13 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

5/5 (1)

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan – Sirih adalah tanaman asli Indonesia dengan aroma yang khas. Dimana aromanya ini menjadi daya tarik dari tanaman sirih. Sirih biasanya dimanfaatkan daunnya untuk menyirih dengan cara dikunyah oleh orang tua zaman dulu. Sirih merupakan salah satu herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini tumbuhnya merambat pada batang pohon lain dengan bentuk daun yang lebar. Tanaman ini juga kaya akan berbagai kandungan di dalamnya seperti saponin, eugenol, tannin, serta aneka jenis minyak esensial. Dimana dengan kandungannya tersebut membuat daun sirih bermanfaat bagus bagi kesehatan. Selain itu, daun sirih juga terkenal sebagai antiinflamasi, antiseptik dan dapat mendinginkan kulit.

Apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan? Nah, berikut ini kami jelaskan beberapa manfaat daun sirih hijau dan merah untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih memang sudah dikenal sejak lama. Daun sirih biasanya sering dimanfaatkan untuk kesehatan maupun kecantikan. Adapun beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Tipe  2

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi air rebusan daun sirih atau daun sirih yang sudah dikeringkan, kemudian dihaluskan hingga bubuk dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada seseorang yang baru didiagnosis mengalami diabetes tipe 2. Selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk melindungi hati. ( Baca juga : Lidah Buaya )

Manfaat daun sirih bagi penderita diabetes didapatkan karena tingginya kandungan antioksidan pada  daun sirih yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab rusaknya sel-sel tubuh yang menyebabkan hormon insulin tidak seimbang. Penelitian lainnya juga menyatakan bahwa daun sirih tidak akan menimbulkan efek samping apapun.

Namun, meskipun begitu anda jangan memanfaatkan daun sirih sebagai satu-satunya obat diabetes. Jika anda sudah diresepkan obat diabetes oleh dokter, maka sebelum anda meminum air rebusan daun sirih sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter untuk memastikan bahwa tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Daun sirih digunakan hanya sebagai pendamping obat medis yang  diresepkan oleh dokter dengan mengubah pola makan serta rajin melakukan olahraga.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun sirih tinggi akan kandungan antioksidan. Antioksidan eugenol kerjanya yaitu melawan radikal bebas yang dapat memicu stres oksidatif yang menjadi penyebab penyakit kronis. Khasiat daun sirih yang memiliki kaitan dengan hal ini yaitu dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, kolesterol LDL, serta lemak jahat yang terdapat pada tubuh. Selain itu, daun sirih dapat mengurangi jumlah lemak total pada darah.

Tingginya kolesterol, serta trigliserida akan meningkatkan penyakit kardiovaskular, stroke, hipertensi, jantung koroner, serta gagal jantung. Daun sirih hijau dan daun sirih merah dapat membantu meningkatkan kolesterol baik pada darah yang akan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat daun sirih hijau ataupun daun sirih merah diketahui dapat meningkatkan produksi lendir yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan. Produksi lendir tersebut akan dapat mencegah terjadinya luka pada lambung atau dinding usus yang bisa terjadi akibat berbagai hal.

Daun sirih diketahui efektif untuk mengurangi sakit pada lambung, meredakan gejala GERD, serta usus terlindungi dari racun maupun radikal bebas berbahaya. Selain itu, manfaat daun sirih untuk kesehatan sistem pencernaan yang lainnya yaitu dapat membuat pH lambung kembali normal dalam meredakan penyakit maag, refluks asam lambung, serta rasa sakit yang ditimbulkan akibat perut kembung.

Daun sirih juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme sistem pencernaan agar bekerja lebih baik saat membuang limbah yang terdapat pada tubuh. Bahkan dengan mengunyah daun sirih air liur produksinya dapat meningkat yang akan mengikat serta melembutkan makanan. Efeknya, menelan serta pengiriman makanan ke saluran cerna menjadi lebih lancar. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena kerja sistem pencernaan anda menjadi lebih mudah.

Dengan begitu, mengonsumsi daun sirih akan mencegah terjadinya diare atau sembelit. Daun sirih juga bermanfaat untuk merangsang usus dalam penyerapan nutrisi, serta mineral yang penting untuk kesehatan.

4. Mengatasi Radang Tenggorokan

Ketika anda mengalami radang tenggorokan tentu anda akan merasa tidak nyaman. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan tersebut akan membuat anda kesulitan berbicara ataupun menelan. Kondisi ini tentunya jangan dibiarkan terlalu lama untuk mencegah kondisi semakin parah. Untuk mengobatinya, anda bisa mencoba menggunakan cara tradisional atau cara alami. Terdapat tanaman herbal yang sejak dulu diyakini dapat membantu mengatasi radang tenggorokan, salah satunya yaitu daun sirih.

Pada daun sirih terkandung antioksidan alami yang dapat membantu menghambat tumbuhnya bakteri, serta produksi zat asam yang dihasilkan oleh bakteri akan berkurang. Tidak hanya di Indonesia saja, kepopuleran daun sirih sebagai obat tradisional juga terkenal di Cina dan India, terlebih lagi dalam memelihara kesehatan mulut dan gigi.

Menurut berbagai sumber, air rebusan daun sirih merah akan membantu meringankan batuk yang disebabkan karena radang tenggorokan, sebab mengandung vitamin C, vitamin B dan alkaloid yang berperan dalam meredakan peradangan. Hanya saja, jika perawatan rumahan yang anda lakukan tidak memberikan hasil yang bagus, maka sebaiknya anda periksakan kondisi anda ke dokter.

5. Menyembuhkan Luka

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar yang ringan. Manfaatnya ini memiliki kaitan dengan antioksidan yang terkandung pada daun sirih. Pada seseorang yang mengalami luka bakar, stres oksidatif dapat meningkat. Dimana hal ini akan menghambat terjadinya penyembuhan luka. Tidak hanya itu saja, daun sirih menjadi antiseptik yang bagus. Tanaman yang satu ini akan dapat melindungi dari infeksi kuman sebab mengandung polifenol yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaatnya dalam membantu penyembuhan luka, anda harus menyiapkan daun sirih, madu dan kain tipis. Kemudian cuci daun sirih hingga bersih. Lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, anda bisa meletakannya pada kain tipis dan peras hingga keluar airnya. Tambahkan secukupnya madu. Aduk sampai merata. Selanjutnya anda bisa mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat luka.

6. Menangkal Penyakit Kanker

Penyakit kanker menjadi penyakit yang paling ditakutkan. Penyakit ini terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh tidak terkendali yang akan menyebabkan rusaknya jaringan tubuh yang normal. Sel-sel pada tubuh manusia yang tidak sehat, sudah tua dan tidak berfungsi akan mati dengan alami. Sedangkan sel kanker tidak mati dengan sendiri. Dimana sel kanker ini akan mengganda dalam jumlah yang tidak bisa lagi dikendalikan. Dimana perubahan ini dapat memicu sel kanker tumbuh.

Penyakit kanker bisa menyerang siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mulai dari balita sampai orang dewasa, laki-laki atau wanita dapat mengalami kanker, bahkan untuk mereka yang sudah menerapkan gaya hidup cukup sehat.

Untuk mencegah penyakit kanker, daun sirih diketahui memiliki manfaatnya. Pada daun sirih terkandung senyawa alami seperti misalkan saponin, flavonoid, tanin dan alkaloid yang dapat membantu melawan sel kanker, serta tumor.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Mulut menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan terhadap pertumbuhan bakteri dari makanan yang anda konsumsi. Dengan mengunyah daun sirih atau berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih terbukti dapat mencegah bakteri mulut tumbuh. Selain itu, daun sirih bermanfaat dalam mencegah gigi berlubang, dimana asam yang dihasilkan oleh bakteri akan dilawan.

Tidak hanya itu, dengan mengunyah daun sirih beserta biji pinang diketahui bisa memicu produksi air liur. Pada air liur terkandung aneka jenis protein, serta mineral yang dapat menjaga kekuatan gigi dan penyakit gusi dapat dicegah. Air liur juga bermanfaat dalam membersihkan gusi dan gigi sari sisa makanan yang anda konsumsi atau kotoran yang menempel pada gigi.

8. Mimisan

Mimisan merupakan pendarahan yang keluar dari hidung. Darah yang keluar bisa dari salah satu lubang hidung atau dari kedua lubang hidung dengan durasi yang berbeda. Beberapa orang mengalaminya dalam waktu yang sebentar atau hanya beberapa detik saja. Namun, ada juga yang mengalaminya hingga lebih 10 menit.

Kondisi ini terkadang membuat kepanikan dan menakutkan, apalagi jika mimisan terjadi pada anak-anak ataupun lansia. Terdapat beberapa kelompok orang yang mempunyai risiko tinggi mengalami mimisan, yakni anak berusia 2 hingga 10 tahun, ibu hamil, lansia, seseorang yang sering minum obat pengencer darah, obat antikoagulan dan orang yang mengidap kelainan darah.

Nah, salah satu manfaat daun sirih yang terkenal sejak dulu yaitu membantu mengobati mimisan. Dimana kerja daun sirih dalam mengobati mimisan yaitu mirip dengan daun sirih dalam menyembuhkan luka bakar.

Antioksidan tanin yang terkandung pada daun sirih akan membantu mempercepat respon tubuh dalam penyembuhan luka, dimana pembekuan darah akan lebih cepat, serta sobekan pembuluh darah di hidung menutup.

Selain itu, menurut penelitian daun sirih akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh anda semakin kuat, maka proses penyembuhan luka atau peradangan akan menjadi lebih cepat.

9. Mengobati Batuk

Batuk terus menerus tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Belum lagi rasa tidak nyaman dan sakit pada tenggorokan akan sangat menyiksa. Untuk mengobati batuk saat ini banyak obat batuk yang bisa dimanfaatkan.

Namun, selain itu anda bisa mengobati batuk dengan cara alami. Daun sirih merah diketahui sebagai obat alami untuk membantu meringankan batuk. Pada sirih merah terkandung vitamin B, vitamin C dan alkaloid yang akan membantu dalam meredakan radang pada tenggorokan yang menjadi penyebab tenggorokan gatal dan batuk. Untuk mendapatkan manfaat daun sirih dalam mengobati batuk, anda bisa simak caranya di bawah ini.

  • Pertama-tama, silakan siapkan terlebih dahulu daun sirih merah sebanyak 5 lembar. Lalu cuci daun sirih tersebut hingga bersih.
  • Setelah dicuci, anda bisa merebusnya dengan menggunakan air sebanyak 300 ml selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.
  • Anda bisa meminumnya 1 kali sehari.

10. Mencegah Karies Gigi

Karies gigi merupakan kondisi dimana munculnya lubang pada gigi. Masalah gigi yang satu ini disebabkan karena bakteri. Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa daun sirih merah bisa membantu dalam menghilangkan karies gigi, sebab bahan yang satu ini mengandung flavonoid, minyak atsiri, alkanoid, serta senyawa fenolik.  Pada dasarnya semua senyawa ini aktif terhadap bakteri yang menjadi penyebab karies gigi, yakni bakteri mutans. Hasilnya cukup memuaskan, sebab minyak esensial sirih merah mempunyai efek dalam menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

11. Mengobati Radang Prostat

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang lainnya yaitu dapat membantu mengobati radang prostat. Pada daun sirih merah terkandung antioksidan tanin, serta saponin dan zat aktif hydroxychavicol yang akan membantu dalam memperbaiki sel di kelenjar prostat sehingga akan bekerja atau berfungsi dengan normal.

Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya yaitu dengan menyiapkan daun sirih merah sebanyak 3 hingga 5 lembar. Pastikan anda menyiapkan daun sirih yang masih muda. Kemudian rebus dengan air dan anda bisa meminum air rebusannya 3 kali sehari.

12. Mencegah Bau Badan

Memiliki bau badan tentu akan sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri. Bau badan disebut juga dengan istilah bromihidrosis. Bau badan dapat terjadi saat bakteri pada tubuh bertemu dengan keringat dan berkembang biak. Bau badan yang timbul ini muncul atau dihasilkan dari pemecahan protein keratin oleh bakteri di kulit. Kondisi ini biasanya lebih sering dialami oleh orang yang sedang dalam masa pubertas, sebab hormon androgen meningkat.

Untuk mengurangi bau badan atau bau keringat, anda bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan daun sirih. Kandungan pada daun sirih seperti kavinol, eogenol, karvakol, serta zat samak dapat mengatasi bau badan.

13. Menurunkan Depresi

Depresi adalah penyakit mental yang sangat menyiksa penderitanya. Penderita akan merasa gelisah, murung, kesal dan emosinya tidak stabil.

Nah, daun sirih memiliki manfaat untuk menurunkan depresi. Dengan mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat membantu menurunkan gejala depresi. Menurut penelitian para ahli, dengan konsumsi daun sirih hormon serotonin akan diproduksi otak sehingga akan membuat kita merasa bahagia.

Waspada Efek Samping Daun Sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Meskipun daun sirih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, namun anda tetap harus waspada akan efek samping yang ditimbulkan, terlebih lagi  jika anda memiliki kebiasaan menyirih.

Jika terlalu sering menyirih diketahui memiliki risiko tinggi dalam memicu kanker tenggorokan dan kanker mulut. Sebab bahan-bahan yang digunakan seperti daun sirih, kapur, biji pinang dan tembakau yang biasanya dikunyah memiliki sifat karsinogenik atau bersifat memicu kanker. Selain itu, bahan yang digunakan untuk menyirih sifatnya keras dan bisa menyebabkan timbulnya luka pada mulut, terlebih lagi jika kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat dihentikan. Apabila sudah cukup parah, hal ini akan membuat mulut serta rahang kaku, akibatnya akan sulit digerakan.

Selain itu, manfaat daun sirih untuk ibu hamil juga belum dipastikan aman sepenuhnya. Beberapa penelitian melaporkan bahwa dengan menyirih akan dapat menyebabkan DNA janin mengalami perubahan genetik yang berbahaya untuk kandungan. Ibu hamil yang memiliki kebiasaan menyirih juga memiliki risiko melahirkan bayi dengan berat kurang atau di bawah normal. Oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil menghindari menyirih.

Demikian manfaat daun sirih untuk kesehatan. Jika anda akan menggunakan daun sirih untuk pengobatan, alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin akan terjadi. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel