Tidak Banyak Dilirik, Inilah Manfaat Wheatgrass Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

5/5 (4)

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui akan tanaman yang satu ini. Tanaman wheatgrass atau yang sering disebut dengan rumput gandum merupakan salah satu tanaman alami yang dipercaya sebagai bahan yang paling menyehatkan dan juga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Saat ini, wheatgrass memang menjadi tren kesehatan yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Terlebih bagi Anda yang ingin menjalankan program diet yang sehat. Hal ini dikarenakan wheatgrass berperan penting dalam menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Tidak hanya untuk orang yang program diet, namun whaetgrass juga kerap dikonsumsi oleh penggemar olahraga, penggila fitness, food combining hingga makanan organik. Dikarenakan belum banyak diketahui, maka tidak heran jika banyak orang yang kurang melirik akan khasiat dari tanaman yang satu ini. Rumput gandum bagi warga Indonesia memang belum terbiasa, terkadang banya orang yang mengira bahwa rumput gandum ialah produk yang mahal. Namun, anggapan tersebut tidak selamanya benar dimana wheatgrass memiliki harga yang terjangkau.

Bagi Anda yang belum mengetahui seperti apa whaetgrass tersebut, tentunya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai rumput yang satu ini. Disamping mengenai beberapa hal tentang rumput tersebut, tidak akan terasa lengkap jika kita tidak membahas mengenai manfaat dari wheatgrass ini. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak pemaparan kami di bawah ini!

Apa Itu Wheatgrass?

Wheatgrass merupakan salah satu tanaman yang sering disebut dengan rumput gandum. Jenis rumput ini disebut sebagai salah satu makanan super. Meksipun rumput gandum populer di kalangan masyarakat, namun rumput gandum ini sangat dikenal di para pelaku diet sehat. Rumput gandum ini tentunya mengandung mikronutrien seperti vitamin C, lisin, kalsium, protein, asam amino, enzim, dan juga berbagai suplemen lainnya. Semua kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita dan dipercaya sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatn tubuh.

Tentunya, wheatgrass menjadi salah satu tanaman yang sangat mudah untuk ditanam di rumah. Menanam biji dan juga buah gandum dengan tangan dan juga dengan menggunakan peralatan menanam menjadi hal yang bisa Anda lakukan. Jika Anda menanam wheatgrass dirumah Anda, tentu akan sangat mudah bagi Anda untuk menikmati jus wheatgrass kapapun jika Anda mau. Wheatgrass yang bisa Anda konsumsi tentunya tidak hanya berupa tanaman yang utuh namun Anda sudah dapat membeli beberapa bentuk bubuk yang sudah dicampur dengan smoothies, jus dan juga air.

Rumput gandum memang termasuk ke dalam kelompok padi dimana memiliki sifat gandum sebagai sumber makanannya. Rumput gandum ini pertama kali ditemukan di sekitar Laut Merah dan Laut Mediterania yakni sekitar Irak, Iran dan Siria.  Sedangkan sejarah dari Cina mengatakan bahwa budidaya gandum telah ada sejak 2700 SM. Wheatgrass ini tentunya lebih unggul dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya karena  memiliki lebihd ari 100 unser yang memang dibutuhkan oleh manusia. Wheatgrass sendiri tinggi akan oksigen karena memiliki sumnber yang sangat baik untuk energi tubuh.

Rumput wheatgrass ini tentunya memiliki kandungan klorofil yang cukup tinggi dan juga memiliki efek alkalizing dan juga detoksifikasi yang cukup kuat pada tubuh Anda. Wheatgrass sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk dicerna pada sistem pencernaan tubuh manusia karena sangat baik untuk lambung dan juga usus. Waktu terbaik untuk mengonsumsi jus wheatgrass tentunya pada saat perut kosong atau satu jam sebelum makan sehingga semua nutrisi di dalam tubuh benar-benar terserap dan juga bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Wheatgrass Untuk Kesehatan Tubuh

Wheatgrass tentunya menjadi asupan gizi dan juga nutrisi alami yang diketahui sebagai sumber mineral dan juga vitamin yang tentu tidak seperti makanan lain yang ada di dunia. Wheatgrass sendiri tentunya dapat dikonsumsi untuk beberapa tujuan kesehatan dan juga kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat dari wheatgrass yang belum diketahui oleh banyak orang diantaranya:

Baik Untuk Program Diet

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari wheatgrass yakni rumput gandum ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Pasalnya, rumput gandum ini dapat menurunkan bobot badan hingga beberapa kilogram. Untuk itu, banyak pelaku diet yang mengonsumsi suplemen rumput gandum ini. Dalam hal ini wheatgrass sangat efektif untuk mengatur kelenjar tiroid dan juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghindari adanya penamabahan pada bobot badan Anda.

Mengatasi Penyakit Kulit

Manfaat kedua yang bisa Anda dapatkan dari wheatgrass ini yakni rumput gandum dapat digunakan untuk mengobatai beberapa penyakit kulit seperti eksim dan juga psoriasis. Tentunya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Cara pertama, masukkan rumput gandum yang sudah dibuatkan jus terlebih dahulu pada alat pencetak es di freezer lemari es Anda. Setelah membeku, tentunya Anda bisa mengambil beberapa es wheatgrass tersebut dikulit Anda yang menderita penyakit dan juga memiliki bekas luka.

Cara yang kedua yakni dengan memasukkan satu gelas jus rumput gandum dan juga bubuk rumput gandum ke dalam air hangat. Anda tentunya dapat menggunakan air hangat yang bercampur dengan jus rumput gandum untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa memasukkan jus rumpur gandum ke bak mandi, lalu gosok badan Anda di dalam bak mandi selama 30 menit. Maka, tubuh Anda pun akan bersih dan juga bebas dari aroma yang tidak sedap.

Merangsang Sirkulasi Darah

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yakni wheatgrass berperan dalam meningkatkan jumlah oksigen di dalam darah serta menjadikan cara terbaik untuk merangsang sirkulasi darah. Untuk lebih efektif tentunya Anda dapat menggunakan kapas yang telah diolesi oleh jus wheatgrass sebelumnya. Gunakan olesan tadi untuk membersihkan wajah dan juga leher untuk melebarkan pembuluh darah sehingga dapat menambah sirkulasi darah ke permukaan kulit Anda. Setelah Anda melakukannya tentunya Anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan air hangat, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk.

Detoksifikasi Sel Tubuh

Meskipun terlihat cukup sederhana dan hanya terlihat rumput, tentunya Anda jangan mengabaikan akan khasiat rumput ini. Wheatgrass di sini yakni sebagai salah satu agen detoksifikasi yang paling ampuh dan juga secara alami dikarenakan tingginya alkalinitas (senyawa basa). Faktanya bahwa hanya dengan satu ons wheatgrass, maka sudah setara dengan nilai gizi dan juga nutrisi yang ada di dalam satu kilogram sayuran hijau lainnya.

Mengurangi Nafsu Makan

Wheatgrass di sini tentunya memiliki kemampuan yang cukup banyak untuk mengurangi nafsu makan. Hal ini dikarenakan wheatgrass mengandung banyak gizi dan juga nutrisi. Untuk itu, Anda tidak membutuhkan jenis makanan lain untuk mengisi mineral dan juga vitamin untuk tubuh Anda. Inilah yang menjadikan wheatgrass cukup andil dalam membantu tubuh mengurangi berat badan.

Memperbaiki Pencernaan

Selain memiliki andil yang cukup besar dalam mengurangi bobot tubuh, tentunya wheatgrass juga memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh manusia. Seperti yang kita tahu bahwa makanan yang tidak sehat serta rutin mengonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan perut Anda menjadi mulas. Perlu Anda tahu bahwa wheatgrass mengandung vitamin B, enzim dan juga asam amino yang terbukti dapat memperbaiki sistem pencernaan pada tubuh Anda. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan meminum jus rumput gandum tersebut secara rutin setiap harinya, maka dipercaya dapat mengatasi iritasi usus hingga peradangan yang terjadi  pada usus. Intinya bahwa wheatgrass ini dapat berfungsi dalam membersihkan perut dari berbagai masalah lendir dan juga kotoran yang ada di dalam perut Anda.

Obat Lelah dan Letih

Jika Anda merasa tubuh Anda letih tentunya satu yang menjadi kesimpulan yakni Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat. Rasa lelah yang terjadi pada Anda memang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Dalam hal ini klorofil yang adadi dalam wheatgrass dapat membantu meningkatkan suplai oksigen dan juga sel-sel jaringan di dalam tubuh Anda serta dapat menyembuhkan Anda dari berbagai bagian tubuh yang sakit serta mengurangi rasa lelah dan juga letih yang hebat.

Mengatasi Radang Sendi

Para pakar kesehatan tentunya percaya bahwa wheatgrass sangat efektif dalam mengatasi berbagai jenis radang sendi. Dalam hal ini klorofil memang sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan pada tubuh Anda. Saat Anda mengonsumsi wheatgrass, pastikan untuk mengoleskannya pada bagian sendi yang sakit atau sedang meradang dan tutup dengan menggunakan perban.

Mencegah Kerusakan Gigi

Jus rumput gandum tentunya baik untuk digunakan berkumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mengatasi gigi yang rusak. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari wheatgrass untuk kesehatan gigi, tentu caranya sangat mudah yakni hanya dengan berkumur menggunakan jus rumput gandum tersebut selama beberapa menit. Dengan berkumur menggunakan rumput gandum, maka kebutuhan akan mineral pada gigi dapat terisi dan racun akan keluar. Maka dari itu, gantilan obat kumur Anda yang mengandung bahan kimia dengan rumput gandum alami yang baik untuk mulut Anda.

Menstabilkan Kadar Lemak

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya dimana wheatgrass memiliki fungsi untuk menahan nafsu makan. Maka, tidak heran jika rumput gandum di sini berperan baik dalam memperbaiki kadar lemak di dalam tubuh. Jika kadat lemak diperbaiki dengan baik oleh rumput gandum, maka setidakany Anda dapat melakukan pencegahan pada kemungkinan terjadinya penyakit kolesterol.

Mencegah Terjadinya Kanker

Dikarenakan rumput gandum dapat mendetoksifikasi tubuh, maka rumput gandum di sini akan membuat darah tetap bersih dan juga memberikan oksigen pada darah sehingga sel-sel darah merah dapat bekerja dengan optimal. Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya diman kanker dapat hidup karena rendahnya kadar oksigen sehingga dapat membantu pencegahan terjadinya penyakit kanker pada tubuh.

Mengatasi Berbagai Infeksi

Kandungan klorofil yang ada pada rumput gandum tentunya sangat baik dalam memerangi infeksi bakteri sehingga membuat tubuh semakin seimbang. Anda tentunya dapat menghindari kondisi dimana keadaan tubuh terlalu asam. Keadaan tubuh yang asam tentunya dapat mengakibatkan terjadinya pertumbuhan bakteri dan menjadi penyebab dimana terjadinya penyakit yang tidak terkendali. Di dalam rumput gandum terntunya bersifat basa sehingga cukup baik dalam memerangi infeksi dan juga penyakit di dalam tubuh.

Mengatasi Mabuk Pasca Minum Alkohol

Manfaat selanjutnya yang mungkin tidak dipercaya oleh banyak orang yakni wheatgrass di sini dapat berfungsi untuk mengatasi mabuk pasca minum alkohol. Hal ini dikarenakan sifat basa yang ada di dalam wheatgrass akan menetralkan sifat asam pada lambung dan juga tubuh akibat mengonsumsi alkohol. Wheatgrass di sini yakni dapat melembabkan sel-sel setelah mengalami dehidrasi yang cukup panjang akibat minum alkohol.

Mengatasi Depresi

Depresi memang menjadi masalah yang tidak boleh diabaikan oleh kita. Pasalnya, depresi dapat menganggu kesehatan tubuh dan juga jiwa kita. Depresi ataupun stres memang mmemiliki banyak penyebab dimana setiap orang berbeda akan permasalahannya. Depresi dan juga stres bisa saa disebabkan oleh faktor eksternal dan juga faktor internal. Maka dari itu, rumput gandum di sini berfungsi untuk menstabilkan kadar zat besi yang ada di dalam tubuh. Zat besi di sini tentunya sangat penting bagi Anda terutama kaun hawa.

Depresi juga dapat menjadi penyebab dimana tubuh Anda kekurangan zat besi. Jika kadar zat besi ada di dalam tubuh, maka adanya kemungkinan depresi yang Anda alami dapat diatasi dengan mudah. Maka dari itu, kandungan zat besi yang ada di dalam wheatgrass memiliki fungsi untuk menstabilkan zat besi dan juga menjaga agar pikiran Anda jauh dari depresi.

Mengatasi Radiasi

Wheatgrass ternyata dapat memerangi radiasi memang belum banyak dipercaya oleh sebagian besar orang. Namun sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak rumput gandum dapat membantu memperbaiki dampak radiasi yang kemungkinan terjadi pada kulit Anda. Terpapar sinar radiasi setiap hari yang berasal dari smartphone, televisi, laptop, iPad dan lain sebagainya, maka akan memiliki efek yang buruk untuk kesehatan. Untuk itu, jadikanlah rumput gandum sebagai cara untuk memerangi radiasi yang kemungkinan terjadi pada tubuh. Sebagai polutan, tentunya radiasi akan kalah saat berhadapan dengan detoksifikasi dari wheatgrass ini.

Memperbaiki Kualitas Seks Anda

Ternyata tidak hanya untuk masalah kesehatan dan juga penyakit. Ternyata, wheatgrass juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk memperbaiki kualitas seks Anda. Hal ini dikarenakan gaya hidup yang lebih sehat akan meningkatkan libido dan juga seks Anda menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsijus wheargrass tentunya Anda secara rutin akan meningkatkan stamina dan juga libido Anda sehingga kehidupan seks Anda menjadi lebih baik.

Mengatasi Kemandulan

Mungkin Anda belum mengetahui akan khasiat lain yang ada di dalam wheatgrass ini. Pasalnya, di dalam wheatgrass terhadap satu komponen yang disebut dengan P4D1. Komponen ini yakni sebagai salah satu komponen yang ada di dalam rumput gandum yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas sel sperma dan juga DNA. Selain itu, komponen tersebut dipercaya cukup ampuh dalam meningkatkan kesuburan Anda. Sedangkan para petani di Midwest memiliki sapi-sapi mandul. Mereka memasukkan rumput gandum tersebut pada pakan mereka. Hal ini bertujuan agar ternak meraka dapat menjadi subur. Ditambah lagi kandungan magnesium yang ada di dalam rumput gandum ini sangat tinggi untuk membangun enzim-enzim untuk memperbaiki hormon seksual.

Mengurangi Varises

Seperti yang kita tahu bahwa varises merupakan pembengkakan dan juga pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Varises memang sangat sulit untuk diobati, namun setidaknya dapat diatasi dengan rumput gandum ini. Dikarenakan kandungan klorofil sangat baik untuk mencegah dan juga mengurangi terjadinya varises pada tubuh Anda.

Meskipun kurang diketahui oleh banyak orang, namun setidaknya Anda bisa mencoba untuk mendapatkan manfaat dari tanaman wheatgrass ini terlebih bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan. Selamat mencoba!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel