Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan dengan Efektif

Di musim hujan seperti sekarang ini, tubuh rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya flu. Agar terhindari dari flu dan masalah kesehatan lainnya, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat. Nah, berikut ini beberapa langkah pencegahan flu saat musim hujan yang dapat anda lakukan.

Cara mencegah flu

Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan dengan Efektif

Virus yang menyebabkan flu dapat berkembang biak lebih cepat di suhu yang dingin. Selain itu, juga dapat dengan mudah menular. Ketika cuaca sedang dingin, daya tahan tubuh rentan mengalami penurunan, akibatnya virus yang menyebabkan flu akan menjadi mudah untuk menginfeksi.

Daya tahan tubuh yang turun pada saat musim hujan kemungkinan disebabkan akibat tubuh kekurangan vitamin D, karena jarang terpapar oleh sinar matahari. Jika tubuh kekurangan vitamin D, maka daya tahan tubuh akan menjadi lemah, efeknya lebih rentan mengalami penyakit flu. Selain itu, seseorang akan dapat tertular flu  apabila berdekatan ataupun kontak fisik dengan orang yang sedang flu. Apabila ada salah satu anggota keluarga anda yang terkena flu, biasanya virus ini akan lebih mudah tersebar ke anggota keluarga yang lainnya.

Artikel lainnya : Gejala Pilek

Flu memang dapat dengan mudah menular pada saat musim hujan, namun meskipun begitu kita dapat tertular flu pada saat musim kemarau. Virus yang menyebabkan flu dapat bertahan pada udara hangat dan kering. Agar terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini, maka sangat penting untuk melakukan pencegahan. Adapun beberapa cara mencegah flu saat musim hujan yang dapat anda lakukan yaitu seperti berikut ini.

Rajin Mencuci Tangan

Sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan diri, salah satu caranya yaitu dengan rajin mencuci tangan hingga bersih. Anda harus menerapkan kebiasaan mencuci tangan, baik sebelum ataupun sesudah makan, serta setelah memegang benda-benda kotor. Cara ini efektif untuk mencegah flu terjadi.

Mencuci  tangan tidak cukup dengan menggunakan air saja, namun anda juga harus menggunakan sabun. Ketika mencuci tangan, gosok semua bagian tangan anda, baik itu kuku, ujung jari serta bagian pergelangan tangan. Setidaknya anda mencuci tangan selama 20 detik atau lebih. Apabila anda sedang diperjalanan dan tidak menemukan sabun atau air, anda bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol lebih 60 %.

Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Ketika tangan anda dalam keadaan kotor, sebaiknya anda tidak menyentuh wajah anda. Pasalnya virus yang dapat menyebabkan flu bisa masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata dan mulut dari tangan yang kotor. Untuk mencegah masalah flu, biasakan untuk tidak menyentuh wajah anda sebelum anda mencuci tangan hingga bersih.

Menerapkan Pola Makan yang Tepat

Anda harus menerapkan pola hidup sehat, termasuk pola makan yang sehat. Konsumsi makanan yang bergizi akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak akan mudah terserang virus dan penyakit. Anda dapat mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Anda bisa memilih buah-buahan, serta sayuran dengan warna hijau gelap, merah dan kuning. Selain itu, anda juga dapat memperbanyak konsumsi protein, seperti misalkan daging, telur ataupun ikan agar daya tahan tubuh kuat.

Rutin Melakukan Olahraga

Seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan. Rutin melakukan olahraga juga akan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Jika dayan tubuh kuat, maka tubuh akan terhindar dari virus dan penyakit. Anda bisa rutin melakukan olahraga, pilihlah olahraga yang ringan seperti misalkan jogging, aerobik ataupun yoga. Rutinlah melakukan olahraga dalam setiap harinya selama kurang lebih 20 hingga 30 menit dalam sehari.

Cukupi Kebutuhan Tidur

Kebiasaan tidur malam atau begadang harus anda hilangkan. Begadang hanya akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Jika anda tidur larut malam, otomatis waktu tidur anda akan terpotong, apalagi jika besok paginya anda harus berangkat bekerja.

Kondisi tubuh yang kurang tidur akan dapat menyebabkan hormon stres meningkat, serta daya tahan tubuh menjadi lemah efeknya tubuh akan rentan terserang virus penyakit, salah satunya virus flu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencukupi waktu tidur setiap harinya sekitar 7 hingga 9 jam untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Seperti yang kita ketahui semua, merokok tidak baik untuk kesehatan.  Asap rokok akan membuat saluran pernapasan kering dan meradang. Hal ini akan menyebabkan kuman, virus dan debu yang terdapat pada saluran pernapasan menjadi sulit dikeluarkan.

Biasanya para perokok berat lebih mudah, serta sering terserang flu. Gejala yang ditimbulkannya juga biasanya lebih berat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Selain seseorang yang merokok langsung, namun perokok pasif juga rentan mengalami flu karena iritasi pada saluran pernapasannya.

Menggunakan Masker

Menggunakan masker dapat menjadi langkah pencegahan flu. Virus penyebab flu akan menyebar ke udara melalui percikan ludah atau dahak ketika penderitanya batuk atau bersih. Agar virus flu di udara tidak terhirup, maka sebaiknya anda menggunakan masker.

Untuk anda yang sedang flu, sangat penting juga untuk menggunakan masker terlebih lagi ketika berada di tempat umum, ataupun pada saat anda melakukan interaksi dengan orang lain. Menggunakan masker ketika sedang flu akan mencegah penularan virus ke orang lain.

Banyak Minum

Banyak minum memang dianjurkan karena baik untuk kesehatan. Minum yang banyak akan mencegah tubuh dehidrasi. Selain itu, air akan dapat mencairkan lendir. Jika lendir lebih cair, maka akan bisa dengan mudah dibersihkan pada tubuh.

Jangan Terkena Hujan

Ketika musim hujan, usahakan untuk meminimalisir paparan air hujan dan dingin. Ketika musim hujan, upayakan untuk selalu membawa payung ataupun jas hujan ketika anda pergi ke luar rumah. Anda juga harus menggunakan pakaian yang tepat saat musim dingin.

Minuman Hangat

Konsumsi minuman hangat bisa anda lakukan agar suhu tubuh kembali naik untuk mencapai suhu tubuh normal. Untuk menghangatkan tubuh anda bisa mencoba minum minuman hangat seperti minuman jahe ataupun minuman rempah hangat. Hal ini akan membantu anda untuk kembali mencapai suhu normal tubuh anda, membantu menjaga sistem imun.

Vaksin Flu

Vaksin flu juga dapat dilakukan untuk mencegah agar tidak mudah mengalami flu. Dengan vaksin flu akan dapat mencegah masalah flu yang timbul dengan gejala berat, serta flu yang berulang. Nah, anda dapat melakukan vaksin flu sebagai langkah mencegah flu.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan agar terhindar dari flu ketika musim hujan. Walaupun sudah melakukan berbagai pencegahan namun anda tetap sering terserang flu atau mengalami flu namun tidak kunjung sembuh, untuk mendapatkan penanganan yang tepat anda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply