputihan dan bau tidak sedap pada kewanitaan. Untuk mengatasi masalah kewanitaan ini anda bisa mencoba mengonsumsi kunir putih dengan rutin. Kurkumin yang terkandung pada kunyit putih dapat mengatasi masalah pada organ kewanitaan. Zat ini berperan sebagai antioksidan yang dapat memerangi dan mencegah jamur, serta bakteri pada organ kewanitaan. Selain itu, kunyit putih juga bermanfaat untuk mengatasi rasa nyeri saat sedang haid, menguatkan otot vagina setelah melahirkan.

11. Mengobati Tukak

Tepung yang dihasilkan dari akar kunyit putih bisa mengurangi jumlah, serta keasaman cairan lambung. Oleh karena itu, bahan ini bisa digunakan untuk mengobati tukak lambung. Hanya saja, khasiatnya ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Kunyit kuning ataupun kunyit putih jika dikonsumsi dengan takaran yang  tidak berlebihan tergolong aman. Hanya saja, sebelum anda mengonsumsi kunyit putih disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, terlebih lagi jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Efek Samping Kunyit

Hingga saat ini sebenarnya masih belum ditemukan akan adanya efek samping kunyit jika dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa tidak ada efek samping terhadap seseorang  yang mengonsumsi kunyit sebanyak 490 mg setiap hari dalam seminggu. Meskipun begitu, konsumsi kunyit yang berlebihan dapat menyebabkan abnormalnya detak jantung. Selain itu, jika dikonsumsi berlebihan kunyit juga akan menimbulkan efek samping seperti berikut:

  • Adanya gangguan pada kantung empedu
  • Gangguan pada hati
  • Alergi, misalkan ruam
  • Kontraksi uterus
  • Mengurangi kesuburan pada pria
  • Masalah pencernaan

Mengonsumsi kunyit sebagai suplemen juga sebaiknya harus diperhatikan dengan baik, dan harus dihindari oleh ibu menyusui, ibu hamil, seseorang yang mengalami gangguan pendarahan, orang yang memiliki penyakit diabetes, orang yang kekurangan zat besi dan pasien yang akan menjalankan operasi.

Manfaat kunyit masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Hanya saja, mengingat sudah ada penelitian mengenai manfaat baik dari kunyit, tidak ada salahnya jika anda mencoba memanfaatkan rempah yang satu ini. Namun, alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi kunyit untuk pendamping pengobatan. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel