9 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Tanaman yang satu ini dapat membantu mencegah hingga menyembuhkan penyakit. Tanaman yang mudah sekali tumbuh ini sudah sering dimanfaatkan bahkan sejak dulu.

Dalam kehidupan sehari-hari, lidah buaya sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Lidah buaya juga biasanya dijadikan bahan olahan untuk membuat minuman segar.

Nah, lidah buaya atau aloe vera ini menghasilkan dua bahan, yakni getah dan gelnya. Dimana kedua bahan ini sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Lantas apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan?

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Gel dan Lateks Lidah Buaya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bagian lidah buaya yang sering dimanfaatkan yaitu gel dan lateksnya. Gel lidah buaya didapatkan dari sel yang terdapat di bagian tengah kulit lidah buaya. Lateks didapatkan dari sel bawah lapisan kulit aloe vera.

Gel lidah buaya sering dimanfaatkan untuk bahan krim, salep, lotion dan lain sebagainya. Untuk lateks sering dimanfaatkan dalam pembuatan zat kering, seperti misalkan suplemen.

Selain diproduksi menjadi obat-obatan, masyakarat sering memanfaatkan lidah buaya langsung. ( Baca juga : Manfaat Madu Untuk Kesehatan )

Beberapa Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Tidak banyak orang yang tahu akan khasiat lidah buaya untuk kesehatan, karena biasanya tanaman yang satu ini lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Nah, untuk anda yang ingin tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengobati Bekas Luka

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan mulus. Hanya saja, terkadang keberadaan bekas luka pada kulit sangat mengganggu. Agar tidak terlihat, anda mungkin akan menyamarkannya dengan menggunakan bantuan make up atau menggunakan pakaian yang menutupi bekas luka tersebut.

Bekas luka yang terdapat pada kulit sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan cara alami. Bahan alami yang dipercaya efektif mengatasi bekas luka yaitu lidah buaya. Lidah buaya yang selama ini kita kenal bermanfaat bagus untuk kecantikan dan kesehatan rambut, juga bermanfaat untuk mengobati bekas luka pada kulit.

Lidah buaya mengandung berbagai anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit tanpa menimbulkan efek samping. Berdasarkan beberapa penelitian menyatakan bahwa pada gel lidah buaya terkandung asam amino serta lignin yang akan membuat kulit lebih lembab, regenerasi sel lebih cepat dan mencegah peradangan terjadi.

Nah, untuk mendapatkan manfaat gel lidah buaya dalam mengatasi bekas luka, simak caranya berikut ini.

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan lidah buaya. Anda harus menyiapkan lidah buaya yang masih segar.
  • Kemudian belah lidah buaya yang sudah anda siapkan tersebut. Ambil gelnya saja.
  • Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ini pada kulit yang terdapat bekas luka setiap sudah mandi. Anda harus mengoleskan gel lidah buaya dengan merata.
  • Jangan dulu dibilas, namun didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam sampai gel lidah buaya benar-benar meresap pada kulit anda.
  • Jika sudah seperti itu, anda bisa membilas kulit anda sampai benar-benar bersih.

Saat mengoleskan gel lidah buaya anda harus melakukannya dengan hati-hati. Getah lidah buaya jangan sampai mengenai kulit anda karena dapat menimbulkan iritasi dan gatal-gatal. Hindari menggunakan lidah buaya untuk perawatan kulit 2 minggu pertama setelah anda mengalami luka.

2. Mengurangi Sembelit

Apakah anda pernah mengalami kondisi dimana frekuensi buang air besar lebih jarang dibandingkan biasanya? Kondisi tersebut disebut juga dengan sembelit atau konstipasi.

Setiap orang sesekali tentunya pernah mengalami sembelit atau konstipasi. Kondisi ini biasanya hanya berlangsung sebentar dan bukan menjadi masalah yang serius. Namun, tingkat keparahan sembelit pada setiap orang itu sendiri berbeda-beda. Pada beberapa penderita, sembelit menjadi kronis saat terjadi berulang hingga beberapa kali selama 3 bulan. Sembelit kronis ini tentu akan sangat mengganggu.

Sembelit dapat disebabkan karena pola makan yang kurang sehat. Bahkan masalah medis tertentu dapat menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Pada anak-anak, selain disebabkan karena masalah tersebut biasanya juga disebabkan karena kebiasaan menahan buang  air besar. Stres yang dialami juga terkadang dapat menyebabkan sembelit. Sangat penting untuk menerapkan pola makan yang sehat untuk mengatasi sembelit. Selain itu, pemberian obat pun terkadang dilakukan untuk mengatasi sembelit yang anda alami.

Lidah buaya dapat membantu mengobati masalah sembelit. Lidah buaya mengandung polisakarida yang akan membantu tubuh untuk mencerna nutrisi yang terdapat pada makanan sehingga menjadi lebih sempurna. Efeknya gizi yang terkandung bisa terserap lebih sempurna. Selain itu, makromolekul bisa membantu melunakan tinja yang akan membuat proses ekresi lebih mudah.

Selain dapat membantu mengobati sembelit, lidah buaya juga sebenarnya dapat membantu mengobati diare dan tukak lambung. Hanya saja, apabila anda masih ragu akan khasiat lidah buaya ini, tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi pada dokter.

3. Mengobati Sariawan

Sariawan merupakan luka yang terdapat di dalam mulut yang menimbulkan rasa sakit. Karena rasa sakit yang ditimbulkan begitu menyiksa, kondisi ini membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Bahkan tak jarang membuat para penderitanya kehilangan nafsu makan.

Luka yang terbentuk di dalam mulut biasanya berbentuk bulat atau oval, warnanya putih atau kuning dengan tepian berwarna merah karena peradangan. Lokasinya bisa terjadi pada bagian dalam bibir atau pipi, serta di permukaan lidah dan gusi. Bahkan sariawan yang muncul bisa lebih dari satu. Umumnya sariawan bukanlah masalah kesehatan yang menular. Hanya saja, beberapa kasus sariawan disebabkan akibat infeksi virus.

Pada umumnya sariawan bisa pulih dengan sendirinya. Tetapi penderitanya bisa melakukan perawatan sendiri agar rasa sakit berkurang, seperti menghindari makanan bercita rasa pedas, menghindari penyebab atau pemicu sariawan dan lain sebagainya.

Terdapat beberapa obat alami yang dipercaya dapat membantu mengatasi sariawan, salah satunya yaitu lidah buaya. Pada lidah buaya terkandung nutrisi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada mulut, lidah maupun area mulut lainnya. Gel dari lidah buaya juga akan memberikan efek dingin serta nyaman pada bagian mulut yang terdapat sariawan.

Meskipun manfaat lidah buaya kurang dikenal dalam mengobati sariawan, penggunaannya telah dibuktikan pada sebuah studi yang dilakukan 7 hari pada 180 orang yang menderita sariawan dengan mengaplikasikan gel lidah buaya. Hasilnya, lidah buaya dapat membuat penyembuhan lebih cepat dan rasa sakit pada luka menjadi berkurang.

4. Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi atau gusi anda. Plak gigi itu sendiri terlihat seperti lapisan berwarna putih atau kuning yang umumnya terdapat di gigi dan sulit dihilangkan meskipun sudah dibersihkan. Plak gigi dapat terbentuk karena berbagai macam bakteri yang menempel pada gigi dan akan semakin terlihat ketika gigi tidak dibersihkan atau disikat.

Plak gigi terjadi saat makanan yang dikonsumsi seperti permen, kue, susu, makanan yang mengandung karbohidrat dan minuman ringan tertinggal pada gigi. Lalu bakteri pada mulut akan mengeluarkan asam yang bisa menghancurkan enamel gigi yang dapat membuat gigi berlubang. Nah, apabila masalah ini dibiarkan, plak akan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, gusi hingga tulang yang mendukung gigi.

Berdasarkan sebuah penelitian menemukan bahwa dengan membilas mulut menggunakan jus lidah buaya, 100 persen keefektifannya sama dengan obat kumur dalam mengurangi terbentuknya plak. Hal ini disebabkan karena lidah buaya bersifat antibakteri dapat membunuh, serta mencegah tumbuhnya S.mutans. Bakteri utama yang memiliki keterlibatan terhadap penyakit mulut.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat tentunya akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, selain melakukan perawatan diklinik kecantikan atau menggunakan produk mahal, anda bisa memanfaatlan lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang di dalamnya terkandung banyak antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat bermanfaat dalam melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Radikal bebas bisa membuat kulit terlihat lebih tua dan kusam. Selain itu, pada lidah buaya terkandung senyawa yang ampuh menteralkan efek radiasi dari sinar UV.

Jus yang terbuat dari lidah buaya akan memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Selain itu, jus lidah buaya akan mencegah garis halus maupun kerutan pada kulit. Bahkan lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan seperti jerawat atau psoriasis pada kulit.

6. Sebagai Sumber Antioksidan

Antioksidan sifatnya menangkal radikal bebas. Apabila dibiarkan radikal bebas akan dapat menyebabkan sel-sel tubuh sehat rusak. Bahkan radikal bebas dapat menjadi penyebab berbagai penyakit seperti jantung, kanker, kemampuan penglihatan berkurang hingga penyakit Alzheimer. Antioksidan menjadi penetraslisir radikal bebas sehingga bisa mencegah penyakit tersebut.

Antioksidan itu sendiri bisa kita temukan pada minuman atau makanan sehari-hari. Antioksidan juga terkandung pada lidah buaya. Pada lidah buaya terdapat salah satu senyawa yang disebut dengan polifenol, yang merupakan senyawa yang memiliki tinggi antioksidan, serta dapat menghambat tumbuhnya bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia.

7. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang bisa membantu memecahkan gula dan lemak agar sistem pencernaan lancar. Jika sistem pencernaan lancar, semua nutrisi dari makanan akan diserap dengan baik dan tubuh akan mendapatkan manfaat baiknya.

Selain itu, lidah buaya juga efektif untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada lambung atau usus. Menurut sebuah studi menyatakan bahwa lidah buaya akan membantu mengurangi rasa sakit pada penderita irritable bowel syndrome (IBS).

8. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan sensasi panas atau sakit sehingga akan membuat anda kesulitan saat makan. Radang tenggorokan itu sendiri biasanya menjadi salah satu gejala penyakit yang berbeda. Selain itu, bisa juga terjadi karena penyakit lainnya seperti demam, flu dan mononukleosis.

Radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin ataupun usia. Semua orang dapat mengalami radang tenggorokan, baik orang dewasa, anak-anak hingga orang lanjut usia.

Menurut sebuah penelitian, tanaman lidah buaya kaya akan kandungan antioksidan. Tanaman lidah buaya ini bisa mempercepat penyembuhan radang. Bahkan antioksidan yang terkandung pada lidah buaya, serta asam lemaknya bisa membantu meredakan gejala peradangan seperti radang sendi, radang tenggorokan, radang usus dan lain sebagainya.

9. Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Saat penderita diabetes tipe 2 minum jus lidah buaya dengan teratur, vitamin yang terdapat pada lidah buaya akan dapat membuat sensitivitas insulin meningkat dan dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Oleh karena itu, lidah buaya juga terkenal manfaatnya sebagai obat diabetes alami. Meskipun begitu, sebaiknya hindari mengonsumsinya dengan berlebihan. Pasalnya berdasarkan penelitian menyatakan bahawa konsumsi lidah buaya yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan hati. Mengenai manfaat lidah buaya dalam mengobati diabetes sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Efek Samping Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Lidah buaya sering digunakan pada kulit untuk perawatan kecantikan. Menggunakan lidah buaya pada kulit dipercaya aman. Hanya saja, sesekali dapat menimbulkan efek samping, seperti menyebabkan kulit terbakar atau gatal-gatal. Jika anda mengalami kondisi ini saat atau setelah pemakaian lidah buaya, sebaiknya anda segara hentikan pemakaian.

Berbeda dengan gel lidah buaya, mengonsumsi lateks lidah buaya dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan sakit perut dan kram. Konsumsi lateks lidah buaya dalam waktu yang lama akan menyebabkan masalah pada ginjal, berat badan menurun, diare, otot melemah, terdapat darah pada urine, hingga gangguan pada jantung. ( Lihat juga : 15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan )

Orang yang Harus Menghindari Konsumsi Lidah Buaya

Saat ini telah banyak produk lidah buaya di pasaran. Dimana konsumsi produk lidah buaya ini harus dilakukan dengan teliti, jangan asal-asalan. Anda harus membaca terlebih dahulu informasi yang terdapat pada kemasan untuk mengetahui apakah kondisi anda cocok atau tidak mengonsumsi lidah buaya. Pasalnya, terdapat beberapa orang yang tidak dianjurkan mengonsumsi lidah buaya. Berikut ini, kelompok orang yang sebaiknya menghindari lidah buaya:

  • Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Salah mengonsumsi makanan ditakutkan akan mempengaruhi kesehatan si kecil. Lidah buaya sebaiknya dihindari oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. Pasalnya, dilaporkan lidah buaya memiliki kaitan dengan keguguran serta risiko melahirkan bayi cacat. Maka dari itu, ibu hamil ataupun menyusui sebaiknya menghindari lidah buaya.

  • Anak Usia di Bawah 12 Tahun

Konsumsi lidah buaya juga sebaiknya dihindari oleh anak-anak yang usianya di bawah 12 tahun. Anak pada usia tersebut bisa saja mengalami sakit perut, diare atau kram setelah mengonsumsi lidah buaya. Anak dibawah usia tersebut tidak disarankan mengonsumsi lidah buaya, terkecuali atas anjuran atau dalam pengawasan dokter.

  • Penderita Wasir

Orang yang menderita wasir sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya. Pasalnya, konsumsi lidah buaya akan memperburuk diri sendiri, terutama lateks.

  • Penyakit Ginjal

Berlebihan mengonsumsi lateks lidah buaya dikaitkan dengan kondisi gagal ginjal. Oleh karena itu, guna mencegah bertambah parahnya penyakit ginjal, sebaiknya hindari konsumsi zat tersebut.

  • Menjelang Operasi

Selama dan setelah operasi, lidah buaya akan dapat mempengaruhi kadar gula darah atau mengganggu kadar gula darah. Setidaknya 2 minggu sebelum anda menjalankan operasi, sebaiknya hentikan konsumsi lidah buaya.

  • Masalah Usus

Lateks yang terdapat pada lidah buaya diketahui dapat mengiritasi usus. Oleh karena itu, untuk anda yang memiliki masalah usus sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya.

Untuk menghindari kemungkinan efek samping yang ditimbulkan, sebelum anda menggunakan atau mengonsumsi bahan alami, termasuk lidah buaya untuk masalah kesehatan, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply