Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Daya tahan tubuh mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan. Agar tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit, sangat penting untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap baik. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, simak beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit seperti di bawah ini. Namun, sebelumnya kenali dulu beberapa hal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh rusak sehingga anda bisa menghindarinya.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penyebab Daya Tahan Tubuh Rusak

Sistem imun tubuh bisa saja gagal dalam mencegah penyakit. Ketika daya tahan tubuh sedang lemah, kuman penyebab penyakit bisa saja masuk. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan daya tahan tubuh rusak seperti berikut ini.

Stres

Seperti yang kita ketahui, stres memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Stres yang anda alami dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terpengaruh. Akibat stres hormon kortisol akan diproduksi oleh otak yang dapat menyebabkan terganggunya fungsi sel T untuk melawan infeksi. Mengetahui efek buruk yang disebabkan karena stres, anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti melakukan hobi atau yoga.

( Lihat juga : Waspadai Dampak Stres yang Berbahaya Untuk Penderita Diabetes )

Kurang Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur dalam setiap harinya tentu sangat penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya saja, beberapa hal mungkin membuat anda tidak dapat mencukupi waktu tidur. Harus anda ketahui kurang tidur akan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan gagal melindungi anda dari berbagai serangan penyakit seperti batuk, pilek dan penyakit yang lainnya. Waktu tidur yang kurang akan menyebabkan kesehatan fisik dan mental terganggu. Selain itu, juga dapat membuat produksi hormon stres menjadi meningkat karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun.

Merokok

Banyak efek buruk yang ditimbulkan karena merokok. Kebiasaan buruk ini tidak baik bagi kesehatan. Merokok juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Pada rokok terkandung nikotin yang akan membuat hormon kortisol produksinya mengalami peningkatan, dan pembentukan antibodi sel B, serta respon sel T akan berkurang untuk melawan infeksi.

Kurang Bergerak

Kurang bergerak atau jarang berolahraga dapat membuat anda lebih mudah sakit. Jarang berolahraga dengan teratur akan menyebabkan anda lebih mudah terserang batuk, pilek dan penyakit-penyakit yang lainnya. Olahraga akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak, serta perasaan bahagia meningkat sehingga daya tahan tubuh akan dapat meningkat.

Tidak Menjaga Konsumsi Makanan

Agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga, maka sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Ada beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, di antaranya yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh, juga mengonsumsi banyak gula dan garam.

Agar sistem kekebalan tubuh anda tetap terjaga dengan baik, maka sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat. Anda dapat memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin E dan vitamin C.

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh?

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh agar anda tidak mudah sakit. Nah, berikut ini beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat anda simak.

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga, serta meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh, sebaiknya anda mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayur tidak mudah sakit. Pasalnya kandungan mineral dan vitamin pada buah-buahan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, serta melawan bakteri dan virus yang menjadi penyebab penyakit.

Ada banyak jenis makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, di bawah ini ada beberapa di antaranya:

  • Brokoli

Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran yang satu ini mengandung tinggi vitamin, seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Tidak hanya itu, pada sayuran yang satu ini juga terkandung antioksidan dan mineral.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C terkandung pada buah jeruk. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat jumlah sel darah putih meningkat yang bermanfaat untuk melawan infeksi.

  • Bayam

Selanjutnya ada sayur bayam. Sayuran yang satu ini tinggi akan kandungan vitamin C, antioksidan dan beta karoten. Karena kandungannya ini bayam dapat membuat sistem imun tubuh meningkat, serta membantu melawan infeksi.

Agar daya tahan tubuh tetap dalam kondisi baik, mulai dari sekarang anda sebaiknya menerapkan pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Sebaiknya kurangi juga mengonsumsi junk food.

  • Almond

Pada kacang almond terkandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E memiliki peranan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, kacang almond dan jenis kacang-kacangan yang lainnya di dalamnya terkandung lemak sehat dan berbagai vitamin lainnya.

Selain makanan di atas, ada beberapa jenis makanan lainnya yang dapat membantu membuat daya tahan tubuh meningkat, seperti bawang putih, jahe, kunyit, paprika merah, yoghurt dan teh hijau.

Menghindari Stres

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya stres akan dapat merusak daya tahan tubuh. Jika stres tidak terkendali maka hormon kortisol produksinya akan mengalami peningkatan. Hormon kortisol yang mengalami peningkatan dalam waktu yang lama akan membuat fungsi kekebalan tubuh mengalami penurunan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengelola stres dengan baik dan benar. Anda bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Mencukupi Waktu Istirahat

Sangat penting untuk mencukupi waktu istirahat untuk menjaga daya tahan tubuh. Perlu anda ketahui, kurang tidur dapat menyebabkan imunitas tubuh menurun.

Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol harus anda hindari. Sistem kekebalan tubuh dapat rusak disebabkan karena dengan berlebihan terpapar asap rokok, serta alkohol.

Selain itu, orang yang memiliki kebiasaan merokok juga berisiko tinggi terhadap penyakit infeksi paru seperti misalkan pneumonia dan bronkitis. Sedangkan untuk anda yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol, maka infeksi paru risikonya akan menjadi semakin besar.

Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Agar sistem kekebalan tubuh meningkat untuk mencegah infeksi, maka sebaiknya anda rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam setiap harinya. Anda dapat melakukan olahraga sederhana di rumah, misalkan berjalan kaki.

Ketika daya tahan tubuh sedang menurun, anda mungkin rentan terserang oleh berbagai penyakit. Jadi sangat penting untuk menjaga agar kondisi daya tahan tubuh tetap baik agar dapat terhindar dari penyakit. Dalam menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh  intinya yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Selain itu, untuk meningkatkan daya tahan tubuh biasanya beberapa orang mengonsumsi suplemen. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mengonsumsinya.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit yang penting untuk diketahui. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply