data-ad-format="auto"

6 Rempah-Rempah Pengganti Gula Yang Bisa Anda Coba

Mungkin Anda sudah tidak ragu lagi bahwa gula  yang dikonsumsi secara berlebih akan menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Namun, kita tidak dapat hidup tanpa gula karena gula berperan penting dalam menjaga cita rasa menjadi lebih sedap. Selain itu, gula termasuk ke dalam bumbu dapur dasar yang sangat penting keberadaannya. Tanpa gula tentunya jenis masakan atau minuman tertentu tidak akan memiliki rasa yang sempurna untuk kita nikmati.

Namun sangat disayangkan jika kita mengonsumsi gula yang berlebih tentunya akan memicu terjadinya penyakit diabetes. Sejauh ini banyak orang yang tidak mengetahui bahan alami ataupun rempah yang dapat digunakan untuk mengganti peran gula. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa bahan sebagai pengganti gula yang bisa Anda temukan di berbagai jenis rempah-rempah.

Dikarenakan belum banyak orang mengetahui akan pengganti gula, maka banyak orang mengira bahwa gula tidak dapat digantikan oleh bahan apapun. Padahal sebenarnya bahan untuk mengganti gula di sini memiliki cita rasa manis seperti gula pada umumnya. Meskipun tidak sesempurna gula, setidaknya ada bahan rempah alami yang dapat digunakan untuk mengganti gula sekiranya suatu saat kita butuhkan.

Rempah Pengganti Gula

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Bahan alami yang dapat digunakan sebagai gula tentunya berasal dari rempah alami yang biasa kita temui sehari-hari. Dalam hal ini tentunya rempah-rempah tersebut kerap digunakan untuk mengganti gula. Tidak heran jika sebagian orang menggunakan rempah alami ini untuk digunakan sebagai gula. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa rempah-rempah yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti gula, diantaranya:

Kayu manis

Rempah alami yang pertama memang hampir kerap digunakan sebagai tambahan cita rasa masakan. Hampir sama dengan namannya dimana kayu manis ini memang memiliki rasa manis alami yang dapat digunakan dalam bentuk bubuk ataupun kering. Rempah-rempah di sini tentunya memang sangat umum sebagai pengganti gula merah ataupun putih karena memiliki rasa manis.

Selain itu, menurut seorang dokter Axe menyebutkan bahwa kayu manis dapat menghambat terjadinya pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga dapat mencegah  perasaan ngidam pada makanan yang manis. Maka dari itu, gula darah dan juga beran badan Anda tidak akan cepat anak setelah Anda mengonsumsi makanan. Perlu Anda ketahui bahwa kayu manis mengandung kalori dan juga gula darah sehingga terbilang cukup aman jika digunakan oleh orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti diabetes. Untuk itu, jangan ragu saat Anda menambahkan sejumput bubuk kayu manis ke dalam sajikan kopi, teh, oatmeal ataupun yogurt kesukaan Anda. Dengan menambahkan kayu manis tentunya Anda bisa beradaptasi sedikit demi sedikit saat Anda memutuskan untuk mengganti gula dengan kayu manis.

Cengkeh

Selain kayu manis, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan rempah alami yang satu ini yakni cengkeh. Seperti yang kita tahu bahwa cengkeh meruapakan kuncup bungan yang berasal dari pohon cengkeh. Rempah yang satu ini tentunya memiliki aroma dengan rasa manis yang cukup khas. Inilah mengapa cengkeh sering digunakan sebagai bahan alami pengganti gula yang bisa Anda gunakan ke dalam berbagai jenis masakan dan juga sajian teh.

Jangan khawatir akan kandungan cengkeh karena rempah ini mengandung vitamin, mineral dan juga antioksidan yang memang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. Selain tiga kandungan tersebut, cengkeh tentunya mengandung senyawa alami yang bernama eugenol yakni suatu kandungan antioksidan alami yang tidak dapat diragukan lagi. Senyawa eugenol ini tentunya lima kali lebih nyata yang cukup ampuh dalam menangkap radikal bebas daripada vitamin E.

Vanili

Tentunya sudah tidak dapat diragukan lagi jika rempah yang satu ini memang menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengganti gula. Vanili yakni berasal dari tanaman vanilla planifolia yaitu sejenis kacang polong yang berbentuk tipis dan juga panjang. Tanaman vanili ini tentunya memiliki warna cokelat gelap dan mengeluarkan aroma manis. Tanaman vanili ini tentunya bisa diolah menjadi ekstrak vanila ataupun serbuk vanili yang tentu banyak digunakan sebagai bumbu masakan pengganti gula.

Dalam hal ini vanili juga termasuk pada golongan polifenol dan bersifat antioksidan. Dalam hal ini, asupan vanili yang ada pada makanan dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh ataupun jaringan sehingga dapat menangkal radikal bebas. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi tentunya Anda dapat menambahkan vanili ke dalam makanan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Dalam hal ini tentunya vanili dapat digunakan untuk meredakan asam urat, radang sendi dan juga kondisi peradangan lainnya.

Kapulaga

Anda tentunya dapat mengganti gula dengan menggunakan bahan pemanis alami yang hampir sama dengan gula yakni kapulaga. Rempah-rempahyang satu ini memang dapat digunakan sebagai pengganti gula dikarenakan memiliki rasa manis yang sangat khas. Selain itu, kapulaga juga diyakini sebagai bahan alami yang memiliki sifat antioksidan. Menurut dunia medis, kapulaga juga kerap digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dan juga jantung. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat membantu menguatkan sel-sel tubuh saat melawan efek radikal bebas yang dapat memicu terjadinya penyakit. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaatdari kapulaga ini, maka Anda dapat menambahkan kapulaga pada gulai, opor, kari dan juga sajian makanan manis seperti roti manis dan juga kue.

Jahe

Di samping rasa khas pedas yang dimiliki oleh jahe, ternyata bahan alami yang satu ini juga bisa digunakan sebagai pengganti gula. Jika Anda termasuk orang yang memiliki masalah kesehatan dengan gula yang berlebih. Tentunya Anda dapat meredam keinginan untuk tidak makan gula. Tentu, Anda jangan khawatir karena Anda dapat mengganti gula dengan makanan berupa jahe. Saat Anda mengonsumsi jahe tentunya hidangan masakan Anda akan lebih kuat, agak pedas dan juga sedikit manis. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan jahe dengan cara diparut, ditumbuk ataupun di bakar terlebih dahulu sebelum pada akhirnya Anda mencampurkannya pada masakan Anda.

Buah pala

Rempah alami yang satu ini tentunya bisa Anda gunakan untuk memberikan sedikit rasa pedas pada masakan Anda. Namun, siapa sangka bahwa pala ini mengandung pemanis alami dan juga penyedap rasa yang bisa kita temukan pada sajikan sup ataupun jenis makanan lainnya. Selain sebagai pelengkap bumbu masakan, buah pala juga kerap digunakan sebagai bahan alami untuk mencegah suatu penyakit. Intinya bahwa buah pala mengandung mentol yakni dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Dengan menambahkan buah pala pada bumbu masakan Anda, maka setidaknya Anda dapat mengurangi rasa nyeri terkait dengan penyakit stres parah, luka dan juga berbagai jenis peradangan lainnya seperti arthritis (radang sendi) pada tubuh Anda.

Demikianlah beberapa rempah-rempah alami pengganti gula yang bisa Anda coba sekarang juga. Selamat mencoba!