7 Tips Makan Sehat Di Hari Raya Idul Fitri

5/5 (1)

Hari raya idul Fitri memang menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Selama kurang lebih 30 hari, umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus selama kuranglebih 13 jam. Maka dari itu, hari raya Idul Fitri menjadi moment untuk merayakan hari kemenangan setelah berpuasa. Tidak heran jika pada hari raya ini, setiap orang muslim menyambutnya dengan penuh suka cita. Tentu, segala sesuatu akan dipersiapkan menjelang hari hari idul Fitri.

Tidak hanya baju lebaran yang harus dipersiapkan menjelang hari raya Idul Fitri. Tentunya berbagai jenis hidangan berupa masakan dan juga kue-kue ikut meramaikan suasana pada saat hari raya idul Fitri. Tidak sedikit orang yang mempersiapkan berbagai jenis olahan masakan untuk menyambut hari raya idul Fitri seperti gulai sapi, sate kambing, opor ayam, ketupat, lontong dan berbagai jenis olahan masakan lainnya.

Merayakan hari raya Idul Fitri tentunya bukan menjadi alasan bagi Anda untuk menghindarkan diri dari makanan yang sehat. Kunci utama agar Anda tetap sehat saat merayakan hari raya Idul Fitri yakni dengan menghidangkan menu makanan serta cemilan yang sehat pula. Bagi Anda yang sudah memutuskan untuk seratus persen hidup sehat tentunya Anda jangan terlena dengan lezatnya masakan pada saat hari raya. Nah, berikut kami sajikan beberapa tips agar tetap sehat saat merayakan hari raya idul fitri. Yuk kita simak saja pemaparan kami di bawah ini!

Tips Makan Sehat Di Hari Raya Idul Fitri

Agar tetap makan sehat saat hari raya tentu menjadi keinginan setiap orang. Namun, makanan yang lezat dapat menggoyahkan niat Anda untuk tetap makan makanan yang sehat. Tidak heran jika pada saat hari raya, hampir semua orang menikmati berbagai olahan masakan yang belum dijamin akan kadar sehatnya. Untuk itu, pada saat hari raya Idul Fitri, Anda disarankan untuk tetap menjaga konsumsi Anda. Jangan sampai Anda terlena dengan sajian makanan yang tentu berdampak buruk bagi kesehatan Anda, terlebih jika Anda mengidap salah satu penyakit kronis. 

Berikut ini kami sajikan beberapa tips makan sehat di hari raya idul Fitri, diantaranya:

Sediakan makanan yang sehat

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan menyiapkan pilihan makanan yang sehat. Tentunya, sajian makanan yang sehat jangan sampai kalah dari hidangan opor ayam, sayur labu, rendang dan juga kue-kue yang tinggi akan kalori. Memang, berbagai jenis makanan tersebut menggugah selera Anda, akan tetapi makanan-makanan tersebut tinggi akan kalori serta sangat rendah serat. Oleh karena itu, imbangilah makanan tersebut dengan menyediakan varian menu buah dan juga sayur agar kebutuhan gizi harian Anda dapat tercukupi dengan sempurna.

Awali hari raya dengan sarapan sehat

Meskipun Anda merayakan hari raya Idul Fitri, namun jangan sampai Anda melewatkan sarapan sehat di pagi hari. Sarapan sehat di hari hara sebelum melaksanakan sholat Id tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Mulailah sarapan Anda dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan vitamin serta makanan lainnya yang mengandung protein yang cukup tinggi. Jangan lupa pula untuk menyisipkan buah agar menu harian Anda terpenuhi. Konsumsi sayuran dan juga telur untuk menu sarapan di hari raya memang lebih baik dibandingkan dengan opor ayam ataupun gulai kambing. Konsumsi sayuran dan juga buah tentunya menjadi pengendali diri jika hidangan yang ada di atas meja mengandung kalori yang sangat tinggi.

Sediakan cemilan yang sehat

Bagaimanapun juga, cemilan yang sehat dapat membantu Anda dalam mengendalikan keinginan Anda untuk makan berlebih. Cemilan yang sehat tentunya dapat menjaga tubuh tetap kenyang sehingga Anda menghindarkan diri dari cemilan yang tidak sehat. Berbagai varian cemilan sehat yang dapat Anda konsumsi diantaranya kacang almond, kacang kulit rebus dan juga buah-buahan yang segar. Meskipun memang terasa tidak terlalu nikmat, namun menu cemilan sehat tersebut dapat membantu Anda untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam darah. Selain itu, cemilan tersebut dapat dengan mudah Anda bawa kemana-mana. Meskipun tidak terlalu booming, cemilan sehat saat lebaran menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki gangguan dan juga masalah kesehatan yang cukup serius.

Konsumsi teh hijau

Fakta mengatakan bahwa konsumsi teh hijau dapat membuat perut Anda menjadi lebih kenyang. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah makan yang berlebihan pada saat hari raya. Teh hijau tentunya kaya akan kandungan antioksidan sehingga dapat menetralisir racun serta mencegah radikal bebas. Hal tersebut tentunya dapat membantu tubuh Anda dalam mempercepat proses metabolisme sekaligus sistem pencernaan kita.

Kontrol porsi makan Anda

Pada saat hari raya, tidak heran jika kita memakan berbagai hidangan seperti membalaskan dendam setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Anda tentunya tidak bisa lepas dari makanan yang tinggi akan kalori pada saat hari raya Idul Fitri. Akan tetapi, menahan diri untuk memakan dalam porsi yang cukup kecil dapat menjadi pilihan yang paling bijak bagi Anda. Jika Anda ingin mengonsumsi cemilan seperti kue seperti kue nastar, Anda tentunya dapat mencoba dengan makan satu atau dua butir saja. Ingat! jangan sampai Anda terlena untuk terus makan cemilan yang berkalori tinggi karena nantinya akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Pilihlah hidangan yang lebih sehat

Ketika Anda memilih menu makanan, pastikan Anda untuk makan makanan yang lebih sehat dulu dan sisanya baru mengonsumsi makanan yang lainnya. Anda tentunya dapat memilih sayuran dan juga varian dari kacang-kacangan terlebih dahulu, lalu kemudian ketupat dan juga opor ayam. Hal ini tentunya bertujuan agar perut Anda dapat kenyang lebih lama dengan mengonsumsi makanan yang sehat sebelum konsumsi makanan yang tinggi akan kalori.

Pilih minuman yang sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat hari raya jamuan berbagai jenis minuman menjadi primadona yang tidak dapat diindahkan. Berbagai jenis minuman seperti soft drink, minuman berwarna serta minuman yang bersoda kerap memenuhi tampilan di meja kita. Hal ini tentunya menjadi pengaruh yang cukup buruk bagi kita jika kita mengonsumsi minuman yang tidak sehat. Untuk itu, pada saat hari raya Idul Fitri, jangan sampai Anda tergiur dengan berbagai jenis minuman yang tidak sehat. Alangkah baiknya jika Anda tidak berlebihan dalam mengonsumsi minuman yang tidak sehat atau sesuai dengan porsi yang dianjurkan.

Mengonsumsi makanan dan juga minuman yang sehat saat hari raya Idul Fitri tentu menjadi hal yang harus Anda lakukan. Mengingat bahwa pada saat hari raya Idul Fitri berbagai jenis olahan makanan dan juga minuman banyak dihidangkan di meja. Maka dari itu, hal ini mengharuskan kita pinter-pinter dalam memilih menu makanan yang sehat untuk tubuh. Itulah beberapa tips makan sehat di hari raya. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply