data-ad-format="auto"

20 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Bahana alami seperti bumbu dapur ternyata memiliki manfaat yang tidak kalah dengan bahan lainnnya. Banyak sekali bumbu dapur yang kerap dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan suatu penyakit. Baik sebagai obat untuk suatu penyakit, bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mencegah dari timbulnya suatu penyakit. Tidak dapat dipungkiri bahwa bumbu dapur mengandung senyawa alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah timbulnya suatu penyakit.

Seperti salah satu bumbu dapur yang satu ini dimana dikenal dengan nama latin Syzygium polyanthum. Bumbu ini tentunya sering dipakai di dalam masakan Indonesia sebagai bumbu untuk menambahkan cita rasa yang khas. Ditambah dengan bau yang cukup sedap, daun salam tentunya kerap digunakan sebagai bumbu tambahan agar masakan menjadi lebih sedap. Ternyata daun salam tidak hanya melezatkan makanan, akan tetapi memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tidak sedikit orang yang menggunakan salam sebagai bahan alami untuk mengobati suatu penyakit.

Manfaat daun salam tentunya dikenal dengan obat yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daun salam yang segar dan juga telah kering tentunya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia. Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat dari daun salam, berikut kami sajikan manfaatnya di bawah ini!

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam tentunya menjadi salah satu jenis daun yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Banyak sekali ibu rumah tangga yang selalu menambahkan daun salam pada masakannya agar cita rasa masakan tersebut lebih lezat. Selain untuk bumbu dapur, ternyata salam kerap digunakan sebagai obat penyembuhan suatu penyakit. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui akan khasiat daun salam untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan akan manfaat dari daun salam bagi kesehatan.

Ternyata, sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa daun salam memiliki khasiat yang banyak untuk berbagai pengobatan. Kandungan gizi dan juga nutrisi yang ada di dalam daun salam tentunya ikut berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga menangkal dampak negatif dari penyakit yang kronis. Untuk lebih jelasnya , bagaimana daun salam berperan dalam menjaga kesehatan tubuh, yuk kita langsung simak saja pemaparan kami berikut ini!

Sebagai Obat Asam Urat

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari daun salam yakni dapat mengobati penyakit asam urat. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya kristal asam yang kemungkinan akan menumpuk di dalam sendi-sendi tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa asam urat kerap menyerang orang yang sudah berusia lanjut. Jika asam urat ini menyerang, tentunya penderita akan merasakan sakit yang sangat hebat di bagian persendian sehingga akan membuat ruang gerak mereka terganggu.

Maka dari itu, dampak negatif dari penyakit asam urat memang cukup serius. Untuk itu, tidak sedikit orang yang menderita asam urat mencari alternatif untuk mengobatinya. Seperti daun salam yang kerap dipercaya dapat menurunkan kadar purin di dalam darah. Kadar purin yang menumpuk inilah yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan Anda. Agar lebih sedap, Anda dapat meminum air rebusan daun salam ini dengan dicampur madu agar lebih maksimal sebagai pencegahan.

Melancarkan pencernaan

Tidak hanya mengobati asam urat, daun salam juga kerap digunakan sebagai alami untuk melancarkan pencernaan. Kandungan senyawa vitamin dan mineral yang ada di dalam daun salam tentunya dapat digunakan untuk menutrisi usus halus. Dengan mengonsumsi daun salam tentunya Anda dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, sembelit dan juga masalah pencernaan lainnya. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, yakni dengan merebus 5 lembar daun salam yang bersih dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, minum rebusan ari daun salam tersebut setiap harinya minimal 2 kali dalam sehari.

Mengatasi masalah hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi memang menjadi gangguan kesehatan yang tidak boleh Anda abaikan. Pasalnya, hipertensi membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman seperti rasa pusing dan juga tubuh yang lemas. Selain itu, hipertensi juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi suatu penyakit yang cukup berbahaya dan juga mengancam jiwa seseorang. Selain dari bawang putih dan juga kunyit, ternyata daun salam memiliki khasiat yang cukup untuk mengatasi masalah hipertensi.

Daun salam memiliki peran dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Kandungan antioksidan yang ada di dalam daun salam memang berperan penting dalam menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap lancar. Kondisi ini tentunya menyebabkan suplai darah ke dalam tubuh senantiasa stabil. Demi menjaga tekanan darah tetap stabil, tentunya Anda memanfaatkan rebusan daun salam setidaknya sekali setiap harinya.

Menyehatkan mata

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari daun salam yakni dapat menyehatkan mata. Seperti beberapa gangguan masalah kesehatan pada mata diantaranya mata merah, mata lelah dan juga gangguan masalah lainnya. Banyak orang yang mengganggap bahwa gangguan mata terbilang cukup wajar, akan tetapi hal tersebut mengakibatkan rasa yang tidak nyaman pada tubuh. Untuk mengatasi gangguan pada mata, tentunya Anda bisa mendapatkan manfaat dari daun salam.

Cara yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah hanya dengan merebus daun salam pada air secukupnya. Setelah itu, Anda dapat mengusapkan air rebusan daun salam tersebut pada bagian mata untuk mengatasi berbagai masalah sehingga dapat menjaga mata Anda tetap sehat. Namun, lakukan cara ini dengan sangat hati-hati agar mata tidak terkena ujung daun salam.

Sebagai antijamur

Seperti yang kita tahu bahwa jamur menjadi salah satu zat yang cukup berbahaya bagi tubuh kita. Cara kerja jamur yakni menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa untuk mendapatkan makanan, Jamur kerap kali tumbuh dan berkembang di dalam tubuh manusia sebagai penyebab dari tumbuhnya suatu penyakit. Bagi Anda yang cukup rentan terkena jamur dan juga bakteri, tentunya Anda dapat memanfaatkan daun salam. Seperti yang kita tahu bahwa daun salam memiliki kandungan etanol yang berfungsi sebagai antijamur dan juga antibakteri yang kemungkinan akan menyerang tubuh manusia.

Obat cacing

Perlu Anda ketahui bahwa cacing yang ada di dalam perut hidup sebagai parasit pada organisme lain baik hewan ataupun tumbuhan. Cacing hidup di dalam tubuh untuk mendapatkan makanan bahkan menyerang makanan pada tubuh yang ia tumpangi. Penyerapan gizi dan juga nutrisi makanan akibat cacing tentunya menyebabkan munculnya suatu penyakit dan juga lemahnya sistem imunitas tubuh seseorang. Penyakit tersebut kerap dikenal dengan istilah cacingan atau kurang gizi. Bagi Anda yang ingin menyembuhkan penyakit akibat cacingan, tentunya Anda bisa memanfaatkan daun salam sehingga berkhasiat sebagai obat anti cacing.

Obat migrain

Selain obat untuk hipertensi tentunya daun salam juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi migrain. Hal ini dikarenakan di dalam daun salam mengandung partenolida yang cukup baik sebagai obat migrain. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat mudah. Hanya dengan merebus beberap lembar daun salam, lalu minumlah air rebusan salam tersebut secara teratur hingga migrain Anda sembuh. Jika migrain Anda sudah sembuh, maka hentikan konsumsi daun salam.

Mengatasi diabetes

Daun salam juga memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit diabetes. Kandungan yang ada di dalam daun salam dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, kadar glukosa di dalam darah dan juga trigliserida. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya tentunya sangat membantu dalam proses insulin secara efisien. Hal ini dikarenakan mengonsumsi ramuan alami dari daun salam memang dianjurkan untuk penderita diabetes.

Seperti yang dilansir TheHealthSite, efek hipoglikemik pada daun salam dapat dikaitkan dengan kehadiran fitokimia dan minyak esensial yang ada di dalamnya. Setidaknya 1-3 gram daun salam setiap hari selama kurang lebih 30 hari agar lebih efektif sebagai fungsi lipid dan glukosa pada penderita diabetes tipe 2. Seperti hasil penelitian yang telah dipublikasikan di Clinical Biochemistry dan Nutrition, polifenol yang ada di daun salam tentunya akan menghasilkan aktivitas potensiasi insulin yang dapat membantu kontrol glukosa sehingga menjadi lebih efektif.

Sebagai pencegahan penyakit kardiovaskuler

Daun salam tentunya mengandung asam caffeic, fitonutrien dan juga senyawa salisilat. Daun salam juga tentunya dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan flavoid di dalamnya sehingga mampu menormalkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat dari daun salam, tentunya cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah yakni sebagai berikut:

- Siapkan beberapa lembar daun salam yang sudah Anda cuci bersih

- Setelah itu, rebus daun salam ke dalam panci dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih

- Setelah itu, angkat dan dinginkan rebusan daun salam tersebut serta konsumsi ramuan ini sebanyak 1 gelas secara teratur demi mendapatkan hasil yang optimal.

Mencegah terjadinya rasa sakit

Di dalam daun salam tentunya terdapat kandungan anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit kepala, terkilir, dan juga strain. Khusus bagi Anda yang mengeluhkan rasa nyeri sendi, daun salam tentunya sangat cocok untuk mengatasi berbagai keluhan akibat rasa sakit.

Mencegah terjadinya kanker

Daun salam tentunya mengandung senyawa caffeic, catechin, quercetin, dan juga euganol yang dapat melawan tumbuhnya sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia.  Beberapa kandungan tersebut tentunya dapat memproteksi tumbuhnya sel kanker. Daun salam tentunya mengandung phytonutrient yang dikenal dengan sebutan parthenolide yang terbukti ampuh untuk menahan ploferasi yang aman untuk mengobati sel kanker serviks.

Mengobati penyakit ginjal

Secara ilmiah tentunya daun salam terbukti dapat mengatasi berbagai masalah infeksi terhadap batu ginjal dan juga penyakit ginjal. Berikut ini beberapa cara menyajikan daun salam demi mengobati penyakit ginjal, diantaranya:

- Siapkan beberapa lembar daun salam yang telah Anda bersihkan untuk menggunakan 200 ml air bersih

- Rebus air hingga mendidih atau kurang lebih 50 ml air

- Pisahkan air dengan menggunakan daun salam dan minum secara rutin ramuan tersebut secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Meredakan batuk

Selain efektif untuk mengobati penyakit ginjal, daun salam tentunya juga dapat  mengobati dan juga meredakan batuk. Daun salam juga dipercaya dapat melegakan dan menghangatkan tenggorokan. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan merebus 2 sampai 3 lembar daun salam dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, Anda dapat merendamnya dengan kain pada air rebusan tersebut sebagai pengusap pada bagian dada sebagai pereda pilek, flu dan juga batuk.

Manfaat daun salam, jahe dan sereh

Daun salam tentunya dapat dikombinasikan dengan sereh dan juga jahe. Jika dikombinasikan tentunya dapat membantu mengobati kembung, sakit maag dan juga nafsu makan yang hilang. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya dengan merebus daun salam, 1 batang sereh dan 1 ruas jahe pada 200 ml air. Anda juga dapat menambahkan madu sebagai cita rasa tambahan. Minum air rebusan daun tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari.

Manfaat daun sirsak dan daun salam

Seperti yang kita tahu bahwa daun salam memiliki manfaat yang tidak kalah penting dengan daun salam. Daun salam dan juga daun sirsak dapat dikombinasikan untuk mendapatkan manfaat yang beragam. Berikut ini beberapa khasiat daun sirsak dan daun salam jika direbus, diantaranya:

- Mencegah asam urat

- Mengendalikan diabetes

- Mengobati reumatik

- Membantu pengobatan eksim

- Meningkatkan kualitas tidur

- Menjadikan seseorang lebih awet muda

- Sebagai obat untuk mengatasi wasir

- Mengontrol kadar kolesterol di dalam darah

- Memperbaiki kinerja jantung

- Meningkatkan kekebalan tubuh

- Menurunkan tekanan darah

- Menyehatkan ginjal

- Mencegah terjadinya kanker

- Mengatasi sembelit

Manfaat Daun Salam Kering

Daun salam yang segar tentunya tidak heran jika memiliki khasiat yang banyak. Namun, ternyata daun salam yang sudah kering pun tidak kalah banyak. Cara yang terbaik bagi Anda untuk mendapatkan manfaat dari daun salam kering yakni dengan mengolahnya menjadi teh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun salam kering, diantaranya:

Melancarkan sistem pencernaan

Gangguan sistem pencernaan seperti perut kembung, mulas dan juga sembelit dengan meminum teh daun salam kering. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan menyeduh daun salam kering dengan menggunakan air panas, lalu diamkan sampai airnya berubah warna. Lalu, minum secara teratur.

Menjadikan tidur lebih lelap

Anda tentunya dapat menghirup teh daun salam sehingga dapat membantu menjadikan tidur Anda menjadi lebih banyak dan menenangkan pikiran.

Perawatan untuk mimisan

Bagi Anda yang sedang mengalami mimisan tentunya Anda disarankan untuk meminum teh dari daun salam yang kering.

Membuat tidur menjadi lebih lelap

Selain untuk mimisan, tentunya daun salam kering  dipercaya dapat membuat tidur seseorang menjadi lebih nyaman. Hal ini dikarenakan di dalam daun salam memiliki sifat menenangkan pikiran sehingga memang cukup andil dalam menjaga pola tidur Anda.

Steam wajah

Inilah peran daun salam dalam menjaga kesehatan dan juga kecantikan dimana daun ini dapat digunakan untuk steam wajah yang lelah. Caraj yang dapat Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan merebus 5 lembar daun salam kering di dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, gunakan uap dari daun salam tersebut sebagai media untuk facial steam.

Apakah Anda tertarik untuk merawat kulit Anda dengan menggunakan daun salam? Yuk, mulailah dari sekarang untuk mendapatkan manfaat dari daun salam ini. Selamat mencoba!

 

Author: Nina Astuti

Follow us