Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Terhindar dari Virus dan Penyakit

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Menjaga daya tahan tubuh sangat penting dilakukan agar tidak mudah terserang penyakit. Terlebih lagi saat ini yang sedang marak penyebaran virus Corona.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga, serta meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan. Ada beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut ini makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat anda simak.

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Efektif

Agar terhindar dari masalah kesehatan, kita harus menerapkan gaya hidup sehat.  Selain itu, sistem kekebalan tubuh akan terjaga dengan konsumsi beberapa makanan tertentu seperti berikut ini.

Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah-buahan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C akan dapat membantu membangun sistem imun tubuh kita dan membuat sel darah putih meningkat yang berperan untuk melawan infeksi. Ada banyak sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, salah satunnya  yaitu aneka jenis buah jeruk. Anda bisa mengonsumsi aneka buah jeruk seperti misalkan jeruk bali,  jeruk nipis, jeruk mandarin ataupun jeruk lemon. Selain rasanya enak dan menyegarkan, mengonsumsi buah jeruk juga tentunya akan bermanfaat untuk kesehatan.

Kacang Almond

Tidak hanya kandungan vitamin C dan vitamin D saja, namun vitamin E juga memiliki peran untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh kita. Hanya saja, vitamin yang satu ini adalah jenis vitamin larut dalam lemak. Sehingga tubuh memerlukan lemak yang cukup agar jenis vitamin ini dapat diserap dengan optimal.

Kacang-kacangan, seperti kacang almond mengandung vitamin E serta lemak sehat. Sehingga mengonsumsi kacang almond dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian untuk tubuh.

Paprika Merah

Selain jeruk, sumber makanan lainnya yang kaya akan kandungan vitamin C yaitu paprika merah. Diketahui kandungan vitamin C yang terdapat pada paprika merah lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Paprika merah akan membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu saja, dengan mengonsumsi paprika merah anda akan mendapatkan manfaat lainnya. Pada paprika merah terkandung beta karoten yang berperan untuk menjaga agar mata dan kulit tetap sehat.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang sering digunakan. Bawang putih akan memberikan aroma yang harum dan rasa yang  gurih  pada masakan. Tidak hanya menciptakan rasa masakan yang lezat saja, bawang putih juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bawang yang satu ini diketahui sebagai sumber makanan terbaik yang akan dapat membantu membuat sistem imun tubuh meningkat, sehingga akan mencegah tubuh dari berbagai virus dan bakteri yang akan dapat menyebabkan penyakit.

Brokoli

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran berwarna hijau ini bisa anda masukan ke dalam menu makanan sehari-hari. Brokoli kaya akan kandungan vitamin dan mineral untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Supaya nutrisi yang terkandung pada brokoli dapat diserap dengan baik, maka alangkah lebih baik anda memasak brokoli jangan terlalu matang.

Bayam

Selain brokoli, sayuran hijau lainnya yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yaitu bayam. Selain mengandung vitamin C, bayam juga mengandung antioksidan dan betakaroten. Dimana kandungan ini akan dapat meningkatkan sistem imun tubuh, efeknya tubuh tidak akan dengan mudah terserang oleh penyakit. Sama dengan cara mengolah brokoli, cara mengolah bayam juga sebaiknya jangan terlalu matang untuk mencegah nutrisinya hilang ketika dikonsumsi.

Pepaya

Buah dengan tekstur lembut dan bercita rasa manis ini tinggi akan kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, buah pepaya juga di dalamnya terkandung kalium, folat dan vitamin B. Tidak hanya akan dapat mengoptimalkan daya tahan tubuh, namun nutrisi tersebut juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Kiwi

Pada buah kiwi terkandung banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Buah yang satu ini kaya akan kandungan asam folat, vitamin C, vitamin K yang bagus untuk mencegah terjadinya infeksi. Anda bisa mengonsumsi buah kiwi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Teh Hijau

Selanjutnya ada teh hijau, minuman yang satu ini juga memiliki manfaat bagus untuk kesehatan. Teh hijau mengandung flavonoid, yaitu suatu senyawa antioksidan yang memiliki manfaat bagus bagi kesehatan. Selain mengandung flavonoid, pada teh hijau juga terkandung EGCG yang akan dapat membuat fungsi kekebalan tubuh menjadi meningkat.

Jahe

Jahe juga sering dijadikan bumbu untuk masakan ataupun bahan tambahan pada minuman. Rempah yang satu ini memiliki sifat anti inflamasi. Jahe akan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, serta membantu mengurangi masalah flu, sakit tenggorokan dan mual.

Yogurt

Yogurt mengandung vitamin D yang memiliki manfaat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jika anda ingin mengonsumsi yogurt untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka sebaiknya konsumsilah plain yogurt dibandingkan dengan yogurt yang sudah dicampurkan dengan gula dan perasa. Agar lebih berselera, anda bisa mengonsumsi yogurt dengan menambahkan aneka potongan buah segar sehingga gizi yang anda dapatkan pun akan semakin bervariasi.

Kuaci

Kuaci sering dijadikan cemilan untuk menemani waktu luang. Ternyata makanan  yang  satu ini memiliki kandungan nutrisi, di antaranya magnesium, fosfor, dan vitamin B6. Selain itu, pada kuaci juga terkandung antioksidan dan vitamin E. Dimana kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

Daging Ayam

Siapa yang tidak suka daging ayam? Daging ayam itu sendiri menjadi salah satu bahan makanan  favorit banyak orang.  Daging ayam bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Di balik rasanya yang lezat, daging ayam juga baik untuk kesehatan. Pada daging ayam terkandung vitamin B6 yang dapat  membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar semakin kuat. Selain itu, juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Selain dengan mengonsumsi beberapa makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti di atas, anda juga dapat melakukan hal-hal di bawah ini sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Kurangi konsumsi gorengan. Gorengan memang enak, namun sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang satu ini. Diketahui makanan yang diolah dengan cara digoreng akan rentan menyebabkan flu.
  • Ganti gula dengan madu. Anda bisa mengganti gula dengan pemanis alami, seperti madu. Selain berfungsi sebagai pemanis, madu dapat membantu menghangatkan tubuh.
  • Minum jus. Jika anda bosan dengan konsumsi buah-buahan langsung, anda bisa mengolah buah untuk dijadikan jus. Minum jus buah akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Anda harus memilih buah-buahan yang memang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Batasi konsumsi kafein. Terlalu banyak asupan kafein, apalagi anda  mengonsumsi kafein ketika malam hari akan dapat menyebabkan sulit tidur. Padahal tidur sangat penting untuk  membangun daya tahan tubuh.
  • Mengurangi alkohol. Alkohol akan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga daya tahan tubuh sebaiknya anda hindari konsumsi alkohol.
Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply