10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan – Teh adalah minuman yang biasa dinikmati saat waktu santai. Kesegaran dari teh akan dapat membangkitkan stamina setelah selama seharian melakukan banyak aktifitas. Teh memiliki banyak ragamnya di antaranya yaitu teh hijau, teh hitam dan lain sebagainya.

Teh hijau menjadi salah satu minuman yang banyak disukai karena memiliki rasa yang khas dan nikmat. Teh hijau itu sendiri asalnya dari daun tanaman yang bernama Camellia sinensis. Teh hijau adalah salah satu teh yang biasanya tidak banyak diproses sehingga kandungan antioksidan, serta polifenol yang cukup tinggi dapat dipertahankan. Dimana kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berbagai penelitian menunjukan teh hijau bermanfaat dalam menurunkan berat badan, melindungi tubuh dari penyakit, mengurangi kolesterol dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan, anda bisa simak berikut ini.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Kandungan Pada Teh Hijau

Manfaat teh hijau yang baik salah satunya berasal dari tingginya kandungan antioksidan pada teh hijau. Seperti yang kita ketahui, antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas akan menimbulkan efek buruk bagi tubuh. Berlebihnya radikal bebas akan dapat membuat sel-sel tubuh rusak sehingga akan mengakibatkan penuaan dini dan menyebabkan penyakit, seperti kanker.

Manfaat green tea yang lainnya yaitu didapatkan dari senyawa katekin. Senyawa katekin itu sendiri pada teh hijau mempunyai efek yang baik untuk menghentikan terjadinya kerusakan oksidatif sel-sel tubuh. Selain itu, pada teh hijau terkandung asam folat, vitamin B, mangan, magnesium, kalium dan kafein.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh hijau mengandung nutrisi dan senyawa yang akan memberikan efek positif. Anda bisa mendapatkan manfaat teh hijau untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Adapun manfaat teh hijau untuk kesehatan di antaranya seperti berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolesterol pada darah tinggi melampaui kadar normalnya. Kondisi kolesterol tinggi ini tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak seperti lilin. Kolesterol sebagian besar diproduksio hati, namun sebagian lainnya bisa didapatkan melalui makanan yang anda konsumsi.

Meskipun kolesterol dibutuhkan, namun kadar kolesterol yang tinggi atau berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatan seperti misalkan stroke atau serangan jantung. Kolesterol tinggi itu sendiri dapat disebabkan karena faktor genetik ataupun karena konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol atau anda kurang melakukan olahraga.

Teh hijau berdasarkan penelitian memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan menurut studi lainnya menyatakan kandungan polifenol yang terdapat pada teh hijau dapat menghalangi usus menyerap kolesterol, serta dapat menyingkirkannya.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian lainnya menyatakan teh hijau mengandung antioksidan yang akan mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, terutama pada penyakit arteri koroner. ( Baca juga : 13 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan )

2. Menyehatkan Mulut

Teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Teh hijau mengandung senyawa polifenol yang bisa membantu mengobati peradangan yang terjadi pada gusi, serta gigi. Dibandingkan dengan teh hitam atau teh olong, pada teh hijau terkandung katekin yang lebih banyak.

Menurut berbagai penelitian menyatakan bahwa, jenis katekin yang banyak pada daun teh yaitu Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bersifat antimutagenik, antidiabetik, antivirus dan antibakteri.

EGCG akan mencegah pembentukan biofilm bakteri pada mulut berbentuk plak. Oleh karena itu, apabila anda rutin mengonsumsi teh hijau saat pagi akan membantu mencegah terjadinya plak pada gusi dan gigi anda sehingga akan tetap sehat.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan gigi yang lainnya seperti berikut ini:

  • Mengontrol pertumbuhan bakteri. Apabila pertumbuhan bakteri terbatas, akan membuat menurunnya tingkat keasaman air liur. Sehingga efeknya akan dapat mencegah kondisi gigi berlubang.
  • Menyehatkan gusi. Zat antiperadangan terdapat pada EGCG yang akan membantu mencegah penyakit gusi.
  • Menyegarkan nafas. Jika anda ingin membuat nafas lebih segar, anda bisa mengonsumsi teh hijau. Efeknya  anda akan terhindar dari masalah bau mulut.
  • Mencegah terjadinya masalah gigi yang berkelanjutan. Kandungan EGCG pada teh hijau akan mencegah terjadinya masalah gigi berlubang, dimana pada rongga mulut keasamannya akan menurun dan penyakit gusi akan reda. Tidak hanya itu, teh hijau dapat membantu mencegah gigi lepas.

3. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan untuk setiap wanita. Berat badan yang berlebih, selain akan membuat penampilan terganggu juga akan dapat memicu munculnya penyakit. Penting untuk menjaga agar berat badan tetap ideal untuk menunjang kesehatan, juga penampilan.

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, anda mungkin melakukan berbagai metode diet untuk menurunkan berat badan namun berat badan tidak kunjung turun. Nah, untuk menurunkan berat badan tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan teh hijau. Mengonsumsi teh hijau akan melancarkan diet yang anda jalankan untuk menurunkan berat badan. Katekin yang terkandung pada teh hijau akan membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga pembakaran lemak akan lebih cepat.

Meskipun begitu, anda jangan hanya mengandalkan teh hijau saja untuk menurunkan berat badan. Dengan konsumsi teh hijau berat badan anda tidak akan langsung turun. Anda tetap harus mengimbanginya dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup. Selain itu, teh hijau harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup, takaran maupun waktu yang tepat dalam konsumsi teh hijau untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh manusia pada dasarnya memiliki sistem kekebalan atau sistem daya tubuh untuk melawan mikroorganisme yang akan menyebabkan penyakit.  Meskipun begitu, bukan berarti dalam mencegah penyakit sistem imunitas tubuh tidak bisa gagal. Kuman terkadang tetap bisa menyerang tubuh anda dan menyebabkan anda sakit, terlebih lagi jika daya tahan tubuh sedang dalam keadaan lemah. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan yang tepat dan sehat. Terdapat beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya teh hijau. Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Antiokisdan ini bisa membuat kekebalan tubuh anda meningkat sehingga tidak rentan terserang virus ataupun bakteri yang akan membuat anda sakit.

5. Relaksasi

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Teh hijau mengandung theanin yang terkenal akan manfaatnya yang dapat memberikan ketenangan ketika dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan anda menyeduh teh hijau dengan tepat. Anda jangan menyeduh teh hijau dengan menggunakan air mendidih. Pasalnya, katekin pada teh hijau pada suhu yang tinggi bisa rusak. Untuk menyeduh teh hijau, suhu yang paling optimal yaitu 70 hingga 75 derajat Celcius. Agar cita rasanya semakin nikmat, anda bisa menambahkan lemon ke dalamnya. Vitamin C akan menjadikan penyerapan katekin lebih optimal. Sebaiknya anda menghindari teh hijau dicampurkan dengan susu karena penyerapan dalam usus akan menurun.

6. Menyehatkan Sendi

Menurut beberapa penelitian menunjukan, EGCG pada teh hijau akan dapat mencegah penyakit rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis atau yang selama ini kita kenal dengan ramatik bisa menyebabkan radang, kaku, nyeri dan bengkak pada sendi. Dimana penyebab penyakit yang satu ini yaitu karena autoimun. Seseorang yang mengalami penyakit ini tentunya akan terganggu. Anda tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Nah, dengan EGCG produksi molekul oleh sistem imun yang bisa menyebabkan rematik berdasarkan penelitian bisa dihentikan. Efeknya, dengan mengonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi inflamasi dan terjadinya kerusakan pada sendi.

7. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan glukosa atau kadar gula pada darah di atas batas normal. Penumpukan glukosa pada darah terjadi karena sel tubuh tidak menyerap dengan baik sehingga akan timbul berbagai masalah pada tubuh. Apabila tidak dikontrol dengan baik, penyakit ini akan dapat menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan penderitanya.

Teh hijau diketahui memiliki manfaat yang baik untuk penyakit diabetes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan, teh hijau bermanfaat dalam meningkatkan kinerja insulin, serta pada penderita diabetes dapat membantu mengurangi kadar gula.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau mengandung kafein namun tidak sebanyak kopi. Teh hijau mampu menjaga kinerja otak tetap efektif untuk melakukan tugasnya sehari-hari sehingga anda dapat berpikir lebih baik. Kafein yang terkandung pada teh hijau bekerja pada otak, caranya yaitu dengan membuat neuron meningkat yang akan memberikan efek konsentrasi.

Selain itu, kafein memiliki kinerja untuk membuat kemampuan otak meningkat pada berbagai bagian yang akan fokus terhadap mood, daya ingat, daya konsentrasi serta reaksi pada waktu. Sehingga kemungkinan terjadinya kerusakan pada otak akan menurun seperti misalkan penyakit Parkinson dan Alzheimer.

9. Mengobati Flu

Influenza atau flu merupakan infeksi virus pada sistem pernapasan. Ada beberapa gejala yang akan dirasakan ketika anda terserang flu, di antaranya yaitu sakit kepala, demam, batuk-batuk, menurunnya nafsu makan, pegal-pegal dan tenggorokan terasa sakit.

Seseorang akan rentan mengalami flu jika daya tahan tubuhnya sedang lemah. Untuk membantu pertahanan tubuh yang sedang turun, anda bisa menyeduh teh hijau. Saat anda minum teh ini, maka vitamin C akan turut larut untuk membangun sistem imun. Efeknya akan membuat gejala flu mereda.

10. Menjaga Kesehatan Hati

Teh hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Hati memiliki tugas penting untuk melawan infeksi, pembekuan darah serta membuang racun.

Pada teh hijau terkandung banyak katekin. Dimana antioksidan yang satu ini akan dapat menghambat atau bahkan menghentikan proses oksidasi pada tubuh. Dimana proses oksidasi itu sendiri merupakan proses kimia pada tubuh yang menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas akan merusak sel pada tubuh dan menyebabkan terjadinya peradangan.

Tubuh seringkali memproduksi antioksidan lebih sedikit dibandingkan dengan radikal bebas. Dimana terlalu banyaknya radikal bebas akan membuat keseimbangan tubuh terganggu, terutama organ hati. Oleh karena itu, diperlukan tambahan antioksidan dari luar untuk membasmi radikal bebas dalam darah.

Zat antioksidan atau katekin yang terkandung pada teh hijau dapat menjaga dan membantu fungsi hati dari kerusakan akibat bahan beracun, seperti misalkan alkohol. Selain itu, antioksidan pada teh hijau tersebut akan melindungi sel hati dari kerusakan oleh radikal bebas.

Nah, itulah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan. Meskipun teh hijau memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, namun anda tetap harus bijak dalam mengonsumsinya. Pastikan anda mengonsumsi teh hijau sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu banyak karena bisa jadi menyebabkan efek samping. Jika anda memiliki kondisi tertentu, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai konsumsi teh hijau.

Selain itu, anda harus mengetahui bahwa tidak hanya satu makanan yang dapat melindungi anda dari penyakit. Meskipun anda mengonsumsi teh hijau dengan rutin untuk mendapatkan manfaatnya, namun akan sia-sia apabila anda menerapkan gaya hidup yang buruk. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak menggantungkan kesehatan anda pada jenis asupan tertentu saja. Anda harus tetap memperhatikan pola makan anda, mencukupi waktu istirahat, rutin berolahraga serta dapat mengelola stres dengan baik. ( Lihat juga : Manfaat Jahe )

Efek Samping Teh Hijau Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Banyak manfaat teh hijau untuk tubuh yang akan kita dapatkan. Namun, konsumsi yang berlebihan justru tidak baik dan akan menyebabkan efek samping. Nah, berikut ini beberapa efek samping konsumsi teh hijau dengan berlebihan.

  • Penyerapan Zat Besi Terganggu

Pada teh terkandung antiokisdan yang disebut sebagai flavonoid. Dimana kandungan antioksidan yang satu ini akan dapat melindungi kita dari radikal bebas yang dapat menyebabkan rusaknya sel-sel dalam tubuh. Hanya saja, kandungan flavonoid pada teh hijau dapat mengikat zat besi. Akibatnya tubuh tidak bisa menyerap zat besi.

Teh hijau yang diminum saat waktu makan atau setelah makan akan dapat membuat penyerapan zat besi berkurang sampai sekitar 70 persen. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika anda tidak meminum teh hijau ketika anda makan atau setelah beberapa jam anda makan.

  • Kelebihan Kafein

Minuman dari teh hijau di dalamnya terkandung kafein yang dapat menimbulkan efek samping seperti misalkan jantung berdebar, sakit perut, gelisah, kecemasan, insomnia dan tremor. Jumlah kafein itu sendiri pada setiap produk berbeda-beda. Pada setiap kantung teh hijau yang diseduh terkandung kafein sekitar 30 miligram.

Jika anda meminum teh hijau terlalu sering, akan membuat anda ketergantungan pada kafein. Sehingga jika anda tidak mendapatkan kafein akan membuat anda mengalami gejala putih kafein seperti misalkan ngantuk, pusing, mudah emosi dan sakit kepala.

  • Komplikasi

Konsumsi teh hijau terbilang aman. Hanya saja, jika konsumsinya berlebihan akan membuat kondisi medis seseorang menjadi bertambah buruk. Misalkan pada seseorang yang mengalami diare akan mengalami masalah pencernaan yang semakin parah.

Untuk anda yang memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya anda harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi, termasuk teh hijau. Untuk menghindarkan anda dari efek samping teh hijau, alangkah lebih baiknya jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Anda bisa bertanya berapa jumlah teh hijau yang aman untuk dikonsumsi.

  • Kelebihan Kalori

Meskipun sehat, namun jika anda mengonsumsi teh hijau dengan berlebihan akan membuat anda kelebihan kalori, terlebih lagi jika anda minum teh hijau kemasan yang mana biasanya minuman tersebut sudah ditambahkan pemanis dan gula. Dimana pemanis dan gula tersebut tentunya mengandung kalori.

Jika kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar akan membuat lemak tubuh anda meningkat yang akan menyebabkan kondisi seperti diabetes melitus dan obesitas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel