Virus Corona – Kenali Gejala dan Pencegahannya Berikut Ini

Virus Corona membawa kepanikan untuk masyarakat, terlebih lagi dengan banyaknya korban yang terinfeksi oleh virus ini. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih sering disebut dengan virus Corona merupakan virus baru yang bisa menular pada manusia. Virus ini menimbulkan gejala pada sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan karena infeksi virus Corona ini disebut dengan Covid-19.

Infeksi virus Corona untuk pertama kalinya ditemukan di Wuhan, Cina. Virus ini menular ke beberapa negara yang lainnya, termasuk Indonesia.

Virus Corona

Apa Penyebab Virus Corona?

Covid 19 atau virus Corona penyebabnya yaitu coronavirus. Ini merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Sebagian besar kasus, virus ini menyebabkan penderitanya mengalami infeksi pernapasan yang ringan hingga sedang, misalkan flu. Hanya saja, virus yang satu ini juga dapat menyebabkan masalah infeksi pernapasan yang berat seperti misalkan pneumonia, Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS dan Middle-East Respiratory Syndrome atau MERS.

Ada berbagai cara seseorang dapat tertular oleh virus Corona, di antaranya yaitu seperti berikut ini:

  • Memegang hidung, mulut dan mata dengan tangan setelah memegang benda yang terkena air liur seseorang yang terinfeksi virus Corona.
  • Seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah penderita virus Corona dari batuk atau bersin.
  • Melakukan kontak dengan penderita virus Corona, contohnya berjabat tangan atau bersentuhan.

Siapa saja bisa terinfeksi oleh virus Corona. Namun, efeknya akan parah jika virus Corona ini menginfeksi seseorang yang sudah lanjut usia, orang dengan kekebalan tubuh yang lemah, orang sakit dan ibu hamil.

Gejala Virus Corona

Infeksi virus Corona akan menyebabkan munculnya beberapa gejala pada penderitanya. Dimana gejala yang dialami oleh penderitanya yaitu gejala flu seperti misalkan pilek, demam, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, atau mengalami gejala infeksi pernapasan seperti misalkan sesak napas, demam tinggi, batuk berdahak atau bahkan batuk berdarah, serta nyeri dada.

Akan tetapi, gejala yang menandakan seseorang terinfeksi oleh virus Corona pada umumnya ada tiga gejala seperti demam dengan suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, batuk, dan sesak napas. Menurut penelitian, penderitanya akan menunjukan gejala ini dalam waktu 2 hari hingga 2 minggu setelah terpapar oleh virus yang satu ini.

Komplikasi yang Disebabkan Oleh Virus Corona

Infeksi virus corona dalam kasus yang parah bisa menyebabkan masalah komplikasi yang serius. Penderitanya dapat mengalami komplikasi seperti berikut ini:

  • Pneumonia
  • Gagal ginjal
  • Organ lain mengalami infeksi sekunder
  • Acute respiratory distress syndrome
  • Acute cardiac injury
  • Bahkan bisa sampai menyebabkan kematian

Kapan Harus Pergi Ke Dokter?

Apabila anda mengalami gejala virus Corona atau Covid-19 seperti yang sudah dijelaskan di atas, terlebih lagi jika gejala anda alami setelah kembali dari negara atau daerah dengan kasus Covid-19, atau setelah melakukan interaksi dengan orang yang terinfeksi virus Corona.

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona?

Untuk mencegah infeksi virus Corona diketahui belum ada vaksinnya. Meskipun begitu, kita semua bisa melakukan pencegahan virus Corona dengan selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, menjaga daya tahan tubuh dan menghindari faktor yang dapat membuat terinfeksi. Nah, berikut ini beberapa pencegahan yang dapat anda lakukan.

  • Sebaiknya hindari terlebih dahulu bepergian ke tempat umum yang banyak pengunjung atau tempat-tempat lainnya yang mengundang banyak masa.
  • Jika anda harus keluar rumah atau mengharuskan anda melakukan aktivitas di luar rumah, maka anda sebaiknya menggunakan masker.
  • Selalu jaga kebersihan diri, termasuk rajin mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Selain itu, anda juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% jika anda sudah melakukan aktivitas di luar rumah.
  • Pastikan anda tidak menyentuh bagian hidung, mulut dan mata sebelum anda mencuci tangan. Pastikan anda cuci tangan hingga bersih.
  • Ketika memasak daging, pastikan cara memasaknya anda perhatikan. Daging harus dimasak hingga benar-benar matang.
  • Jangan melakukan kontak dengan hewan, apalagi hewan liar. Jika anda melakukan kontak dengan hewan liar, maka diharuskan untuk mencuci tangan setelahnya. Cuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air.
  • Jika anda bersin atau batuk, anda harus menutup hidung dan mulut dengan menggunakan tisu. Lalu tisu harus dibuang segera ke tempat sampah.
  • Pastikan anda tidak melakukan kontak atau berdekatan dengan orang yang sedang sakit, baik itu sakit pilek, batuk atau demam.
  • Bersihkan barang atau benda-benda yang sering anda sentuh. Selain itu, anda juga harus memperhatikan kebersihan rumah dan lingkungan.
  • Menjaga daya tahan tubuh agar terhindari dari infeksi virus dengan cara mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, tidur dalam waktu yang cukup, tidak merokok dan melakukan olahraga rutin.

Baca juga : Makanan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seseorang yang Diduga Terinfeksi Virus Corona Perhatikan Beberapa Hal Ini

Untuk seseorang yang diduga terinfeksi oleh virus Corona, maka agar tidak menular ke orang lain ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

  • Sebaiknya anda jangan keluar rumah, kecuali jika anda harus melakukan perawatan atau mendapatkan pengobatan di rumah sakit.
  • Jika anda mengalami gejala terkait virus Corona, maka anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.
  • Untuk sementara sebaiknya anda tinggal terpisah dari orang lain. Jika tidak, anda bisa menggunakan kamar tidur maupun kamar mandi yang terpisah dengan keluarga anda di rumah.
  • Sebaiknya anda jangan membiarkan orang lain menjenguk anda. Cegah mereka untuk menemui anda hingga anda benar-benar sehat kembali.
  • Selain itu, anda juga jangan melakukan pertemuan dengan orang-orang yang sedang sakit.
  • Apabila anda bersama orang lain atau ketika sedang di tempat umum, anda harus menggunakan masker dan sarung tangan.
  • Hindari berbagi barang dengan orang lain di rumah anda, seperti misalkan alat mandi, peralatan makan dan minum, perlengkapan tidur dan lain sebagainya.
  • Jika anda bersin atau batuk, anda harus menutupnya dengan menggunakan tisu. Lalu tisu harus segera dibuang ke tempat sampah.

Demikian informasi seputar virus Corona yang bisa kami bagikan untuk anda. Lebih baik mencegah daripada mengobati, anda dapat melakukan beberapa cara pencegahan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jika anda mengalami gejala virus Corona seperti yang sudah disebutkan, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada dokter.

Advertisement
Punya pertanyaan seputar tema artikel? yukk kita diskusikan, klik >> Forum Diskusi & Konsultasi

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply