data-ad-format="auto"

15 Manfaat Minum Air Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa jahe merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur. Rasa khas pedas dari jahe ternyata dipercaya ampuh untuk menghangatkan badan. Tidak hanya itu, jahe juga kerap digunakan untuk mengobati berbagai keluhan penyakit. Banyak sekali penyakit yang akut ataupun kronis yang ternyata dapat diatasi dengan jahe ini.

Bumbu dapur yang satu ini memang sudah digunakan selama ribuan tahun lamanya. Sebagai rempah-rempah dan juga bumbu ini tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak. Jahe yang kita kenal ini yakni sudah tidak dapat diabaikan lagi sebagai bahan untuk menghilangkan bau amis. Berbagai manfaat dari jahe tentunya bisa Anda dapatkan dengan berbagai jenis sajian. Untuk itu, mudah bagi Anda untuk mengobati berbagai keluhan penyakit.

Manfaat Minum Air Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat jahe memang sudah tidak diragukan lagi akan keefektifannya dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Seperti misalnya penyakit radang tenggorokan dan juga masuk angin. Kedua penyakit ini memang dapat disembuhkan dengan menggunakan air rebusan jahe. Dalam mengambil manfaat dari air jahe ini tentunya ada beberapa jenis penyakit yang bisa Anda sembuhkan saat minum air jahe. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa Anda sembuhkan saat meminum air jahe, diantaranya:

Penghilang rasa mual

Jenis penyakit pertama yang bisa Anda sembuhkan yakni rasa mual. Peran jahe memang sudah tidak bisa diragukan lagi akan khasiatnya dalam menghilang rasa mual ataupun pencegah mabuk laut. Saat Anda meminum air jahe tentunya dapat sedikitnya meredakan mual-mual dan juga muntah. Mual dan juga muntah tentunya sering terjadi pada orang yang sedang berada pada efek pemulihan setelah operasi, morning sickness pada ibu hamil dan juga kemoterapi.

Selain itu, tidak heran jika ibu hamil yang mengalami morning sickness akan direkomendasikan untuk meminum obat sirup berbahan dasar jahe yang tentu aman bagi kehamilan. Tidak hanya itu, jahe juga kerap digunakan untuk mengatasi mual-mual dan juga muntah saat seseorang mengalami penyakit maag ataupun lambung.

Sebagai pereda sakit dan juga nyeri

Selain penghilang rasa mual, jahe juga kerap digunakan sebagai pereda rasa sakit dan juga nyeri. Perlu Anda ketahui bahwa jahe mengandung beberapa senyawa diantaranya senyawa kimia, fenol dan juga gingerol. Jahe juga memiliki sifat anti nyeri yang dapat meredakan rasa sakit akan masalah kesehatan. Rasa perih dan juga nyeri ini yakni digunakan untuk mengatasi gejala iritasi lambung, asam lambung naik, meredakan kram perut saat menstruasi dan juga nyeri otot saat melakukan olahraga.

Seperti sebuah penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan sekitar 60 orang dewasa yang mengidap migrain. Dari penelitian tersebut dilaporkan bahwa air jahe dapat bekerja lebih baik untuk meredakan berbagai gejala migrain. Selain itu, jahe juga kerap digunakan sebagai sebuah terapi tambahan dibanding dengan banyak meminum obat-obatan tertentu sebagai pereda nyeri saja.

Mengatasi risiko penyakit kronis

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari jahe yakni jahe mengandung antioksidan yang dapat digunakan untuk memerangi berbagai penyakit kronis. Dalam hal ini jahe kering merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi yang berperan penting dalam melindungi Anda dari berbagai dampak serangan radikal bebas. Dalam hal ini tentunya tubuh bisa mendapatkan beberapa serangan radikal bebas yang bersumber dari lingkungan seitar diantaranya asap rokok, ozon, radiasi, sinar matahari, bahan kimia industri, polusi udara dari asap knalpot serta berbagai jenis makanan dan juga minuman yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

Dalam hal ini radikal bebas bisa menjadi sebuah faktor risiko yang dapat memunculkan berbagai jenis penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, tumor, menurunnya kemampuan melihat dan juga penyakit yang berhubungan dengan bertambahnya usia seperti Parkinson, Alzheimer, dan juga penyakit Hungtington. Sebuah penelitian tentunya telah menemukan bahwa mengonsumsi air jahe dapat memperlambat dan mencegah terjadinya gagal ginjal atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa radikal bebas juga dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini lebih awal.

Mengobati osteoarthritis dan peradangan rematik

Bahan herbal yang satu ini tentunya berperan penting dalam mengatasi berbagai keluhan peradangan yang disebabkan oleh rematik dan juga osteoarthritis. Dengan meminum air jahe setidaknya dapat membantu Anda dalam mengurangi dan juga mencegah terjadinya peradangan ataupun nyeri sendi yang disebabkan oleh rematik dan juga sendi osteoarthritis. 

Mengapa jahe digunakan untuk mengatasi peradangan rematik? Hal ini dikarenakan komponen aktif yang ada di dalam jahe seperti gingerdione, gingerol dan juga zingeron bisa bekerja untuk menurunkan berbagai zat alami yang dapat memicu terjadinya peradangan di dalam tubuh. Dalam hal ini jahe juga mengandung oleoresin yang dapat bekerja untuk melawan peradangan rematik dan juga osteoarthritis. Seperti sebuah penelitian yang telah menemukan bahwa jahe memang berperan dalam megurangi berbaga gejala terjadinya peradangan yang diakibatkan oleh terjadinya reaksi alergi di dalam tubuh.

Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari jahe yakni jahe dipercaya sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan seseorang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekitar 10 orang pria tentunya telah melaporkan bahwa dengan rutin meminum air jahe panas setelah sarapan. Ternyata menyebabkan efek rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan hanya makan pagi saja. Sedangkan penelitian lain telah menemukan bahwa jahe di sini dapat membantu mengurangi nafsu makan. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol nafsu makan lebih lama.

Seperti sebuah artikel yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyatakan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan juga kolesterol. Selain itu, jahe juga dapat menigkatkan laju metabolisme sehingga membuat tubuh menjadi lebih efektif saat membakar lemak. Meskipun begitu, penelitian tersebut lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas untuk memastikan akan adanya khasiat dari jahe untuk membantu menurunkan berat badan.

Sebagai pengendali diabetes

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan yakni jahe dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. Sebuah penelitian tentunya menyatakan bahwa jahe mampu menurunkan kadar gula darah sehingga dapat membantu dalam mengatur respon insulin pada penderita diabetes.

Sedangkan sebuah penelitian di Iran menemukan bahwa jahe dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dn juga kadar HbA1c yang ada di dalam darah. Pada orang yang mengidap diabetes tipe 2 tentunya meminum suplemen jahe dapat membantu menurunkan gula darah cukup drastis. Selain itu, sifat antiradang yang ada di dalam jahe dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes seperti penyakit jantung dan juga stroke. Sebuah peneliti tentunya melaporkan juga bahwa banyak sekali manfaat yang Anda rasakan saar meminuan ari jahe yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Tidak heran jika dibetes di sini dapat diatasi dengan meminum air jahe.

Melancarkan peredaran darah

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jahe memiliki khasiat yang ampuh dalam melancarkan peredaran darah pada tubuh seseorang. Dengan meminum jahe secara rutin tentunya dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga akan membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga saat Anda mengonsumsi jahe. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam jahe dapat membantu merangsang pelepasan yang dapat melebarnya pembuluh darah di dalam tubuh seseorang. Dalam hal ini tentunya jahe dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menghangatkan tubuh, menjaga aliran darah menjadi lebih lancar dan juga menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh.

Membantu menurunkan stres

Stres ternyata memililki efek yang buruk terhadap kesehatan tubuh. Dalam hal ini stres tentunya dapat mempengaruhi kerja otak dan juga badan. Orang yang stres tentunya akan cenderung mengalami berbagai keluhan kesehatan tubuh sehingga mudah untuk mengalami sakit dan juga imun yang terganggu. Dalam meredakan stres tentunya Anda bisa mengonsumsi wedang jahe ataupun air rebusan jahe. Aroma yang ditimbulkan dari wwedang jahe ini ternyata dipercaya dapat menurunkan tingkat stres seseorang serta dapat mengobati ketegangan yang ada di pikiran dan juga tubuh mereka.

Perlu Anda ketahui bahwa jahe mengandung zat yang dinamakan dengan gingerol yang dapat membantu memberantas zat kimia berbahaya yang ada di dalam tubuh. Mengapa zat kimia? Karena zat kimia dapat meningkatkan stres pada tubuh seseorang. Oleh karena itu, Anda dapat mencobanya dengan mengonsumsi air panas yang sudah dicampur jahe terlebih dahulu dengan mencampurkannya dengan beberapa irisan jeruk lemon untuk mendapatkan khasiat yang nyata dari jahe ini.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat jahe yang selanjutnya yakni dimana jahe memiliki fungsi yakni dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan secara historis, jahe memang menyehatkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit yang tentu berhubungan langsung dengan sistem pencernaan kita seperti misalnya sembelit, perut kembung, stres dan juga naiknya asam lambung. Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, tentunya Anda juga bisa memanfaatkan jahe sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit Anda.

Menyehatkan otak

Selain membantu sistem pencernaan, jahe tentunya memiliki manfaat yang tidak kalah penting yakni dapat menyehatkan otak manusia. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan otak tentunya Anda dapat mengonsumsi jahe secara teratur. Hal ini tentunya berkaitan dengan sebuah penelitian dimana jahe dapat mencegah terjadinya peradangan yang terjadi pada otak. Dengan kata lain bahwa fungsi kognitif otak akan meningkat dan juga terhindar dari stres oksidatif sebagai penyebab terjadinya demensia.

Menyembuhkan migrain

Tidak heran jika jahe digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan migrain. Hal ini tentunya telah dilakukan oleh sebuah uji klinis dimana jahe dapat menyembuhkan migrain. Tentu saja, hal ini dibuktikan dari sekitar 100 pasien yang mengalami migrian, kemudian diberikan bubuk jahe. Maka hasilnya, jahe dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dikarenakan gangguan migrain pada kepala Anda. Jahe tentunya sebagai obat alami yang tanpa efek samping sama sekali.

Melindungi dari sinar UV

Tidak hanya sebagai obat alami yang digunakan untuk menyembuhkan migrain. Akan tetapi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe memiliki kemampuan yang cukup besar dalam menyerap sinar UV sebagai penyebab kerusakan DNA. Maka dari itu, jahe akan merangsang produksi antioksidan di dalam tubuh sehingga akan memberikan perlindungan dari sinar UV.

Mengurangi nyeri otot

Benarkan jahe dapat membantu mengurangi nyeri pada otot? Hal ini tentunya sesuai dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 dimana telah ditemukan bahwa manfaat dari jahe yakni untuk menghilangkan ketidaknyamanan akan rasa nyeri akibat otot. Selama dilakukan sebuah percobaan selama 6 minggu pada atlet, mereka yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang cukup signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe sama sekali.

Mengurangi terjadinya peradangan

Jika Anda mengalami pembengkakan wajah ataupun kulit yang kemerahan akibar iritasi. Tentunya, gangguan tersebut bisa diatasi dengan jahe. Pada umumnya, peradangan yang terjadi di dalam tubuh akan menimbulkan dampak tersebut. Bagaimanapun juga, pola kesehatan yang buruk seperti konsumsi makanan yang salah dapat mengakibatkan tubuh mengalami peradangan. Oleh sebab itu, marilah untuk mendapatkan manfaat dari jahe dimana berfungsi sebagai sebuah antiviral, anti inflamasi dan juga antibakteri alami tanpa efek samping.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam hal ini, jahe tentunya memiliki fungsi sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, jahe tentunya dapat menghalau berbagai jenis penyakit. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan selalu mengonsumsi jahe secara rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Melegakan tenggorokan

Dengan mengonsumsi jahe tentunya akan memberikan efek hangat di tenggorokan. Manfaat tersebut tentunya bisa Anda ambil terutama saat tenggorokanmu gatal dikarenakan adanya penyakit pada sistem pernapasan.

Mecegah terjadinya kebotakan

Bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut tentunya rentan mengalami kebotakan. Namun, tidak banyak orang yang tahu mengenai manfaat jahe dalam mencegah terjadinya kebotakan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki peran yang cukup penting dalam untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Mengapa demikian karena jahe dapat merangsang folikel di kulit kepala, menguatkan dan juga memelihara setiap helai rambut. Cara yang bisa Anda dapatkan dari jahe yakni dengan menggunakan sebagai masker rambut. Dengan cara menghancurkan jahe dengan minyak kelapa murni. Lalu, diamkan selama 30 menit, kemudian keramaslah seperti biasanya.

Melegakan tenggorokan

Dengan mengonsumsi jahe tentunya dapat memberikan efek hangat di tenggorokan. Selain itu, manfaat jahe yakni untuk melegakan tenggorokan terlebih saat tenggorokan Anda gatal dikarenakan terjadinya penyakit pada sistem pernapasan.

Membakar timbunan lemak

Jika pada dasarnya jahe bermanfaat untuk sistem pencernaan, tentunya jahe juga bisa digunakan untuk membakar timbunan lemak. Hal ini dikarenakan jahe sebagai penguat sistem metabolisme tubuh, membantu untuk meningkatkan rasa kenyang dan juga sebagai pembakar kalori. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition di Columbia University. Bagi orang yang rajin mengonsumsi minuman panas tentunya Anda sudah mendapatkan kandungan yang cukup lengkap di dalam air larutan jahe sehingga akan mudah kenyang dibandingkan dengan mereka yang jarang meminum air jahe.

Mencegah terjadinya selulit

Tentunya jahe sangat berperan penting dalam mencegah terjadinya selulit. Dalam hal ini karena jahe dapat membantu meregenerasi sel kulit dan juga meningkatkan sirkulasi yang pada akhirnya akan membantu melawan terjadinya selulit. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari jahe ini yakni dimana jahe dapat digunakan sebagai scrub. Dalam membuat scrub tentunya Anda bisa menggunakannya bersamaan dengan minyak zaitun, gula organik, parutan jahe dan juga air jeruk nipis. Setelah itu, gosokkan pada kulit dengan gerakan yang sedikit memutar. Maka, setelah kering bilas dengan menggunakan air dingin.

Demikianlah beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Author: Nina Astuti

Follow us