Resep dan Cara Membuat Soto Ayam Untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Enak

Soto Ayam – Nikmatnya mengonsumsi makanan berkuah saat musim hujan memang tidak ada duanya. Ada banyak makanan berkuah, salah satunya soto ayam. Sajian soto ayam tentu sudah sangat populer, bahkan saat ini banyak pedagang sajian ini yang bisa kita temukan.

Nah, bagi ibu hamil memperhatikan asupan makanan adalah hal penting yang harus dilakukan. Bagi ibu hamil yang ingin mengonsumsi soto ayam, alangkah lebih baik jika membuatnya sendiri di rumah sehingga kualitas bahan dan kebersihannya bisa dipastikan sendiri.

Aneka resep soto ayam bisa anda temukan dengan mudah, salah satunya di selerasa.com. Namun, untuk memudahkan anda, berikut ini kami hadirkan resep soto ayam sederhana tanpa santan. Resep soto ini dibandingkan dengan resep soto lainnya lebih sederhana. Namun rasanya sudah pasti sangat nikmat dan gurih. Sajian soto ayam ini sangat cocok dinikmati sebagai menu makan berkuah ketika makan malam.  Yuk simak resep dan cara membuat soto ayam berikut ini.

Soto Ayam

Bahan-Bahan Utama yang Dibutuhkan

  • 1 ekor ayam
  • 10 lembar daun jeruk
  • 2.500 ml air
  • 5 batang serai
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 siung bawang putih
  • 5 cm kunyit
  • 15 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • 8 butir kemiri

Bahan Untuk Pelengkap

  • 150 gram kol
  • 1 batang daun bawang
  • 50 gram soun
  • 1 tangkai seledri
  • Sambal cabai rawit
  • 3 butir telur rebus

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  1. Pertama, silakan potong ayam yang sudah anda siapkan menjadi 4 bagian. Lalu cuci hingga bersih di bawah air mengalir. Jika sudah, tiriskan.
  2. Selanjutnya, ambil bagian putih serai, lalu memarkan.
  3. Kemudian buang bagian tulang daun jeruk.
  4. Haluskan semua bumbu halus. Agar praktis, anda bisa menghaluskannya dengan blender.
  5. Untuk bahan pelengkap, silakan potong-potong telur rebus menjadi beberapa bagian.
  6. Lalu cuci kol hingga bersih. Iris kasar.
  7. Seledri dan daun bawang silakan diiris halus.
  8. Untuk soun anda bisa merendamnya. Jika sudah, tiriskan.

Cara Membuat Soto Ayam

  1. Setelah semua bahan-bahan siap, anda bisa langsung mengolah soto ayam. Silakan siapkan panci dan isi dengan air. Lalu rebus ayam dalam air tersebut hingga mendidih.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng sebanyak kurang lebih 2 sendok makan. Jika minyak sudah panas, masukan bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan daun jeruk dan serai. Aduk merata dan tumis bumbu hingga tercium harum.
  3. Setelah bumbu matang, anda bisa mengangkat dan memasukannya ke dalam rebusan ayam. Tambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti gula pasir dan garam. Aduk merata dan masak lagi hingga matang.
  4. Setelah itu, silakan angkat ayam.
  5. Panaskan lagi minyak goreng dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah panas, silakan goreng ayam sebentar asal berkulit. Lalu angkat dan tiriskan.

Terakhir anda bisa menyajikan soto ayam lezat ini dengan tambahan bahan pelengkap seperti telur rebus, seledri, kol, daun bawang, soun dan sambal cabai rawit.

Tips Membuat Soto Ayam

  1. Pilihlah bahan-bahan yang masih segar, baik itu sayuran ataupun ayam yang digunakan.
  2. Apabila ketika merebus ayam air kaldunya menyusut, namun ayam masih belum empuk. Anda bisa menambahkan lagi air secukupnya.
  3. Soto ayam bening sudah selesai dibuat. Anda bisa menikmatinya saat masih hangat agar lebih lezat.

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Kol Mentah?

Soto Ayam

Pada sajian soto ayam terdapat bahan pelengkap berupa kol mentah. Banyak ibu hamil yang khawatir mengenai konsumsi kol mentah ini. Lantas sebernya bolehkah ibu hamil mengonsumsi kol mentah?

Nah, ketika hamil seorang wanita memerlukan nutrisi sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan wanita lainnya. Pasalnya, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi dirinya sendiri dan buah hati dalam kandungan. Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan yaitu vitamin dan mineral. Dimana kandungan nutrisi ini bisa didapatkan dari sayuran. Seperti yang dilansir dari Boldsky, terdapat 5 jenis sayuran mentah yang bisa dikonsumsi ibu hamil, di antaranya yaitu kacang polong, asparagus, kol atau kubis dan bayam. Sehingga anda bisa mengonsumsi kol mentah saat hamil, namun tetap memperhatikan aturannya.

Sayuran Mentah yang Dilarang Dikonsumsi Saat Hamil

Sedangkan seperti yang dilansir dari Mom Junction, sayuran mentah yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu kecambah. Pada kecambah bakteri listeria, salmonela dan E.coli akan mudah berkembang biak. Perlu anda ketahui, bakteri E.coli akan berbahaya untuk kehamilan anda sebab akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi di saluran darah. Berdasarkan penelitian yang lain, bahwa mengonsumsi kecambah dalam keadaan mentah atau setengah matang akan berbahaya untuk tumbuh kembang si kecil.

Apa Manfaat Mengonsumsi Kol Untuk bu Hamil?

Ada beberapa manfaat kol untuk ibu hamil. Pada kol terkandung serat tinggi yang akan membantu membuat pencernaan lancar. Ibu hamil biasanya akan mengalami perubahan hormon sehingga mudah sembelit.

Selain itu, pada kol terkandung asam folat yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Dimana kandungan asam folat ini bermanfaat untuk mengatur sel saraf pada otak yang bagus untuk kecerdasannya.

Pada kol terkandung rendah kalori, sehingga ibu hamil yang rentan mengalami kenaikan berat badan yang berlebih tidak perlu khawatir. Manfaat lainnya, kol akan membantu cairan berlebih di kaki ibu hamil berkurang. Sehingga dengan begitu akan mengurangi risiko anda mengalami kaki bengkak ketika hamil.

Tips Aman Mengonsumsi Kol Mentah Ketika Hamil

Meskipun ibu hamil boleh mengonsumsi kol mentah, namun anda sebaiknya jangan sembarangan saat mengonsumsi sayuran yang satu ini. Anda harus memperhatikan aturannya, seperti harus mencuci kol terlebih dahulu  hingga bersih di bawah air yang mengalir. Ini dilakukan untuk membersihkan kotoran ataupun bakteri yang menempel di kol.

Sebelum kol dimakan, anda harus memeriksa kondisi kol tersebut. Hindari mengonsumsi kol yang kondisinya sudah layu ataupun masih terdapat kotoran pada kol. Pasalnya, pada sayuran yang kotor bakteri akan mudah tumbuh.

Hanya saja, jika anda masih ragu mengenai konsumsi makanan tertentu, termasuk kol mentah alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu. Karena setiap ibu hamil kondisi tubuhnya berbeda-beda.

Akibat Mengonsumsi Kol Mentah dengan Berlebihan

Setiap mengonsumsi makanan, kita tentu harus memperhatikan porsinya. Makanan yang dikonsumsi dengan berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan, begitupun dengan kol. Jika anda mengonsumsi kol dalam jumlah yang banyak, maka akan dapat menyebabkan terjadinya perut kembung. Karena kol akan dapat membuat produksi gas di perut meningkat. Oleh karena itu, anda harus mengonsumsinya dengan sewajarnya saja.

Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tentu sangat dianjurkan bagi ibu hamil. Hanya saja, ada juga beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari guna kesehatan kehamilan dan janin yang dikandung. Anda dapat berkonsultasi pada dokter mengenai jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat kehamilan.

Leave a Reply