Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

3/5 (2)

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan – Air kelapa terkenal sebagai minuman sehat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Air kelapa menjadi salah satu minuman yang disukai oleh masyarakat. Selain rasanya yang khas dan nikmat, air kelapa akan terasa begitu menyegarkan ketika disantap siang hari saat cuaca sedang panas. Air kelapa mengandung nutrisi dan gizi sehingga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Jika dibandingkan dengan minuman lainnya yang ditambahkan bahan pelengkap seperti pemanis dan gula, serta dibuat oleh industri, air kelapa lebih sehat karena terbentuk melalui proses alami pada buah kelapa. Lantas apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, anda bisa simak pembahasannya di bawah ini namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada air kelapa berikut ini.

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Kandungan Pada Air Kelapa

Pada buah kelapa terdapat air di dalamnya. Ada dua macam jenis buah kelapa yang biasanya dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yakni buah kelapa yang sudah tua dan buah kelapa yang masih muda. Buah kelapa yang sudah tua biasanya dimanfaatkan untuk membuat santan. Sedangkan buah kelapa muda, dimanfaatkan airnya untuk diminum dengan rasa yang khas dan menyegarkan, serta memiliki manfaat untuk kesehatan.

Kandungan gizi yang terdapat pada air kelapa sangat bagus untuk tubuh, sehingga tak heran jika air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Pada air kelapa terkandung karbohidrat yang lebih mudah dicerna dalam bentuk elektrolit, serta gula. Selain itu, kalori yang terkandung pada air kelapa sangat rendah, juga rendah akan kandungan natrium dan tinggi akan kandungan kalium apabila dibandingkan dengan minuman olahraga dan mengonsumsi pisang sebanyak 4 buah.

Kandungan gula pada air kelapa lebih sedikit jika dibandingkan dengan minuman olahraga yang lainnya, beberapa jus buah, serta minuman bersoda.  Air kelapa tidak mengandung kolesterol maupun lemak. Karena seperti itu, dibandingkan dengan minuman olahraga banyak atlet yang lebih memilih minum air kelapa ketika sedang latihan.

Vitamin dan mineral terkandung pada air kelapa. Vitamin yang terkandung pada air kelapa yaitu vitamin B kompleks, serta vitamin C dalam jumlah yang sedikit. Air kelapa juga mengandung mineral yang lebih baik dari mineral yang terkandung pada buah jeruk. ( Baca juga : Manfaat Teh Hijau )

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Karena kandungan nutrisi yang dimilikinya, air kelapa memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Air kelapa dapat mengembalikan hilangnya cairan tubuh setelah anda selesai melakukan aktivitas berat. Air kelapa juga dapat membantu meredakan beberapa masalah kesehatan. Adapun manfaat air kelapa untuk kesehatan di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Meredakan Gejala Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme yang menular seperti parasit, bakteri dan virus. Kontaminasi pada makanan bisa terjadi akibat proses memasak yang tidak baik dan benar.

Ada beberapa jenis makanan yang biasanya mudah terkontaminasi jika cara menyimpan dan mengolahnya tidak benar. Beberapa makanan yang dimaksud di antaranya yaitu makanan siap saji, daging mentah, telur mentah, makanan kemasan, susu, kerang serta makanan laut yang mentah.

Gejala keracunan makanan bisa muncul setelah penderitanya makan atau 3 hari setelah makan makanan yang telah terkontaminasi. Beberapa gejala yang umumnya terjadi yaitu mual dan muntah, sakit perut dan diare. Apabila diare tidak segera ditangani maka akan dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi parah. Agar cairan tubuh kembali, minum air putih yang cukup memang diperlukan. Namun, terkadang hanya minum air putih saja tidak akan cukup dalam mengembalikan elektrolit yang hilang karena diare.

Pada air kelapa terkandung banyak elektrolit yang dapat membantu dalam memulihkan diare. Selain itu, pada air kelapa juga terkandung zat yang dapat membantu proses detoksifikasi untuk pembuangan racun pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh keracunan.

Air kelapa memiliki manis alami, yang selain membuatnya terasa enak juga akan meningkatkan energi anda, membantu menghilangkan mual dan muntah, diare dan efek lainnya dari keracunan makanan yang anda alami. Mengetahui seperti itu, khasiat air kelapa dalam menetralisir keracunan makanan sudah tidak dapat diragukan lagi.

Meredakan Gejala Keracunan dengan Manfaat Air Kelapa

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa dalam menetralisir gejala keracunan makanan, para ahli gizi kebanyakan menyarankan untuk meminum air kelapa sekitar satu hingga dua gelas.

Hal yang harus anda perhatikan yaitu bahwa air kelapa bukanlah obat yang dapat mengobati keracunan makanan, melainkan untuk meredakan gejala keracunan yang anda alami. Ketika anda mengalami keracunan makanan, tidak disarankan hanya minum air kelapa saja untuk pengobatan. Hanya meminum air kelapa tanpa dilakukan perawatan yang tepat justru akan dapat membatasi nutrisi yang diperlukan dalam proses pemulihan.

Hindari minum air kelapa dengan berlebihan. Minum air kelapa yang banyak tidak baik meskipun manfaatnya untuk kesehatan bagus. Jika anda meminum air kelapa terlalu banyak akan menyebabkan kalium menumpuk pada tubuh anda. Dimana kondisi ini disebut juga dengan hiperkalemia.

Apabila setelah minum air kelapa gejala keracunan yang anda alami tidak membaik atau justru semakin buruk, anda harus mengkonsultasikannya pada dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat. Dibutuhkan pertolongan medis dengan segera bagi penderita yang mengalami dehidrasi berat. Apabila anda memiliki alergi terhadap buah kelapa, maka sebaiknya hindari konsumsi kelapa ataupun airnya.

2. Mengembalikan Cairan Tubuh yang Hilang

Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang memiliki banyak manfaat sama halnya dengan minuman olahraga yang sudah diformulasi. Air kelapa akan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah anda berolahraga berkat kandungan elektrolit di dalamnya. Hanya saja, untuk menghidrasi supaya cairan tidak banyak hilang, anda harus minum air kelapa yang banyak. Namun, meskipun begitu anda harus memperhatikan jumlah air kelapa yang anda minum. Pasalnya, mengonsumsi terlalu banyak air kelapa justru akan menimbulkan efek samping. Jika dibandingkan dengan minum minuman olahraga, risiko efek samping dari air kelapa seperti kenyang, mual dan sakit perut akan lebih sedikit.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat air kelapa untuk kesehatan selanjutnya yaitu mengobati masalah pada sistem pencernaan. Untuk sistem pencernaan, beberapa manfaat air kelapa di antaranya yaitu membantu mengobati masalah pencernaan, cacingan, diare, gangguan ginjal, konstipasi dan infeksi kandung kemih.

Nah, air kelapa dapat membantu mengatasi diare, sebab dapat menggantikan cairan yang hilang di saluran gastrointestinal. Pada air kelapa osmolaritasnya lebih besar apabila dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy), yang oleh WHO direkomendasikan untuk mengobati diare. Pasalnya, pada air kelapa terkandung enzim, asam amino, mineral, serta asam lemak yang membuat air kelapa memiliki osmolaritas tinggi. Pada air kelapa juga terkandung natrium, serta klorida rendah dan tinggi akan kandungan gula, serta asam amino. Untuk mencegah masalah dehidrasi, air kelapa memiliki komposisi yang seimbang.

Sistem pencernaan, serta sistem metabolisme pada tubuh akan terbantu berkat kandungan enzim yang terdapat pada air kelapa. Air kelapa mengandung enzim yang memiliki manfaat bagus untuk kesehatan.

4. Memperlambat Penuaan

Penuaan adalah proses alami tubuh. Namun, penuaan dapat terjadi dengan cepat karena beberapa hal tertentu. Nah, air kelapa memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan tersebut. Air kelapa mengandung sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan yang memiliki manfaat dalam mengatur pertumbuhan dan perkembangan, serta penuaan sel. Sitokinin pada air kelapa memiliki efek sebagai anti penuaan, anti karsinogenik dan anti trombotik.

Sitokinin akan membuat kadar pH dalam tubuh menjadi seimbang, risiko penyakit yang memiliki hubungan dengan usia akan berkurang, serta menjadikan jaringan ikat lebih kuat. Dengan demikian, apabila anda ingin terlihat selalu awet muda, anda dapat meminum air kelapa yang memiliki banyak manfaat.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Sistem kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik agar tubuh dapat terhindar dari penyakit. Seperti yang kita ketahui, sistem kekebalan atau sistem imunitas tubuh mempunyai peranan yang penting untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat.

Untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh itu sendiri terdapat berbagai cara yang dapat anda lakukan. Di antaranya yaitu dengan menjaga pola hidup sehat, mengelola stres sampai mengonsumsi suplemen untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap prima. Selain itu, mengonsumsi beberapa makanan sehat juga diketahui akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu air kelapa.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, anda bisa meminumnya saat pagi hari. Meskipun perut dalam keadaan kosong namun minum air kelapa diketahui aman dilakukan. Pasalnya, air kelapa memiliki keasaman yang rendah sehingga tidak akan membahayakan pencernaan meskipun diminum ketika pagi hari.

Air kelapa kaya akan kandungan nutrisi seperti riboflavin, thiamin, niasin dan piridoksin, serta folat. Selain itu, air kelapa bersifat antivirus dan antibakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa akan dapat melawan infeksi virus, contohnya virus influenza. ( Lihat juga : 9 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan )

Cara Memilih Air Kelapa yang Sehat

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak produk air kelapa yang dijual di pasaran. Hanya saja, air kelapa alami yang anda dapatkan langsung dari buah kelapa adalah pilihan yang paling baik untuk anda manfaatkan. Air kelapa kemasan dalam botol, karton atau kaleng umumnya sudah diproses agar umur simpannya panjang. Hindari air kelapa dalam kemasan yang memiliki varian rasa sebab cenderung mengandung gula yang lebih tinggi, serta kalori yang tinggi.

Demikian beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan. Setelah minum air kelapa anda tentu akan merasa lebih segar. Elektrolit yang hilang setelah anda melakukan aktivitas akan tergantikan dengan elektrolit yang terkandung pada air kelapa. Selain merasakan kenimatakan air kelapa, anda juga akan mendapatkan manfaatnya. Namun, pastikan anda minum air kelapa dengan bijak. Hindari minum air kelapa berlebihan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Selain itu, ada beberapa kondisi yang sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa. Untuk mengetahuinya lebih jelas anda bisa melakukan konsultasi pada dokter. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel