10 Manfaat Bawang Putih Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Seperti yang kita tahu bahwa bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang terkenal dengan aroma yang khas. Bau menyengat yang terdapat di dalam putih tentunya membuat sebagian besar orang enggan untuk mengonsumsinya. Meskipun digunakan sebagai bumbu dapur dan dimasak, tetap saja tidak sedikit orang yang menolak bawang putih. Namun, di balik rasa khas dan juga bau yang menyengat dari bawang putih, ternyata memiliki manfaat yang tidak boleh diabaikan.

Setidaknya di dalam bawang putih  terdapat beberapa khasiat yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga sebagai solusi akan masalah kesehatan yang kemungkinan menyerang tubuh Anda. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin dan senyawa belerang segar yang memiliki sifat anti jamur dan juga antibakteri. Allicin merupakan sebuah senyawa aktif yang ada di dalam bawang putih sehingga sangat efektif untuk membunuh mikroba, sifat yang tidak stabil, dan juga kuman penyebab infeksi.

Beberapa peneliti tentunya menyimpulkan bahwa kandungan yang terdapat di dalam bawang putih sangat mampu mencegah timbulnya kanker. Selain itu, bawang putih diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, fosfor, mangan, magnesium, kalsium, besi, natrium, zinc dan juga kalium. Tidak heran jika bawang putih menjadi obat terbaik untuk menangani berbagai macam penyakit. Untuk lebih mengetahui akan manfaat dari bawang putih, yuk kita langsung simak saja pemaparan kami di bawah ini!

Manfaat Bawang Putih Yang Tidak Banyak Diketahui

Meskipun memang manfaat yang banyak akan kesehatan tubuh manusia, ternyata jika diolah secara matang kandungan yang terdapat di dalam bawang putih bisa hilang. Maka dari itu, mengonsumsi bawang putihg secara mentah menjadi cara yang harus Anda lakukan agar manfaat dari bawang putih bisa Anda dapatkan dengan maksimal. Selain itu, dengan memakan bawang putih secara mentah akan menjamin berbagai gizi dan juga nutrisi agar tidak hilang. Sebagai pencegahan suatu penyakit tentunya Anda dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah-mentah setidaknya dua kali dalam seminggu.

Bawang putih memang memiliki khasiat yang tidak dapat diabaikan lagi akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Penurun kolesterol

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Postgraduate Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi sekitar 10 gram bawang putih setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Sedangkan penelitian lain yang dilakukan oleh Rafsanjan University of Medical Sciences membuktikan bahwa mengonsumsi bawang putih  secara mentah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga dapat membunuh kolesterol jahat.

Mencegah penyakit jantung

manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari bawang putih yaitu bawang putih mampu mencegah terjadinya penyakit jantung pada tubuh seseorang. Kabar baik ini datang dari sebuah jurnal dalam The Journal of Nutrition  dimana mengungkapkan bahwa bawang putih yang dimakan secara menatah dapat membantu mengurangi adanya penumpukan plak pada arteri koroner yakni sebuah pembuluh darah yang berfungsi untuk memompa darah ke jantung.  Mengonsumsi bawang putih secara rutin dipercaya mencegah terjadinya penumpukan dan juga pembentukan plak pada arteri koroner. Tentu ini sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya sistem metabolisme dan gangguan jantung.

Menjaga kesehatan otak

Anda tentunya tidak perlu khawatir akan terserangnya penyakit Alzheimer ataupun demensia. Rupanya kedua penyakit tersebut dapat dicegah dengan sangat mudah oleh bawnag putih. Sebuah penelitian terbaru yang telah diterbitkan di dalam Journal of Neurochemistry membuktikan bahwa kandungan antioksidan dan juga S-allyl-L-cysteine (SAC) di dalam bawang putih dapat menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Senyawa kimia tersebut berperan penting dalam mencegah terjadinya penumpukan plak ataupun zat yang cukup berbahaya bagi sistem syaraf pusat di dalam otak.

Meredakan radang, pilek dan juga infeksi

Selain mencegah berbagai penyakit yang cukup serius, bawang putih tentunya berperan penting dalam mengatasi gejala pilek dan juga infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan juga virus. Senyawa aktif allicin yang ada di dalam bawang putih sangat berperan sebagai antimikroba, antivirus dan juga antijamur. Dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur tentunya terbilang ampuh untuk membunuh berbagai macam organisme yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh kita.

Hal tersebut tentunya dibuktikan pula oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Advances in Therapy bahwa mengonsumsi bawang putih mentah saat musim flu memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah terjadinya penyakit. Anda tentunya dapat membuat seduhan teh bawang putih dengan cara meranjangnya hingga halus, lalu seduh dengan menggunakan air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu tiriskan dan minum. Untuk menghasilkan rasa yang lebih enak, Anda dapat menambahkan sedikit jahe ataupun madu.

Mengobati dan menstabilkan tekanan darah tinggi

Sudah bukan rahasia umum lagi dimana bawang putih memiliki peranan yang sangat penting dalam mengobati hipertensi/tekanan darah tinggi. Perlu Anda tahu bahwa kandungan polisulfida yang ada di dalam bawang putih mentah terbukti ampuh dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Sedangkan menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisulfida dapat membantu membuka pembuluh darah agar tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Untuk itu, tidak heran jika mengonsumsi bawang putih mentah selama tiga bulan akan sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10 mmHg.

Menurunkan risiko kanker

Kandungan senyawa sulfur bioaktif yang terdapat di dalam bawang putih ternyata mampu menurunkan risiko terjadinya kanker pada tubuh seseorang. Hal ini telah dibuktikan oleh National Cancer Institute di Amerika Serikat bahwa senyawa sulfur bioaktif dapat mencegah terjadinya pembentuk sel-sel kanker di dalam tubuh. Senyawa tersebut memang berfungsi untuk membunuh dan juga memperbaiki sel tubuh yang telah rusak, menghambat tersebarnya sel yang tidak sehat bahkan melindungi tubuh dari zat karsinogen. Berbagai jenis sel kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru dan juga kanker pankreas dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih mentah paling tidak dua kali dalam seminggu.

Mengatasi rambut rontok

Berbeda dengan penyakit serius yang telah kami sebutkan di atas, bawang putih juga berperan dalam mengatasi kerontokan rambut. Tentu, banyak orang yang tidak menyangka bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk mengatasi rambut rontok. Seperti yang kita tahu bahwa kebotakan atau yang dikenal dalam istilah medis sebagai alopecia dapat diatasi dengan bawang putih mentah. Ternyata bawang putih dapat mendorong dan juga memperkuat tumbuhnya rambut pada kulit kepala. Bahkan sebagian besar orang mengoleskan gel bawang putih di kepala mereka untuk mencegah terjadinya kebotakan.

Mengatasi psoriasis

Perlu Anda tahu terlebih dahulu bahwa psoriasis ialah suatu penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul akibat adanya reaksi sistem imun tubuh manusia. Gejala dari gangguan penyakit ini tentunya ditandai dengan adanya bercak putih, bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada punggung, lutut, tangan, kulit kepala dan juga siku. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi kondisi psoriasis. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah yakni hanya dengan menggosokkan sedikit minyak bawang putih pada area yang sakit untuk menghaluskan kulit dan juga bebas ruam merah.

Mengusir nyamuk

Selain kulit jeruk, ternyata nyamuk juga tidak menyukai bawang putih. Meskipun para ilmuwan belum memiliki jawaban yang pasti akan penemuan ini, namun banyak orang yang telah membuktikan bahwa bawang putih memang sangat ditakuti oleh nyamuk. Pada kasus ini seorang dokter menyatakan bahwa orang yang menggosok ramuan dari bawang putih atau yang berbau bawang putih pada bagian tangan dan juga kaki. Maka sangat kecil kemungkinan bagi nyamuk untuk bisa mendekatinya. Selain itu, Anda dapat membuat larutan minyak bawang putih yang dicampur dengan minyak labur sebagai pengusir alami nyamuk. Cara yang paling praktis tentunya Anda dapat menempatkan pula siung bawang putih di dekat tempat Anda sebagai pencegahan.

Mengobati jerawat

Tentunya Anda harus tahu bahwa ternyata bawang putih digunakan sebagai obat untuk mengobati jerawat. Bawang putih ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal alami untuk mengempeskan jerawat. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan alami yang dapat membunuh bakteri. Untuk itu, jika Anda menggosokkan bawang putih pada bagian wajah yang berjerawat, maka cepat atau lambat jerawat yang tadinya meradang akan mudah kempes.

Mengatasi jamur

Bagi Anda yang mengalami adanya jamur pada kaki, tentu Anda dapat memanfaatkan bawang putih. Dengan antioksidan di dalamnya yang berfungsi sebagai antimikroba atau anti bakteri tentu membuat bawang putih cocok sebagai obat untuk meredakan gatal pada kaki. Caranya cukup  mudah hanya dengan merendam kaki Anda pada wadah yang berisi air hangat dan ranjangan bawang putih. Diamkanlah selama beberapa menit agar kandungan yang ada di dalam bawang putih dapat bekerja secara maksimal.

Tips Agar Mulut Tidak Bau Bawang

Meskipun bawang putih memiliki khasiat yang cukup banyak untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Namun, tentunya Anda tidak dapat menghindarkan diri dari bau bawang putih yang sangat menyengat. Seperti yang kita tahu bahwa bau bawang putih memang sangat awet sehingga sangat sulit untuk dihilangkang. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya bau mulut akibat mengonsumsi bawang putih, diantaranya:

– Konsumsi bawang putih mentah dengan daun kemangi atau seledri agar aroma dari bawang putih tidak terlalu menyengat

– Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan menggunakan air dingin yang mengalir

– Setelah memakan bawang putih, Anda bisa langsung menyikat gigi ataupun berkumur dengan menggunakan cairan pembersih mulut hingga benar-benar bersih

– Anda juga bisa langsung meminum susu rendah lemak ataupun makan yogurt setelah makan bawang putih

Di balik Anda merasa mulut tidak nyaman setelah mengonsumsi bawnag putih, namun tetap saja Anda jangan mengabaikan akan khasiat dari bawang putih ini. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Demikianlah beberapa manfaat bawang putih yang tidak banyak diketahui orang serta tips untuk mencegah bau mulut akibat makan bawang putih. Selamat mencoba!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel